12 Anime Terbaik dari Studio MAPPA

Dibandingkan dengan studio anime terkemuka lainnya seperti Toei Animation, Sunrise, Madhouse dan beberapa lainnya, studio MAPPA cukup baru, yang didirikan Maruyama Masao pada tahun 2011.

Maruyama telah menjadi tokoh legendaris di industri anime modern karena hubungannya dengan Madhouse sebagai pendiri dan produser. Jadi tidak mengherankan kalau MAPPA bisa langsung maju dalam waktu yang begitu singkat.

Tujuan utama studio MAPPA selalu membuat anime yang dikerjakan oleh sutradara generasi muda, untuk membawa ide-ide baru yang akan menarik bagi pemirsa anime saat ini. Selain juga meminta sutradara kawakan seperti Shinichiro Watanabe yang sudah teruji portofolionya.

Nah, berikut beberapa rekomendasi anime terbaik dari studio MAPPA:

1. Sakamichi no Apollon

Sakamichi no Apollon anime studio mappa
  • Episode: 12
  • Genre: Drama, Romance, Music, School, Josei

Ketika sutradara Shinichiro Watanabe dan komposer musik Yoko Kanno bertemu studio MAPPA, hasilnya adalah sebuah anime yang bisa dibilang sebuah mahakarya.

Yoko Kanno sebagai komposer sudah berpengalaman dengan musik Jazz dan Shinichiro yang telah menggunakan soundtrack Jazzy dalam Cowboy Bebop tidak asing dengan itu. Maka tidak heran jika mereka memutuskan untuk membuat anime musik yang membuat Jazz terlihat keren kembali.

Sakamichi no Apollon mengikuti Kaoru Nishimi yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dan karenanya dia tidak pernah bisa mendapatkan teman dekat.

Jadi ketika dia pindah ke Kyushu untuk tahun pertama sekolah menengahnya, dia tidak memiliki harapan untuk mendapatkan teman baik di sini.

Pada hari pertama sekolah, ia bertemu dengan seorang drummer nakal bernama Kawabuchi Sentaro yang memperkenalkannya pada dunia musik Jazz yang sama sekali baru.

Terinspirasi oleh Kawabuchi, Kaoru mulai belajar piano Jazz sendirian dan segera menjadi bagian dari klub Jazz sepulang sekolah.

Sakamichi no Apollon adalah kisah seorang anak laki-laki introvert yang keluar dari cangkangnya dengan dukungan teman-temannya dan berangkat untuk mencapai kebesaran.

Baca juga: Rekomendasi 10 Anime Musik, dari Romance Sampai Action

2. Zankyou no Terror

zankyou no terror anime studio mappa
  • Episode: 11
  • Genre: Mystery, Psychological, Suspense

Seluruh bangsa terguncang setelah serangan teror terjadi di fasilitas nuklir dengan keamanan tinggi.

Tanpa bukti siapa yang berada di baliknya, semua orang tetap tidak mengerti sampai sebuah video aneh ditemukan di internet yang menampilkan dua anak laki-laki bertopeng yang secara terbuka menghadapi polisi untuk menghentikan mereka.

Seluruh kota menjadi liar setelah menonton video dan segera, semua orang mulai pergi sementara polisi mencoba yang terbaik untuk menangkap teroris bertopeng.

Zankyou no Terror adalah salah satu kreasi Shinichiro Watanabe lainnya, dan dengan mudah memenuhi syarat sebagai salah satu anime terbaik dari studio MAPPA.

3. In This Corner of the World

In This Corner of the World film anime studio mappa
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Drama, Historical, Seinen

In This Corner of the World mungkin salah satu film anime brilian yang belum pernah didengar oleh siapa pun. Salah satu alasannya karena film ini dirilis sekitar waktu yang sama dengan Your Name dan A Silent Voice yang jelas-jelas bakal menutupinya.

Paruh pertama film sedih yang tak tertahankan ini berfokus pada kehidupan seorang gadis muda bernama Suzu selama Perang Dunia II.

Babak kedua adalah tentang bagaimana Suzu dan orang-orang di desanya berjuang untuk bertahan hidup setelah rumah dan tanah mereka hancur total.

In the Corner of the World adalah hidden gem dari studio MAPPA yang akan membuat kamu menangis.

4. Yuri!!! on Ice

Yuri!!! on Ice anime studio mappa
  • Episode: 12
  • Genre: Drama, Sport

Yuri!!! on Ice secara resmi dilabeli sebagai anime olahraga, tetapi yang membuatnya sangat populer adalah hubungan romansa karakternya.

Cerita utamanya berkisar pada seorang anak laki-laki bernama Yuri Katsuki yang merupakan sosok skater profesional. Tapi setelah dia kalah di turnamen besar, dia memutuskan untuk menyerah pada olahraga.

Victor Nikiforov adalah figure skater lain yang kebetulan menonton salah satu video viral Yuri dan langsung terkesan dengan bakatnya. Ini adalah saat dia beristirahat dari karir skatingnya sendiri dan memutuskan untuk melatih Yuri.

Sementara plot utama anime ini cukup menggembirakan dan juga sedikit klise, yang benar-benar menarik perhatian sebagian besar penonton adalah sub-plotnya yang menggambarkan hubungan homoseksual antara Victor dan Yuri dengan cara yang sangat dewasa.

Selain itu, anime dari studio MAPPA ini memiliki beberapa visual yang bagus, terutama selama pertunjukan figure skating yang dilengkapi dengan beberapa soundtrack yang paling merdu.

5. Kakegurui

kakegurui anime yumeko jabami
  • Episode: 12, 12
  • Genre: Drama, Psychological, School, Shounen

Akademi Hyakkaou tidak seperti sekolah lain di luar sana dan jenis kurikulum yang mengikutinya menjadikannya sekolah elit terbaik di seluruh negeri.

Hanya terbuka untuk anak-anak dari keluarga kerajaan, sekolah ini mengizinkan perjudian untuk memastikan bahwa siswanya siap menghadapi kekejaman dunia nyata.

Sementara sebagian besar anak-anak sekolah berjudi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik, seorang gadis baru datang dan obsesinya terhadap perjudian mulai mengancam otoritas sekolah yang lebih tinggi.

Kakegurui begitu mendebarkan, seksi dan akan membuat kamu ketagihan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Kakegurui

6. Inuyashaki

Inuyashaki anime studio mappa
  • Episode: 11
  • Genre: Action, Drama, Psychological, Seinen

Inuyashiki adalah pria berusia 50 tahun, yang terlihat seperti berusia 70-an. Keluarganya sendiri membencinya dan bahkan rekan kerjanya tak menghormatinya. Hidupnya semakin buruk ketika dia didiagnosis menderita kanker, meski begitu keluarganya tidak menunjukkan perhatian padanya.

Dia menjadi depresi dan hanya berjalan keluar dari rumahnya ke lapangan terbuka untuk menangis, tapi tiba-tiba sebuah kapal asing mendarat di atasnya dan membunuhnya. Alien memutuskan untuk menebus kehilangan dan membangun kembali seluruh tubuhnya dengan banyak senjata.

Inuyashiki bangun sebagai cyborg yang sekarang lebih kuat dari manusia lain di luar sana. Dia memutuskan untuk menggunakan kekuatannya yang baru diperoleh untuk membantu mereka yang membutuhkan tetapi sedikit yang dia tahu bahwa ada orang lain di luar sana dengan kemampuan yang sama.

Inuyashiki secara keseluruhan adalah anime penuh aksi dari studio MAPPA yang menyenangkan, yang mengambil pendekatan yang sedikit berbeda terhadap terorisme.

Ceritanya telah diadaptasi dari manga yang telah dibuat oleh penulis yang sama yang mengilustrasikan Gantz, jadi jangan heran jika animenya banyak adegan gore fantastis.

7. Banana Fish

Banana Fish anime studio mappa
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Shoujo

Banana Fish adalah anime satu musim yang wajib ditonton, yang sangat bergantung pada kiasan yang dibuat tidak hanya oleh manga titulernya tetapi juga thriller kriminal dari tahun 1990-an.

Persahabatan sentral antara pemimpin geng Ash Lynx dan jurnalis Max Lobo menawarkan pukulan emosional, sementara konspirasi pengendalian pikiran yang terkait dengan Perang Irak menambah sensasi.

Meski serial anime berlatar tahun 2010-an, tapi manga yang menjadi dasarnya dibuat pada tahun 1980-an, sehingga referensi dan gaya visualnya masih memiliki nuansa klasik, membuat Banana Fish berbeda dalam genre thriller kriminal saat ini.

8. Dororo

Dororo studio mappa
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural, Historical, Shounen

Manga klasik Dororo pada dasarnya adalah cerita fantasi yang berputar di sekitar petualangan seorang Ronin muda disebut Hyakkimaru dan seorang bocah melarat bernama Dororo. Bagian tubuhnya dicuri oleh setan, mendorongnya untuk mencari kembali sampai dapat.

Alur cerita utama ini dipertahankan dalam pembaruan dari studio MAPPA, meski sangat menyimpang dari materi sumber.

Secara keseluruhan, ini adalah anime fantasi gelap yang menarik dengan karakter multidimensi. Pencarian Hyakkimaru bukan hanya untuk menemukan tubuhnya, tetapi juga untuk menemukan tujuan dan identitas hidupnya.

Baca juga: 15 Anime Samurai Terbaik Sepanjang Masa

9. Jujutsu Kaisen

jujutsu kaisen
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Fantasy, Supernatural, Shounen

Sebuah anime shonen dengan elemen fantasi gelap dan petualangan, Jujutsu Kaisen telah mengumpulkan banyak fans meski baru memulai debutnya belakangan.

Plotnya sebagian besar mengikuti siswa sekolah menengah Yuji Itadori dan petualangannya setelah ia bergabung dengan organisasi rahasia Penyihir Jujutsu untuk membunuh Kutukan yang kuat. Yuji juga menyimpan monster jahat yang bisa dia kendalikan.

Di samping elemen gelap, Jujutsu Kaisen menghindari kiasan shonen yang sudah dikenal, dan menawarkan dosis humor aneh serta kiasan untuk anime shonen ikonik seperti Bleach dan Naruto.

Baca juga: Panduan Nonton Jujutsu Kaisen dan Urutan Cerita

10. Attack on Titan: The Final Season

attack on titan season finale
  • Episode: 16 (Part 1), 10 (Part 2)
  • Genre: Action, Drama, Survival, Shounen

Attack On Titan tampaknya tak perlu diperkenalkan lagi, karena terus dibicarakan.

Meski tiga musim awalnya digarap oleh Wit Studio, MAPPA melangkah untuk musim terakhir.

Seperti yang telah menjadi premis seri, musim terakhir melanjutkan perang pasca-apokaliptik antara manusia dan Titan.

Namun, tidak seperti anime fantasi gelap dan fiksi ilmiah lainnya, Attack on Titan mendapat manfaat dari filosofi yang mendasari di balik karakter berlapis-lapisnya saat mereka menemukan asal dan sejarah mereka dengan setiap misi berikutnya.

Baca juga: Panduan Nonton Attack on Titan dan Urutan Cerita

11. Dorohedoro

Dorohedoro anime mappa
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Horror, Seinen

Ceritanya berkisar pada Kaiman, yang tidak ingat siapa dia sebelum dia diubah oleh pengguna Sihir. Transformasi ini membuatnya punya kepala reptil, dan keinginan untuk mencari tahu kebenaran tentang siapa dia sebenarnya.

Ditemani oleh Nikaido, teman perempuannya, dia melacak Pengguna Sihir di “The Hole” dan tanpa basa-basi membabat habis siapa saja yang menghalanginya, berharap untuk mengetahui siapa yang menempatkannya dalam keadaan ini.

Baca juga: 15 Anime Seinen Terbaik, dari Aksi Brutal Sampai Komedi Romantis

12. Chainsaw Man

Chainsaw Man anime studio mappa
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Comedy, Drama, Fantasy

Anime Fall 2022 terbaru dari Studio MAPPA, adaptasi dari manga shonen hit karya Tatsuki Fujimoto.

Denji adalah seorang remaja laki-laki yang tinggal bersama Chainsaw Devil bernama Pochita. Karena hutang yang ditinggalkan ayahnya, dia menjalani kehidupan yang menyiksa sambil membayar hutangnya dengan memanen mayat iblis bersama Pochita.

Suatu hari, Denji dikhianati dan dibunuh. Saat kesadarannya memudar, dia membuat kontrak dengan Pochita dan dihidupkan kembali sebagai “Chainsaw Man”, yang sesuai namanya jadi manusia gergaji.


Nah itu tadi rekomendasi anime dari Studio MAPPA yang tidak boleh dilewatkan. Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Tinggalkan komentar