10 Anime Terbaik dari P.A. Works

P.A. Works merupakan studio anime yang dibentuk pada tahun 2000 setelah presidennya, Kenji Horikawa, mendirikan perusahaannya sendiri. Ia telah bekerja di Tatsunoko Production, Production I.G dan Bee Train Production.

Meski didirikan pada awal milenium, baru pada tahun 2008 studio P.A. Works merilis judul anime pertamanya. Sejak saat itu, studio ini secara konsisten merilis setidaknya satu serial anime setiap tahunnya.

Dari tahun-tahun awal hingga yang saat ini, berikut P.A. Works terbaik sejauh ini dan apa sebenarnya yang membuatnya menonjol dari produksi studio lainnya.

1. Angel Beats!

Angel Beats! anime p.a. works
  • Episode: 13
  • Tayang: Spring 2010
  • Genre: Action, Comedy, Drama, Supernatural

Angel Beats! tidak diragukan lagi merupakan anime yang sangat ikonik. Cerita dimulai ketika Yuzuru Otonashi terbangun di kehidupan setelah mati.

Tidak dapat mengingat kehidupannya sebelum saat itu, dan didekati oleh Yuri Nakamura, seorang gadis yang mengundangnya untuk menjadi bagian dari SSS. Organisasi ini ada untuk memberontak melawan Tuhan yang tak terlihat dan untuk melawan Malaikat, ketua OSIS yang memiliki kekuatan supranatural dan dianggap sebagai rekan Tuhan.

Angel Beats! juga terasa sangat menyentuh hati. Momen komedi yang sering menutupi fakta bahwa di balik setiap kepribadian aneh adalah seseorang yang menjalani kehidupan yang penuh rasa sakit dan penderitaan karena satu dan lain alasan, dan sekarang mengambil kesempatan ini untuk hidup dengan cara yang sebelumnya tidak dapat mereka lakukan.

Akibatnya, ini adalah salah satu judul langka yang membuat penonton tertawa histeris satu menit dan meraih kotak tisu di menit berikutnya. Lengkap dengan soundtrack yang fantastis, Angel Beats! kemungkinan akan dikenang selama bertahun-tahun yang akan datang.

2. Another

Another anime p.a. works
  • Episode: 12
  • Tayang: Winter 2012
  • Genre: Horror, Mystery, Psychological, Supernatural, Thriller

Kouichi Sakakibara pindah ke sekolah baru. Di kelasnya ada Mei Misaki yang misterius, yang dijauhi tidak hanya oleh teman sekelasnya tetapi juga oleh gurunya. Namun, kelas tersebut segera dilanda kematian mengerikan satu demi satu, karena ternyata mereka berada di bawah semacam kutukan yang menimpa kelas 3-3 setiap tahun sejak 1972.

Yang menjadikan anime horror ini benar-benar unggul adalah dalam penceritaannya yang menegangkan dan lambat yang mendorong pemirsa untuk secara terbuka berspekulasi tentang karakter mana yang akan mati selanjutnya dan dengan cara yang mengerikan.

Dengan cara seperti film Final Destination, para pemeran dipilih satu per satu, dengan Kouichi dan Mei berusaha menemukan cara untuk mematahkan kutukan. Bukan pertunjukan untuk orang yang lemah hati, dan dilengkapi dengan gaya seni dramatis dan soundtrack yang menakutkan, Another adalah karya yang masih menjadi salah satu judul anime horor dan misteri terbaik hingga saat ini.

Baca juga: 8 Anime Gelap di Balik Tampilan Lucu, Awalnya Kawaii Jadi Dark Twist!

3. Uchouten Kazoku (The Eccentric Family)

Uchouten Kazoku (The Eccentric Family) anime p.a. works
  • Episode: 13 (Season 1), 12 (Season 2)
  • Tayang: Summer 2013, Spring 2017
  • Genre: Comedy, Drama, Fantasy, Slice of Life, Supernatural

Uchouten Kazoku atau The Eccentric Family secara praktis penuh dengan kehidupan dan energi. Sebuah drama komedi dengan realisme magis dosis tinggi, serial ini berlatarkan Kyoto modern, di mana keluarga tanuki yang berubah bentuk menjalani kehidupan antara dunia manusia dan tengu penguasa langit.

Anime tersebut tentu saja mengisyaratkan beberapa tema gelap. Karakter utama Yasaburou Shimogamo dan sesama tanuki hidup dalam ketakutan untuk benar-benar dijadikan hotpot tahunan seperti ayah Yasaburou.

Namun, secara keseluruhan, The Eccentric Family memberikan suasana kegembiraan yang ceria, dibantu oleh banyak karakternya yang lebih besar dari kehidupan dan latar yang sangat detail secara imajinatif.

Untuk penggemar anime yang mencari sesuatu yang sangat kreatif dan dengan rasa nostalgia. Belum lagi OP-nya yang benar-benar luar biasa, The Eccentric Family adalah tontonan wajib.

Baca juga: 20 Anime Adaptasi Novel Terbaik

4. Shirobako

Shirobako anime p.a. works
  • Episode: 24
  • Tayang: Fall 2014
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life

Meski kebanyakan anime produksi P.A. Works mengandung elemen sihir atau setidaknya sentuhan supernatural, Shirobako menonjol sebagai serial Slice of Life komedi.

Bercerita tentang sekelompok wanita muda yang melakukan yang terbaik untuk mencari nafkah, sambil mempertahankan impian sekolah menengah mereka untuk membuat anime. Mereka belajar bahwa jalan menuju sukses sangat sulit dan terkadang mengecewakan bahkan ketika mereka ‘berhasil’ dalam industri pilihan mereka.

Jika ini semua terdengar agak sinis dan menyedihkan, Shirobako memang bisa menjadi pandangan pesimis pada impian masa muda yang dihancurkan tanpa perasaan, tetapi yang terpenting, ini adalah anime yang merayakan kegigihan dan inspirasi.

Lagipula, perjalanan menuju sukses hanya benar-benar memuaskan bila ada rintangan yang harus diatasi di sepanjang jalan. Shirobako bukanlah tragedi, dan penutupnya pasti akan memuaskan pemirsa yang juga memiliki hasrat untuk menciptakan karya seni, apa pun bentuknya.

Baca juga: 10 Anime Kehidupan Dewasa Soal Work Life

5. Charlotte

Charlotte anime p.a. works
  • Episode: 13
  • Tayang: Summer 2015
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Sci-Fi, Supernatural

Cerita berpusat pada kemampuan khusus yang terjadi di antara sebagian kecil anak laki-laki dan perempuan di masa pubertas.

Yuu Otosaka menggunakan kekuatannya tanpa sepengetahuan orang lain, dan menjalani kehidupan sekolah rata-rata yang cukup normal. Di hadapannya tiba-tiba muncul seorang gadis, Nao Tomori. Karena pertemuannya dengannya, nasib pengguna kekuatan khusus akan terungkap.

6. Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou (Maquia: When the Promised Flower Blooms)

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou (Maquia: When the Promised Flower Blooms) film anime p.a. works
  • Episode: 1 Film
  • Tayang: Winter 2018
  • Genre: Drama, Fantasy, Psychological

Orang-orang Iorph tinggal jauh dari tanah manusia, menenun kejadian setiap hari menjadi kain yang disebut Hibiol. Mereka hidup selama berabad-abad sambil mempertahankan penampilan muda mereka.

Maquia, seorang gadis Iorph yatim piatu, menjalani hidupnya di oasis yang dikelilingi oleh teman-teman, namun entah bagaimana merasa “sendirian”. Tapi kehidupan Iorph yang tenang hancur dalam sekejap ketika pasukan Mezarte menyerbu wilayah mereka dengan armada naga, mencari darah yang memberikan umur panjang kepada Iorph.

Maquia berhasil melarikan diri, tetapi kehilangan teman dan rumahnya dalam kekacauan. Dia kemudian bertemu dengan bayi yatim piatu yang “sendirian”. Maquia membesarkan anak laki-laki ini “Ariel”, dengan bantuan beberapa teman baru.

Namun seiring perubahan zaman, ikatan antara Maquia dan Ariel juga berubah, di tengah latar belakang ketegangan rasial antara Iorph dan Mezarte.

Film anime produksi P.A. Works ini adalah kisah waktu yang tak tergantikan, dijalin oleh dua orang kesepian yang hanya bisa menemukan penghiburan satu sama lain.

7. Umamusume: Pretty Derby

Umamusume: Pretty Derby
  • Episode: 13 (Season 1), 13 (Season 2)
  • Tayang: Spring 2018, Winter 2021
  • Genre: Drama, Slice of Life, Sports

Di dunia yang sangat mirip dengan dunia kita, kuda balap hebat di masa lalu memiliki kesempatan untuk terlahir kembali sebagai “gadis kuda”. Gadis dengan telinga dan ekor kuda serta kecepatan dan daya tahan luar biasa. Yang terbaik dari gadis-gadis kuda ini pergi berlatih di Akademi Tracen Tokyo, untuk meraih ketenaran dan kekayaan sebagai pembalap dan idola.

Special Week, seorang gadis kuda sekolah menengah dari pedesaan, baru saja pindah ke Tracen, dan dia bertekad untuk memenuhi janjinya kepada ibunya untuk menjadi gadis kuda terbaik di Jepang. Dalam perjalanan ke sekolah, dia berhenti di trek balap dan langsung jatuh cinta dengan gaya Silence Suzuka, bertekad untuk balapan di tim yang sama dengannya.

8. Shiroi Suna no Aquatope (The Aquatope on White Sand)

Shiroi Suna no Aquatope (The Aquatope on White Sand) anime pa works
  • Episode: 24
  • Tayang: Summer 2021
  • Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural

Shiroi Suna no Aquatope atau The Aquatope on White Sand membuktikan bahwa ia memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu P.A. Works yang berhasil sejauh ini, khususnya berkat putaran pertengahan musimnya.

Bercerita tentang dua gadis muda, satu mantan idol, yang lain seorang siswa sekolah menengah dan direktur sementara akuarium pedesaan yang sudah tua di Okinawa. Mereka secara kebetulan bertemu dan bekerja untuk mencoba dan menyelamatkan akuarium tersebut dari kehancuran finansial.

Menggabungkan dewa lokal yang misterius dan penglihatan khusus yang tampaknya diberikan oleh akuarium itu sendiri, Aquatope dapat dikatakan mengambil sejumlah kiasan dan tema dari anime produksi P.A. Works dan mengikatnya menjadi satu kesatuan yang sangat halus.

9. Paripi Koumei (Ya Boy Kongming!)

Paripi Koumei (Ya Boy Kongming!) anime studio p.a. works
  • Episode: 12
  • Tayang: Spring 2022
  • Genre: Comedy, Drama, Music, Supernatural

Nasib dan reinkarnasi mengantarkan ahli strategi militer yang brilian, Kongming, dari Tiongkok kuno ke pusat pesta modern Jepang di Kota Shibuya, Tokyo.

Setelah pergulatan seumur hidup dan pertempuran militer, Kongming berharap dengan nafas terakhirnya untuk dilahirkan kembali di dunia yang damai dan sejahtera. Hampir dua milenium kemudian dia menemukan jalannya di dunia yang sangat berbeda dari kehidupan masa lalunya.

Ketika dia bertemu Eiko, seorang musisi amatir dengan impian besar, duo ini menjalin persahabatan yang bahkan lebih tak biasa. Eiko memiliki kecerdasan untuk memandu Kongming di dunia baru yang aneh ini, dan Kongming akan menggunakan pikiran strategisnya untuk membantu Eiko mencapai ketenaran!

10. Akiba Maid War

Akiba Maid War anime studio p.a. works
  • Episode: 12
  • Tayang: Fall 2022
  • Genre: Action, Comedy, Drama

Akihabara adalah pusat alam semesta untuk hobi paling keren dan hiburan paling unik. Pada musim semi tahun 1999, Nagomi Wahira yang bermata cerah pindah ke sana dengan impian bergabung dengan maid cafe.

Dia dengan cepat mengenakan celemek di kafe Ton Tokoton, alias Pig Hut. Namun menyesuaikan diri dengan kehidupan di Akihabara yang ramai tidak semudah menyajikan teh dan menyenangkan pelanggan.

Dipasangkan dengan Ranko masam yang sepertinya tidak pernah tersenyum, Nagomi harus melakukan yang terbaik untuk mengangkat Ton Tokoton di atas semua maid cafe lainnya yang bersaing untuk mendapatkan peringkat teratas.

Tepat ketika impian Nagomi berada dalam genggamannya, dia menemukan tidak semuanya seperti yang terlihat di maid cafe Akihabara.


Nah itu tadi rekomendasi anime dari Studio P.A. Works yang tidak boleh dilewatkan.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *