12 Anime Studio CloverWorks Terbaik

Pada 1 April 2018, A-1 Pictures melakukan rebranding pada studio cabang yang berada di Koenji menjadi CloverWorks. Studio ini memiliki identitas merek unik, yang dapat dibedakan dari Studio Asagaya utamanya.

Kemudian pada 1 Oktober 2018, CloverWorks mengumumkan bahwa mereka telah berpisah dari A-1 Pictures, meski tetap sebagai anak perusahaan dari Aniplex.

Banyak studio sedang membangun namanya, dan CloverWorks adalah salah satu pemain baru di industri anime yang sudah bertanggung jawab atas beberapa karya.Storytelling masih mendasar dalam anime, tetapi ada peningkatan fokus pada studio animasi yang menghidupkan proyeknya.

Nah, berikut deretan anime terbaik yang digarap Studio CloverWorks dengan visual ciamik dan kisah memikat:

1. The Promised Neverland

the promised neverland anime
Episode12 (S01), 12 (S02)
GenreDrama, Fantasy, Horror, Psychological, Thriller

Peringkat: 3.5 dari 5.

The Promised Neverland adalah salah satu anime terbesar yang keluar dalam beberapa tahun terakhir dan diposisikan untuk menjadi hit CloverWorks di masa mendatang. The Promised Neverland adalah ahli atmosfer dan misteri.

Apa yang dimulai sebagai seri suram tentang anak-anak di panti asuhan perlahan berubah menjadi narasi berbahaya di mana anak-anak ini menjadi mangsa ras alien yang berbahaya.

Karakter yang kuat dan narasi yang terkendali dan cerdas membantu The Promised Neverland menonjol.

2. Darling In The FranXX

Darling in the Franxx anime mecha cloverworks studio trigger
Episode24
GenreAction, Mecha, Romance

Peringkat: 3.5 dari 5.

Darling in the FranXX telah menjadi salah satu seri CloverWorks yang lebih terkenal, baik dari segi kualitas maupun kontroversi yang melingkupi anime mecha tersebut.

Ada banyak hal untuk dinikmati di Darling in the FranXX dan meskipun tidak sempurna, itu benar-benar layak untuk ditonton. Apalagi ada salah satu waifu populer Zero Two.

Baca juga: 12 Anime Mecha Romance

3. Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai

Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai sakuta mai sakurajima anime cloverworks
Episode13
GenreComedy, Psychological, Romance, Supernatural

Peringkat: 4 dari 5.

Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai mengikuti problem identitas, kepercayaan diri, dan kondisi regresif yang dikenal sebagai Adolescence Syndrome.

Sakuta bertemu dengan seorang gadis bernama Mai yang berpakaian seperti gadis kelinci, namun ternyata, hanya dia yang bisa melihatnya.

Keinginan Sakuta untuk mengungkap misteri ini membawa keduanya lebih dekat dan juga mengajari Sakuta banyak tentang dirinya.

Anime Bunny Girl Senpai menemukan keseimbangan yang tepat antara komedi, romansa, dan misteri di sini.

Baca juga: Urutan Nonton Seishun Buta Yarou (Rascal Does Not Dream)

4. Fairy Tail: Final Series

Episode51
GenreAction, Adventure, Fantasy, Shounen

Peringkat: 3.5 dari 5.

Fairy Tail adalah seri shonen dengan kemampuan magis dan petarung kuat yang menonjolkan adegan pertempuran tensi tinggi.

Musim ketiga sekaligus pamungkasnya, Fairy Tail: Final Series, adalah 51 episode yang mengakhiri kisah Natsu. Episode terakhir ini dimulai dengan klan Fairy Tail terpisah dan pada titik terendah mereka.

Ini adalah perjalanan yang mendebarkan untuk menyaksikan semua orang bersatu kembali dan membuktikan mengapa mereka begitu luar biasa untuk terakhir kalinya.

