Urutan Main Atelier Series, JRPG dengan Alkemis Cewek Kawaii

Serial video game Atelier sudah ada lebih dari 20 tahun dengan beragam judul, yang mungkin sulit untuk memberi tahu pemain baru yang ingin memulai franchise ini.

Tak ada garis waktu yang ketat terkait dengan seri Atelier. Mirip seperti serial Final Fantasy atau Persona, yang antara judulnya mungkin memiliki beberapa kesamaan elemen, tetapi tak ada semacam urutan permainan tertentu.

Setiap alur cerita dalam seri Atelier terdiri dari dua hingga empat game, yang masing-masing dapat dimainkan secara independen tetapi bersama-sama merajut narasi yang lebih besar.

Game-game ini tidak sepenuhnya terhubung berdasarkan cerita di antara setiap arc, tetapi mereka terkait dalam pembangunan semestanya, mekanika pertempuran dan alkimia, dan protagonis para cewek imut.

Game soal alkemis ini memiliki permulaan yang sederhana di Saturnus, Dreamcast, dan PlayStation pertama.

Kemudian mereka melakukan demake untuk jaringan ponsel Jepang, dan upmake untuk PC Windows dan konsol PlayStation yang lebih baru, meski tidak satupun dari mereka telah melihat banyak perhatian sejak era PSP, dan belum tersedia dalam bahasa Inggris.

Salburg Arc

Jika ingin menjelajahi judul Atelier tertua, ada baiknya memeriksa entri paling awal dalam seri ini untuk melihat di mana semuanya dimulai.

Atelier Marie: The Alchemsit of Salburg

Atelier Marie: The Alchemist of Salburg Details - LaunchBox Games Database

Atelier Marie menetapkan template dasar untuk seluruh seri dan merupakan game langka yang dapat dikatakan telah mendefinisikan ulang ceruknya dalam genre tersebut.

Marie memang bukan game terbaik untuk memulai, karena ceritanya sangat minim, tidak ada eksplorasi area, dan mekanismenya sedikit kasar dibandingkan dengan penerusnya. Meski begitu terdapat pesona tertentu.

Atelier Elie: The Alchemsit of Salburg 2

Atelier Elie: The Alchemist of Salburg 2

Berlatar beberapa tahun setelah Marie, Atelier Elie sebenarnya hadir dengan CD audio bonus untuk mengisi semua backstory yang tidak dapat dimasukkan ke dalam game itu sendiri. Elie terinspirasi oleh alkemis yang menyelamatkan hidupnya, Marie.

Atelier Lilie: The Alchemsit of Salburg

Atelier Lilie Plus: The Alchemist of Salburg 3

Gim Salburg ketiga, Atelier Lilie, berlatar sekitar dua puluh tahun sebelum Marie, menceritakan kisah berdirinya akademi besar tadi.

Pahlawan titulernya telah tiba dari luar negeri bersama tuannya dan dua anak didiknya, Ingrid dan Hermina (penasihat akademis masa depan Marie dan Elie, saat ini berusia 10 tahun), dan harus bekerja untuk membuktikan bahwa alkimia berguna.

Sayangnya, sebagai judul PS2 pertama seri dan upaya pertamanya di Atelier yang lebih modern, Atelier Lilie punya beberapa bug di beberapa poin. Pastikan untuk mengambil edisi Plus untuk PS2 jika ingin mencobanya, tetapi ada alasan mengapa edisi ini belum dibuat ulang untuk hal lain.

Gramnad Arc

Dua game Gramnad (untuk PS2 dan PSP) lebih mirip dengan Atelier Lilie dalam beberapa hal, tetapi menambahkan beberapa elemen baru yang penting seperti eksplorasi area sebenarnya.

Mereka juga menambahkan beberapa ide yang kurang spektakuler – khususnya, penurunan kualitas barang – yang belum pernah terlihat sejak saat itu.

Atelier Judie: The Alchemist of Gramnad

Atelier Judie berlangsung sekitar sepuluh tahun setelah Lilie, dan Hermina yang lebih tua adalah bagian penting dari pemerannya.

Judie juga merupakan game pertama dari seri ini yang tidak memiliki tanggal akhir yang dibangun ke dalam cerita, jadi itu terus berlanjut sampai Judie menemukan cara untuk memenuhi tujuannya dan memutuskan yang mana dari dua akhir yang harus dipegang.

Atelier Viorate: The Alchemist of Gramnad 2

Iris Arc

Seri Iris dimulai sebagai eksperimen oleh Gust ke gaya RPG yang lebih mainstream, yang membuatnya lebih fokus pada aksi, pertempuran, dan cerita.

Atelier Iris: Eternal Mana

Permainan memiliki kemampuan eksplorasi yang unik, seperti berubah menjadi kelinci atau terbang.

Atelier Iris 2: The Azoth of Destiny

Iris 2 memperkenalkan protagonis baru sambil membuat penjelajahan tidak terlalu kikuk dan rumit; Mana tetap menjadi titik fokus dari sistem cerita dan alkimia, yang disederhanakan dari judul pertama.

Atelier Iris 3: Grand Phantasm

Judul ketiga dalam seri melihat Iris kembali sebagai protagonis utama, berlawanan dengan karakter pendukung, dan mengurangi bagian menjadi hanya tiga karakter; meskipun secara umum dianggap sebagai yang terlemah dari tiga entri Iris, itu merangkum alur cerita yang dibiarkan sedikit menggantung oleh dua judul pertama.

Trilogi Iris ini secara keseluruhan memperkenalkan Hagel Boldness, yang kemudian menjadi pokok dari judul Atelier di masa depan. Karena ceritanya yang erat, diharapkan bisa dimainkan secara berurutan.

Jika ingin menjelajahi pertarungan dalam berbagai sistem alkimia, ini adalah opsi yang bagus untuk ditambahkan ke daftar main Atelier.

Arland Arc

Jika ingin memulai di dekat awal serial, dan melihat bagaimana serial tersebut berkembang, Arland adalah yang tepat untuk melakukannya. Namun, game-game ini tidak ramah bagi pemula seperti beberapa judul selanjutnya.

Berfokus pada kerajaan Arland dan wilayah sekitarnya saat kerajaan memperluas perbatasannya kemudian melepaskan monarki masing-masing untuk sistem pemerintahan yang lebih demokratis.

Atelier Roronoa: The Alchemist of Arland

Atelier Rorona ~The Alchemist of Arland~ DX - ロロナのアトリエ ~アーランドの錬金術士~ DX a  Steamen

Kira-kira 15 tahun berlalu antara dimulainya permainan pertama, Rorona, dan permainan ketiga, Meruru, dan ada banyak sejarah penting yang terkumpul dalam periode waktu tersebut.

Atelier Totori: The Adventurer of Arland

Atelier Totori ~The Adventurer of Arland~ DX - トトリのアトリエ ~アーランドの錬金術士2~ DX on  Steam

Arland Arc sama-sama memberi bobot baik pada alkimia maupun pertarungan, yang merupakan tren baru untuk seri ini. Tiga game orisinal dapat dimainkan di hampir semua urutan tanpa spoiler cerita utama.

Atelier Meruru: The Apprentice of Arland

Atelier Meruru ~The Apprentice of Arland~ DX - メルルのアトリエ ~アーランドの錬金術士3~ DX  Steamissä

Trilogi Arland asli memulai debutnya di PS3 dan Vita, upmake dengan “DX” yang ditambahkan ke judulnya, juga tersedia di PC, PS4, dan Switch. Sementara Totori dan Meruru DX sebagian besar tidak berubah, petualangan Rorona mengalami beberapa perombakan yang cukup signifikan.

Atelier Lulua: The Scion of Arland

Atelier Lulua: The Scion of Arland

Awalnya sebuah trilogi, Arc Arland belakangan mendapat tambahan judul keempat yang mengambil cerita bertahun-tahun kemudian, dengan banyak karakter yang kembali serta wajah-wajah baru yang menarik.

Dusk Arc

Dusk Arc berfokus pada karakter yang mencari cara untuk menyelamatkan wilayah masing-masing dari krisis ekologi yang sedang berlangsung dan jangka panjang.

Atelier Ayesha: The Alchemist of Dusk

Atelier Ayesha: The Alchemist of Dusk DX op Steam

Tidak ada periode waktu yang ketat di mana trilogi Dusk berlangsung; pemain memiliki tiga tahun dalam game untuk menyelesaikan Ayesha, setelah itu ada jeda empat tahun, lalu empat tahun dalam game untuk menyelesaikan Escha & Logy, diikuti oleh jeda tiga tahun lagi sebelum kisah Shallie dimulai.

Atelier Escha & Logy: Alchemist of the Dusk Sky

Atelier Escha & Logy: Alchemists of the Dusk Sky DX on Steam

Sama seperti Arc Arland, game-game ini tidak perlu dimainkan secara ketat dalam urutan rilis, meskipun ceritanya paling masuk akal ketika dimainkan secara berurutan. Sementara trilogi aslinya memulai debutnya di PS3 dan Vita, Koei Tecmo telah merilis upmake dengan “DX” untuk judul yang tersedia di PC, PS4, dan Switch

Atelier Shallie: Alchemist of the Dusk Sea

Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea DX on Steam

Jika ingin menjelajahi serial ini dengan batas waktu yang santai atau tidak ada sama sekali, Dusk Arc adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan Atelier kita.

Mysterious Arc

Jika ingin menjelajahi seri dengan batas waktu minimal atau tanpa batas, dengan game yang dirancang untuk generasi konsol saat ini, Mysterious adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan Atelier kita.

Namun, jika ingin memasuki seri dengan game yang memiliki rasa identitas yang lebih kuat dan mekanisme seri yang mapan, mungkin ini bukan trilogi yang tepat.

Atelier Sophie: The Alchemist of the Mysterious Book

Atelier Sophie: The Alchemist of the Mysterious Book DX

Game pertama, Sophie, adalah judul terakhir dari seri yang mendarat di PlayStation 3, dengan penggantinya Firis menjadi entri Vita terakhir. Lydie & Suelle adalah game pertama yang hadir di Nintendo Switch, dan seri ini memulai debutnya di PC melalui Steam bersama Sophie.

Penamaan Mysterious muncul dari fakta peristiwa misterius yang digerakkan ratusan tahun sebelumnya sekarang mempengaruhi zaman modern, dan terserah pada kelas alkemis yang sedang berkembang untuk mengambil tantangan ini untuk membebaskan masa depan mereka dari kesalahan masa lalu tadi.

Atelier Firis: The Alchemist and the Mysterious Journey

Atelier Firis - Character: Heintz / 追加キャラクター『ハインツ』 on Steam

Ketiga gim tersebut mencoba mekanisme unik dan merombak bagian alkimia dalam gim, yang beberapanya bekerja lebih baik daripada yang lain. Misalnya, Atelier Firis menghadirkan pengalaman open-world.

Atelier Lydie & Suelle: The Alchemist and the Mysterious Paintings

Atelier Lydie & Suelle: The Alchemists and the Mysterious Paintings DX у  Steam

Game-game ini diharapkan bisa dimainkan secara ketat secara berurutan. Sophie dan Lydie & Suelle sama-sama menghindari batas waktu, sementara Firis memiliki satu tahun dalam game untuk mendapatkan lisensinya sebelum batas waktu hilang seluruhnya.

Secret Arc

Trilogi terbaru dari game Atelier masih dalam pengembangan, dengan judul pertama, Ryza.

Game Atelier cenderung tiba dengan kecepatan satu judul baru setiap dua belas hingga dua puluh bulan, sehingga seri Secret diproyeksikan selesai pada tahun 2022.

Atelier Ryza: Ever Darkness & the Secret Hideout

Atelier Ryza: "Ever Summer Queen & the Secret Island" on Steam

Sama seperti trilogi Mysterious, Ryza menghilangkan batasan waktu dari judul-judul sebelumnya, meskipun itu memang memiliki siklus mingguan yang memengaruhi berbagai elemen gameplay.

Ryza juga yang pertama dari game Atelier modern yang memberikan penghargaan eksplorasi dan pengumpulan secara boros, sebagai lawan melihatnya sebagai tujuan untuk mengumpulkan bahan alkimia.

Atelier Ryza 2: Lost Legend & the Secret Fairy

Atelier Ryza 2: Ryza's Swimsuit "Tropical Summer" on Steam

Jika ingin menjelajahi entri terbaru dalam seri ini, Secret adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan Atelier kita. Namun, jika ingin mengikuti seri dengan daftar lengkap game yang dirilis, ini mungkin bukan game yang tepat.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1775

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *