12 Anime Terbaik dari Studio Sunrise

Didirikan oleh mantan anggota staf Mushi Production pada tahun 1972, Sunrise Inc. memiliki gudang besar serial anime, film, dan OVA yang diakui secara kritis. Di antaranya, sebagian besar serial masuk ke dalam genre mecha, protagonis antihero, drama perang, dan karakter yang kompleks.

Sementara elemen naratif dari anime studio Sunrise selalu menawarkan yang terbaik, kualitas animasinya juga jarang terputus. Itu menjelaskan mengapa banyak yang menyebut animasi cairnya sebagai “Sunrise Smooth.”

Terlepas dari apakah penonton adalah seorang pemula atau penikmat anime veteran, studio Sunrise memiliki penawaran yang sesuai dengan setiap selera dan suasana hati.

1. Mobile Suit Gundam

Mobile Suit Gundam 1978 anime studio sunrise

Jika ada satu serial anime yang terkenal dengan Studio Sunrise, itu adalah franchise Gundam. Studio ini identik dengan mecha seperti halnya Toei Animation dengan Dragon Ball.

Plotnya sebagian besar berfokus pada konflik Earth Federation dan Principality of Zeon dengan fokus persaingan antara pilot Amuro Ray dengan Char Aznabel. Keduanya adalah pilot terbaik dalam faksinya dan mereka memiliki hubungan ikonik yang akan ditiru beberapa seri Gundam yang akan datang.

Seri aslinya memiliki 43 episode, tetapi ada juga trilogi film sebagai ringkasan dengan kualitas audio yang ditingkatkan untuk bisa dinikmati para penggemar baru.

Ini adalah awal dari semua Gundam yang akan datang, Mobile Suit Gundam memicu era baru dalam anime mecha.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Gundam Universal Century

2. City Hunter

City Hunter anime studio sunrise

Seri anime dari Studio Sunrise yang membawakan Ryo Saeba, menjadikan City Hunter yang selalu populer dan memicu nostalgia.

Serial berfokus pada Ryo sang detektif swasta yang juga dikenal sebagai City Hunter, yang bertugas menjaga Tokyo tetap bersih dan bebas dari kejahatan.

Setelah rekannya dibunuh secara brutal, Ryo yang suka main perempuan dipaksa untuk merawat adik perempuan pasangannya, Kaori, yang secara tidak sengaja menjadi pasangan barunya.

Disambut dengan pujian yang luar biasa, City Hunter kemudian menelurkan beberapa film dan seri spin-off, salah satunya dibintangi oleh Jackie Chan, dan memantapkan posisinya sebagai salah satu anime paling populer sepanjang masa.

3. Patlabor

mobile police patlabor anime mecha

Franchise mecha lainnya dari Studio Sunrise, Patlabor (Patrol Labor) diciptakan pada tahun 1988 oleh Headgear, sebuah grup yang terdiri dari seniman manga Masami Yuki, sutradara anime Mamoru Oshii, penulis skenario Kazunori Ito, perancang mecha Yutaka Izubuchi, dan perancang karakter Akemi Takada.

Dengan elemen fiksi ilmiah, Patlabor berlatar antara tahun 1998-2002, dan mengikuti pasukan polisi Tokyo yang memerangi kejahatan dengan robot raksasa mereka.

Protagonis utama seri adalah kadet terbaru regu, Noa Izumi, tetapi anggota regu lainnya juga memainkan peran besar dalam Patlabor.

Anime Patlabor membawa sentuhan menyegarkan ke genre mecha karena betapa mengakarnya seri ini dalam kenyataan, sekaligus unsur komedinya yang mengarah ke sarkas.

Mengawinkan mecha dengan slice of life komedi, Patlabor juga mengomentari berbagai nuansa politik dan teknologi. Dari isu eko-terorisme, kriminalitas sehari-hari, dan permintaan akan tenaga kerja manual dengan banyak simbolisme agama.

4. Mobile Suit Gundam Wing

Mobile Suit Gundam Wing anime mecha studio sunrise

Mobile Suit Gundam Wing bisa dibilang franchise Gundam paling populer secara internasional, dikreditkan dengan memperkenalkan banyak dan bahkan mempopulerkan genre mecha.

Anime 1990-an ini berpusat pada perang antara bumi dan koloni luar angkasa, khususnya, sekelompok lima pilot mobile suit remaja yang dikirim untuk membebaskan setiap negara dari penindasan, dengan bantuan seorang pasifis muda bernama Relena Peacecraft.

Meski serial dari Studio Sunrise ini melihat kesuksesan biasa di Jepang, popularitasnya melonjak di luar negeri, bahkan dianggap oleh beberapa orang sebagai anime gerbang yang membantu mengantarkan banyak penggemar ke genre tersebut.

5. Cowboy Bebop

Cowboy Bebop anime studio sunrise

Dianggap oleh banyak orang sebagai serial anime terbesar dan paling berpengaruh yang pernah dibuat, Cowboy Bebop adalah tur de force antara animasi, penceritaan, dan aksi penuh gaya.

Serial ini mengikuti Spike Spigel dan kru pemburu hadiah yang beraneka ragam di atas pesawat ruang angkasa Bebop, saat mereka mencari makna dan jawaban atas masa lalu mereka, dan hadiah berikutnya.

Sampai hari ini, Cowboy Bepop tetap dihormati dan dipuji karena perhatiannya terhadap detail, kecerdasan yang tajam, dan tema dewasa atas kebosanan eksistensial, kematian, kekerasan, dan romansa.

Serial ini, kadang-kadang, merupakan eksplorasi kondisi manusia, film thriller noir yang komedi namun penuh aksi, dan komentar tentang masyarakat modern.

Baik kamu penggemar anime atau bukan, ini adalah pameran penceritaan yang hampir sempurna di semua media yang harus dialami setidaknya sekali dan berfungsi sebagai mahakarya televisi dan media.

6. Inuyasha

inuyasha group anime

Seperti halnya Gundam Wing, jika kamu tumbuh di tahun 1990-an, kemungkinan besar kamu akan menemukan Inuyasha saat ditayangkan di Indosiar.

Cerita mengikuti seorang siswi remaja bernama Kagome dan setengah anjing, setengah iblis, Inuyasha, saat mereka memulai perjalanan untuk memulihkan kepingan Shikon no Tama, atau mungkin kamu lebih mengenalnya dengan sebutan Bola Empat Arwah, yang ada di dalam Kagome sebelum iblis jahat Naraku bisa mendapatkannya.

Terlepas dari itu, Inuyasha kemudian menjadi salah satu serial anime dari Studio Sunrise paling populer sepanjang masa, dan masih membuat penggemar berteriak-teriak untuk sekuel dan reboot.

7. Gintama

Gintama anime parody studio sunrise

Berlatar dalam realitas alternatif di mana alien telah menaklukkan Jepang, kisah serial Gintama mengikuti Gintoki dan dua temannya, Shinpachi dan Kagura saat mereka melakukan serangkaian pekerjaan sambilan, atau bahkan cuma menganggur tak jelas.

Gintama dirilis dengan sambutan hangat dan pujian untuk kecerdikan komedi, pemeran karakter yang kompleks, dan momen breaking the fourth wall, serta kapasitasnya yang kuat untuk mengomunikasikan drama dan komedi di berbagai situasi.

Serial yang terkenal itu kemudian menelurkan banyak film animasi, novel ringan, film aksi langsung, dan bahkan CD.

Gintama adalah serial karya Studio Sunrise yang harus ditonton oleh semua penggemar anime, dan pasti akan menghadirkan tawa dan hiburan tanpa henti.

8. Code Geass: Lelouch Of The Rebellion

code geass anime

Salah satu pencapaian Studio Sunrise yang paling terkenal yang kemudian menginspirasi seri yang tak terhitung jumlahnya dan menjadi standar untuk semua anime mecha, Code Geass: Lelouch Of The Rebellion, masih menjadi keajaiban bagi dunia anime.

Kisah ini mengikuti pengguna kekuatan Geass, Lelouch Lamperouge, pangeran Britannia yang diasingkan, yang memimpin pemberontakan mecha melawan ayahnya dan bekas kekaisarannya di Britannia.

Diakui karena tema moralitas, perang kelas, ketidakstabilan politik, dan ekstremisme radikal, Code Geass bersandar pada penceritaannya yang cerdas, karakter yang berkembang dengan baik, dan tindakan cepat untuk mendorong narasinya ke depan.

9. Mobile Suit Gundam 00

Mobile Suit Gundam 00 anime mecha studio sunrise

Judul ke-11 dalam franchise Gundam adalah Mobile Suit Gundam 00, dan seperti entri seri lainnya, ini berfokus pada negara-negara yang bertikai dan kekuatan robot mekanis.

Kisah menyeluruh mengikuti umat manusia di masa depan yang jauh setelah semua sumber daya bumi telah habis.

Koloni dunia mulai berseteru atas energi matahari, menyebabkan konflik di seluruh dunia, yang mengarah pada penciptaan organisasi misterius yang dikenal sebagai Celestial Being yang bertekad membawa perdamaian ke dunia.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an Terbaik

10. Planetes

Planetes anime studio sunrise

Membandingkannya dengan film yang diakui secara kritis, Gravity, Planetes adalah hidden gem yang penuh dengan tema filosofi eksistensial, psikologi manusia, dan korupsi politik.

Ceritanya mengikuti awak kapal pengumpul puing-puing luar angkasa, yang dikenal sebagai Toy Box. Menggunakan pekerjaan pembuangan sampah, dan kekosongan ruang angkasa untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk menggambarkan kehidupan, ambisi, ketakutan, dan kepribadian dari karakter seri.

Planetes memantapkan dirinya dari persaingannyation melalui analisis yang berbeda dari berbagai tema dewasa seperti kesepian, isolasi, kecemasan, dan pemenuhan diri.

Seri, serta manga, dirilis dengan pujian, kemudian menjadi salah satu anime fiksi ilmiah terbesar yang pernah dibuat.

11. Mobile Suit Gundam: Iron Blooded Orphan

Mobile Suit Gundam: Iron Blooded Orphan anime studio sunrise

Judul ke-14 dari franchise mecha legendaris menghadirkan Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans.

Ceritanya mengikuti sekelompok tentara anak-anak dan pencarian mereka untuk kebebasan dan tujuan saat mereka melindungi revolusioner muda, Kudelia Bernstein yang berjuang untuk pembebasan mereka melawan organisasi militer diktator bernama Gjallarhorn.

Menampilkan tema dewasa dalam seri yang ditujukan untuk anak-anak, serial dari Studio Sunrise ini memilih untuk fokus pada berbagai masalah kehidupan nyata seperti perang, perbudakan, tentara anak, kemiskinan, politik, korupsi, dan penjajahan.

Salah satu entri yang lebih populer dalam franchise Gundam, Iron-Blooded Orphans berkonsentrasi pada aspek politik dan psikologis subversif dari pemerintah, perang, dan bisnis alih-alih fokus khas waralaba pada aksi dan pertempuran mecha.

12. Daily Lives Of High School Boys

Daily Lives Of High School Boys anime comedy studio sunrise

Alasan mengapa beberapa anime komedi seperti Gintama dan Saiki K. mendapat pengakuan dunia adalah karena humor mereka sangat berorientasi pada karakter dan tak bergantung pada fanservice murahan.

Daily Lives of High School Boys menapaki jalan yang sama dan dengan setiap episode. Anime ini memperkenalkan keanehan dan tipu muslihat baru di sekitar pengaturan para pemeran sekolah menengah yang biasa-biasa saja.

Sementara itu, anime karya Studio Sunrise ini berfungsi sebagai ritus peralihan untuk karakter remaja yang lari bebas dari masalah sehari-hari di dunia nyata, merangkul masa muda mereka.

Secara keseluruhan, elemen-elemen inilah yang membuat Daily Lives of High School Boys begitu lucu, penuh nostalgia, dan benar-benar menghangatkan hati.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *