Cara Mengubah PowerPoint Jadi Video, Convert PPT ke MP4

Kita sudah terbiasa berbagi video lewat aplikasi dan platform seperti YouTube. Nah, bagaimana jika kamu ingin membagikan presentasi PowerPoint kamu? Solusinya mudah, cukup ubah slide kamu menjadi video.

Mengonversi PPT ke video MP4 bukanlah sesuatu yang rumit, dan dalam artikel ini, kamu akan belajar cara melakukannya di PowerPoint.

Mengapa Mengonversi PPT ke Video MP4?

Ada tiga alasan utama kamu mungkin perlu mengonversi slide PPT ke video MP4:

  • Kamu ingin membagikan file kamu di media sosial, blog, atau situs berbagi video.
  • Kamu tertarik untuk melindungi presentasi kamu dari modifikasi dan pengeditan ulang oleh orang lain.
  • Kamu menginginkan beragam perangkat pendukung video seperti Smart TV, tablet, dan smartphone untuk menampilkan slide kamu dengan sempurna.

Kamu dapat mengubah slide kamu menjadi format MP4 langsung di PowerPoint jika versi kamu 2010 atau lebih baru, jika mempertahankan semua efek tidak terlalu penting. Jika tidak, kamu harus menggunakan aplikasi convert video pihak ketiga.

Mari kita lihat apa yang dapat kamu lakukan dengan versi default PowerPoint.

Cara Mengonversi Slide PowerPoint ke Video MP4 di Windows

laptop girl platform blog terbaik powerpoint
  1. Buka presentasi PowerPoint yang ingin kamu ubah. Jika sudah terbuka, pastikan semua perubahan terbaru kamu telah disimpan dengan memilih File lalu klik Save.
  2. Pilih File lalu klik tombol Export jika kamu menggunakan PowerPoint 2013 ke atas, atau Save & Send jika kamu menggunakan PowerPoint 2010.
  3. Klik Create a Video.
  4. Pilih kualitas video kamu. Ingatlah bahwa semakin tinggi kualitas resolusi layar yang kamu pilih, semakin besar pula ukuran file kamu. Jika penyimpanan data kamu terbatas, kamu mungkin ingin memilih kualitas rendah.
  5. Jika kamu memiliki pengaturan waktu dan narasi dan ingin memasukkannya ke dalam presentasi video kamu, klik Use Recorded Timings and Narrations. Kamu juga dapat merekam narasi pada saat ini dengan memilih Record Timings and Narrations.
  6. Sekarang, atur jumlah waktu yang kamu inginkan untuk menampilkan setiap slide kamu.
  7. Periksa semua pengaturan untuk memastikan semuanya telah diatur dengan benar. Setelah kamu selesai melakukannya, pilih Create Video.
  8. Pilih lokasi untuk menyimpan presentasi video kamu dan format videonya. PowerPoint menawarkan dua opsi format: Video MPEG-4 (MP4) dan Windows Media Video (WMV). Jika kamu membutuhkan format lain, gunakan perangkat lunak pengonversi video lain.

Nah begitu caranya, gampang kan? Tunggu saja proses konversi selesai, dan presentasi video kamu akan siap.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Berita Online Gratis Terbaik

Konverter PowerPoint ke MP4 dengan Suara dan Efek

Sangat menyenangkan memiliki fitur konversi yang disertakan dalam PowerPoint itu sendiri, tetapi kami menemukan bahwa pengaturan waktu transisi slide dalam video yang dikonversi dengan cara ini mungkin tidak aktif.

Jika kamu ingin efek PPT kamu tetap tidak berubah dalam presentasi video, unduh uji coba iSpring Converter Pro gratis, ubah slide kamu menjadi video dalam beberapa klik, dan dapatkan presentasi MP4 berkualitas tinggi yang menampilkan semua efek dan animasi asli, dan simpan pengaturan waktunya.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *