30 Anime Terbaik Sepanjang Masa Rating Tinggi MyAnimeList

Bagi saya sebenarnya tak ada yang namanya anime terbaik sepanjang masa, karena semua anime dari genre apapun sama terbaiknya, jadi cukup sulit untuk membuat daftar semacam ini.

Oleh sebab itu saya mengutip klasemen yang ada dari situs MyAnimeList yang memiliki rating tertinggi pilihan para penggemar anime.

1. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood anime
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Studio: Bones

Fullmetal Alchemist: Brotherhood masih menduduki peringkat atas anime terbaik sepanjang masa dengan rating tinggi MyAnimeList.

Dua bersaudara Edward dan Alphonse Elric dalam pencarian Batu Bertuah, artefak mitos yang memungkinkan seorang alkemis bisa mengatasi Hukum Pertukaran Setara.

Bersama dengan Kolonel Roy Mustang dan Letnan Riza Hawkeye mereka terperangkap dalam konspirasi nasional. Membawa mereka bukan hanya ke sifat sebenarnya dari Batu Bertuah yang sulit dipahami, tetapi juga kesuraman negara mereka dan sejarahnya.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Fullmetal Alchemist

2. Gintama

gintoki tsukuyo gintama anime couple
  • Genre: Action, Comedy, Shounen
  • Studio: Sunrise

Bukan hanya anime komedi terbaik, Gintama sangat layak mendapat predikat anime terbaik sepanjang masa.

Gintama bisa dibilang anime samurai dengan latar unik. Di Jepang era feodal ketika shogun berkuasa, alien yang disebut Amanto mendarat dan menaklukkan segalanya!

Sebagai samurai yang kalah pada perang melawan Amanto sebelumnya, Sakata Gintoki memilih jadi freelance, mengambil pekerjaan apa pun yang ditawarkan kepadanya dengan mendirikan Yorozuya.

Selain parodi yang bikin sakit perut, Gintama juga menawarkan aksi intens sekaligus menawarkan sisi emosional.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Gintama

3. Kaguya-sama wa Kokurasetai (Kaguya-sama: Love is War)

kaguya sama love is war anime a-1 pictures
  • Genre: Drama, Comedy, Romance, School
  • Studio: A-1 Pictures

Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa anime romcom bisa nongol di jajaran rating teratas? Coba saja tonton Kaguya-sama dan buktikan sendiri kalau judul ini memang layak masuk anime terbaik sepanjang masa.

Latar dan premisnya memang terkesan pasaran, tapi hubungan antar karakternya, dari karakter utama Kaguya dengan Shirogane, dan anggota dewan siswa lain, dijamin bakal mengocok perut kamu.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Kaguya-sama

4. Bleach

anime bleach wallpaper keren
  • Genre: Action, Comedy, Shounen, Supernatural
  • Studio: Pierrot

Bleach yang merupakan Big 3 Shonen pada masanya telah dianggap serial klasik, dan arc terakhirnya yang baru diadaptasi, Thousand Year Blood War, benar-benar menaikkan rating anime ini.

Baca juga: Panduan Nonton Bleach: Urutan Cerita dan Episode Filler

6. Attack on Titan: Shingeki no Kyojin

attack on titan season finale
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Sci-fi, Thriller, Psychological
  • Studio: Wit Studio, MAPPA

Eren dan saudara angkatnya Mikasa menyaksikan sesuatu yang mengerikan ketika tembok kota dihancurkan oleh titan kolosal yang muncul entah dari mana.

Saat titan membanjiri kota, kedua anak itu menyaksikan dengan ngeri saat ibu mereka dimakan hidup-hidup. Eren bersumpah bahwa dia akan membunuh setiap titan dan membalas dendam untuk seluruh umat manusia.

Baca juga: Urutan Nonton Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

7. Steins;Gate

Steins;Gate anime terbaik sepanjang masa
  • Genre: Drama, Psychological, Sci-fi, Thriller
  • Studio: White Fox

Okabe Rintarou yang mengaku sebagai ilmuwan tinggal di sebuah ruangan kecil di Akihabara, di mana ia menciptakan “gadget masa depan” dengan sesama anggota lab Shiina Mayuri, teman masa kecilnya yang berkepala dingin, dan Hashida Itaru, seorang otaku hacker.

Ketiganya menghabiskan waktu dengan mengutak-atik kreasi terbaru mereka, “Microwave Telepon” yang dapat dikontrol melalui pesan teks.

Anggota lab segera menghadapi serangkaian insiden misterius yang mengarah pada penemuan yang mengubah permainan: Microwave Telepon dapat mengirim email ke masa lalu dan dengan demikian mengubah sejarah.

Steins;Gate membawa Okabe ke kedalaman teori ilmiah dan keputusasaan manusia saat ia menghadapi konsekuensi mengerikan dari mengubah masa lalu.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Steins;Gate

8. Fruits Basket

fruits basket sohma family zodiac curse
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life, Romance, Supernatural
  • Studio: TMS Entertainment

Salah satu anime shoujo wajib tonton!

Tohru Honda mengira hidupnya menuju kemalangan ketika sebuah tragedi keluarga membuatnya harus tinggal di tenda. Ketika tempat tinggalnya itu ditemukan oleh klan Soma yang misterius, dia tiba-tiba menemukan dirinya tinggal bersama Yuki dan Kyo di rumah Shigure Soma.

Tapi dia dengan cepat mengetahui bahwa keluarga mereka memiliki rahasia aneh mereka sendiri: ketika dipeluk oleh lawan jenis, mereka berubah menjadi hewan dari Shio!

Baca juga: Urutan Nonton Anime Fruits Basket

9. Hunter x Hunter

hunter x hunter shonen anime
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Studio: Madhouse

Hunter adalah orang yang berkeliling dunia melakukan segala macam tugas berbahaya. Dari menangkap penjahat hingga mencari jauh di dalam tanah yang belum dipetakan untuk mencari harta karun yang hilang.

Gon adalah seorang anak laki-laki yang ayahnya menghilang lama, menjadi Hunter. Dia percaya jika dia juga bisa mengikuti jalan ayahnya, suatu hari dia bisa bersatu kembali dengannya.

Setelah berusia 12, Gon meninggalkan rumahnya dan mengambil tugas memasuki ujian Hunter, terkenal karena tingkat keberhasilan yang rendah dan kemungkinan kematian yang tinggi untuk menjadi Hunter resmi.

Dia berteman dengan Kurapika yang didorong oleh balas dendam, calon dokter Leorio dan mantan pembunuh Killua yang memberontak dalam ujian, dengan persahabatan mereka yang berlaku selama banyak cobaan dan ancaman yang mereka hadapi saat mengambil karir berbahaya sebagai Hunter.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Hunter x Hunter

10. Ginga Eiyuu Densetsu (Legend of the Galactic Heroes)

Ginga Eiyuu Densetsu anime terbaik sepanjang masa
  • Genre: Action, Drama, Sci-fi
  • Studio: J.C. Staff

Selama beberapa dekade, Kekaisaran Galaksi telah terkunci dalam perang antarbintang dengan Aliansi Planet Bebas, konflik yang melibatkan ribuan pesawat ruang angkasa dan jutaan tentara di kedua sisi.

Dua komandan baru memasuki konflik dengan harapan besar: Laksamana Kekaisaran Reinhard von Lohengramm dan Yang Wen-Li dari FPA.

Saat mereka berurusan dengan atasan dan bawahan, bermanuver melalui pengaturan politik yang rumit, strategi plot, dan memenangkan pertempuran, masing-masing akan diuji, dan pada akhirnya, diubah, oleh kenyataan perang.

Baca juga: 10 Serial Anime 1980-an Terbaik

11. 3-gatsu no Lion (March Comes in Like a Lion)

3-gatsu no Lion (March Comes in Like a Lion) anime terbaik sepanjang masa
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life, Psychological
  • Studio: Shaft

Rei Kiriyama adalah seorang remaja berusia 17 tahun yang baru-baru ini mulai hidup sendiri, dibiayai oleh gajinya sebagai pemain Shogi profesional. Namun, terlepas dari kemandiriannya, dia belum matang secara emosional.

Berkenalan dengan Rei adalah tiga saudara perempuan Kawamoto: Akari, Hinata, dan Momo. Tidak seperti Rei, mereka hidup bahagia di rumah sederhana mereka, yang dengan hangat mereka sambut Rei seolah-olah dia adalah salah satu dari mereka sendiri.

Rei sering mengunjungi keluarga Kawamoto, berinteraksi dengan mereka dan menerima jenis perawatan dan kasih sayang yang tidak pernah dia dapatkan.

March Comes in Like a Lion adalah kisah kemenangan dan kegagalan Rei, hubungan baru dan lama, dan pertumbuhannya sebagai pribadi.

Baca juga: 12 Anime dari Studio Shaft

12. Koe no Katachi (Silent Voice)

Koe no Katachi (A Silent Voice)
  • Genre: Drama, Slice of Life, Romance
  • Studio: Kyoto Animation

Salah satu film anime terbaik sepanjang masa!

Setelah pindah ke sekolah baru, seorang gadis tunarungu, Shouko Nishimiya, diganggu oleh Shouya Ishida yang populer. Saat Shouya terus menggertak Shouko, kelas memunggungi dia.

Shouko pindah dan Shouya tumbuh sebagai orang yang dikucilkan. Sendirian dan tertekan, Shouya yang menyesal menemukan Shouko untuk menebus kesalahannya.

Baca juga: 10 Anime dari Studio Kyoto Animation

13. Violet Evergarden

violet evergarden kyoto animation
  • Genre: Adventure, Drama, Slice of Life, Romance
  • Studio: Kyoto Animation

Violet Evergarden, seorang gadis muda yang sebelumnya dikenal sebagai “senjata”, telah meninggalkan medan perang untuk memulai hidup baru di CH Postal Service.

Di sana, dia sangat tersentuh oleh pekerjaan “Auto Memories Dolls”, yang membawa pikiran orang dan mengubahnya menjadi kata-kata. Violet memulai perjalanannya sebagai penulis surat itu, dan berhadapan langsung dengan berbagai emosi orang dan bentuk cinta yang berbeda.

Ada kata-kata yang Violet dengar di medan perang, yang tidak bisa dia lupakan. Kata-kata ini diberikan kepadanya oleh seseorang yang dia sayangi, lebih dari siapa pun. Dia belum tahu artinya tetapi dia mencari untuk menemukannya.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Violet Evergarden

14. Clannad

clannad anime kyoto animation
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life, Romance
  • Studio: Kyoto Animation

Tomoya adalah siswa sekolah menengah tahun ketiga yang sinis. Ibunya meninggal, menyebabkan ayahnya menggunakan alkohol dan judi. Tomoya jauh dengan ayahnya dan telah menjadi berandalan di tahun-tahun sejak kematian ibunya.

Berjalan ke sekolah, ia bertemu Nagisa Furukawa yang setahun lebih tua tetapi mengulang kelas karena sakit. Dia sendirian, karena sebagian besar temannya telah lulus.

Keduanya mulai bergaul, dan seiring berjalannya waktu, Tomoya menemukan hidupnya berubah ke arah yang baru.

15. Code Geass

code geass anime
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Sci-fi, Thriller, Psychological
  • Studio: Sunrise

Sebuah anime mecha yang layak kamu ikuti.

Lelouch, Pangeran Kekaisaran Britannia yang diasingkan, menyamar sebagai siswa sekolah, menemukan dirinya berada di jantung konflik. Bertemu dengan seorang gadis misterius bernama C.C., Lelouch mendapatkan Geass atau kekuatan raja.

Sekarang diberkahi dengan dominasi mutlak atas siapa pun, Lelouch akhirnya dapat mewujudkan tujuannya untuk menjatuhkan Britannia dari dalam!

Baca juga: Urutan Nonton Anime Code Geass

16. Monogatari

monogatari anime terbaik sepanjang masa
  • Genre: Comedy, Mystery, Psychological, Romance, Supernatural
  • Studio: Shaft

Anime Monogatari dikenal dengan visual eksperimentalnya, dialognya yang jenaka, dan karakternya yang tak terlupakan. Serial anime yang menentang genre ini telah memukau, dan memikat penggemar anime selama lebih dari satu dekade.

Baca juga: Panduan Nonton Monogatari Series

17. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

demon slayer kimetsu no yaiba
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural
  • Studio: Ufotable

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba dengan mudah mengubah narasi klasik tentang pemburu iblis menjadi kisah dengan balutan keluarga, persahabatan, dan perjuangan manusia untuk bertahan hidup dari ancaman kengerian.

Cerita berpusat pada kisah saudara kandung Tanjiro dan Nezuko yang penuh dengan drama memikat, dengan unsur supernatural dan disajikan dengan aksi tebasan dan gore, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba tentu menjadi anime shonen yang wajib ditonton.

Baca juga: Panduan Nonton Anime Kimetsu no Yaiba (Demon Slayer)

18. Kimi no Na wa. (Your Name)

kimi no na wa your name anime
  • Genre: Drama, Romance, Supranatural
  • Studio: CoMix Wave

Your Name menjadi fenomena dunia. Memenangkan pujian kritis yang hampir universal, film tersebut mendominasi box office Jepang, dengan cepat meningkat menjadi salah satu film anime dengan kinerja terbaik dalam sejarah perfilman Jepang.

Meskipun karya-karya Shinkai sebelumnya telah diterima dengan cukup baik, Your Name berada pada level yang sama sekali berbeda. Keberhasilan film tersebut membuatnya menarik minat internasional, memastikan bahwa penggemar dan kritikus akan memperhatikan dengan cermat apa pun yang akan ia kerjakan selanjutnya.

Baca juga: 8 Film Anime Karya Makoto Shinkai

19. Monster

monster anime terbaik sepanjang masa
  • Genre: Drama, Horror, Mystery, Psychological, Seinen
  • Studio: Madhouse

Monster bagaikan permainan kucing-kucingan yang menegangkan antara pembunuh berdarah dingin dan pria yang mencoba menghentikannya.

Hal-hal mulai terfokus pada Dr. Kenzou Tenma, seorang ahli bedah saraf elit yang memutuskan untuk melakukan operasi pada anak laki-laki sang walikota.

Akibatnya, dia kehilangan status sosialnya, dan hubungannya dengan direktur rumah sakit memburuk dengan cepat. Lebih penting lagi, bocah yang dia selamatkan ternyata adalah seorang pembunuh sosiopat yang keberadaannya kembali menghantui Dr. Tenma.

Akhirnya, dia memutuskan untuk pergi dan mencoba untuk mengakhiri pembunuhan pasiennya, memulai pencarian yang membuat serial ini menjadi tontonan yang sangat menarik.

Baca juga: 15 Serial Anime Seinen Pilihan, dari Aksi Brutal Sampai Komedi Romantis

20. Mob Psycho 100

Mob Psycho 100
  • Genre: Action, Comedy, Supernatural
  • Studio: Bones

Ceritanya berkisar pada “Mob”, seorang anak laki-laki yang akan meledak jika kapasitas emosionalnya mencapai 100%. Bocah dengan kekuatan gaib ini mendapat julukan “Mob” karena dia tidak menonjol di antara orang lain.

Dia menyimpan kekuatan psikisnya agar dia bisa hidup normal, tetapi jika tingkat emosionalnya mencapai 100, sesuatu akan membanjiri seluruh tubuhnya.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Mob Psycho 100

21. Ousama Ranking

Ranking of Kings anime
  • Genre: Adventure, Fantasy
  • Studio: Wit Studio

Tidak dapat mendengar, berbicara, atau menggunakan pedang, Pangeran Bojji tidak tampak seperti pewaris takhta biasa. Tapi pertemuannya yang menentukan dengan Kage, bayangan di tanah, memberinya teman sejati pertamanya.

Keduanya memulai petualangan besar dan, bersama-sama, membentuk ikatan yang dapat mengatasi rintangan apa pun … bahkan menjadi raja.

Ousama Ranking adalah salah satu anime terbaik tahun 2021 yang wajib kamu tonton.

22. Haikyuu!!

Haikyuu!! anime terbaik sepanjang masa
  • Genre: Comedy, School, Sport
  • Studio: Production IG

Haikyuu!! memberikan keseimbangan sempurna antara pertandingan yang sangat menarik dan pertumbuhan karakter.

Menyaksikan Hinata mencapai mimpinya, tentu saja begitu menginspirasi, tetapi hampir setiap karakter, termasuk pemain di tim lawan, mendapatkan kisah dan latar belakang yang unik.

Dengan momen-momen yang akan membuat penonton tertawa histeris, melompat-lompat di kursi mereka, dan bahkan meneteskan air mata, Haikyuu!! benar-benar memiliki sesuatu untuk semua orang.

Baca juga: 10 Anime dari Studio Production I.G.

23. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) anime ghibli
  • Genre: Adventure, Drama, Supernatural
  • Studio: Ghibli

Dalam perjalanan ke rumah baru mereka, keluarga Chihiro Ogino yang berusia 10 tahun tersandung di sebuah taman hiburan yang sepi.

Ketika ibu dan ayah Chihiro makan makanan dari restoran di jalan, roh-roh yang marah mengubah mereka menjadi babi. Selanjutnya, lautan luas telah muncul antara dunia roh dan dunia manusia, menjebak Chihiro, satu-satunya manusia, di negeri roh.

Beruntung baginya, seorang anak laki-laki misterius bernama Haku muncul, mengaku mengenalnya dari masa lalu. Di bawah instruksinya, Chihiro mendapatkan pekerjaan di pemandian tempat Haku bekerja.

Dengan hanya keberaniannya dan beberapa teman baru untuk membantunya, Chihiro memulai perjalanan untuk mengembalikan orang tuanya ke bentuk aslinya dan kembali ke rumah.

24. Gundam

mobile suit gundam universal century anime mecha
  • Genre: Adventure, Action, Drama
  • Studio: Sunrise

Baca juga: 15 Anime Gundam Terbaik Sepanjang Masa

25. Kingdom

kingdom anime
  • Genre: Adventure, Action, Drama
  • Studio: Pierrot

Baca juga: Urutan Nonton Anime Kingdom

26. Spy x Family

spy x family anime loyd anya yor
  • Genre: Action, Comedy, Drama
  • Studio: CloverWork x WIT Studio

27. Cowboy Bebop

cowboy bebop yoko kanno
  • Genre: Adventure, Action, Drama, Sci-fi
  • Studio: Sunrise

28. Mushishi

mushishi anime ginko
  • Genre: Adventure, Drama, Supernatural
  • Studio: Artland

Baca juga: Urutan Nonton Anime Mushishi

29. Made in Abyss

made in abyss anime
  • Genre: Adventure, Drama, Supernatural
  • Studio: Kinema Citrus

Baca juga: Urutan Nonton Anime Made in Abyss

30. 86 EIGHTY-SIX

86 eighty-six anime mecha a-1 pictures
  • Genre: Action, Drama, Mecha, Sci-fi
  • Studio: A-1 Pictures

Baca juga: Urutan Nonton Anime 86 EIGHTY-SIX


Itu tadi rekomendasi anime terbaik sepanjang masa berdasar rating tertinggi di MyAnimeList. Selamat menonton ya!

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari Kearipan soal anime dan info menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Tinggalkan komentar