Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10 dan Windows 11

Ingin tahu cara merekam layar laptop tanpa perlu install aplikasi? Windows 10 dan Windows 11 memiliki fitur dengan kemampuan untuk rekam layar sebagai bagian dari alat Xbox Game Bar, dan menggunakannya sangat mudah.

Ini bisa merekam aktivitas kamu di aplikasi yang bukan hanya game. Namun, Game Bar memiliki beberapa batasan, misalnya hanya dapat merekam layar satu aplikasi pada satu waktu dan bukan seluruh layar. Meski begitu, cara ini sudah lebih dari cukup.

Di bawah ini, saya akan menunjukkan cara merekam layar laptop kamu di Windows 10 atau Windows 11, menggunakan Xbox Game Bar.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Xbox Game Bar

cara merekam layar laptop windows 10 xbox game bar

Menurut Tom’s Hardware, Xbox Game Bar yang dibangun pada Windows 11 dan Windows 10, memiliki sejumlah fitur, termasuk pemantauan CPU dan GPU. Namun, fitur yang paling berguna adalah kemampuannya untuk merekam layar laptop, menghasilkan format MP4.

XBox Gme Bar berfungsi dengan baik di aplikasi lain seperti web browser macam Chrome atau Firefox seperti halnya di Game, tetapi hanya berfungsi dalam satu aplikasi pada satu waktu dan tidak dapat menangkap desktop Windows atau File Explorer.

Jadi, jika kamu ingin menunjukkan kepada seseorang cara melakukan tugas yang melibatkan banyak program. Misalnya, memprogram halaman web di editor kode dan kemudian melihatnya di browser, kamu perlu mengambil banyak video.

Dan jika kamu ingin menunjukkan kepada mereka cara melakukan apa pun di UI Windows 11 atau 10, seperti menggunakan menu Start, kamu tidak bisa.

Nah, berikut cara merekam layar laptop dengan aplikasi Xbox Game Bar:

  1. Klik aplikasi yang ingin kamu rekam.
  2. Tekan key Windows + Alt + R untuk memulai perekaman layar. Widget rekaman kecil yang menunjukkan berapa lama kamu telah merekam muncul di suatu tempat di layar, kemungkinan besar di sudut. Kamu juga bisa sampai di sini dengan meluncurkan Xbox Gamebar (Windows + G) dan kemudian menemukan widget tangkapan, tetapi pintasan keyboard jauh lebih sederhana.
  3. Lakukan tindakan apa pun yang kamu inginkan dan gunakan mikrofon untuk merekam audio. kamu juga dapat mematikan mikrofon jika tidak ingin merekam suara apa pun.
  4. Tekan tombol Windows + Alt + R lagi untuk menghentikan perekaman layar. kamu juga dapat menekan tombol stop pada widget kamu akan mendapatkan peringatan yang mengatakan “Klip permainan direkam. Jika kamu mengkliknya, kamu akan masuk ke bagian Galeri aplikasi Gamebar dan dapat melihat pratinjau video yang kamu rekam. kamu juga dapat menemukan file MP4 yang kamu rekam di folder Videos/Captures.

Konfigurasi Perekaman Layar Xbox Gamebar

Meski pengaturan default sudah cukup memadai, ada beberapa opsi yang dapat kamu ubah dalam cara merekam layar laptop agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pertama, arahkan ke Settings > Gaming > Captures.

Selanjutnya, ubah salah satu setelan berikut. Perhatikan bahwa meskipun mereka menggunakan kata “game”, pengaturannya harus berlaku untuk aplikasi apa pun yang kamu rekam, baik itu game atau bukan.

  • Record what happened (Win 11) / Background Recording (Win 10): ini membuat buffer 30 detik (atau lebih jika kamu mengubah pengaturan) dari konten yang direkam secara otomatis. Jadi jika kamu sedang bermain game dan baru saja melakukan pembunuhan epik, kamu dapat menekan tombol Windows + G untuk meluncurkan bilah game dan kamu dapat menyimpan 30 detik yang baru saja berlalu, meskipun kamu tidak merekam layar secara aktif.
  • Max recording length: Jumlah waktu setelah perekaman layar akan mati secara otomatis. Saya sarankan membiarkan ini pada default dua jam.
  • Capture audio when recording a game: Secara default, ini merekam suara dari mikrofon kamu dan game itu sendiri, tetapi mengecualikan suara latar dari Windows atau aplikasi kamu yang lain. kamu dapat menonaktifkan perekaman audio seluruhnya atau mengaktifkannya untuk merekam suara sistem atau mengubah keseimbangan.
  • Video frame rate: default ke 30 fps, tetapi kamu dapat mengubahnya menjadi 60 fps.
  • Video quality: pilih standar atau tinggi.
  • Capture mouse cursor when recording a game: Saya sarankan membiarkan ini diaktifkan, terutama jika kamu merekam aplikasi yang bukan game.

Nah itu tadi cara merekam layar laptop di Windows dengan aplikasi bawaan Xbox Game Bar yang sangat mudah. Selamat mencoba!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1775

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *