Panduan Nonton Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) dan Urutan Cerita

Hampir tidak mungkin untuk menjadi bagian dari komunitas anime tanpa berpapasan dengan bentuk media atau konten yang berhubungan dengan Attack on Titan. Bahkan jika kamu benar-benar baru mengenal anime, kemungkinan besar kamu telah menyaksikan hype besar-besaran di sekitar serial ini.

Dalam hal anime modern, hanya beberapa seri yang dapat bersaing dengan Attack on Titan yang menguasai genre tersebut. Serial anime ini, yang dimulai pada 2013, mengikuti penentangan umat manusia terhadap spesies Titan pemakan manusia yang sangat besar.

Tertarik untuk menonton anime selengkapnya sebelum berakhir pada musim dingin ini? Berikut urutan jam tangan Attack on Titan terbaik dari season pertama hingga sekarang.

Urutan Rilis Attack on Titan

Sejak penayangan pertama Attack on Titan pada tahun 2013, telah ada tiga musim lengkap dari pertunjukan tersebut. Paruh pertama musim keempat baru saja selesai ditayangkan pada musim semi, dengan bagian kedua diharapkan untuk musim anime musim dingin 2022.

Selain itu, meski belum ada set film, ada beberapa OVA, yang menjembatani cerita antar musim. Namun, untuk beberapa ceritanya masih diperdebatkan, karena tidak semuanya ditulis oleh penulis asli acara tersebut, Hajime Isayama.

Satu-satunya spin-off non-kanonik yang dikonfirmasi adalah Attack on Titan: Junior High, yang memparodikan pertunjukan dalam setting sekolah slice-of-life.

Berikut daftar urutan rilis Attack on Titan:

1. Attack on Titan Season 1 (2013)

Attack on Titan Season 1 (2013)
  • Episode: 25
  • Tayang: Spring 2013
  • Studio: Wit Studio

Beberapa ratus tahun yang lalu, diceritakan kalau manusia hampir dimusnahkan oleh raksasa yang disebut Titan. Mereka biasanya lebih besar, tampaknya tidak memiliki kecerdasan, dan melahap manusia.

Sebagian kecil umat manusia bertahan hidup dengan membentengi diri mereka sendiri di kota yang dilindungi oleh tembok yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari raksasa terbesar.

Baca juga: Kenapa Titan Memakan Manusia?

Maju ke masa sekarang dan kota ini belum pernah melihat titan selama lebih dari 100 tahun. Remaja laki-laki Eren dan saudara angkatnya Mikasa menyaksikan sesuatu yang mengerikan ketika tembok kota dihancurkan oleh titan kolosal yang muncul dari udara tipis.

Saat raksasa yang lebih kecil membanjiri kota, kedua anak itu menyaksikan dengan ngeri saat ibu mereka dimakan hidup-hidup. Eren bersumpah bahwa dia akan membunuh setiap titan dan membalas dendam untuk seluruh umat manusia.

2. Attack on Titan Season 2 (2017)

Attack on Titan Season 2 (2017)
  • Episode: 12
  • Tayang: Spring 2017
  • Studio: Wit Studio

Eren Jaeger bersumpah untuk memusnahkan setiap Titan terakhir, tetapi dalam pertempuran untuk hidupnya dia akhirnya menjadi hal yang paling dia benci.

Dengan kekuatan barunya, dia berjuang untuk kebebasan umat manusia menghadapi monster yang mengancam rumahnya.

Setelah kemenangan pahit melawan Female Titan, Eren tidak menemukan waktu untuk beristirahat—segerombolan Titan mendekati Wall Rose dan pertempuran demi kemanusiaan berlanjut!

Baca juga: Maria, Rose, dan Sina: Tembok Besar di Attack on Titan

3. Attack on Titan Season 3 Part 1 (2018)

Attack on Titan Season 3 Part 1 (2018)
  • Episode: 12
  • Tayang: Summer 2018
  • Studio: Wit Studio

Eren dan rekan-rekannya di 104 ditugaskan ke Pasukan Levi yang baru dibentuk, yang bertugas untuk menjaga Eren dan Historia tetap aman mengingat kekuatan Eren yang baru ditemukan dan pengetahuan serta silsilah Historia.

Levi dan Erwin punya alasan kuat untuk khawatir, karena pendeta Gereja yang disembunyikan Hanji ditemukan disiksa sampai mati, menjelaskan bahwa Polisi Militer terlibat dalam penyembunyian itu.

Hal-hal menjadi lebih mengerikan ketika anggota parlemen bergerak ke Erwin dan Pasukan Levi nyaris menghindari penangkapan. Eren juga mengalami masalah dengan transformasi Titan-nya, dan seorang pembunuh mematikan telah disewa untuk mengamankan Eren dan Historia, yang sangat dikenal Levi sejak masa mudanya.

4. Attack on Titan Season 3 Part 2 (2019)

Attack on Titan Season 3 Part 2 (2019)
  • Episode: 10
  • Tayang: Spring 2019
  • Studio: Wit Studio

Pertempuran untuk merebut kembali Tembok Maria dimulai sekarang!

Dengan kemampuan pengerasan baru Eren, Scout yakin mereka dapat menyegel tembok dan merebut kembali Distrik Shiganshina. Jika mereka berhasil, Eren akhirnya bisa membuka rahasia ruang bawah tanah—dan dunia.

Tapi bahaya menunggu saat Reiner, Bertholdt, dan Beast Titan punya rencana sendiri. Mungkinkah ini pertempuran terakhir umat manusia untuk bertahan hidup?

5. Attack on Titan Final Season Part 1 (2020)

Attack on Titan Final Season Part 1 (2020)
  • Episode: 16
  • Tayang: Fall 2020
  • Studio: MAPPA

Sudah empat tahun sejak Resimen Scout mencapai garis pantai, dan dunia terlihat berbeda sekarang. Situasi memanas saat nasib Resimen Scout—dan penduduk Paradis—akhirnya ditentukan.

Namun, Eren hilang. Akankah dia muncul kembali sebelum ketegangan lama antara Marley dan Eldian menghasilkan perang dari semua perang?

6. Attack on Titan Final Season Part 2 (2022)

Attack on Titan Final Season Part 2 (2022)
  • Episode: 16
  • Tayang: Fall 2020
  • Studio: MAPPA

Bagian kedua dari Shingeki no Kyojin: Musim Terakhir.

Perang untuk Paradis membidik Shiganshina sama seperti Jaegerists telah merebut kendali.

Setelah menerima pukulan besar dari serangan mendadak yang dipimpin oleh Eren, Marley dengan cepat bertindak untuk membalas. Dengan rencana sejati Zeke terungkap dan militer dipaksa di bawah aturan baru, pertempuran ini mungkin terjadi di dua front.

Apakah Eren berniat memenuhi keinginan saudara tirinya atau dia punya rencana sendiri?

Urutan Arc Cerita Attack on Titan

Berikut urutan cerita berdasarkan arc yang ada di manga aslinya:

  1. The Fall of Shiganshina arc
  2. Battle of Trost District arc
  3. 104th Training Corps arc/Humanity’s Comeback arc
  4. The Female Titan arc (Eve of the Counterattack arc, The 57th Exterior Scouting Mission arc, Assault on Stohess arc)
  5. Clash of the Titans arc
  6. Royal Government arc
  7. Return to Shiganshina arc
  8. Marley arc/Marley arc
  9. War for Paradis arc

Di Mana Nonton Attack on Titan?

Serial anime Attack on Titan tersedia untuk ditonton di beberapa penyedia streaming resmi, memungkinkan siapa pun untuk menontonnya sesuai dengan preferensi mereka.

Berikut adalah daftar platform untuk menonton secara legal:

  • Netflix
  • iQiyi
  • Bilibili (Bstation)
  • Crunchyroll
  • Funimation
  • Hulu
  • Iflix
  • WeTV

Saya sendiri sebenarnya pembaca manga, tapi menonton juga lewat platform Bstation karena legal dan gratis (lisensi resmi oleh Muse).

Itu tadi panduan nonton Attack on Titan, bagi yang ingin bertanya atau diskusi boleh di kolom komentar.

Tinggalkan komentar