Urutan Nonton Anime Tokyo Ghoul, Awas Jadi Wibu Psikopat!

Tokyo Ghoul adalah serial fantasi gelap karya Sui Ishida. Setelah mendapatkan kesuksesan, manga shounen ini diadaptasi menjadi anime oleh Studio Pierrot.

Gambaran mengerikan dari ghoul pemakan daging manusia, perasaan ketidakpastian dan keputusasaan yang terus-menerus, bersama dengan jeritan para korban, Tokyo Ghoul mungkin akan bikin merasa mual jika kamu tidak terbiasa dengan genre gore.

Saya sebenarnya sangat merekomendasikan untuk membaca seri manganya, dan waktu kamu akan sangat berharga. Lewat tulisan ini, saya berharap dapat membantu semua penggemar anime yang bingung tentang cara menonton Tokyo Ghoul.

Cerita dan Latar Anime Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul berlatar dalam realitas alternatif ketika ghoul, makhluk yang terlihat seperti manusia normal tetapi hanya bisa bertahan hidup dengan memakan daging manusia.

Para ghoul hidup di antara populasi manusia dalam kerahasiaan, menyembunyikan sifat asli mereka untuk menghindari pengejaran dari pihak berwenang.

Ghoul memiliki kekuatan termasuk peningkatan kekuatan dan kemampuan regeneratif. Ghoul biasa menghasilkan energi kinetik 4-7 kali lebih banyak di otot mereka daripada manusia normal; mereka juga memiliki beberapa kali sel RC, sel yang mengalir seperti darah dan dapat menjadi padat seketika.

Kulit ghoul tahan terhadap senjata penusuk biasa, dan ia memiliki setidaknya satu organ pemangsa khusus yang disebut kagune, yang dapat diwujudkan dan digunakan sebagai senjata selama pertempuran.

Ciri khas lain dari ghoul adalah ketika mereka bersemangat atau lapar, warna sklera mereka di kedua mata menjadi hitam dan iris mereka menjadi merah. Mutasi ini dikenal sebagai kakugan.

Baca juga: Rekomendasi 10 Anime Mirip Tokyo Ghoul

Urutan Rilis Anime Tokyo Ghoul

1. Tokyo Ghoul (2014)

Tokyo Ghoul (2014)
Episode12
TayangSummer 2014

Peringkat: 3.5 dari 5.

Kisah horor dan fantasi gelap yang menegangkan berlatar di Tokyo, yang dihantui oleh “ghoul” misterius yang melahap manusia.

Orang-orang dicekam oleh ketakutan akan para ghoul ini yang identitasnya diselubungi misteri. Seorang mahasiswa biasa bernama Kaneki bertemu Rize, seorang gadis yang gemar membaca seperti dia, di kafe yang sering dia kunjungi.

Dia tidak menyadari bahwa nasibnya akan berubah dalam semalam.

2. Tokyo Ghoul: “Jack” (2015)

Tokyo Ghoul: “Jack” (2015)
Episode1
TayangWinter 2015

Peringkat: 3 dari 5.

Cerita sekuel yang mengikuti bagaimana penyelidik Arima dan penyelidik Ward 7 yang berbakat Taishi Fura pertama kali bertemu.

3. Tokyo Ghoul: “Pinto” (2015)

Tokyo Ghoul: “Pinto” (2015)
Episode1
TayangWinter 2015

Peringkat: 3.5 dari 5.

Sebuah prekuel Tokyo Ghoul yang mengikuti bagaimana Shuu Tsukiyama dan Chie Hori bertemu.

4. Tokyo Ghoul √A (2015)

Tokyo Ghoul √A (2015)
Episode12
TayangWinter 2015

Peringkat: 3 dari 5.

Para Ghoul dari Anteiku menyerbu markas Aogiri untuk menyelamatkan Ken Kaneki yang sedang disiksa. Karena provokasi, Kaneki justru jadi bisa melepaskan kekuatan yang lebih besar untuk mengalahkan Yamori.

Untuk menjadi lebih kuat, Kaneki memutuskan untuk bergabung dengan Aogiri dan meninggalkan Anteiku. Penyidik Ghoul juga bergerak dengan mengumpulkan informasi tentang ghoul dengan penutup mata: Ken Kaneki.

5. Tokyo Ghoul: re (2018)

Tokyo Ghoul: re (2018)
Episode12
TayangSpring 2018

Peringkat: 3 dari 5.

Dua tahun telah berlalu sejak serangan CCG di Anteiku. Meski suasana di Tokyo telah berubah secara drastis karena meningkatnya pengaruh CCG, ghoul terus menimbulkan masalah.

Muncul organisasi teroris ghoul Aogiri Tree, yang menyadari ancaman CCG yang semakin besar terhadap keberadaan mereka.

Pembentukan tim khusus, yang dikenal sebagai Pasukan Quinx, dapat memberikan CCG dorongan yang mereka butuhkan untuk memusnahkan penduduk Tokyo yang tidak diinginkan.

Sebagai manusia yang telah menjalani operasi untuk memanfaatkan kemampuan khusus ghoul, mereka berpartisipasi dalam operasi untuk membasmi makhluk berbahaya.

Pemimpin kelompok ini, Haise Sasaki, adalah setengah-ghoul, setengah manusia yang telah dilatih oleh penyelidik kelas khusus yang terkenal, Kishou Arima.

Namun, ada lebih banyak hal pada pemuda ini daripada yang terlihat, karena ingatan yang tidak diketahui mencakar pikirannya, perlahan-lahan mengingatkannya pada orang yang dulu.

6. Tokyo Ghoul: re 2nd Season (2018)

Tokyo Ghoul: re 2nd Season (2018) anime poster
Episode12
TayangFall 2018

Peringkat: 3 dari 5.

Ken Kaneki akhirnya mendapatkan kembali ingatan tentang dirinya yang dulu, tetapi ini sekali lagi membuatnya berada di persimpangan jalan dalam perang antara manusia dan ghoul.

Setelah mengenakan kacamata untuk mencerminkan mentornya Arima, tugas baru Kaneki adalah mengelola interogasi Eto, One-Eyed Owl, setelah dia mengungkapkan sifat ghoul dalam konferensi pers tentang penerbitan buku terbarunya, yang dia klaim akan menjembatani kesenjangan antara dua pihak yang bertikai.

Sekarang dikebumikan di Cochlea, Eto dengan penuh semangat menunggu kebangkitan “One-Eyed King”, tetapi hanya Kaneki yang tampaknya mengerti apa yang sebenarnya dia rencanakan.

Saat Aogiri Tree turun ke fasilitas untuk menyelamatkan pemimpin mereka, Kaneki meminta bantuan salah satu teman lamanya dalam misi rahasia barunya.

Urutan Kronologis Anime Tokyo Ghoul

Sebenarnya tidak direkomendasikan, dan jadinya agak ribet juga buat nontonnya, tapi ini urutan kronologis anime Tokyo Ghoul:

  • Tokyo Ghoul: “Jack”
  • Tokyo Ghoul: “Pinto”
  • Tokyo Ghoul
  • Tokyo Ghoul √A
  • Tokyo Ghoul: re
  • Tokyo Ghoul: re 2nd Season

Dari Mana Memulai Baca Manga Tokyo Ghoul?

Ada fakta yang terkenal bahwa adaptasi anime Tokyo Ghoul tidak sesuai dengan harapan pembaca manga. Meski musim pertama adalah yang paling setia pada manga, tapi kehilangan terlalu banyak detail, dan beberapa karakter tidak disorot.

Secara umum disarankan agar kita membaca manga sejak awal. Karakter lebih disempurnakan, ada penekanan pada elemen non-pertempuran bersama dengan bagian pertempuran.

Tentu saja, artstyle manga Tokyo Ghoul dari Sui Ishida begitu memukau. Jadi membaca manganya langsung adalah pengalaman terbaik. Atau bisa juga menunggu ada adaptasi anime remake nantinya.


Nah, itu tadi panduan nonton anime Tokyo Ghoul.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *