10 Distro Linux Ringan dan Stabil Untuk Laptop Kentang

Ingin membuat laptop lawas kamu jadi anti lemot dan mantap buat digunakan? Distro Linux ringan dan stabil ini bisa jadi jawabannya!

Tidak seperti Windows dan Mac, Linux masih memberikan dukungan seumur hidup untuk mesin lama dengan berbagai distro yang dikembangkannya. Inilah yang paling saya suka tentang Linux.

Meski kamu tidak dapat melakukan tugas-tugas berat, kamu masih dapat melakukan tugas normal sehari-hari seperti menjelajahi web, menulis atau mengedit dokumen, menonton film, atau mendengarkan musik.

Jadi mengapa membuang mesin lama jika kamu masih bisa menggunakannya? Jadi, kita akan melihat distro Linux terbaik yang dapat dengan mudah digunakan dan dipasang di komputer lama dengan perangkat keras minimal.

Beberapa distro Linux yang tercantum di sini mungkin juga berguna untuk pemula. Jadi, mari kita mulai dan lihat distro Linux ringan untuk laptop lama.

1. Linux Lite

Linux Lite

Linux Lite adalah sistem operasi yang ideal untuk pemula, dan pas buat komputer lama. Menawarkan banyak fleksibilitas serta kegunaan, yang membuatnya ideal untuk hijrah dari sistem operasi Microsoft Windows.

Antarmuka penggunanya bersih dan intuitif, yang membuatnya tampak seperti sistem operasi modern.

Distro Linux ringan dan stabil ini didasarkan pada Ubuntu LTS dan dapat diperbarui hanya dalam 2 klik. Lebih dari 1000 aplikasi untuk dipilih, yang dapat diinstal dan digunakan secara gratis.

Persyaratan Sistem Minimal

  • Prosesor: 1GHz
  • RAM: 768 MB
  • Penyimpanan: 8 GB
  • Tampilan: Resolusi 1024 x 768

2. Arch Linux

Arch Linux

Arch Linux adalah salah satu yang terbaik jika kamu mencari distro Linux ringan yang dapat berjalan lancar di laptop lama.

Distro Linux ini sangat dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu menggunakan lingkungan desktop seperti Xfce dan LXQt, ini akan membantu kamu mengubah Arch Linux menjadi distro yang ringan.

Tapi ada satu kendala, kamu tidak dapat menginstal Arch Linux pada sistem 32-bit karena pengembang Arch Linux berhenti menawarkan paket 32-bit untuk Arch Linux.

Persyaratan Sistem Minimal

  • Prosesor: Arsitektur 64-bit
  • RAM: Min 530 MB
  • Penyimpanan: Min 2GB

3. Ubuntu MATE

Ubuntu MATE distro linux stabil

Ubuntu MATE adalah sistem operasi yang stabil dan mudah digunakan yang hadir dengan lingkungan desktop yang dapat dikonfigurasi.

Ini adalah sejenis distro Linux ringan yang akan menghidupkan kembali komputer lama kamu yang tidak dapat digunakan. Dengan persyaratan perangkat keras yang sederhana, ini adalah distro yang ideal untuk mesin lama dan modern.

Rilis terbaru didasarkan pada Ubuntu 22.04; itu bisa menjadi alternatif yang bagus untuk Ubuntu jika komputer tidak cukup kuat untuk menjalankannya.

Persyaratan Sistem Minimal

  • Prosesor: Core 2 Duo atau Core i3
  • RAM: 1GB Min
  • Periferal: DVD atau USB Flash Drive

4. Slax

Slax adalah sistem operasi pocket, begitulah para developer menyebutnya. Slax adalah sistem operasi modern, portabel dan ringan yang terintegrasi dengan baik buat mesin dan laptop lama. Distro Linux ringanini memiliki desain yang bersih dan indah.

Kamu dapat menginstal Slax pada flash drive USB sehingga kamu dapat membawanya ke mana saja di saku kamu dan menjalankannya di komputer mana pun. Mungkin itu sebabnya mereka menyebutnya sistem operasi saku.

Slax didasarkan pada Debian, yang memastikan dukungan dan pembaruan komunitas yang baik.

Slax hadir dengan beberapa aplikasi pra-instal yang berguna seperti Terminal, web browser, dan lainnya.

Distro Linux ini tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit. Ukuran file ISO instalasi ini hanya sekitar 270 MB yang menjadikannya distro Linux yang ideal untuk laptop lama.

Persyaratan Sistem Minimal

  • Prosesor: i686 atau lebih baru
  • RAM: 128 MB (untuk penggunaan desktop), 512 MB (untuk penggunaan browser web)
  • Periferal: CD atau Drive USB untuk mem-boot OS.

5. Zorin OS Lite

Zorin OS Lite distro linux ringan stabil

Zorin OS Lite adalah distro Linux ringan lainnya yang berjalan lancar dan cepat pada mesin yang berumur 15 tahun. Distro ini memiliki tata letak desktop Windows yang membuatnya ideal untuk pengguna Windows, karena ini akan membuat transisi dari Windows ke Linux menjadi lebih mudah.

Ini juga merupakan distro Linux yang ideal untuk pemula karena memiliki antarmuka pengguna yang sederhana namun menarik yang membuatnya lebih mudah digunakan dan dibiasakan.

Persyaratan Sistem Minimal

  • Prosesor: 700 MHz Single Core – Prosesor Intel/AMD 64-bit atau 32-bit
  • RAM: 512 MB
  • Penyimpanan: 8 GB
  • Tampilan: Resolusi 640 x 480

6. antiX

antiX distro linux ringan stabil

antiX adalah distro Linux ringan yang cepat dan stabil dengan berbasis Debian. Hadir dengan dukungan perangkat keras 32-bit dan 64-bit, yang menjadikannya distro Linux yang ideal untuk komputer dan laptop lama.

antiX juga dapat digunakan sebagai sistem operasi live booting cepat menggunakan flash drive USB di laptop mana pun dengan sumber daya perangkat keras minimal. Rilis terbaru adalah antiX-21 Grup Yorum.

Persyaratan Sistem Minimal

  • RAM: Min 128 MB
  • Penyimpanan: Min 5 GB

7. Lubuntu

Lubuntu distro linux ringan

Lubuntu adalah distro Linux ringan yang sangat populer. Ini adalah sistem operasi yang cepat dan hemat energi yang membuatnya ideal untuk komputer kelas bawah. Muncul dengan rangkaian aplikasi penting seperti aplikasi kantor dan multimedia.

Ini memberi kamu pengalaman desktop yang lengkap di komputer dan laptop kelas bawah. Antarmuka pengguna sederhana dan bersih, menjadikannya ideal untuk pengguna baru dan pengguna Windows.

Persyaratan Sistem

  • Prosesor: Pentium II atau Celeron
  • RAM: 128 MB
  • Penyimpanan: 2 GB

8. Bodhi Linux

Bodhi Linux

Dibangun di atas Ubuntu 18.04 LTS, Bodhi Linux adalah distro Linux ringan yang ideal untuk laptop lama. Mereka menyebut distro ini distro Linux Tercerahkan.

Ini memiliki komunitas yang sangat aktif dan ramah, jadi yakinlah akan dukungan tanpa batas. Ini lebih cepat dibandingkan dengan distro Linux lainnya. Distro ini juga disertakan dengan aplikasi penting seperti browser web dan terminal.

Persyaratan Sistem

  • Prosesor: 500 MHz (32-bit) dan 1,0 GHz (64-bit)
  • RAM: 512 MB
  • Penyimpanan: 5 GB

9. Puppy Linux

Puppy Linux user interface

Puppy Linux adalah distro Linux ringan yang dapat dengan mudah diinstal dan digunakan pada PC lama 32-bit dan 64-bit. Itu dapat dengan mudah di-boot dari CD, DVD, atau USB flash.

Satu hal yang mungkin bertentangan dengan distro ini adalah tidak dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang diperlukan, tetapi ini adalah salah satu distro Linux tercepat yang bekerja dengan mudah di laptop lama.

Persyaratan Sistem

  • Prosesor: 900 MHz
  • RAM: 300 MB

10. Peppermint OS

Peppermint OS distro linux ringan dan stabil

Peppermint OS adalah distro Linux ringan yang terkenal dengan sifatnya yang stabil dan super cepat. Ini adalah distro yang sangat dapat disesuaikan karena dibangun di atas basis kode dukungan jangka panjang.

Dukungan komunitas menjadikannya OS yang ideal untuk pemula maupun laptop lama. Antarmuka pengguna bersih dan modern, yang membuatnya lebih mudah digunakan untuk pemula.

Persyaratan Sistem

  • Prosesor: Intel x86
  • RAM: 1 GB
  • Penyimpanan: 20 GB

Nah itu tadi beragam distro Linux ringan terbaik yang saya temukan yang paling cocok dan dapat diandalkan untuk laptop lama. Masih ada distro lain yang tersedia tetapi mungkin tidak memberikan dukungan komunitas dan pembaruan rutin.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar tekno dan lainnya, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *