12 Anime Nyentrik dari Studio Trigger

Studio Trigger sering bikin anime unik yang menampilkan campuran visual ala kartun Barat yang penuh warna, dengan cerita nyeleneh yang memikat.

Keberhasilan Studio Trigger di dekade 2010-an dapat dengan mudah dilihat sebagai perpanjangan dari kesuksesan Gainax selama beberapa dekade sebelumnya.

Hiroyuki Imaishi dan Masahiko Otsuka, dua pria yang meninggalkan studio Gainax karena bangkrut, kemudian membangun studio Trigger pada tahun 2011. Kedua orang ini telah lama bekerja sama dari sejak Neon Genesis Evangelion sampai Gurren Lagann.

Meski terbilang baru, studio ini memiliki rekam jejak yang solid sejauh ini dan pasti akan membuat lebih banyak gelombang di masa depan. Berikut saya rekomendasikan 10 anime pilihan yang digarap Studio Trigger:

1. Kill la Kill

kill la kill anime studio trigger
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Comedy, Magical Girl

Mungkin judul paling ikonik dari Trigger, Kill La Kill membuat terobosan baru saat debutnya. Ini adalah semacam antitesis untuk genre mahou shoujo atau magical girl.

Kill la Kill menampilkan plot yang sangat aneh tentang seragam sekolah yang hidup, sekolah yang super edan, dan dengan sengaja menyajikan fanservice sebagai puncak komedi.

Rezim fasisme di sekolah, perkelahian bombastis, warisan keluarga yang kelam, persahabatan serta keluarga, dan industri mode: Kill la Kill menggabungkan elemen-elemen paling aneh.

Baca juga: Kill la Kill: Hiroyuki Imaishi Tanpa Filter

2. Little Witch Academia

Little Witch Academia
  • Episode: 2 Film, 25 eps
  • Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, School

Little Witch Academia adalah anime ringan dan menyenangkan tentang Akko Kagari, seorang calon penyihir yang bersekolah di Luna Nova Magical Academy.

Dari premis ceritanya bisa dibilang Little Witch Academia adalah versi anime dari Harry Potter, dengan unsur komedi.

Perkembangan karakter dan hubungan mereka sepanjang seri terbukti sangat memuaskan. Little Witch Academia menghadirkan dunia fantasi yang aneh yang layak untuk ditinggali.

3. Space Patrol Luluco

Space Patrol Luluco
  • Episode: 13
  • Genre: Action, Adventure, Comedy

Space Patrol Luluco berfungsi sebagai latar belakang salah satu maskot Studio Trigger. Serial yang relatif pendek, setiap episode berdurasi di bawah 10 menit.

Meski singkat, bukan berarti membosankan, karena Trigger mengemas begitu banyak konten ke dalam setiap episode. Sehingga penonton mungkin perlu sesekali menjeda dan mengambil beberapa napas di sepanjang menonton anime ini.

4. Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de (When Supernatural Battles Became Commonplace)

Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de (When Supernatural Battles Became Commonplace)
  • Episode: 12
  • Genre: Comedy, Harem, Slice of Life, Fantasy, School

Anime ini tampaknya upaya studio Trigger untuk menggaet penonton yang lebih luas, dengan genre dan visual yang tipikal anime banget.

Sebuah anime harem-slice-of-life yang mengikuti sekelompok siswa sekolah menengah di Klub Sastra setelah mereka menerima kekuatan magis.

Secara keseluruhan, serial ini ringan dan lucu, meski menampilkan beberapa adegan dan perkelahian yang serius.

5. Kiznaiver

Kiznaiver anime studio trigger
  • Episode: 12
  • Genre: Drama, Romance, Sci-Fi

Konsep di balik Kiznaiver sebenarnya menarik. Sebagai bagian dari eksperimen, sekelompok anak muda menemukan diri mereka terikat bersama dengan cara yang tak biasa: ketika salah satu dari mereka terluka, mereka semua ikut terluka.

Gagasan bahwa orang akan berbagi luka mereka menghasilkan anime yang mengajukan beberapa pertanyaan menarik tentang empati.

Bahkan jika anime ini gagal menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, keragaman kepribadian dalam karakternya setidaknya membuat bentrokan dan persahabatan yang terbentuk secara aneh ini menjadi menghibur.

6. SSSS.Gridman

SSSS.Gridman
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Sci-Fi, Mecha

Gridman sendiri merupakan serial tokusatsu live-action yang populer di tahun 90-an, dan Trigger memang bermaksud memberi penghormatan.

Meski cerita dalam SSSS.Gridman membutuhkan waktu untuk membangun momentum, untuk visual begitu menarik dan akhirnya membawa beberapa elemen cerita yang cerdas.

Memang ada beberapa aspek yang agak klise, tapi nilai hiburan dalam SSSS.Gridman begitu kuat. Ini dan sekuelnya nanti akan menjadi tontonan yang menyenangkan bagi penggemar mecha sekaligus tokusatsu. Ditambah Rikka Takarada yang bisa dimasukan dalam daftar waifumu.

7. Darling in the Franxx

Darling in the Franxx
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Romance, Sci-Fi

Anime original ini sebenarnya digarap oleh tiga studio, antara studio Trigger, A-1 Pictures dan CloverWorks.

Darling in the Franxx menerima banyak perhatian ketika debutnya pada tahun 2018. Namun kemudian sejak itu justru menjadi terkenal karena paruh kedua, khususnya ending, yang agak mengecewakan.

Berlatar di masa depan dystopian, anak-anak dibesarkan dalam isolasi dari orang dewasa dan dibesarkan dengan satu-satunya tujuan mengemudikan mecha yang disebut Franxx.

Kisah Zero Two dan Hiro selalu menghibur meski bikin frustrasi. Sebagian besar, tampaknya Darling in the Franxx adalah kisah tentang potensi yang terbuang, tetapi layak untuk ditonton. Apalagi bagi yang penasaran siapa cewek berambut pink dan bertanduk itu.

8. Promare

promare studio trigger
  • Episode: 1 Film
  • Genre: Action, Mecha, Sci-Fi

Ketika Promare muncul di layar sinema, ia memantapkan dirinya sebagai karya seni progresif, dengan tema-tema aneh dan elemen gaya dan aksi khas Trigger. Visualnya begitu penuh warna.

Dalam Promare, sekelompok petugas pemadam kebakaran dengan perangkat mecha berperang melawan Burnish, manusia yang punya kemampuan pyrokinetic.

Ketika petugas pemadam kebakaran Galo menghadapi kelompok teroris Burnish, dia entah kenapa tertarik dengan Lio, seorang Burnish yang memaksa Galo untuk mempertimbangkan kembali prasangkanya.

9. Brand New Animal

Brand New Animal anime studio trigger
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Fantasy

BNA, atau Brand New Animal, memulai debutnya di era ketika karakter antropomorfik sedang berkuasa. Mengingat kesuksesan Beastars, penggemar anime tertarik untuk melihat twist seperti apa yang bisa dibawa Trigger ke anime semacam ini.

Dalam BNA, Beastmen ada bersama manusia tetapi menghadapi diskriminasi karena kemampuan mereka untuk berubah menjadi hewan. Ketika siswa sekolah menengah Michiru Kagemori menyaksikan penculikan sahabatnya, dia menemukan bahwa dia sendiri adalah Beastman yang menunjukkan ciri-ciri tanuki.

Bertekad untuk menyelamatkan temannya, Michiru melakukan perjalanan ke Kota Anima dan bekerja bersama Beastman serigala bernama Shirou Ogami, mengungkap misteri identitasnya di sepanjang jalan.

10. SSSS.Dynazenon

 SSSS.Dynazenon anime studio trigger
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Sci-Fi, Mecha

SSSS.Dynazenon secara tak langsung berfungsi sebagai sekuel SSSS.Gridman. Dynazenon menggabungkan aksi yang cair ala studio Trigger dan adegan bombastis yang menyenangkan.

Ketika kaiju menyerang kotanya, Yomogi Asanaka bertemu dengan pengguna kaiju bernama Gauma, yang bisa memanggil robot raksasa untuk membantunya melawan monster itu.

Ditambah gebetannya Yume Minami dan seorang hikikomori bernama Koyomi, mereka membentuk persahabatan dan menjadi pilot berjamaah, dengan misi menghentikan serangan kaiju.

11. Star Wars Vision

Star Wars Vision anime star wars
  • Episode: 9
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi

Antologi animasi pendek yang merayakan Star Wars melalui lensa pembuat dan pendongeng anime terbaik dunia. Bersama Studio Trigger, ada dari Studio Colorido, Kinema Citrus, Production I.G., Science SARU, Kamikaze Douga, dan Geno Studio.

Sementara cerita yang digarap oleh Trigger adalah episode berjudul The Twins dari Hiroyuki Imaishi dan The Elder oleh Masahiko Ootsuka.

12. Cyberpunk: Edgerunner

Cyberpunk: Edgerunner anime studio trigger netflix
  • Episode: 10
  • Genre: Action, Drama, Psychological, Sci-Fi

Serial anime orisinal yang berlatar dunia game Cyberpunk 2077 yang dikembangkan CD Projekt Red.

CYBERPUNK: EDGERUNNERS menceritakan kisah 10 episode yang berdiri sendiri tentang seorang anak jalanan yang mencoba bertahan di kota masa depan yang terobsesi dengan teknologi dan modifikasi tubuh.

Karena kehilangan segalanya, ia memilih untuk tetap hidup dengan menjadi seorang edgerunner — penjahat bayaran yang juga dikenal sebagai cyberpunk.

Tinggalkan komentar