22 Arti Kartu Tarot Arcana Mayor

Setiap kartu dalam dek tarot tradisional memiliki arti tertentu. Kartu dibagi menjadi dua kategori: Arcana Mayor dan Arcana Minor.

Sebelum kita menyelami setiap kartu, pertama-tama mari kita lihat apa itu kartu tarot Arcana Mayor secara keseluruhan. Kartu ini juga dikenal sebagai kartu Trump, dimulai dengan “The Fool” di angka nol, dan diakhiri dengan “The World” di angka 21.

Saya sendiri mengetahui soal kartu Tarot Arcana Mayor itu justru dari game Persona.

Menurut Bess Matassa seorang ahli astrologi dan tarot, Kartu Tarot Arcana Mayor menggambarkan Perjalanan Orang Bodoh saat dia mempelajari pelajaran di sepanjang jalannya, dan ketika ditarik selama pembacaan tarot, kartu tersebut mewakili tema menyeluruh dan mendorong kita untuk memikirkan gambaran yang lebih besar.

Kartu Arcana Mayor juga seringkali rumit dan signifikan, dan penampilannya akan memengaruhi keseluruhan bacaan.

Nah, inilah arti masing-masing dari 22 kartu Tarot Arcana Mayor menurut Mind Body Green:

0. Fool

kartu tarot arcana mayor the fool

Menjadi kartu Tarot Arcana Mayor pertama di dek, The Fool atau si Bodoh adalah tentang merangkul awal yang baru, memperluas wawasan kamu, dan mengambil kesempatan berdasarkan intuisi kamu. Hal ini seperti dijelaskan oleh pembaca tarot dan pendiri Witchy Wellness Leah Vanderveldt.

“Ini tentang memiliki ping intuitif untuk melakukan sesuatu—melakukan lompatan—dan percaya bahwa Anda akan mampu menangkap diri Anda sendiri.”

Selain itu, kartu ini juga memiliki unsur kenaifan dan berbicara tentang kegembiraan yang tidak diketahui.

I. The Magician

Menurut penulis The Modern Witchcraft Book of Tarot Skye Alexander, kartu tarot arcana mayor The Magician mewakili kemampuan untuk memahami dan memerintahkan kekuatan tak terlihat yang beroperasi di alam semesta.

“Ketika The Magician muncul dalam pembacaan, dia menunjukkan bahwa Anda memiliki kekuatan khusus, tetapi Anda mungkin belum menyadarinya atau Anda mungkin tidak menggunakan kekuatan Anda,” katanya mencatat bahwa dia mengingatkan Anda bahwa Anda “terus-menerus menciptakan realitas Anda”, dan bahwa pikiran Anda adalah pelopor dari manifestasi.”

II. The High Priestess

Kartu tarot High Priestess, menurut Alexander, adalah kartu misterius yang melambangkan kekuatan spiritual wanita, atau Dewi yang darinya semua kehidupan berasal dan kepada siapa semuanya kembali.

“Dia kadang-kadang diposisikan di antara dua pilar — satu hitam, satu putih — yang mewakili sifat ganda keberadaan: baik dan jahat, terang dan gelap, kebenaran dan penipuan, positif dan negatif,” tambahnya.

III. The Empress

kartu tarot arcana mayor the empress

Menurut ahli tarot dan pencipta The Wild Unknown Tarot Kim Krans, The Empress mengandung kekuatan dan magnet misterius — vitalitas atau kekuatan hidup yang berkaitan dengan feminin ilahi yang ditemukan di seluruh alam.

“Pertanyaan besar untuk The Empress,” kata Krans, “adalah bagaimana kekuasaan akan digunakan? Apakah The Empress akan memerintah dari atas, memandang rendah mereka yang kurang beruntung? Atau akankah The Empress melambat, percaya, dan menetap di bumi, menemukan cara baru untuk memerintah dengan menyebarkan kebaikan dan kemurahan hati di seluruh dunia?”

IV. The Emperor

kartu tarot arcana mayor the emperor

Sama seperti The Empress adalah sosok ibu pola dasar, The Emperor atau Kaisar adalah padanan paternal dan melambangkan kepemimpinan, kekuatan, dan kekuasaan di alam.

Seperti yang dijelaskan Alexander, dia adalah sosok otoritas tertinggi, dan seseorang yang harus diperhitungkan pada saat itu.

“Dia adalah eksekutif yang cerdas, pejuang pemberani, pemimpin sipil yang bertanggung jawab yang telah mencapai puncak otoritas dan mencapai kekuasaan duniawi,” catatnya.

V. The Hierophant

kartu tarot arcana mayor the hierophant

Kadang-kadang disebut sebagai “The Pope” di dek tertentu, Hierophant hampir selalu berhubungan dengan semacam struktur tradisional, menurut Alexander.

“Hierophant adalah sosok otoritas dan kekuasaan, seperti Kaisar, tetapi kekuatan Hierophant bersifat spiritual,” jelasnya.

Kadang-kadang, Tarot Arcana Mayor ini juga dapat menunjukkan bahwa kamu mungkin berusaha melepaskan diri dari batasan tradisional untuk mengikuti jalan spiritual kamu sendiri, katanya, menambahkan bahwa kartu ini dapat menandakan orang yang sebenarnya, yaitu “seseorang yang merupakan pemimpin kelompok spiritual—dan bahwa pemimpin mungkin Anda, apakah Anda menyadarinya atau belum.”

VI. The Lovers

kartu tarot arcana mayor the lovers

Menurut Vanderveldt, the Lovers adalah kartu Tarot Arcana Mayor tentang koneksi dan kemungkinan keintiman yang mendalam.

“Ketika kartu ini muncul, kita biasanya memberikan kekuatan kita untuk sesuatu di luar diri kita. Terkadang itu adalah sebuah hubungan; di lain waktu itu adalah gelar, pekerjaan, atau sesuatu yang material,” tambahnya.

Kamu mungkin merasa keadaan dan hubungan eksternal memberi kamu nilai saat kartu ini muncul. “Jika Anda membawa orang itu pergi, Anda masih menjadi individu yang dicintai dan penuh kasih. Jika Anda mengambil pekerjaan itu, Anda masih mampu dan bagus dalam apa yang Anda lakukan,” catat Vanderveldt, menambahkan.

“Ini adalah proses memilih diri sendiri terlebih dahulu. sebelum terlibat dalam hubungan yang sehat dengan apa pun di luar diri Anda […] Kita diminta untuk sepenuhnya menerima diri kita sebagai sesuatu yang berharga.”

VII. The Chariot

kartu tarot arcana mayor the chariot

Chariot adalah kartu kekuatan lawan, serta cara mengatasi dan/atau mengendalikannya, catat Alexander.

“Di beberapa dek, dia tidak memegang kendali — dia menggunakan kemauan keras untuk menjaga tunggangannya bergerak bersama ke arah depan,” tambahnya.

Saat Anda menarik kartu ini, itu melambangkan “penguasaan kekuatan lawan dan kendali atas konflik batin,” dan pada tingkat literal, itu juga bisa menunjukkan perjalanan dan transportasi, kata Alexander.

VIII. Strength

kartu tarot arcana mayor strength

Kartu tarot arcana mayor Strength atau Kekuatan menggambarkan seorang wanita yang mengendalikan singa yang kuat dan bahkan memperlakukannya dengan penuh kasih sayang.

Seperti yang dijelaskan Alexander, ini mewakili kekuatan batin, mengatasi kelemahan, keberanian, dan ketekunan.

“Meski beberapa interpretasi melihat kartu ini sebagai simbol perjuangan dengan sifat ‘binatang’ Anda, yang lain melihatnya sebagai simbol kepercayaan diri dan kekuatan batin, dan selaras dengan sifat naluriah Anda,” tambahnya.

IX. The Hermit

kartu tarot arcana mayor the hermit

Seperti namanya, The Hermit atau Pertapa adalah tentang masuk ke dalam, kesendirian, dan refleksi. Alexander mencatat itu juga berkaitan dengan kebijaksanaan batin, bimbingan, dan evaluasi diri dan sering kali merupakan panggilan untuk introspeksi.

“Seorang pencari kebenaran, dia menerangi jalan ke depan bagi mereka yang mengikuti,” jelasnya, menambahkan bahwa ketika Pertapa muncul dalam sebuah bacaan, itu bisa berarti sosok pemandu sudah dekat, menawarkan bantuan.

“Tapi biasanya itu merujuk pada bimbingan batin atau berhubungan dengan pemandu roh, […] menarik diri dari kesibukan dan gangguan dunia luar, [dan melakukan] pencarian jiwa,” catatnya.

X. Wheel of Fortune

kartu tarot arcana mayor wheel of fortune

Wheel of Fortune atau Roda Keberuntungan adalah tentang perubahan dan siklus. Tarot Arcana Mayor ini melambangkan keniscayaan perubahan, awal, dan, tentu saja, akhir.

Seperti yang dijelaskan Vanderveldt, ini juga terkait dengan “apa yang terjadi di persimpangan takdir dan pilihan, di mana kita mematahkan pola lama melalui pilihan.”

Kartu ini meminta subjek untuk beradaptasi saat mereka menavigasi perubahan ini, kata Vanderveldt, dan tetap fokus.

“Saat kartu ini muncul, inilah saat yang tepat untuk bertanya pada diri sendiri: Bagaimana Anda ingin menanggapi (kebaikan, keburukan, dan segala sesuatu di antaranya)?” jelasnya.

XI. Justice

kartu tarot arcana mayor justice

Menurut Vanderveldt, kartu Keadilan mewakili kebenaran, keseimbangan, dan objektivitas, serta akuntabilitas, keadilan, kebenaran suci, pengetahuan batin, dan tentu saja keadilan.

“Sering muncul ketika Anda diminta untuk memiliki kejujuran radikal dengan diri sendiri untuk membuat pilihan,” catatnya, menambahkan.

“Keseimbangan berasal dari membuat pilihan yang benar, meskipun itu sulit. Ada panggilan untuk harmoni dan keseimbangan, tetapi untuk menemukan keseimbangan yang tepat untuk situasi tersebut, pertama-tama Anda harus benar-benar jujur ​​tentang situasi atau keputusan tersebut.”

XII. The Hanged Man

kartu tarot arcana mayor the hanged man

Muncul tepat sebelum kartu Kematian di Tarot Arcana Mayor, The Hanged Man mewakili melepaskan, menyerah, berkorban, dan melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda, menurut Alexander.

“Saat kartu ini muncul dalam bacaan,” catatnya, “itu bisa berarti menyerah pada suatu situasi, atau melepaskan pola atau sikap lama,” menambahkan, “Anda siap berkorban untuk jujur ​​pada diri sendiri.”

XIII. Death

kartu tarot arcana mayor death

Meski terlihat menyeramkan, kartu Tarot Arcana Mayor ini bukanlah ramalan kematian. Namun, itu adalah tanda akhir, menurut Vanderveldt. Ini adalah kartu perubahan dan transformasi, “Ini adalah bagian besar dalam proses evolusi pribadi di mana kami melepaskan pola lama.”

Kartu Kematian mewakili penumpahan yang diperlukan untuk terus maju di sepanjang jalan seseorang, dan kartu di kedua sisi (The Hanged Man dan Temperance) juga merupakan bagian dari “perjalanan kematian”, di mana kita mempersiapkan akhir dengan menyerah dan melepaskan ketakutan akan penghakiman (The Hanged Man) dan kemudian mengalami kelahiran kembali dengan mengubah rasa sakit masa lalu kita (Temperance).

XIV. Temperance

kartu tarot arcana mayor temperance

Kartu Temperance mewakili moderasi, keseimbangan, evolusi diri, dan menghindari ekstrem. Seperti yang dijelaskan oleh penulis dan pakar tarot, Claire Goodchild, kartu ini muncul dalam hidup kita saat kita merasa tidak seimbang—dan terkadang bahkan saat kita tidak merasa tidak seimbang tetapi sebenarnya memang demikian.

Itu juga bisa menunjukkan bahwa kita terlalu memanjakan dan perlu mundur selangkah, katanya. Kata kesederhanaan, bagaimanapun, secara harfiah berarti “moderasi dalam tindakan, pikiran, atau perasaan”, serta pantang minum alkohol.

“Tema utama kartu Temperance adalah tentang memulihkan keseimbangan, dan bagian besar lainnya adalah pikiran atas materi,” catatan Goodchild, menambahkan, “Apa pun yang ingin Anda lakukan, Anda dapat melakukannya. Hanya perlu sedikit kerja dan kemahiran apa kejadian.”

XV. The Devil

kartu tarot arcana mayor the devil

Menurut Vanderveldt, kartu The Devil seperti pengganti iblis dalam diri kita. “Hal-hal yang kita berikan kekuatan kita, suara-suara yang membuat kita kecil atau malu — pada dasarnya bagian bayangan kita,” jelasnya, menambahkan kartu ini sering muncul di sekitar pola tidak sehat dalam hidup kita, baik itu dalam hubungan, negatif atau berbahaya dan/atau masalah kecanduan.

“Kabar baiknya adalah ketika Iblis datang, Anda diberi kesempatan untuk menari dengan energi ini dan membebaskan diri Anda dari siklus atau ketergantungan apa pun yang membuat Anda sedih dan takut,” katanya.

XVI. The Tower

kartu tarot arcana mayor the tower

The Tower atau Menara adalah salah satu kartu yang lebih tidak menyenangkan di Tarot Arcana Mayor, karena biasanya menandakan perubahan besar, gangguan, dan bahkan bahaya.

Pembaca Tarot Theresa Reed sebelumnya menjelaskan bahwa kartu ini melambangkan gangguan, kekacauan, runtuhnya struktur yang salah, serta sesuatu yang akan berakhir secara dramatis.

Dan seperti yang ditambahkan oleh pembaca tarot Mark Horn, “Ada elemen kejutan di Menara—itu adalah perubahan yang tidak Anda duga, biasanya karena ide Anda tentang apa yang sedang terjadi adalah fantasi atau Anda tidak memiliki semua informasi yang Anda miliki.” membutuhkan.”

Saat Anda menarik kartu ini, ingat saja itu mewakili akhir yang diperlukan, catat Reed.

XVII. The Star

kartu tarot arcana mayor the star

Menurut Brigit Esselmont, pendiri dan CEO Biddy Tarot, wanita yang digambarkan dalam kartu Star itu praktis dan intuitif, dan ketelanjangannya mewakili kemurnian dan kerentanannya.

Satu bintang besar yang ditampilkan juga melambangkan esensi intinya, sedangkan tujuh bintang yang lebih kecil melambangkan tujuh cakra utama.

“Ini adalah kartu yang indah dengan pesan yang dalam dan kuat, terutama bagi mereka yang mengalami kelahiran kembali,” kata Esselmont, menambahkan bahwa itu mengundang pembaca “untuk melepaskan kulitnya — semua lapisan yang telah menumpuk di atas tahun—dan menjadi ‘telanjang’ di bawah keindahan langit malam berbintang”—alias rentan, asli, dan mentah.

XVIII. The Moon

kartu tarot arcana mayor the moon

Kartu The Moon atau Bulan muncul ketika alam bawah sadar dipantulkan kembali kepada kita dan kita mendapat kesempatan untuk bekerja dengannya, kata Vanderveldt.

“Ada unsur menyelam jauh ke dalam diri Anda dan bersedia untuk melihat dan menerima semua yang Anda temukan.”

Dia menambahkan bahwa ketika kamu menarik kartu ini, itu adalah undangan untuk “melepaskan kendali yang telah Anda pegang atas ranah emosional dan internal Anda untuk mengakses kebenaran terdalam Anda.”

Berkaitan dengan kartu ini membutuhkan hubungan yang mendalam dengan — dan menerima — semua yang Anda miliki, dia menjelaskan, mencatat bahwa, “Ada dorongan untuk beralih ke intuisi dan impian Anda selama ini untuk membantu Anda,” ketika Bulan muncul.

XIX. The Sun

kartu tarot arcana mayor the sun

Bisa dibilang salah satu kartu tarot arcana mayor paling positif yang dapat Anda tarik dalam pembacaan tarot, Matahari adalah tentang kebahagiaan, kesuksesan, kesenangan, ekspresi diri, dan vitalitas. Menurut Alexander, kartu Matahari juga melambangkan kehidupan itu sendiri, “karena matahari memberi kehidupan pada segala sesuatu di Bumi.”

Dia mencatat bahwa itu adalah salah satu kartu paling menyenangkan di tarot, menandakan kesuksesan, keberuntungan, kepercayaan diri, dan semua asosiasi positif lainnya yang kita miliki dengan matahari sebagai kekuatan pemberi kehidupan.

XX. Judgement

kartu tarot arcana mayor judgement

Sebuah kartu kebangkitan, realisasi diri, pilihan, dan kelahiran kembali, kata Alexander Penghakiman memiliki nada tambahan dari “Judgement” Kekristenan, ketika Tuhan menghakimi semua jiwa — dan memberi penghargaan atau menghukum mereka.

“Namun, dalam arti yang lebih luas, Penghakiman mewakili waktu kebangkitan dan realisasi diri,” jelasnya, “ketika Anda harus melakukan penyesuaian untuk mencerminkan siapa diri Anda sebenarnya.”

XXI. The World

kartu tarot arcana mayor the world

Kartu Tarot Arcana Mayor terakhir, dan selanjutnya, the Fool’s Journey, kartu The World adalah level atas yang besar.

Seperti yang dijelaskan Vanderveldt, itu adalah kartu “menyerap pelajaran dan kebijaksanaan yang membawa seseorang ke pemahaman baru tentang kehidupan mereka dan peran mereka di dalamnya.”

“Ini adalah enkapsulasi dari tarian kehidupan—terkadang misterius tetapi selalu bergerak dan berputar,” katanya, menambahkan kartu ini juga berkaitan dengan pelajaran yang diperoleh dengan susah payah, pertumbuhan, dan kepuasan yang menyertainya.

“Mungkin tidak mudah atau indah melewatinya, tetapi di sisi lain, Anda berada di tahap baru dalam hidup—lebih bijaksana dan siap untuk tahap baru.”


Setiap kartu Arcana Mayor memiliki nuansa makna yang berhubungan dengan tema umum dalam hidup kita, serta berbagai tahapan Perjalanan Orang Bodoh.

Apakah kamu menarik Si Bodoh, Dunia, atau salah satu kartu di antaranya, yang penting bukanlah kartu itu, melainkan apa yang kamu pilih untuk dilakukan dengan pelajarannya dalam perjalanan spiritual dirimu.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *