30 Anime Terbaik 2022, Menarik Otaku Jompo Menggaet Wibu Baru

2022 telah membuktikan dirinya, setara seperti tahun 2021 sebelumnya, menjadi tahun yang luar biasa untuk anime. Dari kembalinya beberapa seri terkenal, debut anime baru yang lebih dinanti-nantikan, dan sederet seri original yang mengesankan. Jadi apa saja anime terbaik 2022?

Ada banyak pilihan dan tak cukup waktu untuk menonton semuanya, itulah sebabnya daftar ini pastinya sangat subyektif. Saya awalnya cuma ingin menulis hanya sepuluh judul, tapi kemudian ada beragam anime yang terus muncul di pikiran, jadi ditambahkan dan ditambahkan lagi, sampai jadi 30 begini.

1. Ousama Ranking

Ousama Ranking
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
  • Studio: Wit Studio

Karena ditayangkan Fall 2021 sampai Winter 2022, jadi judul ini pernah saya sebut di daftar anime terbaik 2021 sebelumnya.

Ousama Ranking atau Ranking of Kings adalah seri fantasi ketika seorang raja diukur dengan perbuatan mereka, dan yang lebih penting, kekuatan mereka. Bojji, seorang bocah yang berhati hangat akan mengambil tahta dari ayahnya yang sakit menanti ajal, yang adalah raja paling kuat.

Bojji tidak kuat secara fisik dan memiliki kesulitan berbicara, sehingga membuatnya berkomunikasi lewat bahasa isyarat. Namun, di balik karakteristiknya yang mungkin kurang dibandingkan dengan pemimpin ideal, dia menebusnya dengan kebaikan hati.

Bojji adalah salah satu protagonis anime paling mengharukan dan menarik yang pernah saya lihat. Dia menjadi protagonis yang sempurna karena perawakannya yang mungil, dengan latar fantasi luas yang dipenuhi golem, penyihir, dan raksasa terasa semakin megah.

Anime ini menyajikan semua elemen dari seri fantasi hebat: makhluk menarik, sihir mistis dan gelap, intrik istana, dan petualangan yang membawa anak kecil ke kedalaman neraka.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Wit Studio

2. Attack on Titan Final Season Part 2

Attack on Titan Final Season Part 2 studio mappa
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Military
  • Studio: MAPPA

Musim terakhir Attack on Titan mungkin merupakan anime paling kontroversial dalam daftar terbaik tahun ini.

Banyak yang dikatakan dan ditulis pada chapter-chapter terakhir dari manga Attack on Titan, mulai dari sentimen pro-Imperialis yang disimpulkan oleh pencipta Hajime Isayama hingga kesejajaran alegoris yang tidak nyaman dari seri tersebut dengan kekejaman sejarah kehidupan nyata. Mengingat kritik ini, dapat dimengerti untuk bertanya mengapa Attack on Titan ada di daftar ini.

Jawabannya sederhana: Sutradara Jun Shishido dan Yuichiro Hayashi serta studio MAPPA telah mengambil kesimpulan yang berantakan ini dengan menghasilkan inkarnasi animasi terbaik darinya.

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mengikuti perjalanan sebuah anime hits, di mana tampaknya semua orang menonton dan membedah setiap perkembangan baru dalam klimaks berkelanjutan seri ini.

Untuk semua kontroversinya, musim terakhir Attack on Titan tidak hanya mewakili puncak dari salah satu anime penting dalam dekade terakhir, tetapi tidak diragukan lagi memenuhi syarat sebagai salah satu anime terbaik 2022, dengan kekurangan dan semuanya.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio MAPPA

3. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Studio: Ufotable

Setelah Arc Mugen Train yang mengagumkan, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba kembali dengan taruhan tinggi. Arc Distrik Hiburan mengikuti Tanjiro dan teman-temannya Inosuke dan Zenitsu melakukan misi di bawah Uzui yang Sound Hishara yang nyentrik.

Arc ini dimulai dengan lebih banyak akal-akalan daripada episode Demon Slayer pada umumnya, karena Tanjiro dan teman-temannya menyamar sebagai pelacur dan mencoba mencari tahu di mana iblis yang kuat itu bersembunyi.

Pertarungan terakhir benar-benar menarik perhatian, pertarungan yang menghancurkan antara Demon Slayer Corps dan dua iblis yang kuat. Semuanya dianimasikan dengan indah, dengan liku-liku dan paralel memilukan kakak-adik antara Tanjiro-Nezuko dengan dua iblis tadi.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio Ufotable

4. My Dress-up Darling

marin kitagawa gojo my dress up darling kisekoi anime
  • Genre: Comedy, Drama, Ecchi, Romance, Slice of Life
  • Studio: CloverWorks

Wakana Gojo dan Marin Kitagawa sama-sama memiliki hobi yang tidak biasa: Gojo suka membuat boneka hina atau boneka tradisional Jepang, dan Marin sangat menyukai anime dan game, dengan ketertarikan pada cosplay.

Marin, seorang gadis ceria yang berpakaian dengan gaya gyaru, meminta Gojo untuk membantunya membuat kostum cosplay dan dari sana, lahirlah duo yang fantastis. Kepribadian Marin yang ceria dan baik hati bercampur dengan Gojo yang pendiam tetapi bertekad membuat hubungan yang menarik.

My Dress-Up Darling menampilkan beragam fanservice, tetapi ceritanya sendiri sangat menyegarkan dan menghangatkan.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio CloverWorks

5. Spy x Family

spy x family cour 2 opening yor loid anya
  • Genre: Action, Comedy, Drama
  • Studio: Wit Studio, CloverWorks

Sudah jelas Spy x Family telah mengamankan tempatnya sebagai salah satu anime terbaik 2022.

Mengikuti Loid Forger, dengan code name Twilight, seorang mata-mata yang ditugasi operasi rahasia untuk menghentikan pemimpin Partai Nasional yang merusak hubungan perdamaian antara dua negara tetangga. Rencananya adalah mendekati sang pemimpin politik dengan bertemu dengannya melalui acara yang diadakan di sekolah dasar super elit. Hanya ada satu masalah: Loid adalah bujangan.

Maka ia “merekrut” putri angkatnya, Anya, dan istri barunya, Yor. Meski keduanya tidak mengetahui identitas asli Loid, mereka memiliki rahasia sendiri. Anya adalah seorang telepatis yang bisa membaca pikiran, dan Yor adalah seorang pembunuh.

Kisah keluarga bohongan ini dimulai dengan mereka tinggal di bawah satu atap, semuanya berusaha mempertahankan fasad keluarga sambil menyulap rahasia masing-masing.

Anya membentuk inti emosional dan komedi dari Spy x Family. Terlepas dari momen-momen konyol, kamu merasa bahwa Anya hanyalah seorang gadis yang ingin dicintai. Begitu lucu, manis, dan anime ini telah memberikan semacam obat yang sangat dibutuhkan dari kesengsaraan dunia.

6. Kaguya-sama: Love is War -Ultra Romantic-

Kaguya-sama: Love is War -Ultra Romantic-
  • Genre: Comedy, Drama, Psychological
  • Studio: A-1 Pictures

Tiga musim telah berlalu, meski begitu Kaguya-sama: Love Is War masih terasa segar.

Kaguya-sama mengikuti presiden siswa Miyuki Shirogane dan wakil ketua Kaguya Shinomiya. Dua siswa yang ambisius, penuh kebanggaan diri, dan cerdas, yang telah memutuskan untuk memainkan permainan di mana mereka membuat yang lain mengakui perasaan romantisnya.

Satu-satunya masalah adalah bahwa mereka berdua jatuh cinta satu sama lain tetapi sekarang menolak untuk menjadi yang pertama mengalah.

Saat para karakter bertambah, dengan karakter penuh warna seperti Fujiwara yang bersemangat, Ishigami sang gamer penyendiri, dan Miko yang sok pintar, kegembiraan pun ikut meningkat.

Setiap minggu, Kaguya-sama berhasil mengungguli dirinya sendiri. Setiap minggu, yang entah bagaimana berubah dari sesuatu yang mengerikan menjadi sesuatu yang sangat menyentuh hati.

Hubungan romantis antara Shinomiya dan Shirogane masih menjadi inti, tetapi persahabatan antara semua anggota OSIS dan yang lain dalam hidup mereka menjadi menarik dan mengharukan.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari A-1 Pictures

7. Shikimori’s Not Just a Cutie

Shikimori's Not Just a Cutie
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Slice of Life
  • Studio: Doga Kobo

Serial anime yang baru dimulai musim semi ini berjudul Shikimori’s Not Just a Cutie menampilkan karakter utama wanita yang unik, Shikimori-san, yang tidak hanya terlihat imut tetapi juga berperilaku lebih keren daripada Izumi-kun, sang protagonis sebetulnya yang merupakan pacarnya.

Anime romcom ini diadaptasi dari manga modern populer berjudul sama yang diserialkan oleh Keigo Maki sejak tahun 2019. Banyak penggemar anime dengan hangat memperhatikan apa yang terjadi pada sang protagonis siswa sekolah menengah yang tak beruntung itu dan bagaimana Shikimori-san dengan dingin menyelamatkannya.

8. Sasaki and Miyano

Sasaki and Miyano anime terbaik 2022
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life
  • Studio: Deen

Ceritanya mengikuti Miyano Yoshikazu, seorang siswa sekolah menengah yang memiliki hasrat untuk membaca manga. Miyano menyimpan banyak rasa malu atas minatnya, tetapi suatu hari dia mengenal seorang teman sekelas yang suka merenung bernama Sasaki Shuumei, yang menaruh minat pada Miyano dan mendukungnya dalam kecintaannya pada manga BL (Boy Love).

Saat hubungan mereka berkembang, kita melihat keduanya berproses dan bergulat dengan perasaan mereka, dan belajar bagaimana memperlakukan satu sama lain dengan dukungan teman yang penuh kasih.

Sifat meta dari cerita ini menjadikannya acara pembuka yang sempurna bagi siapa pun yang baru mengenal genre BL. Banyak interaksi penuh kasih dalam anime ini melibatkan Miyano yang menceritakan kepada Sasaki tentang serial BL favoritnya saat dia menjelaskan berbagai kiasan dan pola dasar yang umum untuk genre tersebut, yang beberapa di antaranya diwujudkan oleh karakter itu sendiri.

9. Call of the Night

Call of the Night
  • Genre: Comedy, Psychological, Romance, Slice of Life, Supernatural
  • Studio: LINDENFILMS

Didera oleh insomnia dan nafsu berkelana, Kou Yamori sering jalan-jalan setiap malam dalam pencarian tanpa tujuan untuk sesuatu yang sepertinya tidak bisa dia sebutkan.

Ritual malamnya ditandai dengan introspeksi tanpa tujuan, sampai dia bertemu Nazuna, yang kemungkinan seorang vampir!

Rekan baru Kou ini bisa menawarinya hadiah gelap dan keabadian vampir. Tetapi ada syarat yang harus dipenuhi, dan dia harus menemukan seberapa jauh dia bersedia untuk memuaskan hasrat Nazuna.

10. Ya Boy Kongming!

pa works anime
  • Genre: Comedy, Psychological, Romance, Slice of Life, Supernatural
  • Studio: P.A. Works

Ya Boy Kongming! menceritakan kisah Zhuge Liang Kongming, seorang negarawan dan ahli strategi Tiongkok abad ketiga yang berharap di ranjang kematiannya untuk dilahirkan kembali di masa yang lebih damai.

Menghembuskan nafas terakhirnya, Kongming mendapatkan lebih dari apa yang dia harapkan ketika dia bangun di sebuah gang di Shibuya saat ini pada malam Halloween. Percaya dirinya berada di neraka, Kongming dibujuk oleh sepasang pengunjung pesta untuk mengunjungi klub malam, di mana dia bertemu Eiko Tsukimi, seorang bartender paruh waktu dan calon penyanyi.

Terharu oleh keindahan suara nyanyiannya dan bingung apa yang harus dilakukan dalam kehidupan baru ini, Kongming menjadi sukarelawan untuk menjadi manajer Eiko dan menggunakan keterampilan legendarisnya sebagai ahli taktik militer untuk membantu membimbing karier mudanya.

Setiap episode Ya Boy Kongming! adalah sebuah ledakan. Dari menggunakan siasat perang kuno untuk menarik penonton baru dan menggagalkan saingan licik hingga merekrut sekutu yang enggan dengan keterampilan rap gaya bebasnya, Kongming membuktikan dirinya sebagai manajer yang cerdas dan pembuat keputusan yang bijak.

Inti dari daya tarik anime terbaik 2022 ini adalah melihat ikatan karakternya melalui kecintaan mereka pada musik dan komedi yang menggetarkan hati saat menonton Kongming beradaptasi dengan kehidupan modern.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari P.A. Works

11. Cyberpunk: Edgerunners

Cyberpunk: Edgerunners
  • Genre: Action, Psychological, Sci-fi
  • Studio: Trigger

Cyberpunk: Edgerunners telah mengamankan posisinya sebagai salah satu anime orisinal yang laris di tahun 2022. Diproduksi oleh CD Projekt Red dan Studio Trigger dan disutradarai oleh Hiroyuki Imaishi, serial ini menceritakan sebuah cerita berlatarkan semesta game Cyberpunk 2077.

Mengikuti seorang anak jalanan muda bernama David Martinez dan kebangkitannya dari seorang tentara bayaran pemula ke edgerunner yang bonafid dan bahkan dianggap legenda.

Dengan aksi yang luar biasa, karakter yang mengesankan, referensi cerdas ke game Cyberpunk 2077, soundtrack yang fantastis, dan plot kaya yang memperluas lore Night City dengan cara yang tidak pernah dilakukan game aslinya. Bahkan meningkatkan kembali penjualan game Cyberpunk 2077.

Cyberpunk: Edgerunners bukan hanya salah satu anime terbaik 2022, ini mungkin saja salah satu anime Trigger terbaik yang pernah diproduksi.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio Trigger

12. Summertime Rendering

Summertime Rendering
  • Genre: Action, Drama, Mystery, Supernatural, Thriller
  • Studio: OLM

Kisah dengan elemen sci-fi saat musim panas yang penuh dengan ketegangan di sebuah pulau kecil dengan Shinpei Aijiro, yang teman masa kecilnya Ushio Kofune meninggal. Dia kembali ke kampung halamannya untuk pertama kalinya dalam dua tahun untuk pemakaman.

Sou Hishigata, sahabatnya, mencurigai ada yang tidak beres dengan kematian Ushio, dan seseorang mungkin bisa mati berikutnya. Pertanda buruk terdengar ketika seluruh keluarga tiba-tiba menghilang keesokan harinya. Selanjutnya, Mio melibatkan “bayangan” tiga hari sebelum kematian Ushio.

Baca juga: 15 Anime Time Travel, Tentang Perjalanan Melintas Waktu

13. Tokyo Mew Mew New

Tokyo Mew Mew New anime terbaik 2022
  • Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Mahou Shoujo, Romance, Sci-Fi
  • Studio: Yumeta Company, Graphinica

Tokyo Mew Mew New adalah versi modern dari anime magical girl klasik dari tahun 2002. Serial ini berpusat pada Ichigo Momomiya, seorang gadis muda yang menjadi gadis ajaib pelawan alien setelah dia diresapi dengan DNA kucing liar Iriomote.

Bekerja sama dengan empat gadis lain, yang juga diberi DNA spesies yang terancam punah, Ichigo harus berurusan dengan alien yang menyerang sambil juga menyulap kehidupan cinta dan identitas rahasianya.

Meski ceritanya mungkin tidak terlalu baru, Tokyo Mew Mew yang asli membantu memelopori genre magical girl dan tetap menjadi judul klasik. Dengan gadis-gadis anime yang dirancang dengan sangat baik, estetika kafe yang menggemaskan, dan cinta segitiga antara pujaan hati sekolah menengah dan alien yang menyerang, ini adalah anime yang sempurna untuk menghidupkan kembali masa kecil kamu.

Baca juga: 20 Anime Magical Girl Terbaik

14. Isekai Ojisan (Uncle from Another World)

Isekai Ojisan (Uncle from Another World) anime terbaik 2022
  • Genre: Adventure, Comedy, Fantasy
  • Studio: AtelierPontdarc

Dalam sentuhan yang sangat cerdik pada genre fantasi isekai, Isekai Oji-san mengikuti kisah Takafumi Takaoka, seorang pemuda yang merawat pamannya yang berusia 34, yang secara ajaib terbangun dari koma 17 tahun.

Paman Takafumi sebenarnya dipindahkan secara mental ke dunia monster dan sihir yang fantastis, mengasah keterampilannya sebagai ksatria yang kuat selama hampir dua dekade sebelum dibawa kembali ke dunia biasa Jepang modern dengan kemampuan sihirnya yang utuh.

Sekarang, bersama dengan bantuan teman masa kecilnya Sumika dan rekan-rekan lama pamannya, Takafumi harus membantu pamannya menyesuaikan diri dengan dunia yang aneh dan tak ramah di mana Sega telah kalah dalam perang konsol, sambil mencari nafkah sebagai YouTuber yang menampilkan kehebatan supranatural yang memukau.

Inventif dan secara mengejutkan dianimasikan dengan cukup baik, Isekai Oji-san dengan mudah menempati peringkat sebagai salah satu anime komedi paling berkesan tahun ini.

15. Lycoris Recoil

Lycoris Recoil chisato waifu
  • Genre: Action, Comedy, Slice of Life
  • Studio: A-1 Pictures

Disutradarai oleh penulis-sutradara Shingo Adachi, yang dikenal karena karyanya sebagai desainer karakter di Sword Art Online, dan diproduksi oleh A-1 Pictures, Lycoris Recoil berpusat pada Takina Inoue, seorang gadis SMA yang bekerja sebagai anggota sebuah organisasi perempuan pembunuh elit yang dikenal sebagai Lycoris.

Diberhentikan dari unitnya karena tidak mematuhi perintah, Takina dipindahkan ke salah satu cabang rahasia Lycoris, sebuah kafe sederhana bernama LycoReco, untuk bekerja bersama Chisato Nishikigi, seorang agen Lycoris yang ceria dan tak kenal lelah yang dikenal karena kemampuan bertarungnya yang hebat dan keengganan paradoksnya terhadap pembunuhan.

Bersama-sama, keduanya melakukan pekerjaan serabutan dan kontrak di sekitar Tokyo atas nama kafe, semuanya semakin dekat saat mereka menyusun rencana untuk memulihkan Takina.

Lycoris Recoil sangat menonjol sebagai salah satu yang menonjol, jika bukan judul asli yang menonjol dari musim anime musim panas 2022.

16. Komi Can’t Communicate season 2

Komi Can't Communicate season 2
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Slice of Life
  • Studio: OLM

Anime slice-of-life ini mengikuti seorang siswa sekolah menengah biasa bernama Tadano yang mengetahui bahwa teman sekelasnya yang sangat cantik dan populer, Komi, sebenarnya memiliki kecemasan sosial, sampai pada titik di mana dia tidak dapat berbicara dengan siapa pun.

Sementara semua orang mengira Komi adalah ratu es yang cantik dan menyendiri, dia sebenarnya sangat pemalu dan kesulitan berhubungan dengan orang lain. Tadano mengambil tanggung jawab untuk membantu Komi mendapatkan 100 teman saat lulus, dimulai dari dirinya.

Salah satu bagian terbaik dari Komi Can’t Communicate adalah bagaimana hal itu tidak pernah mengolok-olok kecemasan Komi. Bagi Komi, sesuatu yang tampak kecil, seperti memesan kopi atau meminta pensil kepada teman sekelas, adalah hal yang besar dan menakutkan.

Anime ini sangat lembut tentang memvalidasi ketakutan Komi dan memberinya teman yang sempurna dalam diri Tadano, yang dengan sabar membantunya dan mendorongnya sehingga dia akhirnya dapat mengambil langkah-langkah ini dan terhubung dengan orang lain.

Komi Can’t Communicate sangat manis dan merayakan hal-hal duniawi dalam hidup. Komi mengalami kegembiraan persahabatan dan koneksi pertama kali, dan itu sangat menghangatkan hati dan benar-benar membuat orang menghargai hal-hal kecil.

Jika kamu di sini untuk romansa, katakan saja Tadano dan Komi memiliki slow burn paling lambat, dengan transformasi teman-ke-kekasih yang paling manis, dan itu luar biasa.

17. Made in Abyss: The Golden City of the Scorching Sun

made in abyss anime
  • Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Mystery
  • Studio: Kinema Citrus

Sebagai salah satu anime yang paling ditunggu season selanjutnya, musim kedua Made in Abyss berjudul The Golden City of the Scorching Sun hadir di musim panas ini.

Musim pertama anime petualangan fantasi dimulai dengan 13 episode pada tahun 2017, diikuti oleh dua film kompilasi dan film sekuel Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul pada tahun 2020.

Musim kedua mengikuti petualangan Riko dan Reg, yang menggali Abyss lebih dalam dan bertemu karakter Hollow baru bernama Nanachi di lapisan keempat. Mereka kini berada dalam kota aneh yang penuh dengan cerita tragedi.

18. Tomodachi Game

Tomodachi Game
  • Genre: Drama, Mystery, Psychological
  • Studio: Okuruto Noboru

Di antara permainan underground misterius yang melibatkan remaja dalam Tomodachi Game, hutang kapitalistik yang membuat mereka terus bermain, dan taruhan hidup atau mati yang menambatkan setiap episode, mudah untuk membandingkannya dengan serial hits Squid Game.

Kelompok teman awalnya ditipu untuk memainkan beberapa putaran “permainan tomodachi” dengan janji yang menggantung bahwa hal itu dapat menghilangkan hutang salah satu teman mereka. Tetapi dengan beberapa episode selanjutnya, jelas bahwa mata uang utama Tomodachi Game adalah persahabatan. Dan dengan persahabatan itu muncul banyak rahasia.

19. The Girl From the Other Side: Siúil, a Rún

The Girl From the Other Side: Siúil, a Rún
  • Genre: Drama, Fantasy, Mystery
  • Studio: WIT Studio

Awalnya dirilis sebagai OAD (original animation DVD) berdurasi panjang, dan kemudian diedit ulang menjadi serial pendek tiga episode yang dirilis secara streaming, The Girl From the Other Side mengikuti kisah seorang Shiva, seorang gadis kecil yang ditinggalkan di hutan yang diisi dengan binatang “terkutuk”.

Gadis itu ditemukan dan diadopsi oleh binatang misterius mirip manusia yang dikenal sebagai “Guru”, yang mulai merawatnya saat dia mencari cara untuk menyatukannya kembali dengan sesama jenisnya.

Sebuah adaptasi singkat dari manga fantasi Gotik Nagabe tahun 2015, The Girl From the Other Side adalah serial indah yang dihidupkan melalui animasi gaya ekspresionis brilian yang penuh dengan warna cat air, garis tipis, dan nada bumi yang diredam dengan cantik.

Jika kamu sedang mencari anime pendek yang mampu memukau indra sekaligus menggugah hati, The Girl From the Other Side wajib kamu tonton.

20. The Orbital Children

Orbital Children anime terbaik 2022
  • Genre: Action, Comedy, Slice of Life
  • Studio: Production +h

Setelah hampir 15 tahun sejak anime orisinal terakhirnya, sutradara dari Dennou Coil yakni Mitsuo Iso kembali dengan The Orbital Children, sebuah anime enam episode, yang dirilis di Jepang sebagai dua film berdurasi panjang.

Anime ini mengikuti kisah lima anak yang terdampar di sebuah stasiun luar angkasa komersial di ambang bencana dahsyat. Melalui permadani yang memusingkan dari bangunan dunia yang kaya dihidupkan melalui animasi yang indah, Iso dan rekannya menenun kisah coming of age yang merenggut nyawa lima anak yang tidak menaruh curiga dan menempatkan mereka di jurang ekspansi umat manusia ke ruang angkasa yang luas dan tak diketahui.

Ini adalah anime yang brilian dengan visual yang padat dan indah yang memberi penghargaan kepada pemirsa pertama yang penuh perhatian dan menonton berulang kali.

21. Tatami Time Machine

Tatami Time Machine
  • Genre: Comedy, Drama, Sci-fi, Slice of Life
  • Studio: Science Saru

Selama dekade terakhir, Shingo Natsume telah memantapkan dirinya sebagai salah satu sutradara terbaik yang saat ini bekerja di industri anime. Maka tidak mengherankan, mengingat karyanya pada produksi terkenal seperti musim pertama One-Punch Man dan Sonny Boy yang diakui secara kritis tahun lalu, bahwa dia akan diminta untuk mengarahkan sekuel spiritual kedua untuk The Tatami Galaxy.

Seharusnya tidak terlalu mengejutkan bahwa Tatami Time Machine Blues tidak hanya merupakan tindak lanjut yang layak untuk karya besar Masaaki Yuasa pada 2010, tetapi juga salah satu anime terbaik yang keluar tahun ini.

Berdasarkan light novel oleh Tomihiko Morimi, serial ini mengikuti kesialan yang melompati waktu dari seorang mahasiswa Universitas Kyoto tanpa nama dan kelompok teman-temannya.

Kelompok itu terikat ketika remote control untuk satu-satunya AC di asrama mereka rusak di tengah teriknya musim panas. Menemukan mesin waktu misterius yang tersembunyi di lemari lorong, para siswa berusaha untuk kembali ke masa lalu untuk mengambil remote sebelum rusak, memicu rangkaian peristiwa yang mengancam untuk menghancurkan jalinan ruang dan waktu jika tidak diatur dengan benar.

Menawarkan narasi secepat kilat dan gaya visual eksentrik yang hampir sama dengan Tatami Galaxy, Tatami Time Machine Blues adalah komedi anime yang brilian, indah, dan benar-benar lucu yang berhasil baik sebagai sekuel maupun seri yang berdiri sendiri.

22. JoJo’s Bizarre Adventure: Stone Ocean

JoJo's Bizarre Adventure: Stone Ocean
  • Genre: Action, Adventure, Comedy,
  • Studio: David Production

JoJo’s Bizarre Adventure kembali setelah pemutaran perdana musim kelimanya tahun lalu, dimulai segera setelah peristiwa upaya Jolyne Cujoh yang sukses untuk mengamankan salah satu dari dua cakram yang diperlukan untuk membangkitkan ayahnya, Jotaro Kujo.

Terdiri dari 12 episode, bagian kedua dari JoJo’s Bizarre Adventure: Stone Ocean melihat Jolyne dan sekutunya berada di garis bidik Enrico Pucci yang jahat dan kader pengguna Stand musuhnya dalam plot mereka untuk membangkitkan Dio, musuh bebuyutan keluarga Joestar yang paling dibenci.

Menawarkan pertempuran mencekam melawan gangster necromancer, penjaga keamanan yang melempar meteor, dan pembunuh yang berlatih feng shui, Stone Ocean part 2 melanjutkan warisan seri ini sebagai salah satu anime aksi petualangan yang paling aneh, mengerikan, berani secara visual, dan konseptual.

23. Bleach: Thousand Year Blood War

captain gotei 13 bleach anime thousand year blood war
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Supranatural
  • Studio: Pierrot

Bleach, salah satu anime shounen terbaik sepanjang masa dan populer di seluruh dunia, menunjukkan pergerakan menjelang akhir.

Menyusul serial anime 366 episode pertama yang selesai pada tahun 2012, judul Bleach: Thousand Year Blood War menyajikan klimaks dari cerita manga asli dengan final pertempuran Ichigo Kurosaki.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio Pierrot

24. Chainsaw Man

Chainsaw Man
  • Genre: Action, Comedy, Supranatural
  • Studio: MAPPA

Dengan materi sumber sekuat manga hit dari Tatsuki Fujimoto, rilis terbaru studio MAPPA pasti akan membuat percikan besar dan berdarah.

Chainsaw Man mengikuti Denji, seorang yatim piatu yang hidup dalam kemiskinan dan ketakutan akan kematian. Suatu hari, dia membuat kesepakatan dengan hewan peliharaannya Pochita, “Iblis Gergaji Mesin”, yang memungkinkan dia untuk berubah menjadi makhluk iblis dengan gergaji mesin yang menonjol dari tangannya dan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi di kantor pemerintah sebagai Pemburu Iblis.

Dengan serial ini telah mengumpulkan penggemar fanatik, pertanyaannya tetap tentang bagaimana serial aksi yang mengerikan dan berdarah ini akan diterjemahkan ke dalam animasi. Sejauh ini, serial animasi ini mengambil nada yang lebih tenang. Ada aksi tentu saja, dan gergaji mesin Denji mengaum saat mereka merobek tubuh musuhnya.

Meski begitu yang menonjol dari serial ini sejauh ini adalah cara para animator berfokus pada kehidupan karakter sehari-hari. Entah itu Aki yang memakai kuncir kuda runcing sedang mencuci pakaian dan merokok di pagi yang tenang atau Denji yang memeluk Pochita yang menggemaskan di malam hari.

25. Bocchi the Rock!

anime musik terbaik
  • Genre: Comedy, Music, Slice of Life
  • Studio: CloverWorks

Sejujurnya, awalnya saya tidak memiliki ekspektasi yang tinggi untuk Bocchi the Rock. Belum pernah mendengar materi sumbernya, sebuah serial manga empat panel populer Aki Hamaji, dan hanya dengan trailer singkat yang dirilis dalam beberapa minggu sebelum pemutaran perdana anime.

“Ah cuma K-On! versi KW,” komentar saya. Tapi kemudian saya berani jamin Bocchi the Rock sangat layak untuk berdiri sebagai salah satu anime terbaik 2022.

Serial ini mengikuti Hitori Gotoh yang kemudian dipanggil “Bocchi”, seorang siswa sekolah menengah yang cemas secara sosial dan gitaris otodidak yang bermimpi suatu hari memulai sebuah band dan menjadi populer.

Ketika Bocchi direkrut oleh Nijika Ijichi, seorang siswa dari sekolah menengah tetangga, untuk bermain di bandnya sebagai pengganti anggota mereka yang hilang, dia didorong ke kursus kilat baik dalam musik maupun kehidupan saat dia tumbuh menjadi peran tidak hanya sebagai rekan band, tapi juga teman yang baik.

Bocchi the Rock, selain menjadi kisah yang sangat simpatik dan bernuansa tentang mengatasi kecemasan sosial, adalah anime yang sangat lucu yang penuh dengan animasi paling kreatif.

26. Akiba Maid War

Akiba Maid War
  • Genre: Action, Comedy
  • Studio: P.A. Works

Tahun ini pangsa anime didominasi dengan premis yang nyeleneh. Meski begitu, Akiba Maid War, sebuah komedi aksi penuh kekerasan tentang maid cafe milik yakuza, berada di antara yang paling aneh dan paling lucu yang keluar tahun ini.

Diproduksi oleh studio P.A. Works, serial ini mengikuti Nagomi Wahira, seorang gadis ceria berusia 17 tahun yang baru saja mendapatkan pekerjaan impiannya dengan bekerja di maid cafe bertema babi.

Baru kemudian Nagomi menyadari tempat kerja barunya dimiliki oleh organisasi kriminal yang bersaing untuk menguasai Akihabara. Jika bukan karena Ranko, rekan kerja berusia 35 tahun berwajah tegas dengan bakat kekerasan, Nagomi akan mati di tempat sampah pada hari pertamanya.

Bersama-sama, gadis-gadis pelayan ini bekerja mati-matian untuk membayar kembali bos yakuza mereka yang kejam, sambil secara tidak sengaja memicu perang wilayah yang sudah lama tidak aktif.

Akiba Maid War secara keseluruhan adalah komedi gelap yang sangat menghibur dengan karakter-karakter memikat. Dengan mudah menjadi salah satu anime terbaik 2022 dan rekomendasi bagi siapa saja yang menyukai drama kriminal yakuza.

27. Mob Psycho 100 III

Mob Psycho 100 III
  • Genre: Action, Comedy
  • Studio: Bones

Setelah jeda kira-kira dua tahun, seri aksi konyol pencipta One Punch Man tentang seorang paranormal anak akhirnya kembali untuk musim ketiganya. Mob Psycho 100 mengikuti Shigeo Kageyama atau “Mob”, seorang anak sekolah yang tidak tahu apa-apa yang kebetulan memiliki kekuatan psikis yang luar biasa.

Lesu dan tanpa arah sebagai seorang remaja, Mob akhirnya bertemu dengan pria yang menjalankan bisnis pengusiran setan lokal: Reigen Arataka. Arataka akhirnya merekrut Mob di bawah sayapnya sebagai murid, dan petualangan pun terjadi.

Mob Psycho 100 begitu absurd, dan menemukan pijakannya sebagai seri shonen yang mengeksplorasi komedi yang melekat yang dapat datang dengan protagonis anak yang memiliki kekuatan seperti dewa.

Musim ini mengikuti setelah pertarungan yang tampaknya menghancurkan alam semesta yang mengakhiri musim 2. Ternyata, bentrokan raksasa antara paranormal di musim kedua tidak berakhir dengan menghancurkan seluruh kota, dan Mob sekali lagi khawatir untuk membuat orang yang dia sukai terkesan.

Mob Psycho 100 memiliki semuanya, dari sekte yang memuja brokoli raksasa, pekerja kantoran yang sangat seksi, dan mungkin sedikit romansa.

28. Mobile Suit Gundam: The Witch From Mercury

Mobile Suit Gundam: The Witch From Mercury
  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi, Mecha
  • Studio: Sunrise

Pertanyaan pertama dengan franchise Mobile Suit Gundam selalu sama: Dari mana saya harus memulai?

Ini sangat bisa dimengerti sebab franchise mecha ini telah ada sejak 1979, dan ada banyak kontinuitas yang tersebar dalam seri, seperti linimasa Universal Century. Jadi, sebagian besar daya tarik The Witch From Mercury adalah judul ini cocok untuk penggemar baru yang ingin memulai.

Jika kamu ingin tahu harus mulai dari mana, judul terbaru ini boleh dicoba. The Witch From Mercury adalah seri Gundam baru pertama dalam tujuh tahun, dan sepenuhnya berdiri sendiri.

The Witch From Mercury adalah perpaduan yang sangat efektif dari kiasan anime modern dan intrik sosiopolitik yang terkenal dengan franchise Gundam.

Di satu sisi, ini adalah cerita tentang seorang gadis, Suletta Mercury, yang pindah ke sekolah di luar angkasa yang dijalankan oleh konglomerat yang kuat, dan perselisihan diselesaikan dalam duel antara robot mobile suit raksasa.

Ini juga komedi, karena persahabatan antara Suletta dan seorang putri terbentuk ketika Suletta melakukan duel yang menghasilkan pertunangan mereka. Dibalik itu semua adalah perselisihan politik antara manusia di Bumi dan koloni ruang angkasa “Spacian”.

Seraya serial ini berlanjut, penceritaan irisan kehidupan mengambil beban politik yang berat, menjadikan The Witch From Mercury salah satu judul Gundam yang paling menarik.

Baca juga: 12 Anime Terbaik dari Studio Sunrise

29. Blue Lock

blue lock anime shounen terbaik sepanjang masa
  • Genre: Action, Comedy, Slice of Life
  • Studio: 8-bit

Blue Lock telah menjadi serial anime olahraga populer yang dipadukan dengan format “game kematian”.

Setelah menyadari bahwa Tim Nasional Jepang sangat membutuhkan perombakan, Asosiasi Sepak Bola memutuskan untuk mengubah keadaan, dan dalam upaya untuk melakukannya, mereka akhirnya mempekerjakan Jinpachi Ego sebagai pelatih.

Pelatih baru percaya bahwa tim nasional membutuhkan striker, yang bisa mencetak banyak gol. Ini mendorongnya untuk membuat fasilitas di mana tiga ratus striker dipaksa untuk bertarung di antara mereka sendiri.

Seorang protagonis Yoichi Isagi dan 299 striker sekolah menengah lainnya dari seluruh negeri diundang ke fasilitas pelatihan Blue Lock. Mereka saling bersaing untuk menjadi striker terbaik melalui berbagai permainan yang tidak biasa.

Baca juga: 15 Anime Sepak Bola Terbaik

30. Urusei Yatsura

Urusei Yatsura anime terbaik 2022
  • Genre: Comedy, Romance, Sci-fi, Supernatural
  • Studio: David Production

Terakhir, dan tentunya tidak kalah pentingnya, adalah remake dari anime harem klasik yang menelurkan gadis manic pixie dream asli, Urusei Yatsura.

Urusei Yatsura mengikuti seorang siswa sekolah menengah bejat bernama Ataru Moroboshi. Setelah bersaing melawan seorang putri luar angkasa bernama Lum untuk memperebutkan nasib Bumi, Lum salah menafsirkan lamaran pernikahan Ataru kepada kekasihnya Shinobu sebagai salah satu di antara mereka berdua. Pesta pora terjadi.

Urusei Yatsura adalah retelling baru dari manga tahun 1978 dari penciptanya yang produktif, Rumiko Takahashi. Remake ini mengadaptasi cerita pilihan dari manga aslinya, sehingga membuat pengalaman menonton awal terasa seperti susunan sandiwara, sebelum pertunjukan mulai memperkenalkan lebih banyak waifu dan saingan ke dalam kehidupan Ataru.

David Production tampaknya spesialis dengan merevitalisasi anime lama seperti JoJo’s Bizzare Adventure. Dengan Urusei Yatsura versi 2022 ini, David Production memperkenalkan kembali generasi baru penggemar anime ke serial roman komedi klasik Takahashi.


Nah itu beragam anime terbaik 2022 yang bisa dimasukkan ke daftar tontonan kamu. Atau mungkin ada yang terlewat?

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *