Apakah Blog Masih Relevan di 2023? Ini Cara Menghasilkan Uang Secara Online Paling Efektif!

Tak dapat disangkal kalau internet sangat memengaruhi kehidupan kita dan cara kita berhubungan, baik secara personal atau komersial. Tetapi apakah blog masih relevan? Lagi pula, ada begitu banyak cara lain untuk berbagi informasi dan berhubungan dengan orang-orang secara online.

Jawaban singkatnya: Ya, blog masih relevan, dan bisa menjadi cara yang hebat serta hemat biaya untuk menjangkau audiens yang besar.

Nah, dalam posting blog ini, kita akan melihat kelebihan dan kekurangan dari blogging dan mencari tahu mengapa blog masih merupakan alat dan peluang yang masih bisa terus dieksplorasi.

Tulisan ini juga sekaligus elaborasi atas sharing session komunitas 1minggu1cerita bersama Sosiawan Putra Surbakti, praktisi Public Relation, yang menyoal hubungan antara brand dan blogger. Ada beberapa bahan pikiran dari saya juga.

Jadi, Apakah Blog Masih Relevan?

ji chang wook melting me softly laptop blog

Sulit dipercaya bahwa sudah hampir tiga dekade sejak blog pertama dibuat. Dalam tahun-tahun berikutnya, blogging telah berubah dari hobi khusus menjadi aktivitas arus utama, dengan jutaan pengguna internet di seluruh dunia berbagi pemikiran dan ide mereka secara online.

Saya memulai blog di akhir dekade 2000-an, saat masih SMA. Ketika itu Raditya Dika masih dikenal sebagai penulis yang sukses berkat blog, sementara Pidi Baiq juga masih sering pos cerita di Multiply. Waktu itu banyak yang punya cita-cita menerbitkan buku dengan jalur ngeblog ini, dan saya di antara gerbong ini.

Dengan munculnya media sosial, terutama di awal 2010-an, membuat beberapa orang menyatakan bahwa blogging tidak lagi relevan. Kenyataannya blogging masih sangat hidup dan sehat. Ada lebih banyak blog dari sebelumnya tentang segala hal, mulai dari gaya hidup dan perjalanan hingga politik dan budaya.

Selain itu, banyak blogger telah membangun banyak pembaca setia yang kembali ke situs mereka untuk mendapatkan konten dan wawasan yang menarik.

Jadi meski benar bahwa blogging telah berubah selama bertahun-tahun, ini tetap merupakan alat yang sangat ampuh untuk berbagi suara kamu dengan dunia.

Sebenarnya ada pula yang menulis di blog untuk catatan personal dan sarana melepaskan stres tanpa motif komersial, dan itu sangat mungkin. Bahkan saya berharap bisa menulis lepas lagi, ketimbang menulis karena ini kerja pencari rupiah atau dolar.

Baca juga: Menulis Jurnal Harian Sebagai Antidepresan

Masa Depan Blog

iu laptop korea girl

Menurut Niche Pursuits, dalam beberapa tahun terakhir, blogging tetap menjaga kepopulerannya, dengan jutaan orang di seluruh dunia menggunakan platform ini dan berbagi pengalaman mereka secara online. Namun, beberapa percaya bahwa munculnya media sosial akan menyebabkan kematian blogging.

Meski benar bahwa platform seperti Facebook dan Twitter telah mempermudah berbagi potongan teks pendek, masih banyak alasan untuk percaya bahwa blogging akan terus berkembang sebagai metode pemasaran konten di tahun-tahun mendatang.

  • Blog menawarkan fleksibilitas dan kebebasan yang tak tertandingi oleh media lainnya. Penulis dapat memilih untuk membagikan sebanyak atau sesedikit yang mereka inginkan, dan batasan pada platform media sosial tidak membatasi mereka.
  • Selain itu, blog menyediakan hubungan yang lebih personal antara penulis dan pembaca. Pembaca dapat langsung terlibat dengan penulis melalui komentar dan suka, menciptakan komunitas seputar minat yang sama.
  • Terakhir, blog memungkinkan penulis untuk membangun platform dan menjadikan diri mereka sebagai ahli di bidangnya.

Di zaman di mana setiap orang dapat mempublikasikan pemikiran mereka secara online, menonjol dari keramaian menjadi lebih penting dari sebelumnya. Dengan semua alasan ini, jelas bahwa blogging masih memiliki masa depan yang cerah.

Resep Membuat Blog yang Sukses

laptop working digital

Dalam hal blogging, tidak ada satu formula yang cocok untuk semua kesuksesan. Namun, beberapa jenis blogger cenderung lebih populer dan sukses dibandingkan yang lain.

  • Blog yang berfokus pada satu niche atau sebuah topik khusus, dan menawarkan liputan mendalam tentang topik tersebut. Blog ini biasanya menarik pembaca yang bersemangat mencari informasi dan wawasan baru.
  • Blog yang memberikan perspektif unik tentang peristiwa terkini. Blog-blog ini sering mengambil pandangan lain atau wawasan segar tentang topik yang sudah dikenal. Akibatnya, mereka cenderung menghasilkan banyak buzz dan menarik banyak pembaca.
  • Selanjutnya, blog gaya hidup menawarkan kepada pembaca sekilas tentang kehidupan penulis. Blog ini bisa sangat pribadi dan sering terasa seperti percakapan dengan seorang teman.

Pada akhirnya, mereka yang mendapatkan lalu lintas blog terbanyak dapat menawarkan sesuatu yang unik dan berharga bagi audiens target, dan menarik perhatian mereka.

Salah satu hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa pembaca kamu mungkin memiliki rentang perhatian yang pendek. Karena itu, penting untuk langsung ke intinya dan membuat artikel kamu mudah dibaca sepintas.

Untuk melakukannya, hindari blok teks yang panjang dan pisahkan konten kamu dengan subjudul, daftar, dan gambar. Kamu juga harus menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas di seluruh artikel.

Dengan mengikuti tips ini, kamu akan dapat menarik perhatian pembaca dan memastikan bahwa mereka tetap terlibat dengan konten kamu.

Apakah dengan memberikan informasi yang berguna, menceritakan kisah yang memikat, atau membentuk komunitas yang mendukung, blog yang sukses menawarkan konten berkualitas kepada pembacanya yang tak dapat mereka temukan di tempat lain.

Langkah Memulai dan Membangun Blog

construction worker laptop girl software geoteknik

Jadi, kamu ingin memulai sebuah blog, ya? Apakah kamu ingin berbagi minat kamu dengan dunia atau hanya menyuarakan tentang kesibukan sehari-hari, memulai sebuah blog bisa menjadi cara yang bagus untuk mengeluarkan suara kamu.

Ini merupakan beberapa poin yang penting buat diperhatikan:

1. Konten Unik

Salah satu aspek terpenting dari blog yang sukses adalah memiliki konten yang unik.

Di dunia di mana setiap orang dapat mempublikasikan pemikiran mereka secara online, menonjol dari keramaian adalah hal yang penting.

Ada beberapa cara untuk memastikan konten kamu unik:

  • Temukan suara kamu: Apa yang membuat kamu berbeda dari orang lain? Gunakan itu untuk keuntungan kamu dalam tulisan kamu sebagai pembuat konten.
  • Jadilah otentik: Jangan mencoba menjadi seseorang yang bukan kamu. Pembaca blog dapat melihat yang palsu dari jarak satu mil, jadi tulisan kamu harus asli.
  • Tawarkan perspektif baru: Ambil pandangan kontroversial atau tawarkan pandangan baru tentang topik yang sudah dikenal. Ini akan membantu kamu menghasilkan buzz dan menarik banyak pembaca ke posting blog kamu.

Saat mempertimbangkan strategi pembuatan konten kamu, jika kamu dapat menawarkan sesuatu yang unik dan berharga bagi pembaca kamu, kamu akan berada di jalur yang tepat untuk memiliki blog yang menguntungkan.

Google juga telah membuat aturan soal Low Value Content, yang berarti tulisan asal-asalan apalagi hasil copas, yang tak memberi manfaat, akan dikecualikan oleh mesin pencari.

2. Niche

Aspek penting lain dari blog yang sukses adalah menemukan ceruk. Saat kamu fokus pada topik tertentu, kamu dapat menawarkan liputan mendalam yang dicari oleh pembaca yang bersemangat. Tapi apa yang kita maksud dengan ceruk?

Niche cukup spesifik untuk menawarkan liputan mendalam tetapi tidak terlalu spesifik sehingga tidak ada audiens untuk itu. Jika kamu dapat menemukan media yang menyenangkan, kamu akan segera memiliki blog yang sukses.

kearipan banner

Soal “blog gado-gado” kadang jadi bahan diskusi yang tak pernah berhenti, padahal kalau dipikir-pikir portal media pun segala dibahas. Meski begitu, usahakan ada beberapa fokus utama di mana kita memang betul-betul memahaminya, bahkan bisa dibilang pakar dalam topik tersebut.

Misalnya di blog ini saya juga sering menulis beragam hal, tapi ada beberapa topik yang menjadi sajian utama yaitu subkultur Otaku atau ACG (Animation, Comic, Game) dan teknologi. Dari sini bakal jelas siapa pengunjung utama blog saya, yang kebanyakan memang nerd, geek, wibu dan penggemar anime baru-baru yang makin melimpah berkat kehadiran platform streaming legal.

Tapi saya juga menulis soal kesehatan karena pernah jadi mahasiswa keperawatan (merasa ada tanggung jawab sosial untuk melakukan edukasi kesehatan), lalu kadang menulis soal sastra karena saya juga suka membaca.

Saya juga memiliki blog lain seperti Kopi Bandung dan Anime Poetica yang memiliki niche lebih spesifik dan tertarget.

Baca juga: 12 Rekomendasi Niche Blog yang Potensial dan Menarik Trafik

3. Memenuhi Kebutuhan

working girl eat in front laptop

Aspek penting lain dari blog yang sukses adalah memenuhi kebutuhan. Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

  • Memecahkan masalah: Jika kamu dapat menawarkan solusi untuk masalah pembaca, kamu pasti akan menarik audiens.
  • Isi kekosongan: Jadilah yang pertama membahas topik atau sudut pandang baru. Ini akan membantu kamu menarik perhatian dari pembaca dan media.
  • Jadilah sumber referensi: Menjadi sumber informasi tentang topik spesifik kamu. Misalnya, jika kamu seorang blogger fesyen vintage, tawarkan tip tentang di mana menemukan penawaran terbaik untuk pakaian vintage.
  • Hiburan: Terkadang, orang hanya ingin dihibur. Jika kamu dapat membuat pembaca kamu tertawa atau memberi mereka pelarian dari kehidupan sehari-hari mereka, kamu pasti akan memiliki blog yang sukses.
  • Berikan dukungan: Tawarkan dukungan emosional atau praktis untuk pembaca kamu. Misalnya, jika kamu memulai blog penurunan berat badan, kamu dapat memberikan dukungan moral untuk membantu pembaca tetap pada jalurnya.

Blog kamu akan jauh lebih efektif dan sukses jika kamu berusaha untuk terhubung dengan audiens kamu secara pribadi.

4. Konsistensi

hachimaki japan headband

Blog yang sukses diperbarui secara berkala. Konsistensi adalah kunci dalam blogging, dan pada dasarnya kunci sukses segala hal dalam hidup ini. Pembaca akan cepat kehilangan minat jika mereka tak melihat konten segar secara teratur.

Lalu seberapa sering kamu harus memperbarui blog? Tidak ada aturan keras, tetapi pedoman umum yang baik adalah menargetkan setidaknya 2-3 kali per minggu. Jika kamu dapat berkomitmen, memposting lebih sering lebih bagus.

Tentu saja, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Jadi jangan korbankan kualitas konten kamu demi kuantitas. Lebih baik memposting satu artikel berkualitas tinggi per minggu daripada memposting 4 artikel berkualitas rendah.

5. SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah aspek penting lain dari blog yang sukses. Dengan mengoptimalkan blog kamu untuk mesin pencari, kamu akan bisa mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten dan menarik pembaca baru.

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan blog kamu untuk SEO:

  • Lakukan riset keyword: Gunakan alat penelitian kata kunci untuk mencari tahu apa yang dicari orang. Ini akan membantu kamu menentukan topik apa yang akan ditulis.
  • Gunakan keyword dengan bijak: Setelah kamu tahu kata kunci apa yang akan ditargetkan, gunakan kata kunci di seluruh posting blog kamu, di judul, di badan, dan di bagian tag dan kata kunci.
  • Tautan ke blog lain: Menautkan ke blog atau situs web lain, dan memiliki tautan blog lain ke kamu, akan membantu meningkatkan SEO kamu.

Dengan mengikuti tips ini, kamu akan dapat menarik pembaca baru dan membuat mereka kembali lagi.

Beberapa alat blogging yang luar biasa tersedia untuk membantu kamu dalam perjalanan blogging kamu, sehingga kamu dapat mulai bekerja dan mulai menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan segera.

Baca juga: 14 Plugin SEO Terbaik di WordPress

Cara Agar Blog Menghasilkan

young girl money laptop

Pada hari-hari awal internet, blogging adalah hal yang populer. Orang-orang memulai blog tentang segala hal mulai dari kehidupan sehari-hari hingga hobi favorit mereka, dan banyak orang mampu mengubah hasrat mereka untuk menulis menjadi bisnis yang menguntungkan.

Hari-hari ini, sepertinya ada banyak yang memiliki blog. Namun dengan persaingan yang begitu ketat, apakah masih mungkin menghasilkan uang dari blogging?

Meski mungkin lebih sulit untuk menonjol di lautan blog, masih ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Salah satu caranya adalah dengan fokus pada topik khusus yang tidak dibahas secara luas. Dengan cara ini, kamu dapat membangun pembaca setia yang tertarik dengan apa yang kamu katakan.

Kamu juga dapat menghasilkan uang melalui periklanan dan pemasaran afiliasi. Kamu bisa mendapatkan komisi atas penjualan atau klik dengan bermitra dengan merek dan bisnis yang relevan dengan target pasar kamu. Dan terakhir, jangan lupa bahwa kamu juga bisa menjual produk dan jasa melalui blog kamu.

Salah satu sumber cuan yang dibidik blogger biasanya Google AdSense, meski yang harus diperhatikan tentu saja kamu harus bersiap melawan portal media, dan punya beragam jurus SEO di tengah persiangan keras untuk menarik trafik ini.

Kamu dapat menawarkan layanan konsultasi atau membuat kursus online jika kamu memiliki perspektif atau keahlian yang unik.

Jadi jika kamu berpikir untuk memulai sebuah blog, lakukanlah! Kamu masih bisa menghasilkan uang dari platform ini, tentunya dengan kerja keras dan dedikasi.

Baca juga: 15 Tool SEO Terbaik dari Riset Keyword Sampai Audit Blog

Blog vs Media Sosial

Bagi banyak orang, YouTube, Twitter, Facebook, dan Instagram adalah tempat pertama yang mereka tuju untuk mendapatkan berita, hiburan, dan koneksi.

Tapi apa artinya ini untuk blogging? Apakah blog menjadi tidak relevan, atau hanya berkembang untuk memenuhi kebutuhan lanskap online yang terus berubah?

Blog vs Microblog

traveler girl smile check smartphone

Tidak ada keraguan bahwa media sosial berdampak pada blogging. Pada hari-hari awal internet, blog adalah salah satu dari sedikit cara agar suara kamu didengar. Namun dengan platform seperti Twitter dan Instagram, siapa pun dapat membagikan pemikiran mereka kepada dunia hanya dengan beberapa klik.

Akibatnya, blog harus beradaptasi untuk bertahan hidup. Banyak blogger sekarang menggunakan media sosial untuk mempromosikan pekerjaan mereka dan menjangkau audiens baru dengan membuat grup Facebook di sekitar topik khusus adalah strategi yang bagus.

Sementara beberapa blogger meratapi penurunan dunia blog, yang lain melihatnya sebagai peluang untuk bereksperimen dan menemukan cara baru untuk terhubung dengan pembaca.

Bagi sebagian orang, media sosial akan selalu menjadi sumber informasi dan koneksi mereka. Namun bagi yang lain, blog akan selalu menawarkan cara yang lebih pribadi dan intim untuk terlibat dengan dunia.

Jadi, apakah media sosial lebih relevan daripada blogging? Itu tergantung pada bagaimana kamu melihatnya.

Saya sendiri memilih akun media sosial cuma sebagai tempat berbagi bersama teman dekat dan mencari hiburan receh, tak dibuat profesional. Sesekali posting kalau ada pos baru di blog, meski suka-suka tak dilakukan secara profesional.

Blog vs Vlog

sony alpha 7 mark iii kamera full frame mirrorless

Ini adalah pertanyaan umum di era digital: haruskah kamu memulai blog atau saluran YouTube? Jawabannya, tentu saja, tergantung pada tujuan dan sasaran kamu.

Sebuah blog mungkin menjadi pilihan yang lebih baik jika kamu bersemangat tentang topik tertentu dan ingin membangun komunitas di sekitarnya. Kamu akan memiliki kontrol lebih atas konten dan dapat membentuk hubungan yang lebih dalam dengan pembaca kamu.

Di sisi lain, jika kamu ingin menjangkau khalayak luas dengan pesan kamu dan nyaman membuat konten video YouTube, maka memulai saluran YouTube bisa menjadi cara yang tepat. Dengan miliaran pengguna aktif, tidak ada kekurangan pemirsa potensial untuk konten video kamu.

Konten visual semakin populer, jadi jika kamu kreatif dan memiliki sesuatu yang unik untuk dibagikan, YouTube bisa menjadi platform yang tepat untuk kamu.

Namun, seperti platform media sosial lainnya, sangat penting untuk diingat bahwa kamu secara penuh tak memiliki konten kamu, atau akses ke audiens. Artinya, jika platform tersebut menghilang besok, atau jika akun kamu dinonaktifkan karena pelanggaran ketentuan, kamu akan kehilangan segalanya. Semua kerja keras kamu akan hilang.

Jadi, penting untuk mempertimbangkan apakah kamu merasa nyaman dengan risiko tersebut sebelum menginvestasikan terlalu banyak waktu dan energi ke dalam satu platform.

Di mana pun kamu menerbitkan konten, buat salinan cadangan karya kamu. Dengan begitu, bahkan jika yang terburuk terjadi, kamu masih memiliki konten untuk digunakan kembali.

Ada alternatif lain, kamu bisa mengubah tulisan di blog jadi format video, misalnya jadi semacam video essay. Saya sudah lama merencanakan ini, meski belum gerak-gerak.

Pada akhirnya, memulai blog atau saluran YouTube mengarah pada apa yang ingin kamu capai. Tapi rute mana pun yang kamu pilih, ingatlah untuk bersenang-senang dan menjadi kreatif!


japan girl ganbatte

Pada akhirnya, blogging masih relevan! Meski platform telah berkembang selama bertahun-tahun, itu tetap menjadi cara populer untuk berbagi informasi dan terhubung.

Dengan hadirnya beragam isu di tahun 2023 ini seperti resesi dan wacana artificial intelligence semisal ChatGPT, tentunya ada peluang serta tantangan baru yang menanti.

Jika kamu bekerja keras, kamu dapat mengubah blog kamu menjadi bisnis kecil penuh waktu. Dan dengan sedikit keberuntungan dan dedikasi, kamu bisa segera menjadi blogger yang sangat sukses.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar blog, jangan lupa ikuti di Google News, ya!

Tinggalkan komentar