Urutan Nonton Anime Steins;Gate

Ketika perjalanan waktu terlibat, kebingungan biasanya akan mengikuti. Ini adalah topik kompleks yang tak mudah dijelaskan karena efek riak setiap tindakan pada garis waktu. Steins;Gate bukan pengecualian untuk aturan, sesuatu yang membuat serial anime perjalanan waktu ini begitu hebat.

Diadaptasi dari visual novel yang diakui secara kritis oleh 5pb. dan Nitroplus, Steins;Gate membawa Okabe ke kedalaman teori ilmiah dan keputusasaan manusia saat ia menghadapi konsekuensi mengerikan dari mengubah masa lalu.

Kebingungan dibawa ke tingkat lain dengan Steins;Gate yang memiliki dua seri berbeda untuk diselidiki, dengan tambahan OVA, dan sebuah film yang semuanya digarap oleh Studio White Fox yang terkenal sebagai pencipta serial fantasi gelap.

Secara teori, penggemar bisa menonton anime ini secara urutan rilisnya dan masih bisa mengikuti cerita dengan cukup baik.

1. Steins;Gate (2011)

Steins;Gate (2011) anime
  • Tayang: Spring 2011
  • Episode: 24

Okabe Rintarou yang memproklamirkan diri sebagai ilmuwan gila tinggal di sebuah ruangan kecil di Akihabara, di mana ia menciptakan “gadget masa depan” dengan sesama anggota lab Shiina Mayuri, teman masa kecilnya yang polos, dan Hashida Itaru, seorang otaku sekaligus hacker.

Ketiganya menghabiskan waktu dengan mengutak-atik kreasi terbaru mereka, “Telepon Microwave” yang dapat dikontrol melalui pesan teks.

Anggota lab segera menghadapi serangkaian insiden misterius yang mengarah pada penemuan tadi: Telepon Microve ternyata dapat mengirim email ke masa lalu dan dengan demikian mengubah sejarah.

2. Steins;Gate: Egoistic Poriomania (2012)

Steins;Gate: Egoistic Poriomania (2012)
  • Tayang: Spring 2012
  • Episode: 1 OVA

Episode spesial ini berlatar beberapa bulan setelah adegan terakhir dari serial televisi.

Di hari yang tenang di Akihabara, Okabe dan anggota laboratorium lainnya diundang oleh Feyris untuk pergi ke Amerika. Mayuri dan yang lainnya berencana untuk bersatu kembali dengan Kurisu, yang telah kembali ke laboratorium Amerika.

Beberapa hari kemudian, persona ilmuwan gila Okabe Hououin Kyouma tiba sendirian di bandara di Los Angeles, di mana ia mungkin mengambil langkah pertama untuk memimpin dunia ke dalam kekacauan.

3. Steins;Gate The Movie – Load Region of Déjà Vu (2013)

Steins;Gate: Fuka Ryouiki no Déjà vu
  • Tayang: Spring 2013
  • Episode: 1 Film

Setelah setahun di Amerika, Kurisu Makise kembali ke Akihabara dan bertemu kembali dengan Rintarou Okabe. Namun, reuni mereka terputus ketika Okabe mulai mengalami kilasan berulang dari garis waktu lain sebagai konsekuensi dari perjalanan waktunya mulai terwujud.

Efek samping ini akhirnya berpuncak pada Okabe yang tiba-tiba menghilang dari dunia, dan hanya Kurisu yang terkejut yang memiliki ingatan tentang keberadaannya.

Di tengah keputusasaan, Kurisu dihadapkan pada pilihan yang benar-benar sulit yang akan menguji tugasnya sebagai ilmuwan dan kesetiaannya sebagai teman.

Apakah harus mengikuti saran Okabe dan jauhi perjalanan melintasi waktu untuk menghindari konsekuensi potensial yang mungkin terjadi pada kehidupan garis dunia, atau mengabaikannya untuk menyelamatkan orang yang paling dia hargai.

Terlepas dari keputusannya, jalan yang Kurisu pilih adalah jalan yang akan mempengaruhi masa lalu, masa kini, dan masa depan.

4. Steins;Gate 0: 23β- Divide by Zero (2015)

Steins;Gate 0: 23β- Divide by Zero (2015)
  • Tayang: Fall 2015
  • Episode: 1 OVA

Alternatif episode ke-23 Steins;Gate, yang mengarah ke kisah Steins;Gate 0.

Perbedaan utama antara episode ini dan episode asli 23 adalah bahwa Okabe tidak menerima Movie Mail dari dirinya di masa depan, karena Mayuri memohon Suzuha untuk berhenti mengandalkan Okabe untuk mencegah Perang Dunia Ketiga.

Dengan tidak membuka Movie Mail, Okabe tidak mengetahui tentang Operasi Skuld dan tidak berhasil mencegah kematian Kurisu dan Perang Dunia Ketiga, sehingga mengarah ke kisah Steins;Gate 0.

5. Steins;Gate 0 (2018)

Steins;Gate 0 (2018)
  • Tayang: Spring 2018
  • Episode: 23

Rintarou Okabe yang memproklamirkan diri sebagai ilmuwan gila eksentrik kini hanya mendekam menyendiri.

Tertekan dan trauma setelah gagal menyelamatkan temannya, ia telah memutuskan untuk meninggalkan alter ego ilmuwan gilanya dan hidup sebagai mahasiswa biasa.

Dikelilingi oleh teman-teman yang hanya tahu sedikit tentang pengalaman perjalanan waktunya, Okabe menghabiskan hari-harinya mencoba melupakan kengerian petualangannya sendirian.

Saat bekerja sebagai resepsionis di forum teknologi perguruan tinggi, Okabe bertemu dengan Maho Hiyajo yang pendek tapi berkarisma, yang kemudian menjadi juru bahasa pada presentasi forum yang dipimpin oleh Profesor Alexis Leskinen.

Di depan orang banyak yang terpana, Alexis dan Maho mengungkap Amadeus, Artificial Intelligence (AI) revolusioner yang mampu menyimpan ingatan seseorang dan menciptakan simulasi sempurna dari orang itu lengkap dengan kepribadian dan kebiasaannya.

Bertemu dengan Maho dan Alexis setelah presentasi, Okabe mengetahui bahwa keduanya adalah rekan Kurisu di universitas, dan mereka telah mensimulasikannya di Amadeus.

Dipekerjakan oleh Alexis untuk meneliti perilaku simulasi, Okabe diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan bayangan teman baik yang telah lama hilang. Terjerat bahaya di masa lalu, Okabe harus menghadapi kenyataan pahit dan dengan hati-hati bermanuver dalam konsekuensi bencana yang datang efek mengganggu aliran waktu alami.

6. Steins;Gate 0: Valentine’s of Crystal Polymorphism – Bittersweet Intermedio (2018)

Steins;Gate 0: Valentine's of Crystal Polymorphism - Bittersweet Intermedio (2018)
  • Tayang: Winter 2019
  • Episode: 1 OVA

Episode khusus berlatar hari spesial mendekat selama jeda dalam kekacauan di Steins;Gate 0.

Saatnya tahun untuk memberikan cokelat kepada orang yang kamu cintai, tetapi tidak semua orang menganggap itu tugas yang mudah.

Menjelang Hari Valentine, gadis-gadis dari Lab Gadget Masa Depan menemukan bahwa Kagari belum pernah merayakannya sebelumnya!

Bertekad untuk menjadikan liburan tahun ini yang terbaik, mereka semua bersiap untuk membuat cokelat buatan sendiri yang lezat bersama.

Namun, dengan banyak kebiasaan mereka yang menyebabkan bencana di dapur, ini mungkin terbukti menjadi tugas yang terlalu sulit. Akankah perasaan mereka mencapai keinginan hati mereka?


Nah itu tadi urutan cerita Steins;Gate, buat yang mau nonton secara legal dan lengkap bisa di Crunchyroll, ya!

Satu pemikiran pada “Urutan Nonton Anime Steins;Gate”

Tinggalkan komentar