20 Anime Terbaik dari Studio Madhouse

Salah satu perusahaan animasi paling terhormat dan tertua di Jepang adalah Studio Madhouse yang legendaris.

Studio ini bertanggung jawab atas beberapa anime paling berani yang meski menyimpang dari formula biasa, masih berhasil menetapkan tren mereka sendiri.

Tak perlu dikatakan bahwa Madhouse memilih adaptasinya dengan baik dan mencurahkan hati dan jiwa mereka.

Selain pilihan manga atau proyek yang mengesankan untuk diadaptasi, Madhouse juga terkenal dengan kualitasnya yang konsisten. Anime mereka selalu memiliki reputasi memiliki perhatian yang cermat terhadap detail.

Film animenya dengan sempurna menggambarkan kecakapan animasi mereka. Sementara itu, serial juga mencerminkan filosofi desain mereka dengan baik.

Nah, berikut anime terbaik dari Studio Madhouse, saya urutkan berdasarkan tahun rilisnya:

1. Legend of Galactic Heroes

Legend of Galactic Heroes anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 1988-1997
  • Episode: 110

Bayangkan mengawinkan Star Wars dengan Game of Thrones, tambahkan musik klasik dan jadilah anime Legend of the Galactic Heroes ini

Kamu mendapatkan tontonan dengan lusinan karakter, yang semuanya kamu kenal dalam plot yang tak kamu bayangkan.

Kamu perlahan-lahan menyadari bahwa plot armor belum ditemukan di anime 1980-an garapan Studio Madhouse ini.

Baca juga: 10 Serial Anime 1980-an Terbaik

2. Perfect Blue

Perfect Blue anime movie satoshi kon studio madhouse
  • Tahun rilis: 1997
  • Episode: 1 Film

Perfect Blue adalah film anime debut penyutradaraan Satoshi Kon.

Film thriller psikologis ini berpusat di sekitar seorang penyanyi yang upayanya untuk menemukan kembali dirinya sebagai seorang aktris.

Diperumit oleh doppelganger yang berbahaya, penguntit yang terobsesi dengan internet dan peran dalam serial TV yang semakin menyatu dengan kehidupan aslinya sampai dia maupun penonton tak yakin di mana yang satu berakhir dan yang lainnya dimulai.

Sutradara Amerika Darren Aronofsky secara khusus terbuai dengan Perfect Blue, seperti yang dia katakan pada Kon ketika keduanya bertemu.

Tentu saja, film anime garapan Studio Madhouse ini daftar wajib tonton buat otaku maupun sinefil.

3. Cardcaptor Sakura

cardcaptor sakura anime magical girl studio madhouse
  • Tahun rilis: 1998-2000
  • Episode: 70

Salah satu anime magical girl terbaik karya CLAMP yang digarap oleh Studio Madhouse.

Sakura Kinomo untuk secara tidak sengaja melepaskan kartu magis yang kuat ke dunia.

Setelah dimarahi oleh penjaga kartu imut Kero (Cerberus), dia meminta bantuan Sakura untuk mengambil kartu yang hilang.

Pada gilirannya, Sakura menghabiskan setiap episode menyelidiki fenomena supernatural yang mungkin terkait dengan salah satu dari banyak Kartu Clow.

Dengan dukungan dari sahabatnya Tomoyo Daidouji dan saingannya Syaoran Li, Sakura menggunakan berbagai sihir penyegel untuk mengambil Kartu Clow baru.

Baca juga: 12 Anime Magical Girl Terbaik

4. Trigun

trigun anime
  • Tahun rilis: 1998
  • Episode: 26

Trigun adalah sebuah anime aksi dan petualangan. Anime ini mengikuti Vash the Stampede, yang memiliki bounty yang sangat besar padanya.

Dikenal karena kehancuran yang selalu ia timbulkan, ia dijuluki The Humanoid Typhoon. Namun, semua ini adalah stigma karena Vash benar-benar orang baik yang tak pernah membunuh siapa pun.

Vash selalu berakhir dalam situasi yang mengancam jiwa saat ia didorong ke batasnya.

5. Hajime no Ippo

Hajime no Ippo anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2000
  • Episode: 127

Sebuah anime olahraga tentang tinju belum pernah berhasil dilakukan sebelumnya sampai Hajime no Ippo tiba.

Hajime no Ippo menggambarkan penderitaan Makunouchi Ippo yang bercita-cita menjadi petinju juara meskipun diintimidasi selama sebagian besar masa kecil dan masa remajanya.

Ini setelah seorang petinju pro menyelamatkannya dari upaya intimidasi. Sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah pendakian Ippo ke kejuaraan.

6. Monster

Monster anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2004
  • ​​​​​Episode: 74

Monster adalah salah satu anime dari Studio Madhouse yang paling diakui secara universal. Ini adalah drama dan thriller serius tentang seorang ahli bedah dan dilema moralnya yang mengarah ke plot yang jauh lebih jahat.

Dimulai ketika Dr. Kenzou Tenma menjadi marah secara moral setelah dipaksa untuk menyelamatkan orang yang lebih kaya dan membiarkan pasien yang lebih miskin mati.

Jadi, dia melakukan yang benar dengan pasien lain yang lebih miskin dengan memilih untuk mengoperasinya alih-alih seorang walikota dalam dilema berikutnya.

Sedikit yang dia tahu, dia menyembuhkan seorang pembunuh yang mengejar teman-temannya dan pasien yang sama itu sekarang menghantuinya beberapa tahun kemudian.

7. Nana

Nana anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2006
  • Episode: 47

Nana adalah serial shoujo tetapi orang mungkin akan terkejut dengan materi pelajarannya. Itu karena Nana menjalin kisah dewasa yang kompleks tentang romansa, pengkhianatan, dan kehilangan.

Hal-hal itu biasanya tak ada di anime shoujo yang hangat dan ringan, Studio Madhouse tidak akan berkompromi hanya untuk mendapatkan penonton yang lebih muda.

Nana dengan demikian adalah kisah tentang dua wanita yang memiliki nama tituler yang sama.

Salah satunya adalah gadis kampng yang mempertaruhkan segalanya untuk menemukan panggilan sejatinya di kota besar sementara yang lain adalah vokalis punk dengan mimpi besar.

Entah bagaimana, mereka akhirnya menjadi teman dan membentuk ikatan erat yang kemudian diuji oleh hubungan romantis masing-masing dan keadaan dewasa lainnya.

Baca juga: 12 Anime Coming of Age Penuh Gejolak Jiwa dan Rasa

8. Hellsing Ultimate

Hellsing Ultimate anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2006
  • Jumlah musim: 1 (total 10 episode)

Hellsing Ultimate adalah sebuah OVA atau mini-seri yang berjalan secara mengejutkan selama enam tahun meskipun hanya memiliki sepuluh episode.

Itu indikasi betapa hati-hatinya para kreator dalam menganimasikan adaptasi anime paling definitif Hellsing. Bukan hanya Studio Madhouse yang bekerja di sini tetapi juga studio-studio ternama lainnya.

Bagaimanapun, Hellsing Ultimate menceritakan kembali kisah organisasi tituler yang dibuat semata-mata untuk melawan ancaman supernatural.

Senjata terbesar mereka tetap sebagai Alucard— seorang raja vampir yang telah berkomitmen untuk bertarung dan memusnahkan jenisnya sendiri untuk Hellsing.

Dengan asisten vampir yang baru direkrut, Alucard menghadapi bahaya baru di Hellsing Ultimate, tidak ada yang tidak bisa dia tangani, tentu saja.

9. Death Note

death note light yagami anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2006
  • ​​​​​​​Episode: 37

Death Note adalah anime Madhouse yang mendefinisikan sebuah generasi dan pengaruhnya terhadap budaya anime yang masih bergema hingga hari ini.

Salah satunya, ini adalah anime di mana protagonis juga antagonis. Itu adalah Yagami Cahaya. Tidak seperti kebanyakan protagonis shonen, dia juga sangat cerdas hingga menjadi penjahat. Atau sering disebut anti-hero.

Ini semua terjadi karena shinigami atau dewa kematian yang bosan menjatuhkan Death Note mereka ke dunia manusia. Light kebetulan menemukannya dan menemukan bahwa dia dapat menggunakannya untuk membunuh orang hanya dengan menulis nama mereka.

Maka dimulailah serangkaian pembunuhan yang direncanakan dengan rumit yang oleh Light dibenarkan sebagai hal yang perlu dan benar karena orang-orang yang dia bunuh semuanya adalah penjahat.

10. Black Lagoon

Black Lagoon anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2006
  • Episode: 12 (Season 1), 12 (Season 2)

Sebuah komedi aksi yang sangat bergaya dari Studio Madhouse, Black Lagoon mendokumentasikan Lagoon Company, sekelompok bajak laut yang menyelundupkan barang di laut Asia pada 1990-an.

Protagonis sentral Rock adalah manusia biasa yang melepaskan pekerjaannya untuk menjadi tentara bayaran, bergabung dengan bajak laut yang menculiknya, termasuk petarung seperti Revy dan Dutch.

Menawarkan penghargaan sinematik untuk filmografi sutradara seperti John Woo dan Quentin Tarantino, Black Lagoon mendapat pujian besar untuk adegan aksinya yang bergaya, penanganan karakter perempuan yang lebih baik seperti Revy, dan keseimbangan komedi gelap dan aksi kekerasan.

11. Rainbow

Rainbow anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2010
  • Episode: 26

Rainbow adalah anime seinen. Dengan demikian, orang dapat mengharapkan tema dan ikonografinya menjadi kurang ramah terutama jika dibandingkan dengan anime shonen. Ini menunjukkan bagaimana Studio Madhouse lebih menyukai penontonnya.

Rainbow mengikuti kisah sekelompok pemuda nakal yang dipaksa pindah ke sekolah penjara literal yang disebut Sekolah Reformasi Khusus Shounan. Di sana, mereka berjuang untuk bertahan hidup sambil melayani waktu mereka.

Drama penjara ini bukanlah jalan-jalan di taman karena sipir dan penjaga penjara itu sendiri adalah manusia yang bejat dan bejat.

12. Tatami Galaxy

tatami galaxy anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2010
  • ​​​​​​​Episode: 11

Bagi mereka yang mencari anime arthouse yang solid dengan visual yang menyerupai perjalanan memabukkan, maka The Tatami Galaxy adalah anime Studio Madhouse paling eksperimental.

Anime ini menggunakan gaya yang membuatnya terlihat seperti video musik rock psychedelic, dalam estetika Jepang.

Singkatnya, The Tatami Galaxy adalah kesempatan kedua seorang mahasiswa kesepian untuk memperbaiki hidupnya setelah menghabiskan dua tahun dalam kesia-sian.

Itu berkat seorang pria dengan kepala berbentuk terong yang menganggap dirinya sebagai dewa dan memberikan siswa yang kesepian kesempatan untuk memulai lagi. Cukup trippy.

13. Hunter x Hunter (2011)

Hunter x Hunter (2011)
  • Tahun rilis: 2011
  • ​​​​​​​Episode: 148

Dengan beragam anime tak konvensional yang dibuat Studio Madhouse, mereka pasti membutuhkan hit mainstream untuk memperkuat pengakuan mereka. Dan itu hadir dengan me-reboot salah satu shonen aksi paling menonjol sepanjang masa: Hunter x Hunter.

Madhouse bertanggung jawab atas reboot yang cukup banyak mengabaikan versi asli 1999, tetapi melanjutkan warisan anime. Selain itu, lebih setia terhadap manga, tentu saja.

Ini tentang Gon yang memulai petualangan untuk menemukan jejak ayahnya dan berteman di sepanjang jalan. Untuk bisa bersatu kembali dengan ayahnya, Gon harus menjadi Hunter yang terkenal tetapi jalan menuju tujuan itu tidak mudah.

14. Chihayafuru

Chihayafuru anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2011-2019
  • Episode: 24 (Season 1), 25 (Season 2),

Chihaya Ayase adalah seorang gadis yang menghabiskan sebagian besar hidupnya hanya untuk mendukung saudara perempuannya dalam karir modelnya.

Itu berubah ketika dia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Arata Wataya, pemain karuta berbakat yang menyadari potensi Chihaya untuk menjadi pemain hebat.

Saat Chihaya mengambil mimpi baru untuk menjadi pemain karuta terbaik Jepang, dia segera dipisahkan dari teman bermain karutanya, Taichi Mashima dan Arata Wataya, saat mereka tumbuh dewasa.

Sekarang di sekolah menengah, Chihaya masih terus bermain karuta dengan harapan suatu hari nanti dia akan bertemu teman-temannya lagi.

15. Parasyte -the maxim-

Parasyte -the maxim-
  • Tahun rilis: 2014
  • Episode: 24

Parasyte: The Maxim adalah anime action-horror. Selain memiliki lagu tema pembuka yang sangat bagus, Parasyte mengikuti alien parasit yang menempati otak manusia. Shinichi Izumi diserang oleh Parasit, tetapi masih mendapatkan kembali kendali atas otaknya.

Sebaliknya, parasit mengambil kendali tangannya. Bekerja sama dengan rekan barunya, Migi, Shinichi mencoba mempertahankan diri dari parasit lain.

16. One Punch Man

One Punch Man anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2015
  • ​​​​​​​Episode: 12 (Season 1), 12 (Season 2)

Studio Madhouse melakukan kehormatan dalam meluncurkan manga One-Punch Man menjadi trademark dan salah satu parodi terbesar di dunia anime. Mereka bertanggung jawab atas musim pertama pertunjukan subversif itu, yang sangat sulit.

One-Punch Man terutama bertentangan dengan keinginan dan mengolok-olok pahlawan anime shonen sambil juga memiliki pahlawan shonen yang menginspirasi.

Anime ini berkisah tentang Saitama yang dulunya adalah seorang salaryman yang tidak mengesankan.

Setelah mendapat sedikit pencerahan, Saitama memutuskan untuk berlatih selama tiga tahun berturut-turut sampai dia kehilangan semua rambutnya dan akhirnya mampu mengalahkan lawan mana pun hanya dengan satu pukulan.

Akhirnya, dia bahkan bosan menjadi yang terbaik sampai beberapa orang kuat di dunia lain menantang supremasinya.

17. Death Parade

Death Parade anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2015
  • Episode: 12

Setelah kematian, baik Surga atau Neraka menunggu sebagian besar manusia. Tetapi untuk beberapa orang terpilih, kematian membawa mereka ke Quindecim, sebuah bar di mana hanya pasangan orang yang meninggal pada saat yang sama yang bisa masuk.

Ada sosok bartender misterius yang dikenal sebagai Decim, yang juga bertindak sebagai penengah.

Dia memberikan penilaian pada mereka yang berakhir di Quindecim dengan menantang mereka ke permainan yang mengancam jiwa.

Permainan ini menentukan apakah jiwa pelindung akan bereinkarnasi ke kehidupan baru, atau dikirim ke kehampaan, tidak pernah terlihat lagi.

Dari dart dan bowling hingga game fighting, sifat asli dari setiap orang perlahan terungkap saat mereka mempertaruhkan jiwa mereka.

Meskipun metodenya tetap tidak berubah, kemunculan tiba-tiba seorang perempuan amnesia berambut hitam menyebabkan Decim mengevaluasi kembali keputusannya sendiri.

18. Overlord

overlord overpower isekai anime
  • Tahun rilis: 2015-sekarang
  • Episode: 13 (Season 1), 13 (Season 2), 13 (Season 3)

Sebagai anime isekai garapan Studio Madhouse, Overlord memiliki cerita unik yang mengikuti petualangan karakter penjahat, ketika Momonga terjebak dalam permainan di mana ia memainkan penyihir kegelapan yang sangat kuat.

Setelah berdamai dengan situasinya yang aneh, dia menerimanya sebagai kenyataan dan menciptakan kekacauan di dunia fantasi ini.

Hal terbaik tentang Overlord adalah karakternya. Setelah Momonga menjadi penguasa kegelapan dunia, dia bisa memiliki apapun yang dia inginkan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Overlord

19. A Place Further Than the Universe

A Place Further Than the Universe anime slice of life adventure studio madhouse
  • Tahun rilis: 2018
  • ​​​​​​​Episode: 13

A Place Further Than The Universe mengeksplorasi premis yang mirip dengan Nana. Ini tentang tiga gadis yang merangkul hal yang tidak diketahui dan ketidakpastian dalam upaya untuk menemukan apa yang ada di luar alam semesta mereka yang dikenal.

Masing-masing dari empat gadis memiliki alasan sendiri untuk mengambil jalan tersebut.

Salah satunya mencari ibunya. Yang lain melakukan perjalanan karena penasaran. Yang lain melakukannya karena waktu luang, dan yang terakhir hanya ikut-ikutan.

Semuanya tertarik pada satu tujuan dalam petualangan drama tentang pengejaran ambisius ini.

Baca juga: 10 Anime Terbaik Dekade 2010-an

20. Sonny Boy

Sonny Boy anime studio madhouse
  • Tahun rilis: 2021
  • Episode: 12

Anime surealis dan psychedelic lainnya dari Studio Madhouse selain The Tatami Galaxy.

Tiga puluh enam siswa menemukan diri mereka dan gedung sekolah mereka tiba-tiba terombang-ambing dalam dimensi seperti kekosongan.

Ketika kekuatan supranatural terbangun di beberapa dari mereka, rasa keterpisahan mulai memecah kelompok.

Terlepas dari upaya dewan siswa untuk memaksakan ketertiban, mereka berbenturan dengan siswa yang memiliki kemampuan khusus, yang memberontak terhadap kontrol ketat mereka.

Konflik ini membuat mereka menemukan bahwa dunia ini memiliki seperangkat aturannya sendiri, dan mengikutinya diperlukan untuk bertahan hidup.

Setelah salah satu siswa memutuskan untuk melakukan lompatan keyakinan, sekolah beralih dimensi sekali lagi.

Sementara mereka menghadapi tantangan dan keadaan unik yang dihadirkan setiap dunia, para siswa harus mengungkap fenomena misterius dan menemukan jalan pulang.

Tinggalkan komentar