CloverWorks tak sendirian dalam Fairy Tail ini, tetapi mereka membantu adegan aksi di musim terakhir ini bersinar dan tahu cara memaksimalkan kekuatan anime.

Baca juga: Panduan Nonton Fairy Tail

5. The Millionaire Detective – Balance: UNLIMITED

The Millionaire Detective anime cloverworks studio
Episode11
GenreAction, Comedy, Mystery, Sci-fi

Peringkat: 3.5 dari 5.

The Millionaire Detective mirip seperti Batman, tetapi jika Bruce Wayne memutuskan untuk tidak menjadi superhero bertopeng.

Daisuke Kambe adalah pewaris jutawan salah satu kekayaan terbesar di Jepang. Sekarang seorang detektif, Kambe memanfaatkan kekayaannya yang luar biasa untuk menyelesaikan kejahatan.

Setiap kasus benar-benar mencekam dan anime menemukan cara untuk membuat strukturnya membuat ketagihan, namun tidak berulang.

The Millionaire Detective Balance: Unlimited adalah seri ketika karakter dan cerita lebih penting daripada animasi, tetapi CloverWorks tetap membuat tampilan anime yang efektif.

6. Fate/Grand Order

fate grand order mash anime
Episode21 (Babylonia), 1 Film (Solomon)
GenreAction, Adventure, Fantasy, Supranatural

Peringkat: 3.5 dari 5.

Franchise Fate series terus berkembang lebih besar serta semakin sulit diatur, dan Fate/Grand Order tampaknya proyek yang makin memperbesar franchise Type-Moon ini.

Bercerita tentang Organisasi Keamanan bernama Chaldea memanfaatkan para ahli, baik ilmiah dan sihir, untuk mengamati masa depan umat manusia terkait kemungkinan peristiwa kepunahan.

Sebagai tanggapan, Chaldea memanfaatkan sarana eksperimental perjalanan waktu, teknologi Rayshift.

Seorang pemuda yang baru direkrut ke organisasi bernama Ritsuka Fujimaru, bersama gadis setengah Servant bernama Mash Kyrielight, harus melakukan perjalanan waktu dan menemukan cara menghentikan Singularitas yang terjadi di tiap era berbeda.

Karena Fate/Grand Order adalah game gacha yang dirilis oleh Aniplex, ada beberapa studio anime berbeda yang terlibat dalam adaptasinya. CloverWorks menjadi studio utama yang menggarap bagian Babylonia dan Solomon.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Fate/Grand Order

7. Persona 5

persona 5 anime studio cloverworks
Episode26
GenreAction, Fantasy, Supernatural

Peringkat: 3.5 dari 5.

Persona merupakan salah satu franchise JRPG paling populer, dan CloverWorks menghidupkan video game Persona 5 ke dalam anime.

Persona 5 berfokus pada Ren Amamiya dan geng Phantom Thieves of Hearts yang ia buat.

Ren merupakan seorang siswa pindahan baru di Akademi Shujin. Ren dipindahkan ke Tokyo setelah difitnah dan harus menjalani masa percobaan karena membela seorang perempuan dari serangan seksual oleh orang penting.

Saat dalam perjalanan untuk menghadiri hari pertamanya di sekolah barunya, Ren melihat sebuah aplikasi aneh muncul di ponselnya, memindahkannya ke dunia yang dikenal sebagai Metaverse.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Persona

8. Wonder Egg Priority

Wonder Egg Priority anime studio cloverworks
Episode12
GenreAction, Drama, Fantasy, Psychological

Peringkat: 3.5 dari 5.

Wonder Egg Priority adalah serial anime orisinal dari CloverWorks yang bergulat dengan beberapa ide yang sangat menarik, dengan elemen anime magical girl.

Ai Ooto dibawa ke dunia alternatif setelah dia memecahkan telur makhluk misterius.

Perpecahan ini didasarkan pada bunuh diri teman satu-satunya Ai dan dia ditinggalkan dalam posisi di mana dia membantu orang lain menghadapi rasa sakit mereka dan menghindari nasib yang sama, yang semuanya entah bagaimana dapat membawa temannya yang hilang kembali dalam prosesnya.

Wonder Egg Priority adalah eksplorasi kreatif dari kesedihan dan kehilangan dan ini adalah beberapa bahan yang lebih bijaksana untuk keluar dari CloverWorks.

9. Horimiya

horimiya cloverwork anime
Episode12
GenreComedy, Romance, Slice of Life

Peringkat: 3.5 dari 5.

Horimiya mungkin tidak terdengar seperti serial anime yang sangat inovatif, tetapi 13 episodenya menghadirkan kisah yang otentik dan ramah tentang ketidakamanan remaja dan bagaimana hal-hal yang berlawanan dapat menarik.

Anime ini melihat bagaimana Kyouko Hori dan Izumi Miyamura mampu melepaskan semua kepura-puraan satu sama lain dan menjadi diri mereka sendiri, yang merupakan pengalaman yang anehnya membebaskan keduanya.

Horimiya lebih tentang momen-momen karakter yang memuaskan daripada plot twist raksasa, tapi ini adalah salah satu yang lebih baik melihat kehidupan sekolah menengah dan dinamika sosial.

10. My Dress Up Darling

my dress up darling gojo marin kitagawa anime cloverworks
Episode12
GenreComedy, Ecchi, Romance, Slice of Life

Peringkat: 4 dari 5.

My Dress Up Darling adalah salah satu anime paling hype di musim Winter 2022.

Wakana Gojou hanya peduli pada satu hal: membuat boneka Hina. Karena tidak ada orang yang berbagi obsesinya, dia kesulitan menemukan teman.

Namun kemudian cewek gaul paling populer di sekolah, Marin Kitagawa, mengungkapkan rahasianya, dia menemukan tujuan baru untuk keterampilan menjahitnya. Bersama-sama, mereka akan mewujudkan mimpi cosplaynya!

11. SPY x FAMILY

designer chair spy x family
Episode24 (S01), 12 (S02)
GenreAction, Comedy, Slice of Life

Peringkat: 4 dari 5.

Ini merupakan anime yang digarap bersama antara CloverWorks dan WIT Studio.

Dalam SPY x FAMILY, tak lama setelah mengadopsi anak angkatnya, agen rahasia yang dingin dan menyendiri, dengan nama sandi “Twilight,” menemukan bahwa seluruh urusan menjadi orang tua ini tak semudah melumpuhkan sekelompok antek bersenjata.

Berdasarkan manga aksi-komedi dari Shonen Jump karya Tatsuya Endo, SPY x FAMILY menemukan humornya dengan melintasi drama mata-mata era Perang Dingin dengan masalah rumah tangga yang lebih duniawi dalam membesarkan seorang anak. 

Crossover genre ini terjadi karena misi terbaru Twilight, “Operation Strix.” Untuk memantau seorang ekstremis politik, ia harus mendaftarkan seorang anak di sekolah bergengsi.

Inilah alasan dia mengadopsi Anya, yang ternyata bisa membaca pikiran. Kemudian membentuk keluarga pura-pura dengan istri bernama Yor yang ternyata seorang pembunuh bayaran. 

12. Bocchi the Rock!

bocchi the rock anime studio cloverworks
Episode12
GenreComedy, Music, Slice of Life

Peringkat: 4.5 dari 5.

Hitori Gotou adalah seorang gadis sekolah menengah yang mulai belajar bermain gitar karena dia bermimpi berada di sebuah band, tetapi dia sangat pemalu sehingga dia tidak memiliki satu pun teman.

Namun, mimpinya mungkin menjadi kenyataan setelah dia bertemu dengan Nijika Ijichi, seorang gadis yang bermain drum dan sedang mencari gitaris baru untuk bandnya.

Bocchi the Rock! adalah anime musik yang wajib kamu ikuti, dan merupakan anime terbaik 2022.


Nah itu tadi deretan anime terbaik dari studio CloverWorks yang seru untuk ditonton.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *