15 Anime Time Travel, Tentang Perjalanan Melintas Waktu

Dalam anime time travel, biasanya terdapat keberadaan putaran waktu serta dimensi paralel, dengan berbagai skenario: dari masa kini ke masa lalu atau masa depan, dan dari masa lalu atau masa depan ke masa kini.

Dari segi plot, anime seputar perjalanan waktu ini juga punya beberapa plot cerita. Ada yang ketika setiap tindakan memiliki konsekuensi besar. Lalu ada pula ketika perjalanan waktu hanya merupakan alat observasi yang sedang ditelusuri sang protagonis, yang tak akan memengaruhi alur waktu.

Anime perjalanan waktu, apa pun konsepnya, cocok ditonton bagi yang menyukai mekanisme narasi yang rumit.

Nah, daftar anime time travel ini berisi keduanya, yang bisa jadi tontonan kamu selanjutnya.

1. Inuyasha

inuyasha group anime
GenreAction, Adventure, Historical, Romance
Episode167
StudioSunrise

Peringkat: 4.5 dari 5.

Dianggap oleh penggemar sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa, Inuyasha menceritakan kisah Kagome Higurashi, seorang gadis berusia lima belas tahun dari Tokyo modern yang tiba-tiba dibawa kembali ke zaman Sengoku di Jepang.

Di sana dia bertemu Inuyasha, iblis setengah anjing, setengah manusia dan bergabung dengannya dalam perjalanannya untuk memulihkan pecahan Permata Shikon yang ajaib.

Meski sudah lebih dari 20 tahun sejak dirilis, cerita ikonik dan karakter menawan Inuyasha terus menyenangkan penggemar baru dan lama. Saat Kagome dan Inuyasha melakukan perjalanan bolak-balik antara masa lalu dan masa kini, para penggemar dibawa dalam perjalanan melintasi waktu dan Jepang dalam petualangan fantasi epik.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Inuyasha

2. Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time)

The Girl Who Leapt Through Time anime time travel
GenreDrama, Romance, Sci-Fi
Episode1 Film
StudioMadhouse

Peringkat: 4 dari 5.

Makoto Konno berada di tahun terakhir sekolah menengahnya, tetapi mengalami kesulitan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan masa depannya. Kehidupan Makoto tiba-tiba berubah ketika dia secara tak sengaja menemukan dirinya mampu melompati waktu.

Toki wo Kakeru Shoujo atau The Girl Who Leapt Through Time mengikuti Makoto saat dia bermain-main dengan kekuatan barunya. Namun, dia segera belajar dengan cara yang sulit bahwa setiap pilihan memiliki konsekuensi. Bahwa waktu jauh lebih rumit daripada yang terlihat.

Baca juga: 8 Film Anime dari Sutradara Mamoru Hosoda

3. Steins;Gate

steins gate anime white fox
GenreDrama, Sci-Fi, Psychological, Suspense
Episode24
StudioWhite Fox

Peringkat: 5 dari 5.

Mengklaim dirinya sebagai ilmuwan gila, Rintarou Okabe, menyewa kamar di lantai dua bangunan di Akihabara sebagai laboraturium. Tempat itu ia jadikan sarana menekuri hobinya menciptakan “gadget masa depan” bersama anggota lab lain.

Ada Mayuri Shiina, teman cewek masa kecilnya, dan Hashida Itaru, seorang hacker mesum yang dijuluki “Daru”. Ketiganya menghabiskan waktu dengan mengutak-atik alat mereka yang paling menjanjikan, sebuah mesin yang dijuluki “Telepon Microwave”. Teknologi yang menyulap pisang jadi tumpukan gel hijau.

Meski fenomena itu tidak memberikan sesuatu yang konkret dalam pencarian Okabe untuk terobosan ilmiah. Sampai anggota lab didorong untuk beraksi oleh serangkaian kejadian misterius sebelum akhirnya mengarah pada kesuksesan yang tak terduga: Telepon Microwave. Teknologi yang dapat mengirim pesan teks ke masa lalu, dan mengubah aliran sejarah.

Diadaptasi dari novel visual karya 5pb dan Nitroplus yang diakui kritis, Steins; Gate membawa Okabe melintasi alur yang berbeda dari masa lalu dan sekarang. Okabe harus memikul beban karena memegang kunci ke dunia waktu.

Episode awal-awal memang terkesan lambat dan agak bercanda, tapi ketika sampai pertengahan kita akan tahu alasan kenapa Steins; Gate sering disebut sebagai anime unggulan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Steins;Gate

4. Yojouhan Shinwa Taikei (The Tatami Galaxy)

tatami galaxy
GenreComedy, Drama, Mystery, Romance
Episode10
StudioMadhouse

Peringkat: 4.5 dari 5.

Berdasarkan novel karya Tomihiko Morimi, The Tatami Galaxy adalah tentang protagonis yang tidak disebutkan namanya yang mengenang hidupnya sebagai kakak kelas di sebuah universitas Kyoto.

Ceritanya mirip dengan film klasik Groundhog Day, ketika protagonis menghidupkan kembali murid-muridnya selama bertahun-tahun sebagai anggota klub yang berbeda untuk mencari pengalaman kuliah yang sempurna.

Dengan setiap klub baru, narator menjadi lebih kecewa, karena masing-masing membuatnya semakin kecewa sampai dia memutuskan untuk menyerah sepenuhnya dan tinggal di dalam kamar tatami kecilnya.

Anime ini menggabungkan gaya visual yang unik dengan plot yang merupakan perenungan yang bijaksana tentang pentingnya hidup di saat ini dan bahayanya menunggu kesempatan yang sempurna.

Baca juga: 15 Serial dan Film Anime Karya Masaaki Yuasa yang Liar

5. Mirai Nikki (The Future Diary)

Mirai Nikki (The Future Diary)
GenreAction, Supernatural, Suspense
Episode26
Studio.asread

Peringkat: 4 dari 5.

Siswa sekolah menengah yang kesepian, Yukiteru Amano, menghabiskan hari-harinya menulis buku harian di ponselnya. Amano juga bercakap-cakap dengan dua teman yang tampaknya imajiner Deus Ex Machina, yang adalah dewa waktu dan ruang, dan Murmur, pelayannya.

Mengungkap dirinya sebagai entitas yang sebenarnya, Deus memberi Amano sebuah buku harian. Buku yang menunjukkan catatan yang sangat deskriptif berdasarkan masa depan. Sekaligus memaksanya masuk ke pertempuran berdarah dengan 11 pemegang buku harian masa depan yang sama kuatnya.

Orang terakhir yang selamat akan ditunjuk sebagai dewa waktu dan ruang yang baru. Amano harus menemukan dan membunuh 11 lainnya untuk bertahan hidup. Dia enggan bekerja sama dengan penguntitnya yang obsesif, Yuno Gasai. Namun ada yang lebih dari gadis itu, karena dia mungkin punya rencana lain untuk cintanya yang tak terbalas.

6. Seikimatsu Occult Gakuin (Occult Academy)

Seikimatsu Occult Gakuin (Occult Academy) anime time travel
GenreComedy, Mystery, Romance
Episode13
StudioA-1 Pictures

Peringkat: 4 dari 5.

Cerita anime time travel ini berkisar pada Maya, putri mantan Kepala Sekolah Akademi Waldstein, dan agen perjalanan waktu Fumiaki Uchida.

Pada tahun 2012, dunia telah diserbu oleh alien. Kemudian penjelajah waktu dikirim kembali ke tahun 1999 untuk menemukan dan menghancurkan Kunci Nostradamus. Yang dinubuatkan oleh Ramalan Nostradamus sebagai apa yang akan menyebabkan kiamat.

Serial ini kemudian beralih ke tahun 1999, ketika Maya kembali ke Akademi dengan maksud menghancurkan Akademi dengan menggantikan posisi mendiang ayahnya sebagai kepala sekolah.

Rencananya terputus ketika dia bertemu Fumiaki dan mengetahui kehancuran yang akan datang. Meski tidak mempercayai Fumiaki, mereka membentuk perjanjian untuk mencari Kunci Nostradamus.

Baca juga: 10 Anime Terbaik dari Studio A-1 Pictures

7. Puella Magi Madoka Magica

madoka magica rebellion anime studio shaft
GenreAction, Drama, Magical Girl, Psychological
Episode12
StudioShaft

Peringkat: 5 dari 5.

Tampak seperti anime magical girl lucu-lucuan, tapi anime ini menawarkan kisah yang benar-benar tragis.

Madoka Kaname dan Sayaka Miki adalah gadis sekolah menengah biasa dengan kehidupan biasa. Namun semua itu berubah ketika mereka bertemu Kyuubey, makhluk ajaib seperti kucing, dan Homura Akemi, siswa pindahan baru.

Kyuubey menawarkan untuk mengabulkan satu keinginan mereka. Sebagai gantinya, mereka harus menjadi magical girl, mendapatkan kekuatan yang cukup untuk memenuhi impian mereka. Namun, Homura Akemi, seorang gadis penyihir, mendesak mereka untuk menolak tawaran itu, menyatakan bahwa semuanya tak seperti yang terlihat.

Sebuah kisah tentang harapan, keputusasaan, dan persahabatan. Madoka Magica berurusan dengan kesulitan menjadi magical girl dan harga yang harus dibayar untuk membuat mimpi menjadi kenyataan.

Kekuatan untuk mengubah waktu yang dimiliki Homura membuat Madoka Magica jadi salah satu anime time travel yang tak boleh dilewatkan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Madoka Magica

8. Gintama Movie 2: Kanketsu-hen – Yorozuya yo Eien Nare

Gintama Movie 2: Kanketsu-hen - Yorozuya yo Eien Nare anime time travel
GenreAction, Comedy, Samurai, Sci-Fi
Episode1 Film
StudioSunrise

Peringkat: 4 dari 5.

Film kedua Gintama tampaknya cocok untuk masuk rekomendasi anime time travel yang seru buat ditonton.

Ketika Sakata Gintoki menangkap pembajak film di bioskop, dia memeriksa rekaman kamera dan menemukan dirinya dibawa ke versi Edo pasca-apokaliptik yang suram, di mana epidemi misterius yang disebut “Wabah Putih” telah merenggut populasi dunia.

Ternyata pembajak film itu adalah mesin waktu android, dan Gintoki telah meluncur lima tahun ke depan. Shinpachi dan Kagura, kru Yorozuya-nya, saling bersaing dan sekarang menjadi penjaga Kabuki-cho yang tangguh, dan dirinya telah hilang selama bertahun-tahun, menghilang tanpa jejak setelah menulis pesan aneh di jurnalnya.

Berangkat dalam penyamaran yang diberikan kepadanya oleh robot mesin waktu, Gintoki menyatukan kembali tim Yorozuya untuk menyelidiki Wabah Putih, dan segera menemukan bahwa kunci untuk menyelamatkan masa depan terletak pada kegelapan masa lalunya sendiri.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Gintama

9. Boku dake ga Inai Machi (Erased)

GenreMystery, Psychological, Supernatural
Episode12
StudioA-1 Pictures

Peringkat: 4 dari 5.

Ketika tragedi akan terjadi, Satoru Fujinuma menemukan dirinya dikirim kembali beberapa menit sebelum kecelakaan itu terjadi. Mangaka berusia 29 tahun telah memanfaatkan fenomena kuat sekaligus misterius ini. Ia sebut “Revival,” dan digunakannya untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Namun, ketika ia secara salah dituduh membunuh seseorang yang dekat dengannya, Satoru dikirim kembali ke masa lalu sekali lagi. Kali ini ke tahun 1988, 18 tahun di masa lalu. Segera, ia menyadari bahwa pembunuhan itu mungkin terkait dengan penculikan dan pembunuhan salah satu teman sekelasnya, Kayo Hinazuki. Gadis penyendiri dan misterius. Ini adalah kesempatannya untuk memperbaikinya.

Boku dake ga Inai Machi mengikuti Satoru dalam misinya untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi 18 tahun yang lalu. Sekaligus mencegah kematian teman sekelasnya sekaligus melindungi mereka yang dia pedulikan di masa sekarang.

10. Kimi no Na wa. (Your Name)

kimi no na wa your name anime
GenreDrama, Romance, Supernatural
Episode1 Film
StudioCoMix Wave Films

Peringkat: 4 dari 5.

Disutradarai oleh Makoto Shinkai, Your Name mengikuti seorang gadis muda dari Itomori bernama Mitsuha Miyamizu yang tiba-tiba mulai bertukar tubuh dengan seorang anak laki-laki di Tokyo bernama Taki Tachibana.

Selama film, keduanya menemukan bahwa mereka dipisahkan oleh ruang dan waktu dan bekerja sama untuk mencoba menyelamatkan penduduk Itomori dari kehancuran oleh komet.

Your Name mendapatkan ulasan yang baik dari penonton dan kritikus, dengan penonton sangat terkesan dengan animasi, musik, dan dampak emosional film tersebut.

Upaya putus asa Mitsuha dan Taki untuk mempertahankan ingatan mereka satu sama lain, sementara mereka berjuang untuk mengubah masa lalu, membuat film thriller romantis yang menawan ini membuat penonton terpaku.

Baca juga: 8 Film Anime dari Sutradara Makoto Shinkai

11. Orange

Orange anime time travel
GenreDrama, Romance, Sci-Fi
Episode13
StudioTelecom Animation Film

Peringkat: 4 dari 5.

Hari pertama Naho Takamiya dari tahun keduanya di sekolah menengah adalah awal yang tak menyenangkan. Setelah bangun terlambat, dia menerima surat aneh yang ditujukan padanya. Namun, surat itu dari dirinya sendiri, 10 tahun di masa depan!

Pada awalnya, Naho skeptis terhadap catatan tersebut. Namun, setelah menyaksikan beberapa peristiwa yang digambarkan terjadi, dia menyadari bahwa surat itu sebenarnya berasal dari dirinya yang berusia 26 tahun.

Catatan itu merinci bahwa kehidupan masa depan Naho dipenuhi dengan penyesalan. Dia berharap bahwa dirinya yang lebih muda dapat memperbaiki kesalahan yang dibuat di masa lalu. Surat itu juga memperingatkan dia untuk mengawasi murid pindahan yang baru, Kakeru Naruse.

Naho harus sangat berhati-hati dalam membuat keputusan yang melibatkannya, karena Kakeru tidak ada di masa depan. Dengan surat itu sebagai panduannya, Naho sekarang memiliki kekuatan untuk melindungi Kakeru sebelum dia menyesal sekali lagi.

12. Re:Zero

re zero isekai anime
GenreAction, Adventure, Drama, Isekai, Suspense, Psychological
Episode25
StudioWhite Fox

Peringkat: 4 dari 5.

Diadaptasi dari light novel karya Tappei Nagatsuki, Re: Zero – Starting Life in Another World menceritakan kisah Subaru Natsuki, seorang pemuda canggung yang tiba-tiba dipindahkan ke dunia baru.

Setelah tiba, dia melewati kejadian mematikan dan segera mati. Namun kemudian menemukan bahwa dia dapat memundurkan waktu, ke titik di mana dia dapat mengubah hasil peristiwa untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Sepanjang Re: Zero, Subaru mati berulang kali untuk menyelamatkan teman-temannya dan harus hidup dengan kesepian yang datang ketika tak ada yang mengingat kepahlawanannya.

Serial anime time travel ini adalah introspeksi yang bijaksana ke dalam sisi negatif dari mengubah masa lalu yang menampilkan pembangunan dunia yang indah dan karakter yang menarik.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Re:Zero

13. Fate/Grand Order

fate grand order waifu
GenreAction, Adventure, Historical, Fantasy, Supernatural
Episode3 Film, 24 (Babylonia)
StudioLay-duce, CloverWorks

Peringkat: 4 dari 5.

Sebagai adaptasi dari game populer, ini merupakan salah satu judul Fate series yang mengangkat anime time travel.

Pada tahun 2015, Organisasi Keamanan Chaldea menarik para ahli dari bidang magis dan duniawi untuk mengamati masa depan umat manusia untuk kemungkinan peristiwa kepunahan.

Kelangsungan hidup umat manusia tampaknya terjamin untuk abad berikutnya, sampai keputusan tiba-tiba berubah, dan sekarang kepunahan spesies ini menunggu pada akhir 2016. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi tampaknya terkait dengan kota Fuyuki di Jepang dan peristiwa tahun 2004 selama Perang Cawan Suci Kelima.

Sebagai tanggapan, Chaldea memanfaatkan sarana eksperimental perjalanan waktu, teknologi Rayshift. Maka Ritsuka Fujimaru, seorang pemuda yang baru direkrut ke organisasi, dan gadis misterius Mash Kyrielight, melakukan perjalanan lintas waktu untuk menemukan cara menyelamatkan umat manusia. Perintah besar untuk melawan takdir telah diumumkan, perintah untuk mengubah masa lalu dan memulihkan masa depan.

Baca juga: Urutan Nonton Anime Fate/Grand Order

14. Tokyo Revengers

tokyo revengers manji
GenreAction, Drama, Supernatural
Episode24
StudioLINDENFILMS

Peringkat: 3.5 dari 5.

Tahun kedua sekolah menengah Takemichi Hanagaki adalah titik tertinggi dalam hidupnya. Dia memiliki sekelompok teman yang bisa dia andalkan, dan bahkan pacar. Tapi itu dua belas tahun yang lalu.

Hari ini, dia bukan siapa-siapa: diolok-olok oleh bocah dan selalu dipaksa untuk meminta maaf kepada atasannya yang lebih muda. Kemudian muncul sebuah laporan berita mendadak tentang pembunuhan kejam Geng Tokyo Manji terhadap satu-satunya pacar yang pernah dia miliki.

Setengah detik sebelum kereta mengakhiri hidupnya yang menyedihkan untuk selamanya, Takemichi kembali ke hari yang sama 12 tahun yang lalu, ketika dia masih berkencan dengan Hinata Tachibana.

Baca juga: 10 Anime Mirip Tokyo Revengers

15. Summer Time Rendering

Summer Time Rendering anime time travel
GenreAction, Mystery, Supernatural, Suspense
Episode25
StudioOLM

Peringkat: 4 dari 5.

Sejak kematian orang tuanya, Shinpei Ajiro tinggal bersama keluarga Kofune dan dua putri mereka, Mio dan Ushio. Meski ia kemudian meninggalkan pulau asalnya untuk melanjutkan pendidikannya di Tokyo, Shinpei kembali setelah Ushio secara tragis tenggelam selama upaya penyelamatan seorang gadis kecil.

Selama pemakaman, sahabatnya memberitahu dia tentang memar yang ditemukan di sekitar leher Ushio, menimbulkan keraguan atas penyebab kematiannya. Mencurigai pembunuhan telah terjadi, Shinpei mengevaluasi kembali peristiwa baru-baru ini, tetapi insiden aneh terus terjadi.

Orang-orang yang menghilang dan kejadian yang tidak dapat dijelaskan lainnya membuat Mio mengingat sebuah cerita rakyat lama yang mengacu pada entitas yang disebut “Shadow” yang mungkin tidak sepenuhnya fantasi. Seharusnya, pertemuan dengan Shadow seseorang meramalkan kematian orang tersebut yang akan datang.

Menghadapi sisi gelap Pulau Hitogashima, Shinpei melawan nasib buruknya untuk memenuhi keinginan terakhir Ushio, untuk melindungi Mio.


Nah, itu tadi beragam rekomendasi anime time travel yang seru untuk ditonton. Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari Kearipan bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1757

2 Comments

  1. Bener banget, Steins;Gate itu di awal kok bikin bosan, tapi ratingnya salah satu yang tertinggi. Sampe sekarang baru nonton 2-3 episode, itu pun 2 tahun yang lalu. Hahah.

    Erased, pertama nonton adalah live actionnya, gak selesai karena merasa agak gelap karena ada adegan pembunuhan, terakhir nonton semua episode animenya, menarik. Hanya menurut saya ending yang gantung. Saya ingin tahun kondisi temannya itu.

    Yang lain belum nonton, karena sebenarnya genre anime kayak gini gak terlalu favorit, lebih suka yang beneran slice of life gitu. haha.

    • Memang ini yg sering jadi keluhan buat Steins; Gate, episode awal-awalnya emang asli ngebosenin, saya juga hampir mau drop tapi terus dilanjut karena masih penasaran kenapa sering disebut dan dipuji. Ternyata emang baru terasa pas masuk pertengahan, harus lewatin sekitar 10 episode awal yg bikin boring (tapi nantinya ini bakal terasa seperti pembangunan semesta anime ini), Steins; Gate emang terbukti anime mantap.

      Slice of life juga salah satu genre favorit saya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *