7 Aplikasi Investasi Buat Pemula yang Aman dan Cuan, Terdaftar di OJK

Di era teknologi serba canggih seperti sekarang ini, investor bisa lebih mudah untuk melakukan investasi. Dengan beragam aplikasi investasi yang sangat ramah untuk pemula.

Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone, prosedur registrasi yang enggak ribet dan bisa memulai investasi dengan mudah.

DISCLAIMER: Selalu gunakan uang dingin buat investasi, jangan dari hasil hutang, dan selalu riset lebih jauh aset yang kamu ingin jadikan investasi.

Nah kalau ada uang nganggur, simak 7 aplikasi investasi yang aman, mudah, bisa diunduh melalui Google Playstore atau AppStore dan pastinya legal secara hukum:

1. Bibit

aplikasi investasi reksadana bibit

Bibit adalah aplikasi investasi telah diawasi OJK yang menyediakan pilihan reksadana. Aplikasi ini diterbitkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama.

Agar tidak bingung, investasi reksadana berbeda dengan investasi saham. Reksadana bisa digunakan untuk investor pemula yang baru ingin mencoba dengan modal yang minim.

Karena lewat reksadana, kamu bisa investasi dengan minimal 10 ribu sampai 100 ribu di aplikasi Bibit ini. Nah, dana investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi atau MI yang berpengalaman.

Di aplikasi investasi Bibit ini kamu akan menemukan banyak jenis reksadana seperti reksadana pasar uang, reksadana saham, obligasi dan juga reksadana syariah.

Jika masih bingung, kamu bisa memanfaatkan fitur AI yaitu Robo Advisor untuk memberikan rekomendasi dari pola investasi berdasarkan penghasilan, level resiko, dan tujuan investasi.

2. Bareksa

aplikasi investasi bareksa

Bareksa merupakan aplikasi investasi reksadana yang juga dilengkapi dengan fitur Robo Advisor. Selain reksadana, Bareksa juga menyediakan investasi obligasi.

Melalui aplikasi investasi Bareksa, kamu bisa melakukan simulasi pergerakan dana dan memperkirakan untung rugi yang akan didapat.

3. IPOT

aplikasi saham ipot indopremier

Selanjutnya ada aplikasi IPOT yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi investasi saham, reksadana dan ETF.

IPOT adalah aplikasi milik PT Indo Premier Sekuritas yang pastinya sudah terdaftar OJK.

Aplikasi IPOT dilengkapi dengan fitur Robot Trading yang bisa menjalankan instruksi pembelian dan penjualan dengan harga saham yang Kamu inginkan.

4. Stockbit

aplikasi investasi saham Stockbit

Aplikasi investasi Stockbit selain menyediakan wadah untuk interaksi jual beli saham juga dilengkapi dengan fitur komunitas.

Di sini, kamu bisa melakukan diskusi bersama para trader lainnya mengenai investasi saham.

5. Ajaib

ajaib aplikasi investasi online legal

Ajaib adalah aplikasi investasi saham yang dinaungi oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia.

Aplikasi investasi ini menyediakan banyak pilihan saham dan reksadana.

Aplikasi Ajaib adalah salah satu rekomendasi aplikasi investasi saham yang ramah bagi pemula. Karena tampilan interfacenya yang mudah dipahami.

6. Pluang

aplikasi Pluang investasi kripto saham

Ada beragam instrumen keuangan yang bisa kamu jadikan investasi untuk masa depan. Mulai dari investasi emas, aset kripto, hingga saham Amerika.

Baca juga: 5 Beda Investasi Saham dan Kripto

Soal keamanan, kamu tidak perlu meragukan aplikasi investasi Pluang. Semua transaksi finansial yang dilakukan di aplikasi investasi ini sudah terjamin keamanannya 100 persen!

Selain itu, Pluang juga menjalani kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk menjual produk investasi Pluang di aplikasi dan platform tersebut.

7. KoinWorks

aplikasi koinworks fintech lending

Didirikan pada tahun 2016, KoinWorks hadir sebagai perusahaan Peer-to-Peer (P2P) Lending dan kini sudah berkembang menjadi Super Financial App pertama dengan lebih dari 600.000 penggunan aktif.

Sebagai penjelasan sederhana, P2P Lending merupakan sebuah platform berbasis internet yang berfungsi layaknya seperti sebuah marketplace daring.

Melalui platform tersebut, pendana dan peminjam bisa saling berinteraksi untuk kebutuhan dana finansial. P2P Lending disebut juga Fintech Lending.

Peminjam membutuhkan dana untuk berbagai keperluan seperti bisnis, pendidikan, hingga kesehatan.

Nah, Pendana juga bisa berinvestasi yang dimiliki untuk dialokasikan kepada kebutuhan Peminjam. Bisa dikatakan, ini merupakan investasi yang cukup menjanjikan.

Beberapa keunggulan investasi melalui aplikasi ini, yaitu karena bunga yang tinggi dan keamanan yang terjamin.


Nah itu tadi beragam aplikasi investasi terbaik yang aman terdaftar di OJK.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari blog Kearipan soal teknologi dan beragam informasi menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

22 Comments

  1. wah banyak juga yaa platform investasi tuh, sejauh ini aku udh coba investasi reksadana di bibit sih, gampang dan banyak opsi “aman” hehe, biar terus berwarna hijau grafiknya hehe

    • Saya juga investasi reksadana di Bibit, emang pilihan beragam dari yg mau main aman, yg mau syariah atau yg mau rada beresiko (meski tetap aman juga kalau dibanding jenis investasi lain).

  2. Aku lagi pake Ajaib sih untuk investasi-investasi ini. Beberapa kali baca-baca tentang Bareksa. Tapi works nggak sih kalau investasi lewat beberapa aplikasi gitu. Apa kita kudu fokus pilih salah satu aplikasi saja gitu?

    • Kalau dalam investasi justru emang harus ada istilahnya diversifikasi, jadi jangan nyimpen dana dalam satu aset atau platform. Meski beragam aplikasi yg disebut di atas udah diregulasi dan aman, ya buat jaga2 butuh beragam pilihan.

      Yg pasti sih kalau investasi asal jangan pake duit ngutang, selalu pake duit dingin. Dan ketahui juga rencana investasinya, apa mau menengah atau jangka panjang, atau malah mau trading harian.

  3. Semua aku udah pernah denger nih kecuali yang IPOT. Memang penting banget daftar investasi yang aman kayak gini supaya ga terjerat ke investasi bodong yang belum berijin. Pokoknya hindari too good too be true deh.

  4. Nah akhirnya ketemu juga dengan penjelasan aplikasi investasi ini. Saya perlu untuk diri sendiri dan juga anak. Ternyata itu ada banyak pilihan ya dan kita pastinya bebas ikut yang mana aja

  5. Terimakasih informasinya. Buat yg mau inevstasi penting banget cari informasi terlebih dahulu agar tidak terjadi kasus2 yg sekarang banyak terjadi

  6. Aku pakai bibit sih, tampilannya yang clean dan user friendly nggak bakal bikin bingung pemula. Pengin juga nyoba ajaib buat beli saham, tapi masih maju-mundur terus.

  7. Eh iya memang katanya jangan dari uang dapur atau kebutuhan buat investasi, jadi kudu dikhususkan sih

  8. Platform investasi kini makin banyak pilihannya. Jd lebih mudah klo mau investasi, tinggal pilih yg sesua ama investasi yg kita mau. Dari 7 platform, aku baru tahu 3 aja. Selebihnya belum pernah nyobain.

  9. Kalau bibit aku udah pernah nyoba. Tp emang sedikit ya kak back nya. Cuma buat pemula kayak aku emang harus mengutamakan keamanan daripada untung dulu. Apalagi kalau uang dinginnya belom banyak

  10. dari semua itu aku hanya familiar dengan 3 stokbit, ajaib dan koinworks tapi belum pernah mencoba sih . karena aku ga terlalu concern dengan aplikasi inevstasi gini padahal perlu ya

  11. Beberapa aplikasi di atas SDH pernah coba daftar, cuma blm coba berinvestasi. Masih bingung aja caranya dan masih butuh panduan agar tepat berinvestasi nya

  12. Kalau aplikasi bibit dan stockbit ini pernah gunain mas, namun aku belum konsisten untuk berinvestasi jadinya cuma bertahan sebentar2. Cuma kalau siap investasi aku mau nyobain P2P nih, lumayan bagus sepertinya, hehe

  13. Ini mah teman yang sudah lama di dunia investasi juga rekomed loh, dan dia tekun banget invest tiap bulannya. Memang hasilnya nampak

  14. Nah ini. Penting banget sih buat milih platform investasi yang tepat, aman, dan no tipu-tipu. Mengingat banyak yang terjadi akhir-akhir ini, kasus penipuan yg dari investasi trading.

  15. Banyak juga ya platform untuk investasi ini. Saya sendiri masih belum berani mencoba produk trading atau investasi saham yang disebutkan di atas, but terimakasih rekomendasinya mas. Jadi belajar banyak nih

  16. Baru tahu ternyata aplikasi investasi ini mayan banyak yg recomended ya kak.
    Sebenarnya pingin juga belajar investasi seperti reksa, saham maupun trading.
    Tapi denger-denger harganya mayan mahal juga, ya kak?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *