10 Aplikasi Kalkulator Nutrisi Terbaik untuk Melacak Diet Sehat

Bagi sebagian orang, melacak asupan kalori dengan kalkulator nutrisi dapat bermanfaat untuk tujuan kesehatan mereka secara keseluruhan. Entah itu untuk menurunkan atau menambah berat badan, merencanakan olahraga, atau hanya ingin belajar lebih banyak tentang makanan yang mereka konsumsi.

Jika kamu berpikir memakai aplikasi kalkulator nutrisi ke dalam rutinitas kamu, ini akan mendorong kebiasaan yang lebih sehat.

Aplikasi kalkulator nutrisi juga menawarkan wawasan tentang kebiasaan makan kamu yang melampaui batas. Mungkin kamu akan memperhatikan pada hari-hari kamu melewatkan makan siang bahwa kamu merasa sedikit pusing di tempat kerja, atau mungkin kamu berisiko terkena diabetes tipe 2 dan dengan cepat melihat bahwa pada beberapa hari, sejumlah besar kalori kamu berasal dari gula.

Tindakan menulis, mengetik, atau mengambil gambar makanan kamu sebelum atau selama makan yang sebenarnya membantu kamu mempertimbangkan pilihan kamu saat memilih apa yang akan dimakan.

Nah, berikut beragam aplikasi kalkulator nutrisi yang direkomendasikan profesional dan tim ahli gizi yang dilansir dari Good Housekeeping Home.

Selalu ingat bahwa kebutuhan kalori untuk pemeliharaan berat badan atau penurunan berat badan bervariasi dari orang ke orang tergantung pada beberapa faktor termasuk jenis kelamin, usia, tinggi dan seberapa aktif kamu secara fisik.

1. Fitbit

Fitbit aplikasi kalkulator nutrisi

Dengan tracker Fitbit kamu memantau langkah dan aktivitas, aplikasi Fitbit memungkinkan kamu membawa pelacakan makanan ke tingkat berikutnya.

Masukkan makanan baik secara manual atau dengan pemindai barcode yang ada. Rincian harian asupan karbohidrat, protein, dan lemak kamu memungkinkan kamu untuk lebih memahami bagaimana pilihan makanan kamu memengaruhi kesehatan kamu secara keseluruhan.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini juga memberi pengguna Fitbit data terperinci tentang detak jantung, kualitas tidur, dan banyak lagi. Tetapi kamu tidak harus memiliki perangkat Fitbit untuk menggunakan aplikasi: Ini juga dapat bekerja dengan ponsel cerdas kamu untuk melacak langkah-langkah.

2. Lose It!

Lose It! aplikasi kalkulator nutrisi

Kamu memiliki pilihan cara mengonsumsi makanan: mencari basis data makanan mereka, memindai kode batang, atau menggunakan fitur Snap It baru, yang memungkinkan kamu mengirim foto hidangan kamu.

Aplikasi ini disinkronkan dengan perangkat kamu, seperti data kesehatan kamu di iPhone dan Fitbit kamu atau pelacak lainnya. kamu juga dapat terhubung dengan berbagai komunitas dan jaringan untuk menjaga akuntabilitas dan momentum terus meningkat.

Untuk penyesuaian tambahan, termasuk membuat tantangan kesehatan, menyiapkan grup pendukung pribadi dan menerima log harian atau mingguan kemajuan kamu, tingkatkan ke versi Premium seharga $ 39,99 setahun.

3. MyFitnessPal

MyFitnessPal

Dengan lebih dari 200 juta pengguna, dan lebih dari 11 juta makanan dalam database, beberapa ahli gizi menyebut MyFitnessPal sebagai ratu pelacak diet dan kebugaran.

Aplikasi ini mudah untuk memasukkan apa yang kamu makan — ditambah kamu tidak akan membuang waktu untuk mencoba menghitung hal-hal seperti ukuran porsi dan kandungan protein.

Aplikasi ini memindai kode batang dengan mudah dan bahkan mengingat apa yang kamu makan dan dapat menghitung kalori dari resep yang diunggah dari situs web lain.

Keanggotaan premium adalah $50setiap tahun dan menawarkan pengaya seperti menyelam lebih dalam ke kebiasaan makan kamu, dukungan VIP, dan pengalaman bebas spanduk.

Jika itu tidak sesuai anggaran kamu, aplikasi kalkulator nutrisi ini juga menawarkan banyak fitur yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

4. Nutritionix Track

Nutritionix Track

Dengan lebih dari 948.000 item makanan dalam databasenya, pengguna memuji Nutritionix Track karena pelacakan kalorinya yang mudah dan ahli gizi memujinya atas transparansi info nutrisi, karena dapat menggabungkan kandungan kalori dari bahan makanan kemasan umum dan item restoran dengan makanan segar sehari-hari.

Ahli diet terdaftar membuat database dan kamu dapat mencatat item makanan dengan berbicara ke dalam aplikasi kalkulator nutrisi ini.

Melalui Track Pro Couch Portal dengan $5,99 per bulan, kamu dapat membagikan catatan makanan kamu dengan pelatih atau ahli gizi kamu atau $29 untuk langganan tahunan.

Baca juga: 7 Manfaat Plank Setiap Hari untuk Kesehatan

5. WW

WW aplikasi kalkulator nutrisi

WW, sebelumnya bernama Weight Watchers, yang memiliki lebih dari 5 juta anggota, dianggap oleh banyak orang sebagai standar terbaik manajemen berat badan.

Dengan versi terbaru, aplikasi kalkulator nutrisi ini sekarang menawarkan pendekatan yang jauh lebih personal untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat.

Dengan sains sebagai faktor pendorong di balik semua yang dilakukan perusahaan, mereka mendekati nutrisi dan kesehatan dengan memasukkan empat pilar kesehatan ke dalam program mereka; makanan, aktivitas, pola pikir, dan tidur, karena semua ini dapat memengaruhi berat badan dan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Program poin baru yang dipersonalisasi memberi setiap individu jatah poin harian yang mempertimbangkan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin dan usia kemudian menggabungkan survei untuk mengidentifikasi makanan titik nol mana yang sesuai dengan rencana diet kamu.

Ini misalnya, sebagian besar protein tanpa lemak, sayuran non-tepung dan buah dapat menjadi nol poin jika ini adalah pilihan yang diidentifikasi dalam survei sebagai makanan yang paling sering dikonsumsi selama seminggu.

Dengan tujuan untuk mendidik anggota tentang bagaimana membuat pilihan makanan yang lebih sehat, makanan dengan tambahan gula dan lemak jenuh lebih tinggi poinnya sementara makanan yang lebih tinggi protein, serat dan lemak tak jenuhnya lebih rendah.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini berisi pemindai kode batang yang mudah digunakan dan jika makanan tidak ada dalam basis data, pemindai akan menawarkan entri yang dibuat dari anggota WW lainnya.

Dengan banyak pilihan resep yang tersedia untuk dipilih, kamu juga dapat membuat dan membuatnya sendiri. Keanggotaan WW mulai dari $10 per bulan.

6. Noom

Noom aplikasi kalkulator nutrisi

Dengan 45 juta pengguna, Noom bukan hanya tentang melacak kalori, ini dikembangkan oleh psikolog perilaku untuk memberi pengguna lebih banyak pengalaman yang dapat disesuaikan sambil mempertimbangkan makan emosional.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini juga menyediakan komponen edukasi. Makanan dikategorikan seperti lampu lalu lintas; hijau, kuning dan merah bukannya baik dan buruk.

Harga paket khusus untuk kebutuhan individu dan dapat berjalan sekitar $40 untuk uji coba 14 hari, $212,33 untuk paket 12 bulan.

7. Lifesum

Lifesum aplikasi kalkulator nutrisi

Dengan lebih dari 45 juta pengguna dan database yang berisi jutaan makanan dan informasi nutrisi terkait, Lifesum menyediakan cara yang lebih akurat untuk menghitung kalori.

Sekali tap memungkinkan pengguna untuk melacak asupan air, buah dan sayuran untuk mendorong membangun kebiasaan yang lebih sehat.

Pintasan memungkinkan pelacakan yang lebih cepat dan mudah, ideal untuk orang yang terhalang dengan mendokumentasikan asupan harian mereka.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini juga menyertakan opsi perencana makanan dengan berbagai diet dan resep untuk dipilih dan menyediakan daftar belanjaan untuk membantu pengguna tetap pada jalurnya.

Bergabunglah secara gratis dengan batasan atau tingkatkan ke layanan premium, $8,33 selama 3 bulan, $6,67 selama 6 bulan atau $25 untuk tahun pertama.

8. Lumen

lumen aplikasi kalkulator nutrisi

Dikembangkan oleh saudara kembar, PhD fisiologi dan pemenang ironman, Lumen mengukur metabolisme kamu dalam satu napas dan memberi tahu kamu nutrisi makro mana yang kamu bakar, lemak atau karbohidrat.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini juga mengajarkan kamu tentang berbagai rasio makronutrien yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu untuk mencapai fleksibilitas metabolisme yang optimal.

Tergantung pada tujuan kamu, aplikasi ini memang cukup mahal dengan sekitar $40 per bulan untuk 6-12 bulan pertama dan kemudian $19 bulan sesudahnya.

9. MyNetDiary

MyNetDiary

Dengan lebih dari 11 juta anggota di seluruh dunia dan peringkat pengguna yang tinggi, 4,8 di iOS dan 4,6 di Google Play dari 5, MyNetDiary menyebut dirinya sebagai asisten diet digital untuk menurunkan berat badan.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini berisi lebih dari 770.000 makanan terverifikasi dalam basis datanya, dan mengklaim memerlukan langkah yang lebih sedikit daripada aplikasi lain untuk mencatat makanan.

Setelah menilai berat badan, usia, jenis kelamin, dan tinggi badan, aplikasi memberi pengguna anggaran kalori harian dan pilihan tingkat penurunan berat badan mingguan atau tanggal target.

Pilihan mana pun yang dipilih, pengguna dapat menyesuaikan dasbor mereka agar sesuai dengan kebutuhan mereka termasuk grafik yang mudah dipahami yang menguraikan target makronutrien.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini juga memberi pengguna tips dan saran pribadi seperti check-in untuk melihat apakah kebutuhan hidrasi terpenuhi.

Pengguna dapat memilih layanan berlangganan gratis tanpa iklan dan pop-up atau meningkatkan ke layanan premium dengan akses ke resep dari berbagai pilihan diet termasuk diet rendah karbohidrat, diet Mediterania, vegan dan diet tinggi protein.

Layanan berlangganan gratis atau upgrade ke layanan premium seharga $8,99 selama 1 bulan, $59,99 selama 1 tahun.

10. Cronometer

cronometer aplikasi kalkulator nutrisi

Cronometer menyediakan aplikasi untuk individu dan versi pro terpisah untuk profesional kesehatan untuk membantu mengelola klien.

Cron sendiri merupakan singkatan dari calorie restriction with optimal nutrition, yang berarti pembatasan kalori dengan nutrisi yang optimal.

Aplikasi kalkulator nutrisi ini menawarkan pelacakan kalori dan nutrisi mikro dan makro yang mudah dengan tujuan untuk mendorong pengguna mengembangkan kebiasaan makan yang lebih sehat.

Setiap pengiriman makanan diverifikasi keakuratannya dan mereka menawarkan forum dan halaman Facebook tempat pengguna dapat terhubung dan bertukar kiat. Pengguna seperti aplikasi yang dapat disesuaikan, berisi pelacakan intuitif, resep dapat dengan mudah diimpor dan berisi fitur untuk memperhitungkan kehamilan dan menyusui.

Ini disinkronkan dengan beberapa aplikasi dan perangkat. Daftar gratis atau tingkatkan ke langganan Gold gratis iklan seharga $3,33 per bulan.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *