Urutan Nonton Toaru Series: A Certain Magical Index, Scientific Railgun & Accelerator

Bagi yang ingin menonton Toaru Series pasti akan kebingungan ketika dihadapkan antara judul A Certain Magical Index dan A Certain Scientific Railgun. Ditambah adanya film anime dan spin-off manga lainnya yang berjudul A Certain Scientific Accelerator, yang bakal menambah kebingungan.

Bagi mereka yang sudah menonton seri ini juga, seperti saya, pasti bakal garuk-garuk kepala, apalagi yang belum menonton seri ini, mungkin sangat bingung tentang semua versi yang berbeda ini.

Oleh karena itu saya akan coba menjelaskan secara singkat setiap seri sebelum membahas urutan menontonnya, pastinya dengan penjelasan bebas spoiler.

A Certain Magical Index

a certain magical index

Seri pertama dari franchise Index yang perlu kita bicarakan adalah yang memulai semuanya: A Certain Magical Index.

Serial ini mengikuti Kamijou Touma, seorang siswa di Academy City yang berteknologi maju. Dunianya terbalik setelah pertemuan kebetulan dengan seorang biarawati bernama Index. Sejak saat itu, dia menemukan dirinya ditarik ke dalam jaringan yang lebih gelap dari pengguna sihir dan paranormal.

Dan itulah fokus utama untuk seri Index. Touma dan Index menemukan diri mereka di tengah perebutan kekuasaan antara berbagai faksi yang menggunakan sihir.

1. A Certain Magical Index (2008)

A Certain Magical Index (2008)
JudulToaru Majutsu no Index
Episode24
TayangFall 2008

Peringkat: 4 dari 5.

Terletak di kota siswa manusia super yang maju secara ilmiah, tetapi di dunia di mana sihir juga nyata.

Tangan kanan Touma Kamijou, Imagine Breaker, akan meniadakan semua kekuatan sihir, psikis, atau kekuatan ilahi, tetapi tak bisa meniadakan nasib sialnya. Suatu hari dia menemukan seorang gadis muda tergantung di pagar balkonnya.

Dia ternyata adalah seorang biarawati dari Gereja Inggris, dan pikirannya telah ditanamkan dengan Index-Librorum-Prohibitorum – semua teks ajaib yang telah dihapus oleh Gereja dari peredaran.

2. A Certain Magical Index II (2010)

A Certain Magical Index II (2010)
JudulToaru Majutsu no Index II
Episode24
TayangFall 2010

Peringkat: 4 dari 5.

Index masih menjadi buronan, dan banyak organisasi dan individu sihir yang kuat ingin membawanya menggunakan buku-buku itu dalam ingatannya, dan melenyapkannya dalam prosesnya.

Perang antar organisasi tersebut juga mulai muncul. Index hanya bisa mengandalkan temannya Touma, yang selalu melindunginya, bersama Misaka dan teman-teman Akademi lainnya.

3. A Certain Magical Index: The Movie – The Miracle of Endymion (2013)

A Certain Magical Index: The Movie – The Miracle of Endymion (2013)
JudulToaru Majutsu no Index: Endymion no Kiseki
Episode1 Film
TayangWinter 2013

Peringkat: 4 dari 5.

Dalam cerita filmnya, tepat sebelum selesainya lift ruang angkasa Academy City “Endymion”, karakter utama Kamijou dan Index bertemu dengan seorang gadis level 0 bernama Arisa.

Para Penyihir mengejar Arisa, dan mereka menyerang Academy City. Seorang pemimpin wanita bernama Shattoaura memimpin unit dari Academy City melawan serangan tersebut. Kamijou dan Index belajar dari Stiyl bahwa Arisa adalah kunci terjadinya perang antara sisi Sihir dan Sains.

4. A Certain Magical Index III (2018)

A Certain Magical Index III (2018)
JudulToaru Majutsu no Index III
Episode26
TayangFall 2018

Peringkat: 4 dari 5.

Sains, sihir, dan seorang biarawati dalam pelarian! Kamijo dan Index kembali tepat pada waktunya untuk merayakan ulang tahun ke 10 Indeks Ajaib Tertentu dengan musim baru.

Setelah perjuangan mematikan mereka melawan Gereja Katolik dan perang antara sihir dan sains, Kamijo harus bekerja lebih keras untuk melindungi Index. Namun dengan ketegangan yang tinggi, petualangan baru apa yang menanti mereka di bab selanjutnya?

Karakter A Certain Magical Index

Kamijou Touma

Meski dia percaya dirinya sebagai orang paling sial di dunia dan menduduki peringkat Esper Level 0 (seseorang yang menunjukkan sedikit kekuatan apa pun), dia sebenarnya memiliki kemampuan yang sangat unik yang memungkinkan dia untuk meniadakan kekuatan psikis atau sihir.

Ini juga alasan kenapa keberuntungannya hilang. Kamijou tak mementingkan diri sendiri dan berani untuk menghadapi lawan yang jauh lebih kuat darinya.

Index

Seorang biarawati muda yang menyimpan 103.000 grimoire di benaknya, mungkin berkat ingatan fotografisnya. Ini juga memungkinkan dia untuk dengan mudah mengidentifikasi jenis sihir tertentu dan tanpa sadar melemparkan serangan sihir yang kuat. Dia biasanya tenang dan sopan, tapi saat berada di sekitar Touma, dia cepat untuk berasumsi dan kadang-kadang bertindak kekanak-kanakan.

Stiyl Magnus

Antagonis pertama yang Touma temui, dan mantan teman Index. Dia ahli dalam sihir api dan rune. Penampilan, sikap, dan kegemaran merokoknya membuatnya tampak lebih tua dari kelihatannya.

Kanzaki Kaori

Seorang teman Stiyl Magnus dan Index. Kanzaki memiliki kemampuan manusia super alami di atas sihir yang sangat kuat. Meskipun dia sangat dingin dan serius ketika dia pertama kali diperkenalkan, dia mulai menunjukkan sisi yang lebih lembut seiring berjalannya seri.

Aleister Crowley

Pendiri dan penguasa Academy City yang bekerja untuk menyabotase orang-orang di sisi sihir. Dia tetap berada di latar belakang dan menjalankan rencana besar yang memengaruhi karakter lain.

A Certain Scientific Railgun

a certain scientific railgun

A Certain Scientific Railgun adalah manga spin-off pertama dan mengikuti Misaka Mikoto, esper level 5 yang juga dikenal sebagai ‘Railgun’, dalam petualangannya sendiri, terpisah dari keterlibatannya dalam seri Index.

Ceritanya lebih berfokus pada sisi Esper dan terjadi sebelum dan selama peristiwa Index.

Ini juga satu-satunya seri yang sejauh ini memiliki arc filler di dalamnya. Baik Railgun dan Railgun S (musim kedua) memiliki arc filler, sedangkan Railgun T sejauh ini hanya mengadaptasi cerita kanon.

1. A Certain Scientific Railgun (2009)

A Certain Scientific Railgun (2009)
JudulToaru Kagaku no Railgun
Episode24
TayangFall 2009

Peringkat: 4 dari 5.

Academy City adalah tempat yang sangat maju dalam hal teknologi. Negara ini dikatakan 20 hingga 30 tahun lebih maju dibandingkan negara-negara lain di dunia, dan 80% dari 2,3 juta penduduknya adalah pelajar. Fokus kajian di sini diarahkan pada kekuatan esper.

Misaka Mikoto, salah satu esper tingkat atas di kota, berbagi kamar dengan Kuroko Shirai, esper tingkat tinggi lainnya yang merupakan anggota Judgment, sebuah lembaga penegak hukum yang terdiri dari siswa. Keduanya bersekolah di Tokiwadai, sekolah swasta yang diperuntukkan bagi kalangan atas dan orang kaya.

Rekan Kuroko di Judgement, Kazari Uiharu, adalah seorang esper tingkat rendah yang belajar di sekolah menengah Sakugawa. Sahabat sekaligus teman sekelasnya adalah Ruiko Saten, seorang level nol, yang tidak memiliki kekuatan esper. Bersama-sama, keempatnya menghadapi beberapa petualangan di kota ilmiah yang menarik.

2. A Certain Scientific Railgun S (2013)

A Certain Scientific Railgun S (2013)
JudulToaru Kagaku no Railgun S
Episode24
TayangSpring 2013

Peringkat: 4 dari 5.

Musim kedua Railgun.

Sesuatu yang mengerikan sedang terjadi di Academy City. Bayangan tersebut dipenuhi dengan bisikan dari sebuah organisasi yang mengkloning siswa berkekuatan super yang dikenal sebagai esper. Master kelistrikan tingkat tinggi, Mikoto Misaka, menertawakan cerita-cerita ini sampai dia berhadapan dengan salinan dirinya.

Setelah mengetahui bahwa klon ini – saudara perempuannya – dibunuh secara sistematis dalam serangkaian eksperimen yang dirancang untuk mengubah pembunuh sadis menjadi esper terkuat dalam sejarah, Misaka bersumpah untuk menyelamatkan salinannya dan menghancurkan organisasi yang bertanggung jawab atas proyek tersebut.

Saat Misaka bersiap menghadapi esper organisasi yang haus kekuasaan, dia menyadari bahwa dia bukan satu-satunya korban dari kekuatan ilmiah yang berkonspirasi di dalam kota – dan itu adalah sesuatu yang tidak bisa diterima oleh Misaka dan para gadis Penghakiman.

3. A Certain Scientific Railgun T (2020)

A Certain Scientific Railgun T (2020)
JudulToaru Kagaku no Railgun T
Episode25
TayangWinter 2020

Peringkat: 4 dari 5.

Musim ketiga Railgun dalam Toaru series.

Festival Daihasei telah dimulai, dan tentu saja itu berarti Sekolah Menengah Tokiwadai—sekolah menengah khusus perempuan yang bergengsi—juga ikut berkompetisi. Meskipun ada partisipasi dari “Ace of Tokiwadai,” Mikoto Misaka, siswa lain yang berpartisipasi masih berusaha sekuat tenaga untuk menang, tidak peduli betapa mustahilnya prestasi tersebut jika dibandingkan dengan kekuatannya.

Namun, tidak semuanya menyenangkan dan permainan. Karena festival tersebut, Academy City terbuka terhadap dunia luar, dan berbagai faksi mulai merencanakan cara untuk menyusup ke kota. Misaka tampaknya berada dalam radar mereka, dan saat festival berlangsung, orang-orang yang bersembunyi dari bayang-bayang mulai muncul…

Toaru Kagaku no Railgun T membawa kembali Tokiwadai Ace dan teman-temannya saat mereka menyelam lebih dalam ke sisi gelap Academy City. Dari serangan teroris hingga proyek bawah tanah yang kejam, segalanya mungkin terjadi di kota ini.

Karakter A Certain Scientific Railgun

Misaka Mikoto

Karakter utama dalam seri Index, dan protagonis tituler untuk seri Railgun. Statusnya sebagai esper elektromaster level 5 adalah alasan yang cukup untuk mendapatkan perhatian, tetapi dia mengetahui bahwa peristiwa dari masa lalunya punya dampak yang besar.

Shirai Kuroko

Salah satu protagonis di Railgun, dan sahabat serta teman sekamar Misaka Mikoto. Dia adalah Esper level 4 dengan kemampuan untuk memindahkan dirinya sendiri dan objek lain. Dia bekerja dengan Uiharu di Judgment, komite disiplin yang dipimpin siswa di Academy City.

Uiharu Kazari

Karakter pendukung dan esper level 1. Dia bekerja bersama Shirai Kuroko di Judgment. Meskipun dia bukan tipe bertarung, dia mendukung Judgment dengan keterampilan komputernya yang luar biasa.

Saten Ruiko

Salah satu karakter pendukung dan esper level 0. Dia berteman dengan Uiharu dan bertemu dengan karakter lain. Meski tak berbakat dalam hal kekuatan, dia melakukan apa pun yang dia bisa untuk membantu mereka yang membutuhkan.

A Certain Scientific Accelerator

a certain scientific accelerator

Spin-off terakhir adalah A Certain Scientific Accelerator. Ini mengikuti karakter yang hanya dikenal sebagai ‘Accelerator’ dan petualangannya sendiri yang terpisah dari seri Index.

Seperti Railgun, ini lebih berfokus pada Esper di Academy City. Serial ini terjadi setelah musim pertama Index dan selama tujuh episode Index II.

1. A Certain Scientific Accelerator (2019)

A Certain Scientific Accelerator (2019)
JudulToaru Kagaku no Accelerator
Episode12
TayangSummer 2019

Peringkat: 4 dari 5.

Esper Academy City diklasifikasikan ke dalam enam level, di mana “Level 0” tidak memiliki kekuatan sedangkan “Level 5” memiliki jumlah kekuatan yang sangat banyak. Dari beberapa juta esper yang berada di Academy City, hanya tujuh di antaranya yang telah mencapai Level 5, dan peringkat tertinggi di antara mereka adalah yang dikenal sebagai Accelerator.

Toaru Kagaku no Accelerator berfokus pada Level 5 terkuat setelah dia melindungi Last Order yang ceria dengan mengorbankan sebagian besar kekuatannya. Sembuh di rumah sakit, Accelerator menjalani kehidupan yang relatif tenang hingga akhirnya dia menyelamatkan nyawa Estelle Rosenthal, seorang gadis misterius yang membawa foto Last Order.

Sayangnya, Accelerator kini mendapati dirinya terseret ke dalam konflik baru dalam bentuk organisasi jahat bernama Disciplinary Action yang berencana menggunakan Last Order untuk misi berbahaya. Sekarang mereka telah menjalankan rencana mereka dan mengejar gadis muda itu, esper paling kuat di dunia dan rekan barunya harus melindungi Last Order dan mempertahankan Academy City dalam prosesnya.

Karakter A Certain Scientific Accelerator

Accelerator

Peringkat teratas esper Level 5. Dia awalnya diperkenalkan sebagai antagonis dalam seri Index dan Railgun, tetapi berkembang menjadi protagonis setelahnya serta protagonis tituler di Accelerator. Kadang-kadang dia bisa tampak sangat sadis dan tegar, terutama saat melawan musuh yang kuat.

Last Order

Dia paling menonjol di antara para suster karena berusia sepuluh tahun, sementara yang lain seusia dengan Misaka. Dia merawat Accelerator, memaafkannya tindakan masa lalunya dan memungkinkan dia untuk memaafkan dirinya sendiri.

Rekomendasi Urutan Nonton Toaru Series

toaru series character

Saya telah melihat orang-orang memberikan rekomendasi urutan tontonan yang menyatukan episode-episode dari seri yang berbeda. Secara pribadi, saya pikir itu terlalu rumit, dan sebagai gantinya, saya akan merekomendasikan dua urutan yang terkenal.

Urutan Rilis

Urutan paling tepat tentu saja mengikuti rilisnya:

  • A Certain Magical Index
  • A Certain Scientific Railgun
  • A Certain Magical Index II
  • A Certain Scientific Railgun S
  • A Certain Magical Index: The Movie – The Miracle of Endymion
  • A Certain Scientific Accelerator
  • A Certain Magical Index III
  • A Certain Scientific Railgun T

Urutan Berdasarkan Railgun

Agak susah untuk mengurutkan secara kronologis, dan akan bikin ribet ketika akan menonton. Namun, ini mungkin cara alternatif agar bisa menonton secara kronologis, yang diurut per musim.

  • A Certain Scientific Railgun
  • A Certain Scientific Railgun S
  • A Certain Magical Index
  • A Certain Magical Index II
  • A Certain Scientific Accelerator
  • A Certain Magical Index: The Movie – The Miracle of Endymion
  • A Certain Scientific Railgun T
  • A Certain Magical Index III

Saya berpendapat bahwa ini adalah urutan menonton yang cukup dapat diterima. Berkat sebagian besar cerita tersendiri dalam Railgun dan Accelerator, seharusnya tidak merusak apa pun dari cerita induknya.

Urutan kronologis yang nyata akan menyatukan semua episode, jadi ini jauh lebih mudah bagi pendatang baru.


Serial Toaru sekarang bisa ditonton secara legal dan gratis lewat Bilibili. Untuk alternatif nonton gratisan dan tetap legal bisa juga di YouTube Muse Indonesia, meski hanya judul A Certain Scientific Railgun.

Semoga tulisan ini bisa membantu bagi yang ingin menikmati serial yang luar biasa ini.

Lihat informasi lebih lanjut tentang cara menonton serial anime lainnya di blog ini, seperti Panduan Urutan Monogatari dan Panduan Urutan Fate Series, dan semoga bisa menemukan serial anime hebat lainnya untuk mengisi kekosongan dalam hidup ini.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

5 Comments

  1. bang kalo kita cuma nonton toaru majutsu no index 1,2,3 sama movie nya doang itu ngaruh ke cerita ga? apa cuma itu aja gapapa?

    • Bisa aja sih kalau cuma mau nonton Index doang, udah ngecover garis besar ceritanya itu. Tapi justru kalau saya lebih suka pas nonton Railgun, apalagi sama MC Misaka yg lebih memikat hihi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *