10 Ciri Kalau Attack On Titan Adalah Anime Mecha Terselubung

Setiap anime mecha terbaik mencakup pertarungan epik, melodrama, monolog, teknik khusus, dan pilot yang mengemudikan kekuatan luar biasa. Jika diperhatikan, Attack on Titan berisi semua fitur penting ini anime mecha ini.

Meski tentunya mecha di sini ditampilkan dengan entitas biologis besar yang dikenal sebagai Titan, yang bisa dimunculkan ketika karakter terluka atau melukai diri sendiri dengan sengaja.

Attack on Titan memang berisi banyak genre berbeda di dalamnya, dari drama sejarah hingga fiksi militer, tetapi inti dari anime fenomenal ini adalah para Titan besar yang saling adu jotos.

Para Titan ini secara teknis adalah mecha dalam dunia tempat Eren Jaeger tinggal.

1. Attack On Titan Memiliki Banyak Sakuga Pertarungan Epik

attack vs armored titan shingeki no kyoujin

Kamu tidak dapat memiliki anime mecha tanpa pertempuran, dan semua orang suka melihat ketika dua atau lebih mesin perang besar bertarung.

Dalam anime ada istilah Sakuga, yang berarti menggambarkan momen ketika kualitas animasi meningkat secara drastis, biasanya demi membuat titik dramatis atau memeriahkan aksi. Nah, salah satu daya tarik anime mecha adalah sakuga ini.

Attack on Titan memenuhi janji itu dalam tontonan paling mencengangkan yang bisa dibayangkan. Ketika para Titan bentrok, dunia bergetar, area di sekitar mereka hancur, dan raungan para Titan terdengar hingga bermil-mil.

Brutal, penuh kekerasan, serangan dari anggota Survey Corps yang dilengkapi ODM, dan penyelesaian dramatis berlimpah dalam pertempuran ini. Masing-masing adalah pemandangan menakjubkan untuk dilihat.

2. Attack On Titan Memiliki Adegan dalam Mecha yang Dramatis

attack on titan pieck

Saat menonton pertempuran mecha, fokusnya biasanya pada gerakan aneh, serangan kuat, dan perusakan lingkungan yang mampu dilakukan oleh mecha tersebut.

Anime mecha terbaik biasanya meluangkan waktu untuk menunjukkan orang-orang di dalam robot selama pertempuran ini. Misalnya Shinji yang sering galau kalau berada di dalam Eva di Neon Genesis Evangelion.

Attack on Titan tak terkecuali, sering menunjukkan kepada kita karakter saat mereka berada di dalam Titan dan memberi penonton akses ke emosi dan pikiran mereka.

Hal ini memanusiakan pertempuran, yang sering kali mencakup monolog, baik diucapkan dengan keras atau hanya disimpan dalam pikiran saja.

3. Ada Intrik Politik Internasional dalam Skala Besar

marleyan attack on titan

Dari franchise Gundam hingga Macross, anime mecha suka mempelajari hubungan antar negara, planet, atau bahkan galaksi, dan ini adalah area lain di mana Attack on Titan bersinar.

Dari masyarakat monarki keluarga Reiss hingga perang antara Marley dan Eldia, selalu ada seseorang yang bekerja keras demi tuan mereka, bangsa mereka, atau keberadaan mereka sendiri.

Seperti semua anime politik yang bagus, ada cukup area abu-abu dan aktor jahat di semua sisi yang membuat penonton tetap berinvestasi dalam semesta dan juga karakternya.

Baca juga: Penjelasan Ymir, Founding Titan dan Path dalam Attack on Titan

4. Attack On Titan Menampilkan Pengkhianatan Mendadak

reiner bertholdt attack on titan

Anime mecha dan drama politik dipotong dari kain yang sama, dan tidak ada akhir dari jumlah skema politik, pengkhianatan, dan agen ganda di Attack on Titan.

Dari Reiner dan Bertholdt tiba-tiba memanggil para Titan untuk menyerang, lalu kemudian perubahan tujuan Eren di akhir seri, ada banyak kesetiaan yang bergeser jadi pengkhianatan.

Seiring berjalannya seri, sulit untuk menentukan dengan tepat di mana kesetiaan masing-masing karakter akan berakhir ketika semua dikatakan dan dilakukan.

5. Attack On Titan Memiliki Karakter yang Mewarisi Mecha Masa Lalu

erwin death levi attack on titan

Sebuah mecha biasanya khusus untuk orang tertentu, mereka berbagi sejarah, dari semua pertempuran yang telah mereka lakukan dan semua petualangan yang terjadi. Sebuah mecha bisa diteruskan ke pemilik baru, meski biasanya itu adalah adegan menyedihkan.

Dalam Attack on Titan, para Titan diberikan kepada pengguna baru dengan proses agak kanibal tetapi dengan kemegahan dan keadaan yang tidak kalah penting, terutama karena pemilik baru dari Pure Titan mendapatkan akses ke ingatan mantan penggunanya.

6. Kematian Karakter yang Brutal dan Menyedihkan

sasha attack on titan

Jika bertanya genre anime apa yang hobi membunuh karakternyat, maka anime mecha adalah jawabannya.

Tidak ada yang harus tumbuh terlalu terikat pada karakter di dunia yang keras dan kejam seperti yang dialami oleh protagonis Attack on Titan, tetapi sulit untuk tidak menyukai mereka saat mereka tumbuh dan berubah seiring dengan peristiwa anime.

Namun, ketika tragedi menyerang, itu menyerang dengan keras. Dari kematian Sasha yang tidak perlu hingga pengorbanan Erwin, jumlah tubuh terus bertambah, membuat pemirsa meringkuk dan takut akan karakter tercinta berikutnya.

7. Attack On Titan Menampilkan Banyak Korban Jiwa

attack on titan shingeki no kyoujin

Dalam anime tentang mesin perang besar, kamu harus menunjukkan kekuatan mereka relatif terhadap rata-rata orang.

Di dunia Attack on Titan, penonton sering melihat anggota Survey Corps dan rakyat jelata kehilangan nyawa mereka karena para Titan.

Tidak pernah berhenti mengejutkan dan mengerikan ketika seorang Titan memakan seseorang atau mencabik-cabik mereka seolah-olah mereka adalah kertas.

Fans juga bisa melihat kerusakan properti skala besar yang bisa dilakukan oleh monster raksasa yang tidak punya pikiran ini.

Para Titan dapat menghancurkan seluruh lingkungan dengan mudah.

Baca juga: Alasan Titan Memakan Manusia

8. Attack On Titan Memiliki Banyak Pidato yang Kharismatik

attack on titan eren emo

Dari Char Aznable di Gundam sampai Lelouch di Code Geass, para pilot ini bukan hanya ahli mengemudikan mecha dalam pertempuran, tapi juga punya kemampuan menarik massa dengan orasi.

Ketika tiba waktunya untuk pertarungan antara kebaikan dan kejahatan, pendirian terakhir umat manusia, atau serangan sia-sia ke dalam pusaran kematian tertentu, pahlawan dan penjahat anime mecha suka menyampaikan pidato yang menginspirasi atau menakutkan.

Dalam Attack on Titan, banyak dari pidato tersebut berasal dari Komandan Erwin Smith, tetapi penggemar juga dapat melihat Eren Jaeger menyampaikan beberapa pidatonya seiring berjalannya seri.

Pidato Eren menanamkan rasa takut dan hormat pada rekan dan musuhnya. Terkadang, kata-kata sama kuatnya dengan Titans.

9. Attack On Titan Memiliki Teknik dan Kemampuan Baru Atau Tersembunyi

attack on titan eren

Ketika pertarungan sudah berlarut-larut, kedua belah pihak mulai lelah, dan sepertinya hasilnya diragukan bagi para jagoan anime mecha, saat itulah harus mengeluarkan semua pemberhentian dengan kekuatan, teknologi, atau serangan baru.

Dari wahyu pertama bahwa Eren mengendalikan Titan hingga konsep para Titan yang meneruskan ingatan mereka kepada pengguna baru mereka, selalu ada kartu as tersembunyi, biasanya tepat ketika situasi mengharuskannya, bahkan mengejutkan karakter lain.

10. Attack On Titan Menampilkan Desain yang Mencolok Secara Visual

attack on titan season finale

Mecha yang baik dapat langsung dikenali, seperti Gurren Lagann, Evangelion Unit-01, atau Big O. Titan tidak terkecuali dalam aturan itu.

Dari rambut shaggy dan mulut kejam Attack Titan hingga rahang jahat Jaw Titan, desain dari mecha biologis yang dilihat para penggemar di Attack on Titan semuanya unik dan menarik secara visual. Desainnya juga berfungsi dengan baik untuk menyampaikan kekuatan para Titan.

Bentuk raksasa Collosal Titan, pelat eksoskeletal Armored Titan yang kuat, dan gaya berjalan berkaki empat yang aneh dari Cart Titan membuat kamu langsung mengetahui fungsinya dalam pertempuran.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1765

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *