Cara Mengubah Font Windows Seperti Font macOS

Kamu mungkin telah mengamati bahwa font di Mac terlihat berbeda dari font Windows. Teks dalam sistem Windows tampak lebih kecil dan kurang tajam dibandingkan dengan sistem Mac.

Beberapa juga lebih suka representasi warna di Mac daripada di Windows. Oleh karena itu, mungkin tampak bagi sebagian orang bahwa tidak seperti Mac, teks di Windows tidak dioptimalkan untuk membaca artikel panjang.

Font Windows vs Font Mac

Cara font muncul di mesin kamu bergantung pada perangkat lunak yang disebut Font renderer. Apple peduli dengan estetika Mac dan berupaya keras untuk hal-hal seperti UI modern dan rendering font yang membedakan Mac dari sistem lain seperti Windows.

Windows menggunakan teknologi DirectWrite untuk merender font, sementara Mac menggunakan rendering font Free-Type yang memiliki kemampuan penghalusan font yang lebih baik daripada Windows.

Sampai sekarang, Microsoft menawarkan teknologi perangkat lunak ClearType untuk versi Windows terbaru untuk meningkatkan keterbacaan teks pada layar laptop dan monitor LCD datar.

Tweak sederhana pada pengaturan ClearType bisa meningkatkan keterbacaan teks dan upaya untuk menghaluskan font pada monitor kamu. Namun, sebagian besar pengguna seperti desainer dan seniman masih lebih suka menggunakan Mac Freestyle daripada teknologi Clear Type.

Jika pekerjaan kamu melibatkan peralihan terus-menerus antara Mac OS dan sistem Windows, kamu mungkin ingin memiliki font halus seperti Mac di mesin Windows.

Baca juga: Layar Hitam Hanya Kursor Pas Login Windows 10? Ini Cara Mengatasinya

Cara Menjadikan Font Mac untuk Font Windows

cara mengubah font windows jadi seperti font macbook

Beberapa pengguna Windows seperti developer dan desainer web hanya menyukai cara Windows membuat font, beberapa pengguna mungkin lebih memilih font render Apple karena teks terlihat lebih tajam, lebih bagus, dan lebih mudah dibaca.

Melansir dari WebSetNet, saya akan menjelaskan cara mengganti font Windows kamu dengan font halus seperti Mac menggunakan program gratis seperti MacType dan GDIPP.

1. MacType

Seperti namanya, MacType adalah program yang kuat yang bertujuan untuk menyediakan font Windows seperti font halus di Mac.

Versi terbaru MacType sepenuhnya kompatibel dengan Windows 10 dan mudah digunakan dengan opsi penyesuaian tambahan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan MacType di Windows 10.

Unduh MacType. Jalankan file penginstal dan selama instalasi pilih instal lengkap.

Setelah MacType diinstal, Luncurkan program dan pilih bahasa sebagai bahasa Inggris.

Di jendela MacType Wizard, Klik tombol radio dengan opsi Muat dengan MacTray.

Centang kotak dengan opsi Jalankan sebagai Administrator dan klik tombol radio dengan opsi Mode pemuatan mandiri.

Klik tombol Berikutnya. Pilih profil penghalusan font default MacType yang diberi label dalam bahasa Cina dan klik tombol Selesai.

Klik OK di kotak dialog konfirmasi untuk menerapkan perubahan.

Profil Font menentukan komponen yang terlibat dalam proses penghalusan font. kamu dapat membuat profil font baru atau mengedit profil font yang ada menggunakan Panel Kontrol MacType yang akan dibuat sebagai pintasan desktop segera setelah penginstalan selesai.

2. GDIPP

GDIPP adalah program sederhana yang bertujuan untuk memberi kamu efek teks windows yang muncul seperti Mac OS.

Ini sangat mudah digunakan dan dapat dengan mudah dikustomisasi pada Windows versi 32-bit dan Windows 64-bit. Ini memungkinkan kamu untuk menginstal komponen 32-bit dan komponen 64-bit secara terpisah.

Namun, kedua komponen ini berbagi file pengaturan yang sama. Setelah program diinstal, proses 32-bit hanya akan membuat aplikasi 32-bit, dan komponen 64-bit hanya akan membuat aplikasi 64-bit dalam versi Windows 64-bit.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan program GDIPP di Windows 10.

Unduh versi terbaru GDIPP di sini. Jalankan penginstal yang diunduh.

Setelah penginstalan selesai, kamu akan memiliki font seperti Mac yang mulus di mesin Windows kamu.


Nah itu tadi cara mengubah font Windows agar seperti font di sistem Mac. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar