10 Anime Terbaik dari Toei Animation

Toei Animation setua sejarah anime itu sendiri, menjadi penggerak industri ini sejak tahun 1960-an, dari akarnya Nihon Doga Eiga (Japan Animated Films) pada tahun 1948.

Bertanggung jawab atas serial klasik dan berpengaruh, Toei Animation adalah salah satu studio animasi terbaik yang membawa anime ke khalayak ramai dan membentuk seperti sekarang ini.

Maskot studio anime adalah kucing Pero, karakter dari film adaptasi perusahaan tahun 1969, Puss in Boots.

Nah, berikut anime dari Toei Animation. Untuk menjaga variasi dalam daftar, satu judul hanya muncul sekali dan mewakili franchise keseluruhan.

1. Dragon Ball

Dragon Ball anime toei animation
  • Tayang: 1986-1996
  • Episode: 153 (Dragon Ball), 291 (Dragon Ball Z)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy

Dragon Ball dapat dimengerti sebagai salah satu kesuksesan terbesar Toei Animation. Berkontribusi pada berbagai sekuel, film, video game, dan beragam merchandise di luar imajinasi.

Serial ini adalah salah satu franchise anime paling berpengaruh sepanjang masa, dengan karakter seperti Son Goku yang mendefinisikan apa artinya menjadi jagoan yang dapat dinikmati oleh anak-anak di seluruh dunia.

2. Fist of the North Star

fist of the north star anime toei animation
  • Tayang: 1984-1988
  • Episode: 109 (Season 1), 43 (Season 2)
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi

Fist of the North Star adalah upaya awal Toei Animation untuk menggabungkan seni bela diri dalam suasana pasca-apokaliptik.

Dunia telah dihancurkan oleh perang nuklir dan hanya sedikit yang selamat. Muncul Kenshiro, penerus ilmu “Hokuto Shinken”, suatu bentuk seni bela diri mematikan yang menyerang lawan dari dalam. Hal ini menyebabkan banyak penjahat meledak dengan cara yang paling kejam.

Seiring berjalannya cerita, Kenshiro merasa semakin sulit untuk hidup dalam damai seperti yang dia inginkan, karena saingan utamanya, Raoh yang haus kekuasaan, kebetulan adalah saudara seperguruan yang juga belajar Hokuto Shinken.

3. Saint Seiya

Saint Seiya anime jadul toei animation
  • Tayang: 1986-1989, 2002
  • Episode: 114, 13 (Arc Hades)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Sci-Fi

Seperti Dragon Ball, Saint Saeiya adalah anime ikonik dari Toei Animation sekaligus nenek moyang dari beragam serial shonen hari ini.

Para Dewa berlomba-lomba ingin menyapu bersih alam dunia dan seisinya, siapa lagi kalau bukan umat manusia. Jadi tugas Athena dan ksatria zodiaknya untuk memastikan itu tak terjadi.

Para dewa berasal dari mitologi Yunani, sehingga bakal ada Poseidon dan Hades yang keren untuk muncul di beberapa titik.

Baca juga: 10 Serial Anime 1980-an Terbaik

4. Sailor Moon

sailor moon anime magical girl toei animation
  • Tayang: 1992-1996
  • Episode: 46 (Season 1), 43 (Season 2), 38 (Season 3), 39 (Season 4), 34 (Season 5)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Mahou Shoujo, Romance

Sulit untuk memikirkan anime magical girl yang lebih ikonik daripada Sailor Moon. Toei Animation terlibat dalam beberapa judul dari serial shojo yang sangat sukses ini

Usagi tidak diragukan lagi adalah salah satu protagonis cewek anime paling ikonik sepanjang masa. Perjalanannya sebagai seorang siswi di siang hari dan menjadi heroine di malam hari penuh dengan drama yang menyenangkan.

Perlu dicatat bahwa karakternya digambarkan secara berbeda tergantung pada versi mana yang ditonton, atau jika membaca manga.

Baca juga: Urutan Nonton Sailor Moon

5. Slam Dunk

Slam Dunk anime sport toei animation
  • Tayang: 1993
  • Episode: 101
  • Genre: Comedy, Drama, Slice of Life, Sport

Ini dia salah satu anime terbaik sepanjang masa dengan rating tinggi sepanjang masa dari Toei Animation, dan dapat dimengerti alasannya.

Berdasarkan manga dengan judul yang sama, Slam Dunk mengikuti siswa sekolah menengah yang bandel Hanamichi Sakuragi yang menjadi bintang bola basket.

Sakuragi bergabung dengan klub bola basket dan segera mengetahui bahwa ada lebih banyak hal daripada sekadar mencoba untuk mengesankan Haruko Akagi, cewek yang ditaksirnya.

Pertumbuhannya dari tahun pertama yang sangat kekanak-kanakan menjadi atlet pro sangat memikat untuk diikuti.

Mengambil genre anime olahraga, Slam Dunk begitu seimbang antara komedi dengan adegan intens.

6. Yu-Gi-Oh!

Yu-Gi-Oh! anime toei animation
  • Tayang: 1998
  • Episode: 24
  • Genre: Action, Comedy, Fantasy

Toei Animation memang tak memproduksi setiap judul Yu-Gi-Oh!, hanya musim pertama dan film. Tetap saja, ini adalah salah satu anime 1990-an yang paling dikenal.

Setting dan plot terasa berbeda di versi ini. Yami Yugi akan lebih sering melakukan Penalty Games di lingkungan sekolah.

Agak aneh untuk menonton bagi mereka yang lebih terbiasa dengan sekuel yang lebih terkenal, terutama karena ada beberapa karakter eksklusif dalam versi anime ini.

7. One Piece

one piece straw hat crew
  • Tayang: 1999-sekarang
  • Episode: 1000+
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy

Tidak mungkin membuat daftar tentang Toei Animation, atau “anime terbaik yang pernah ada”, tanpa memasukkan saga modern One Piece.

Epik yang sudah berlayar lebih dari 1000 episode ini berpusat di sekitar Monkey D. Luffy dan gengnya, Bajak Laut Topi Jerami.

Serial ini mulai ditayangkan pada 1999 dan sejak itu mendapat pujian kritis, muncul beberapa film spin-off, dan berbagai judul video game, sambil terus menayangkan episode baru untuk kesenangan penggemar lama dan baru.

Mengikuti mode tradisional penceritaan ala judul shonen lainnya di masa lalu dan sekarang, One Piece mampu menggabungkan elemen komedi acak dan aksi serius dengan mulus.

Bukan hanya membuat fandom terhibur tetapi juga akan memengaruhi anime selama beberapa dekade mendatang.

Baca juga: Panduan Nonton One Piece: Urutan Cerita dan Episode Filler

8. Lovely★Complex

lovely complex anime toei animation
  • Tayang: 2007
  • Episode: 24
  • Genre: Comedy, Romance, Shoujo, Slice of Life

Berlangsung hanya semusim, ini adalah anime paling ringan dalam daftar ini, dan merupakan contoh utama dari kemampuan Toei Animation untuk mengembangkan tontonan di seluruh spektrum medium.

Apa yang bakal kamu dapatkan ketika seorang gadis remaja jangkung berteman kemudian jatuh cinta pada seorang remaja laki-laki pendek? Lovely★Complex, atau penggemar menyebutnya Love Com, adalah kisah Risa Koizumi dan Atsushi Otani di komedi romantis sekolah menengah.

Dipuja oleh penggemar anime sebagai contoh yang bagus dari genre romcom, Lovely★Complex menggambarkan luasnya emosi remaja, sambil menempatkan karakter yang berkembang dengan baik dalam skenario penuh tawa.

9. Mononoke

Mononoke anime toei animation
  • Tayang: 2007
  • Episode: 12
  • Genre: Fantasy, Horror, Mystery, Psychological, Supernatural

Mononoke adalah anime Toei Animation paling eksperimental di daftar ini.

Sebagai karya fiksi sejarah, Mononoke mengikuti perjalanan seorang penjual obat yang menggunakan pedang selama masa di Jepang ketika samurai di mana satu-satunya kelas yang diizinkan secara hukum untuk membawa senjata semacam itu.

Cukup dikenal sebagai “penjual obat”, karakter ini mengembara di Jepang, mengusir roh jahat yang melekatkan diri pada perasaan dan suasana negatif.

Memanfaatkan pedangnya, penjual obat hanya mampu mengusir iblis dengan mengenali bentuk, kebenaran, dan alasannya masing-masing.

Apa yang paling membuat Mononoke menyenangkan untuk ditonton adalah dari segi art style, karena melampaui media di luar batas animasi normal ke kelas yang lebih tinggi, sekaligus memberikan pengalaman visual supernaturalnya sendiri.

10. World Trigger

World Trigger anime toei animation
  • Tayang: 2014-2016, 2021, 2022
  • Episode: 73 (Season 1), 21 (Season 2), 14 (Season 3)
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi, Supernatural

Toei Animation memang tampaknya fokus terus mengeksploitasi judul-judul franchise yang sudah lama tayang dan terus menjual. World Trigger bisa jadi adalah anak baru yang mungkin akan mengikuti jejak para pendahulunya tadi.

Suatu hari, gerbang ke dunia lain tiba-tiba terbuka di Kota Mikado. Alien tak mempan oleh senjata-senjata Bumi yang ada, mulai berdatangan.

Satu-satunya garis pertahanan bumi adalah kelompok misterius yang disebut “Border” yang dipersenjatai dengan alat yang disebut “Trigger”.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *