15 Anime Steampunk Terbaik

Steampunk merupakan genre yang memiliki latar sejarah alternatif. Meski begitu, Alih-alih menggunakan teknologi canggih, mereka menggunakan mesin bertenaga uap dari era revolusi industri. Nah, anime steampunk oleh karenanya membutuhkan banyak kreativitas dan animasi yang bagus.

Beberapa anime steampunk didasarkan pada sejarah dunia, sementara beberapa di antaranya berada di dunia fantasi yang sama sekali berbeda. Ada beberapa anime yang sangat kental dengan steampunk, dan yang lain hanya memiliki beberapa elemen steampunk.

Biasanya selain didominasi teknologi semacam mesin uap dan banyak gear besi, sering ada tambahan fantasi seperti sihir atau alkemi.

Steampunk adalah genre menyenangkan yang memberikan pengalaman menonton anime yang sama sekali berbeda.

1. Nausicaä of the Valley of the Wind

Nausicaä of the Valley of the Wind
Episode1 Film
GenreAction, Adventure, Drama, Fantasy, Sci-Fi
StudioTopcraft

Peringkat: 3.5 dari 5.

Daftar anime teratas tidak akan lengkap tanpa setidaknya satu film dari Hayao Miyazaki. Karenanya, Nausicaä of the Valley of the Wind adalah anime steampunk yang harus disertakan di sini. Ini merupakan karya Miyazaki sebelum mendirikan studio Ghibli, meski sering dimasukan dalam kategori “film Ghibli”.

Film ini berbeda dari anime steampunk lainnya karena plotnya berlatar seribu tahun setelah peradaban runtuh. Umat manusia yang tersisa hidup dalam ancaman dari hutan yang dipenuhi serangga besar dan spora beracun.

Hutan terus menyebar membahayakan nyawa manusia. Lembah Angin adalah desa damai yang jauh dari hutan tadi. Protagonis dari anime ini adalah Nausicaä, seorang putri muda desa. Dia memiliki tanggung jawab untuk melindungi desanya dari Tolmekian yang tiba-tiba menyerang desanya untuk tujuan serakah mereka.

Baca juga: 10 Film Anime 1980-an Terbaik, Tontonan Wajib Otaku dan Sinefil

2. Castle in the Sky

Castle in the Sky anime steampunk
Episode1 Film
GenreAdventure, Fantasy, Sci-Fi
StudioGhibli

Peringkat: 3.5 dari 5.

Castle in the Sky terpilih sebagai film steampunk terbaik sepanjang masa oleh penggemar dalam jajak pendapat animasi pada tahun 2008. Tidak mengherankan jika film Studio Ghibli tahun 1980-an menempati urutan teratas dalam daftar ini.

Anime ini adalah mahakarya. Ini memiliki musik yang indah, karya seni yang indah, kota bertenaga uap, dan pesawat kreatif. Bersamaan dengan kastil terbang misterius. Anime ini tics semua kotak yang dibutuhkan untuk anime steampunk terbaik.

Anime mengikuti kisah seorang gadis muda bernama Sheeta yang diculik oleh agen pemerintah karena mereka mengincar kalung kristalnya yang berharga. Pesawatnya digerebek oleh bajak laut yang juga mengejarnya sehingga dia kabur dari kapal.

Setelah mencapai sebuah desa, dia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Pazu yang berharap menemukan Laputa, sebuah kastil terbang dari zaman kuno. Mereka berdua memulai perjalanan untuk mencapai kastil dan dibantu oleh bajak laut.

3. Nadia: The Secret of Blue Water

Nadia: The Secret of Blue Water
Episode39, 1 Film
GenreAdventure, Comedy, Romance, Sci-Fi
StudioGainax

Peringkat: 3 dari 5.

Nadia: The Secret of Blue Water adalah serial anime yang terinspirasi dari novel klasik 20.000 Leagues Under the Sea karya Jules Verne. Serial anime yang disutradarai Hideaki Anno, sang pencipta Neon Genesis Evangelion.

Plot berlatar pada tahun 1889 dan mengikuti Nadia, seorang gadis muda yang tidak ingat dari mana asalnya.

Dia dikejar oleh jewel thieves untuk liontinnya dan seorang penemu bernama Jean membantunya melarikan diri dari mereka. Mereka bertemu Kapten Nemo yang menyelamatkan mereka dan membawa mereka ke kapal selam mereka Nautilus.

Bersama-sama mereka pergi berperang melawan Gargoyle, seorang pria yang mencoba mengambil alih dunia karena alasan jahatnya.

4. Steamboy

Steamboy anime steampunk
Episode1 Film
GenreAction, Adventure, Drama, Sci-Fi
StudioSunrise

Peringkat: 3.5 dari 5.

Steamboy adalah film anime yang telah menetapkan standar anime steampunk dan menginspirasi penciptaan banyak anime steampunk sesudahnya.

Judulnya dengan jelas menampilkan kalau ini memang mengangkat genre tersebut. Steamboy merupakan anime yang menampilkan evolusi mesin bertenaga uap di era Victoria.

Film anime ini mengikuti kisah seorang penemu muda bernama Ray. Hidupnya berubah ketika ia menerima paket dari kakeknya dari Amerika Serikat yang memiliki mesin bernama Steam Ball. Perangkat canggih yang dapat memberikan daya tak terbatas ke mesin bertenaga uap apa pun.

Ray telah diberi tanggung jawab untuk tidak membiarkan Bola Uap jatuh ke tangan orang yang salah yang ingin menggunakannya untuk tujuan penipuan. Hal itu memulai perjalanan Ray untuk menggunakan semua kecerdasannya untuk menyelamatkan Bola Uap dari musuh yang dikirim kepadanya.

5. Last Exile

Last Exile anime steampunk
Episode26
GenreAction, Adventure, Sci-Fi
StudioGonzo

Peringkat: 3 dari 5.

Last Exile adalah satu seri yang sepenuhnya sesuai dengan genre steampunk, dan merupakan contoh sempurna untuk anime dari genre ini.

Anime steampunk ini mengikuti dua remaja, Claus Valca dan Lavie Head, yang sedang dalam pencarian untuk melampaui orang tua mereka yang merupakan pilot vanship dan navigator.

Mereka ingin menjadi kombo navigator percontohan terbaik di dunia. Namun, keduanya kemudian terjerat dalam konflik besar karena mereka melakukan pengiriman anak yatim piatu misterius ke kapal perang.

Last Exile adalah anime yang penuh dengan petualangan, aksi, tetapi juga misteri dan pengkhianatan.

6. Howl’s Moving Castle

Howl's Moving Castle anime studio ghibli
Episode1 Film
GenreAdventure, Drama, Fantasy, Romance
StudioGhibli

Peringkat: 3.5 dari 5.

Film Ghibli lainnya dalam daftar anime steampuk ini, dengan elemen utamanya pada rumah kastil yang bisa berjalan.

Sophie, seorang gadis pendiam yang bekerja di toko topi, menemukan hidupnya dilemparkan ke dalam kekacauan ketika dia benar-benar terhanyut oleh seorang penyihir tampan namun misterius bernama Howl.

Penyihir lain yang pendendam, cemburu pada persahabatan mereka, memantrai Sophie. Dalam petualangan yang mengubah hidupnya, Sophie naik ke kastil ajaib Howl yang megah, dan memasuki dunia magis dalam upaya memecahkan mantra sekaligus bencana perang yang mendekat.

7. Samurai 7

Samurai 7 anime steampunk
Episode26
GenreAction, Mecha, Sci-Fi
StudioGonzo

Peringkat: 3 dari 5.

Samurai 7 adalah anime yang menunjukkan betapa genre steampunk bisa menjadi sangat inovatif. Ini adalah anime steampunk yang dikawinkan dengan samurai. Oleh sebab itu, berbeda dengan anime steampunk lainnya, Samurai 7 memiliki setting tradisional Jepang.

Anime ini terinspirasi dari film klasik Seven Samurai oleh Akira Kurosawa yang terkenal. Anime berfokus pada periode pasca-perang di mana para samurai telah melakukan mekanisasi pada tubuh mereka.

Sebuah desa menghadapi penculikan dan kelaparan dari para samurai dengan tubuh mekanis yang disebut “Nobuseri”. Penduduk desa menggunakan semua sumber daya terakhir mereka yang tersisa untuk menyewa tujuh samurai untuk melindungi mereka.

Samurai 7 adalah anime penuh aksi antara samurai dan bandit. Banyak karakter yang menghibur dan kuat diperkenalkan dan elemen steampunk sangat disorot.

Baca juga: 15 Anime Samurai Terbaik Sepanjang Masa

8. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

fullmetal alchemist anime
Episode64
GenreAction, Adventure, Drama, Fantasy
StudioBones

Peringkat: 4.5 dari 5.

Sudah lebih dari sepuluh tahun berlalu sejak anime ini berakhir tetapi tetap menjadi favorit penggemar. Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah perpaduan sempurna dari pengaturan kuno dengan teknologi yang ditambahkan padanya.

Sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa rating tinggi, FMAB adalah anime yang penuh dengan emosi, aksi, dan karakter yang luar biasa. Ini mengikuti kisah dua bersaudara, Edward dan Alphonse.

Saudara-saudara menggunakan alkimia terlarang untuk mengembalikan ibu mereka yang telah meninggal yang pada gilirannya membuat Edward kehilangan kakinya dan Alphonse kehilangan seluruh tubuhnya.

Jiwa Alphonse kemudian diikat ke baju besi dan Edward diberi kaki palsu. Saudara-saudara kemudian melakukan perjalanan untuk menemukan batu filsuf yang akan membantu mereka memulihkan tubuh mereka.

Baca juga: Panduan Nonton Anime Fullmetal Alchemist

9. D.Gray Man

D.Gray Man anime steampunk
Episode103
GenreAction, Adventure, Drama, Fantasy
StudioTMS Entertainment

Peringkat: 3.5 dari 5.

Menjelang akhir abad ke-19, Allen Walker secara resmi bergabung dengan organisasi pengusir setan yang menghancurkan makhluk yang dikenal sebagai Akuma. Ini adalah senjata mekanik yang dibuat oleh Millennium Earl dengan jiwa orang mati yang menderita.

Allen memiliki mata terkutuk dan senjata anti-Akuma sebagai lengannya, membawa kekuatan “Innocence”, hadiah yang diberikan kepadanya sebagai utusan Tuhan.

Allen, bersama rekan-rekan lain harus menghentikan rencana terakhir Millennium Earl yang dapat menyebabkan kehancuran dunia dan semua yang tinggal di dalamnya.

10. Attack on Titan

attack on titan season finale
Episode25, 12 (S02), 22 (S03), On Going
GenreAction, Drama, Fantasy, Mystery
StudioWIT Studio, MAPPA

Peringkat: 4 dari 5.

Hari ini siapa yang tak kenal Shingeki no Kyoujin atawa Attack on Titan ini. Meski tampak seperti era Perang Dunia, berbagai teknologi yang digunakan sangat kental dengan elemen steampunk.

Mengikuti Eren dan adik angkatnya Mikasa yang ketika kecil menyaksikan sesuatu yang mengerikan saat tembok kota dihancurkan oleh titan kolosal yang muncul begitu saja.

Saat raksasa yang lebih kecil membanjiri kota, kedua anak itu menyaksikan dengan ngeri saat ibu mereka dimakan hidup-hidup. Eren bersumpah bahwa dia akan membunuh setiap titan, dan membalas dendam untuk seluruh umat manusia.

Attack on Titan sekarang memasuki musim terakhirnya yang dipecah-pecah ke beberapa bagian agar tak cepat tamat.

Baca juga: Panduan Nonton Attack on Titan

11. Kabaneri of the Iron Fortress

Kabaneri of the Iron Fortress anime steampunk
Episode12, 1 Film
GenreAction, Drama, Fantasy, Horror, Supernatural
StudioWIT Studio

Peringkat: 3 dari 5.

Kabaneri of the Iron Fortress adalah anime yang relatif lebih baru karena dibuat pada tahun 2016, tetapi ini adalah salah satu anime steampunk terbaik dan paling gila.

Anime ini berlatarkan revolusi industri ketika wabah virus misterius mengubah manusia menjadi zombie yang disebut Kabane.

Satu-satunya cara untuk membunuh mereka adalah dengan memukul jantung berlapis baja mereka. Umat manusia terakhir menciptakan peradaban berbenteng dengan tembok besar di sebuah pulau. Satu-satunya cara untuk melewatinya adalah dengan kereta lapis baja yang dibangun oleh sang protagonis Ikoma.

Ikoma juga membuat senjata mematikan yang bisa membunuh Kabane. Meskipun dia belum mencoba senjata itu dan untungnya atau sialnya, kesempatan untuk mencobanya segera setelah pertempuran tak terduga dengan Kabane dimulai.

12. Violet Evergarden

violet evergarden kyoto animation
Episode13
GenreDrama, Fantasy, Slice of Life
StudioKyoto Animation

Peringkat: 4 dari 5.

Violet Evergarden adalah salah satu serial paling populer dekade ini. Serial ini telah mendapat penghargaan animasi terbaik dan musik anime, latar sejarah, alur cerita, dan pengembangan karakter sangat bagus.

Violet Evergarden adalah anime revolusioner dengan banyak elemen steampunk. Ini memiliki alur cerita yang sangat emosional, jadi lebih baik siapkan tisu saat menontonnya.

Plot berlatar setelah Perang Besar empat tahun telah berakhir. Anime mengikuti kisah seorang gadis remaja bernama Violet Evergarden yang menghabiskan sebagian besar masa kecilnya dalam perang.

Dia kehilangan kedua lengannya dalam perang. Yang penting baginya adalah di mana Mayor yang membimbingnya berada, dan apa arti kata-kata terakhirnya padanya “Aku mencintai kamu”.

Anime ini adalah kisah Violet yang menyentuh hati saat dia mencoba menyesuaikan diri dengan masyarakat dan memahami arti dari tiga kata khusus tersebut.

13. Princess Principal

Princess Principal
Episode12
GenreAction, Adventure, Sci-Fi
StudioActas, Studio 3Hz

Peringkat: 3 dari 5.

Princess Principal berlatar pada awal abad ke-20 di mana penemuan zat yang disebut Cavorite menyebabkan kemajuan teknologi militer. Meski akhirnya menimbulkan konflik juga.

London dan Commonwealth dipisahkan oleh tembok, tetapi perang sunyi terus berlanjut. Lima gadis kemudian bekerja sebagai mata-mata Commonwealth di sekolah Queen’s Mayfaire.

Princess Principal memiliki plot yang sangat menarik dan tidak dapat diprediksi dengan tambahan elemen steampunk. Ini harus ditonton oleh semua penggemar anime steampunk yang mencari aksi dan misteri.

14. Made in Abyss

made in abyss anime
Episode13, 1 Film, 12 (S02)
GenreAdventure, Drama, Fantasy, Horror, Mystery, Sci-Fi
StudioKinema Citrus

Peringkat: 4 dari 5.

“Abyss” adalah tempat terakhir yang belum dijelajahi di dunia. Makhluk aneh dan luar biasa berkeliaran di dalamnya, dan penuh dengan peninggalan berharga yang tidak dapat diciptakan kembali oleh manusia saat ini.

Mereka yang berani menjelajahi kedalaman dikenal sebagai “Cave Raiders”. Seorang gadis yatim piatu bernama Riko tinggal di pinggiran. Mimpinya adalah menjadi Cave Raider seperti ibunya dan memecahkan misteri sistem gua.

Suatu hari, Riko mulai menjelajahi gua dan menemukan robot yang menyerupai anak manusia.

Di balik tampilan imut dalam anime steampunk ini, bersiaplah untuk mengalami pengalaman gelap mereka dalam Made in Abyss.

15. The Case Study of Vanitas

The Case Study of Vanitas anime steampunk
Episode24
GenreDrama, Fantasy, Mystery, Supernatural
StudioBones

Peringkat: 3 dari 5.

The Case Study of Vanitas adalah anime steampunk terbaru, dengan dominasi elemen gothic.

Ini Paris abad ke-19, dan vampir muda bernama Noé memburu Vanitas, sebuah buku legendaris.

Ketika diserang oleh vampir yang gila, seorang manusia datang menyelamatkan Noé, dan menyembuhkan makhluk yang sakit itu. Memerintah buku dan menyebut dirinya Vanitas, dokter ini menggoda Noé untuk “menyembuhkan” seluruh ras vampir.


Nah, itu tadi beragam rekomendasi anime steampunk yang bisa kamu tonton.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *