7 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Terbaik 2024

Sedang mencari aplikasi cek grammar Bahasa Inggris terbaik untuk memeriksa tulisan kamu?

Meski ada lebih dari ratusan alat semacam itu yang tersedia secara online, sangat penting terutama bagi peneliti untuk menggunakan alat pemeriksa tata bahasa terbaik untuk menguji bahasa Inggris dalam tulisan ilmiah.

Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat fitur dan spesifikasi dari beragam aplikasi cek grammar dan alat peningkatan bahasa paling populer yang tersedia secara online, lengkap dengan cara menggunakannya untuk meningkatkan kualitas manuskrip kamu.

Rekomendasi Aplikasi Cek Grammar Terbaik

Nah, berikut ini saya akan membahas beragam alat peningkatan bahasa terbaik untuk penulisan akademik dan teknis untuk penulis:

1. Grammarly

Grammarly aplikasi cek grammar bahasa inggris

Grammarly adalah aplikasi cek grammar Bahasa Inggris online populer yang dapat digunakan dengan browser Google Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge.

Alat ini digunakan untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan ejaan. Terdapat indikator di pojok kanan bawah area penulisan, saat mengklik indikator tersebut akan menampilkan jumlah kesalahan dan saran.

Satu kelemahan Grammarly adalah kamu harus beralih ke editor teks untuk pemeriksaan.

Selain itu, Grammarly dapat ditingkatkan ke versi berbayar, Grammarly Premium, yaitu layanan yang mendeteksi plagiarisme dan memberikan saran kutipan. Versi gratis Grammarly hanya memberi kamu akses ke fitur-fitur dasar.

2. Hemingway Editor

Hemingway editor aplikasi cek grammar bahasa inggris

Hemingway tersedia sebagai editor teks berbasis web. Kamu dapat menggunakan editor berbasis web gratis untuk memeriksa artikel kamu untuk kesalahan keterbacaan, tata bahasa, dan ejaan.

Kamu dapat menganggap Hemingway sebagai pemeriksa gaya, bukan hanya pemeriksa tata bahasa. Ini karena ini adalah alat yang membantu kamu meningkatkan keterbacaan dengan menampilkan skor keterbacaan teks kamu dan menyarankan perbaikan.

Hemingway tersedia melalui aplikasi desktop berbayar untuk Windows dan Mac dan dapat dipublikasikan langsung dari WordPress.

Baca juga: 14 Plugin SEO Terbaik di WordPress

3. Ginger

Ginger aplikasi cek grammar

Ginger adalah aplikasi cek grammar Bahasa Inggris online lainnya yang berguna untuk meningkatkan keterampilan menulis kamu. Itu dapat digunakan on-board di browser dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Selain itu, ini menampilkan ikon kecil di pojok kanan bawah editor posting WordPress, area penulisan, termasuk Gmail, Facebook, dan lainnya. Ini menyoroti kesalahan yang terdeteksi saat kamu mengetik. Ini membantu dalam melacak mereka dengan mudah.

Namun, Ginger memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah kebutuhan untuk beralih dari WordPress ke editor teks. Kerepotan karena harus memulai editor Ginger secara terpisah dengan mengklik ikon untuk pemeriksaan yang lebih baik memakan waktu.

4. After the Deadline

After the Deadline aplikasi cek grammar bahasa inggris

After the Deadline adalah aplikasi cek grammar Bahasa Inggris open source.

Untuk memeriksa tulisan dengan cepat secara gratis, kamu dapat menyalin dan menempelkannya ke antarmuka di polishmywriting.com. Alat ini memberikan masukan tentang kesalahan ejaan dan memberikan saran tata bahasa dan gaya, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

After the Deadline juga tersedia sebagai plugin untuk aplikasi web yang didukung, terutama WordPress.

Kelebihan Setelah Batas Waktu. Gratis untuk penggunaan pribadi.
Bahasa Inggris bukan satu-satunya pilihan: pemeriksa kesalahan ejaan juga tersedia dalam bahasa Prancis, Jerman, Portugis, dan Spanyol.

Kamu dapat menginstalnya sebagai plugin WordPress untuk pemeriksaan tata bahasa langsung di situs kamu.

Ini memiliki fitur terbatas dibandingkan dengan alat koreksi tata bahasa lainnya.
kamu harus mengklik setiap kesalahan untuk melihat apa yang salah, lalu memilih perbaikan yang disarankan dari kotak drop-down.

Ini adalah alat tata bahasa yang sangat mendasar; itu melewatkan kesalahan ejaan kontekstual dan kesalahan tkamu baca dalam sampel 200 kata.

Jika kamu seorang blogger yang membuat postingan langsung di WordPress, pemeriksa tata bahasa gratis ini dapat mengurangi potensi kesalahan.

Kode open-source tersedia untuk digunakan developer dalam aplikasi.

5. Trinka AI

Trinka AI

Trinka AI adalah alat peningkatan tata bahasa dan bahasa pertama di dunia yang dirancang untuk menulis makalah akademik dan teknis. Aplikasi dibuat dengan maksud untuk meningkatkan manuskrip untuk penggunaan bahasa Inggris akademik dan kosakata teknis dan membuatnya siap untuk publikasi.

Selain itu, aplikasi ini menonjol dengan bekerja sama dengan penulis dan memastikan peningkatan bahasa holistik di luar pemeriksaan tata bahasa dan ejaan. Itu mengikuti panduan gaya akademik sambil menyarankan koreksi dalam naskah kamu.

Selain itu, ia memiliki fitur yang dibuat khusus seperti mempertahankan nada akademik, menyediakan bahasa yang tidak bias, kejelasan konsep, struktur kalimat, pilihan kata alternatif. Ini memberikan penjelasan rinci mengapa koreksi disarankan.

Selain itu, ini membantu peneliti dalam mengurangi jumlah kata dengan menyarankan alternatif tanpa mengubah konteks masalah. Lebih penting lagi, ini memungkinkan kamu untuk memilih antara gaya AS dan Inggris agar mudah diakses oleh peneliti di seluruh dunia.

Dikembangkan oleh tim ahli bahasa, insinyur, dan ilmuwan data, ini berfungsi sebagai asisten penulisan untuk mendukung semua jenis orang dalam semua jenis komunikasi, mulai dari akademik hingga percakapan sehari-hari.

Baca juga: 12 Aplikasi Editor Foto dengan Fitur Artificial Intelligence

6. ProWriting Aid

ProWriting Aid aplikasi cek grammar bahasa inggris

ProWriting Aid adalah editor penulisan dan pemeriksa tata bahasa premium yang dirancang khusus untuk blogger sains, penulis konten, dll. Alat ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan tata bahasa dan linguistik dengan cara otomatis.

Saat ini, alat ini berfungsi di Windows dan Mac, dan juga kompatibel dengan perangkat lunak penulisan seperti Google Docs dan Scrivener. Seperti disebutkan sebelumnya, ProWriting Aid dapat digunakan untuk berbagai tujuan penulisan, tetapi ini adalah bidang penulisan fiksi yang benar-benar bersinar.

7. Typely

typely aplikasi cek grammar bahasa inggris online

Typely adalah aplikasi cek grammar Bahasa Inggris gratis yang tidak memerlukan pendaftaran.

Alat online yang mudah digunakan dan menyediakan kemampuan untuk melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan secara efektif untuk membantu kamu menulis secara profesional.

Typely menyediakan fungsi pembuatan laporan. Selain itu, alat ini menyediakan layanan untuk pemeriksaan bahasa sederhana melalui desain fungsional.

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Cek Grammar

freelance laptop working cafe browser anonim

Tulisan akademik merupakan dasar penyebaran ilmu pengetahuan, maka sangat penting bagi peneliti untuk merumuskan tulisan akademik yang benar secara gramatikal. Untuk membuat proses ini lebih mudah, lebih cepat, dan bebas dari kesalahan, tersedia beberapa aplikasi cek grammar Bahasa Inggris online berbasis AI.

Sebagian besar tulisan akademik bersifat objektif, akurat, dan terstruktur. Tulisan ini juga menggunakan nada formal. Oleh karena itu, menggunakan alat pemeriksa tata bahasa online untuk menilai tata bahasa dan ejaan kamu untuk diserahkan ke jurnal akademik, memudahkan untuk memenuhi persyaratan khusus untuk publikasi akhir.

Oleh karena itu, ada kebutuhan yang meningkat untuk alat inspeksi yang membantu menegakkan persyaratan seperti bahasa yang tepat dan tata bahasa yang lebih baik untuk setiap bidang studi, serta panduan gaya jurnal akademik dan batasan jumlah kata.

Selain itu, aplikasi cek grammar online harus memberikan bantuan yang akurat untuk penulisan akademik bahasa Inggris, terminologi teknis, ekspresi ilmiah, dan kesiapan publikasi.


Nah itu tadi beragam aplikasi cek grammar Bahasa Inggris yang bisa kamu coba.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *