Urutan Nonton Toaru Series: A Certain Magical Index, Scientific Railgun & Accelerator

Bagi yang ingin menonton Toaru Series pasti akan kebingungan ketika dihadapkan antara judul A Certain Magical Index dan A Certain Scientific Railgun. Ditambah adanya film anime dan spin-off manga lainnya yang berjudul A Certain Scientific Accelerator, yang bakal menambah kebingungan.

Bagi mereka yang sudah menonton seri ini juga, seperti saya, pasti bakal garuk-garuk kepala, apalagi yang belum menonton seri ini, mungkin sangat bingung tentang semua versi yang berbeda ini.

Oleh karena itu saya akan coba menjelaskan secara singkat setiap seri sebelum membahas urutan menontonnya, pastinya dengan penjelasan bebas spoiler.

Mengenal Anime Toaru Series

toaru series character

Judul asli bahasa Jepang untuk A Certain Magical Index adalah Toaru Majutsu no Index, sedangkan A Certain Scientific Railgun adalah Toaru Kagaku no Railgun. Karena ada kesanamaan nama tersebut maka merujuk serial anime dengan sebutan Toaru.

Untuk karakter, latar dan ceritanya juga saling terikat, karena berada di dunia yang sama.

1. A Certain Magical Index

a certain magical index

Premis Cerita

Seri pertama dari franchise Index yang perlu kita bicarakan adalah yang memulai semuanya: A Certain Magical Index.

Serial ini mengikuti Kamijou Touma, seorang siswa di Academy City yang berteknologi maju. Dunianya terbalik setelah pertemuan kebetulan dengan seorang biarawati bernama Index. Sejak saat itu, dia menemukan dirinya ditarik ke dalam jaringan yang lebih gelap dari pengguna sihir dan paranormal.

Dan itulah fokus utama untuk seri Index. Touma dan Index menemukan diri mereka di tengah perebutan kekuasaan antara berbagai faksi yang menggunakan sihir.

Karakter

Kamijou Touma

Meskipun dia percaya dirinya sebagai orang paling sial di dunia dan menduduki peringkat Esper Level 0 (seseorang yang menunjukkan sedikit kekuatan apa pun), dia sebenarnya memiliki kemampuan yang sangat unik yang memungkinkan dia untuk meniadakan kekuatan psikis atau sihir. Ini juga alasan kenapa keberuntungannya hilang. Kamijou tak mementingkan diri sendiri dan berani untuk menghadapi lawan yang jauh lebih kuat darinya.

Index

Seorang biarawati muda yang menyimpan 103.000 grimoire di benaknya, mungkin berkat ingatan fotografisnya. Ini juga memungkinkan dia untuk dengan mudah mengidentifikasi jenis sihir tertentu dan tanpa sadar melemparkan serangan sihir yang kuat. Dia biasanya tenang dan sopan, tapi saat berada di sekitar Touma, dia cepat untuk berasumsi dan kadang-kadang bertindak kekanak-kanakan.

Stiyl Magnus

Antagonis pertama yang Touma temui, dan mantan teman Index. Dia ahli dalam sihir api dan rune. Penampilan, sikap, dan kegemaran merokoknya membuatnya tampak lebih tua dari kelihatannya.

Kanzaki Kaori

Seorang teman Stiyl Magnus dan Index. Kanzaki memiliki kemampuan manusia super alami di atas sihir yang sangat kuat. Meskipun dia sangat dingin dan serius ketika dia pertama kali diperkenalkan, dia mulai menunjukkan sisi yang lebih lembut seiring berjalannya seri.

Aleister Crowley

Pendiri dan penguasa Academy City yang bekerja untuk menyabotase orang-orang di sisi sihir. Dia tetap berada di latar belakang dan menjalankan rencana besar yang memengaruhi karakter lain.

2. A Certain Scientific Railgun

a certain scientific railgun

Premis Cerita

A Certain Scientific Railgun adalah manga spin-off pertama dan mengikuti Misaka Mikoto, esper level 5 yang juga dikenal sebagai ‘Railgun’, dalam petualangannya sendiri, terpisah dari keterlibatannya dalam seri Index. Ceritanya lebih berfokus pada sisi Esper dan terjadi sebelum dan selama peristiwa Index.

Ini juga satu-satunya seri yang sejauh ini memiliki arc filler di dalamnya. Baik Railgun dan Railgun S (musim kedua) memiliki arc filler, sedangkan Railgun T sejauh ini hanya mengadaptasi cerita kanon.

Karakter

Misaka Mikoto

Karakter utama dalam seri Index, dan protagonis tituler untuk seri Railgun. Statusnya sebagai esper elektromaster level 5 adalah alasan yang cukup untuk mendapatkan perhatian, tetapi dia mengetahui bahwa peristiwa dari masa lalunya punya dampak yang besar.

Shirai Kuroko

Salah satu protagonis di Railgun, dan sahabat serta teman sekamar Misaka Mikoto. Dia adalah Esper level 4 dengan kemampuan untuk memindahkan dirinya sendiri dan objek lain. Dia bekerja dengan Uiharu di Judgment, komite disiplin yang dipimpin siswa di Academy City.

Uiharu Kazari

Karakter pendukung dan esper level 1. Dia bekerja bersama Shirai Kuroko di Judgment. Meskipun dia bukan tipe bertarung, dia mendukung Judgment dengan keterampilan komputernya yang luar biasa.

Saten Ruiko

Salah satu karakter pendukung dan esper level 0. Dia berteman dengan Uiharu dan bertemu dengan karakter lain. Meski tak berbakat dalam hal kekuatan, dia melakukan apa pun yang dia bisa untuk membantu mereka yang membutuhkan.

3. A Certain Scientific Accelerator

a certain scientific accelerator

Premis Cerita

Spin-off terakhir adalah A Certain Scientific Accelerator. Ini mengikuti karakter yang hanya dikenal sebagai ‘Accelerator’ dan petualangannya sendiri yang terpisah dari seri Index.

Seperti Railgun, ini lebih berfokus pada Esper di Academy City. Serial ini terjadi setelah musim pertama Index dan selama tujuh episode Index II.

Karakter

Accelerator

Peringkat teratas esper Level 5. Dia awalnya diperkenalkan sebagai antagonis dalam seri Index dan Railgun, tetapi berkembang menjadi protagonis setelahnya serta protagonis tituler di Accelerator. Kadang-kadang dia bisa tampak sangat sadis dan tegar, terutama saat melawan musuh yang kuat.

Last Order

Dia paling menonjol di antara para suster karena berusia sepuluh tahun, sementara yang lain seusia dengan Misaka. Dia merawat Accelerator, memaafkannya tindakan masa lalunya dan memungkinkan dia untuk memaafkan dirinya sendiri.

Urutan Menonton Serial Toaru

Saya telah melihat orang-orang memberikan rekomendasi urutan tontonan yang menyatukan episode-episode dari seri yang berbeda. Secara pribadi, saya pikir itu terlalu rumit, dan sebagai gantinya, saya akan merekomendasikan dua urutan yang terkenal.

Urutan Berdasarkan Rilis

Urutan paling tepat tentu saja mengikuti rilisnya:

  • A Certain Magical Index
  • A Certain Scientific Railgun
  • A Certain Magical Index II
  • A Certain Scientific Railgun S
  • A Certain Magical Index: The Movie – The Miracle of Endymion
  • A Certain Scientific Accelerator
  • A Certain Magical Index III
  • A Certain Scientific Railgun T

Urutan Berdasarkan Railgun

Agak susah untuk mengurutkan secara kronologis, dan akan bikin ribet ketika akan menonton. Namun, ini mungkin cara alternatif agar bisa menonton secara kronologis, yang diurut per musim.

  • A Certain Scientific Railgun
  • A Certain Scientific Railgun S
  • A Certain Magical Index
  • A Certain Magical Index II
  • A Certain Scientific Accelerator
  • A Certain Magical Index: The Movie – The Miracle of Endymion
  • A Certain Scientific Railgun T
  • A Certain Magical Index III

Saya berpendapat bahwa ini adalah urutan menonton yang cukup dapat diterima. Berkat sebagian besar cerita tersendiri dalam Railgun dan Accelerator, seharusnya tidak merusak apa pun dari cerita induknya. Urutan kronologis yang nyata akan menyatukan semua episode, jadi ini jauh lebih mudah bagi pendatang baru.

Di Mana Menonton Serial Anime Toaru?

Serial Toaru sekarang bisa ditonton secara legal dan gratis lewat Bilibili. Untuk alternatif nonton gratisan dan tetap legal bisa juga di YouTube Muse Indonesia, meski hanya judul A Certain Scientific Railgun.

*

Semoga tulisan ini bisa membantu bagi yang ingin menikmati serial yang luar biasa ini. Lihat informasi lebih lanjut tentang cara menonton serial anime lainnya di blog ini, seperti Panduan Urutan Monogatari dan Panduan Urutan Fate Series, dan semoga bisa menemukan serial anime hebat lainnya untuk mengisi kekosongan dalam hidup ini.

4 pemikiran pada “Urutan Nonton Toaru Series: A Certain Magical Index, Scientific Railgun & Accelerator”

  1. bang kalo kita cuma nonton toaru majutsu no index 1,2,3 sama movie nya doang itu ngaruh ke cerita ga? apa cuma itu aja gapapa?

    Balas
    • Bisa aja sih kalau cuma mau nonton Index doang, udah ngecover garis besar ceritanya itu. Tapi justru kalau saya lebih suka pas nonton Railgun, apalagi sama MC Misaka yg lebih memikat hihi.

      Balas

Tinggalkan komentar