10 Drama Korea Pilihan yang Bikin Happy

Dalam sebuh penelitian yang dilakukan Netflix dan antropolog Grant McCracken, ditemukan bahwa 76 persen melaporkan bahwa binge watching atau maraton nonton adalah penyelamat dari kesibukan sehari-hari.

Terlepas dari kesibukan kita, gaya hidup berbasis digital dan interaksi sosial penuh polusi notifikasi, McCracken juga menyimpulkan kita sebenarnya mendambakan semacam narasi panjang yang dapat ditawarkan oleh serial televisi.

Baca juga: Psikologi di Balik Maraton Nonton

Alih-alih berurusan dengan tekanan hidup, kita lebih suka menjadi asyik di dunia yang sama sekali berbeda, tenggelam dalam semesta fiksi. Hari ini, ada banyak pilihan tontonan ini, dengan akses yang makin beragam. Drama Korea adalah salah satunya.

Di sini saya akan mencoba menyusun beberapa drakor yang akan bikin bahagia penontonnya.

1. Coffee Prince

coffee prince korean drama

Salah satu drakor klasik, dan seperti ngopi, akan terus terasa menyegarkan menonton ini. Dengan Gong Yoo dan Yoon Eun Hye sebagai sajian utamanya yang bikin mata melek dan hati berbunga-bunga.

Choi Han Gyul (Gong Yoo) adalah cucu dari sebuah perusahaan yang memiliki bisnis kopi yang berkembang pesat. Dia terpaku pada cinta pertamanya, tapi Han Gyul cuma dianggap teman.

Sementara itu ada Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) yang merupakan seorang gadis tomboi berusia 24 tahun sehingga sering dikira laki-laki. Ayahnya meninggal ketika dia berusia 16 tahun dan sejak itu menjadi pencari nafkah keluarganya.

Han Gyul memutuskan untuk mempekerjakannya (yang menurutnya laki-laki) untuk berpura-pura menjadi kekasih gaynya sehingga dia bisa lolos dari kencan buta yang diatur oleh neneknya. Han Gyul mengambil alih sebuah kedai kopi tua dan mempekerjakan Eun Chan sebagai bagian dari agenda karyawannya yang tampan.

2. Secret Garden

secret garden korea drama

Premisnya memang agak FTV, tentang hubungan romantis antara seorang stuntman cewek dan seorang CEO department store kelas atas. Namun Secret Garden adalah salah satu drama Korea terbaik yang pernah saya tonton.

Segala sesuatu tentang drama ini hampir sempurna. Romansa, fantasi, komedi, dan berbagai momen menyentuh hati, semuanya tercampur dengan baik sehingga membuat resep ajaib. Alur cerita yang begitu indah dilakukan dengan cara yang artistik. Hal terbaik tentang drama ini adalah dialog.

Gil Ra-im (Ha Ji-won) adalah seorang stuntwoman dan Kim Joo-won (Hyun Bin) seorang CEO department store kelas atas. Akibat suatu insiden, keduanya bertemu dan mulai muncul ragam perasaan. Saat dua dunia yang berbeda bertabrakan, Ra-im dan Joo-won secara bertahap belajar tentang dunia masing-masing.

Meski ada yang keberatan, mereka menikah. Cerita menjadi lebih rumit dan dramatis ketika Ra-im dan Joo-won secara ajaib mulai bertukar tubuh.

3. Gu Family Book

gu family book korea drama

Gu Family Book adalah drakor yang memuaskan dahaga karena segala genre diaduk jadi satu. Ada aksi, komedi, romansa, historis, elemen supernatural, dan semuanya dibalut dalam plot yang menarik.

Saya pribadi menyukai karakter utamanya Choi Kang-Chi (Lee Seung-Gi) dia adalah teman yang setia dan kekasih yang hebat. Kang-Chi adalah keturunan gumiho legendaris, dan dia setengah manusia dan setengah siluman hewan. Dia berjuang untuk menjalani hidupnya sebagai manusia dan kemudian jatuh cinta.

Kisah cintanya begitu indah, antara Kang Chi dan Dam Yeo Wool (Bae Suzy), kita benar-benar dapat merasakan cinta mereka satu sama lain.

4. Reply 1988

Tampaknya drakor yang paling sering dibicarakan sampai hari ini, dan biasanya salah satu judul yang akan direkomendasikan buat yang belum pernah nonton drakor. Saya sendiri dulu nonton Reply 1988 awalnya karena bias saya dari girlband Girls Day yakni Hyeri main di sini. Memang, ini drakor yang akan bikin bahagia kecuali yang salah milih tim.

Baca juga: Reply 1988 dan Absurditas Jung Hwan

Pada tahun 1988, Duk-Sun (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-Yeol), Sun-Woo (Ko Gyung-Pyo) dan Dong-Ryong (Lee Dong-Hwi) adalah siswa sekolah menengah dan Taek (Park Bo-Gum ) adalah pemain go. Kelima orang ini berteman sejak mereka masih kecil.

Mereka semua tumbuh bersama dan bertetangga sampai hari ini. Keluarga mereka juga sangat dekat satu sama lain. Mereka selalu berkeliaran di kamar Taek dan menghabiskan waktu bersama. Reply 1988 memotret kehidupan mereka.

5. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Terinspirasi dari kisah Jang Mi Ran, peraih medali emas atlet angkat besi Olimpiade Korea Selatan. Bok Joo, yang diperankan Lee Sung Kyung, adalah seorang atlet angkat besi yang mengejar mimpinya untuk memenangkan medali emas tetapi terdistraksi oleh romansa yang baru ia alami untuk pertama kalinya dalam hidupnya.

Jika Bok Joo berfokus hanya pada angkat besi, maka akan membahayakan hubungan romansanya itu, tetapi meninggalkan karir angkat besinya karena cinta justru akan menjauhkannya dari mimpinya.

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo begitu mencerahkan. Dengan keceriaan dan perjuangan kuliah, drakor ini pasti akan membuat kita tersenyum.

6. Good Manager / Chief Kim

Penulisannya luar biasa, eksekusinya bagus, dan pemerannya fenomenal. Ini adalah seri yang sangat seimbang dengan komedi yang luar biasa, dijamin akan tertawa terbahak-bahak, ditulis dengan baik, karakter yang menyenangkan, dengan pelajaran hidup yang dilemparkan dengan sangat baik di sepanjang jalan.

Good Manajer atau Chief Kim benar-benar menyenangkan untuk ditonton dan salah satu seri terbaik yang pernah saya lihat. Tidak pernah gagal untuk membawa senyum ke wajah saya.

Berfokus pada Kim Sung-Ryong (Namkoong Min) dulunya mengelola uang untuk geng, kemudian secara kebetulan, ia mulai bekerja sebagai kepala departemen akuntansi untuk Perusahaan TQ Group. Dia berjuang untuk menyelamatkan perusahaan tersebut, berjuang melawan korupsi dan irasionalitas di dalamnya.

7. Strong Woman Do Bong Soon

Bong Soon (Park Bo Young) lahir dengan kekuatan seperti manusia super. Kekuatannya turun temurun dan hanya diwariskan kepada para wanita di keluarganya. Mimpinya adalah membuat video game dengan dirinya sebagai karakter utama.

Sampai suatu hari, impiannya tampak akan jadi kenyataan setelah bertemu Min-Hyuk (Park Hyung Sik) seoran CEO perusahaan video game. Min Hyuk percaya Bong Soon akan menjadi pengawal yang hebat dengan kekuatannya yang luar biasa.

Sementara itu, kejahatan terhadap perempuan terjadi di lingkungan tempat tinggal Bong-Soon. Detektif Kook-Doo (Ji Soo) juga tinggal di lingkungan yang sama. Mereka berteman sejak mereka masih kecil. Bong-Soon juga jatuh cinta padanya, tapi Kook Doo punya pacar. Kook Doo mencoba menyelesaikan kasus ini dan Bong Soon dan Min Hyuk ditarik masuk.

8. Be Melodramatic

Im Jin-Joo (Chun Woo-Hee), Lee Eun-Jung (Jeon Yeo-Bin) dan Hwang Han-Joo (Han Ji-Eun) adalah teman baik dan mereka semua berusia 30 tahun. Setiap karakter memiliki pergulatan uniknya sendiri.

Im Jin-Joo adalah seorang penulis serial drama. Dia memiliki emosi yang naik turun. Kepribadiannya agak unik. Meski dia adalah seorang penulis serial drama, dia mencoba untuk menulis naskahnya secara idealis dengan gaya sastra.

Lee Eun-Jung adalah sutradara dokumenter. Dia telah menikmati film dokumenter sejak dia masih kecil. Dia menjalankan perusahaan produksinya sendiri dan dia adalah satu-satunya anggota staf di perusahaan tersebut. Salah satu film dokumenternya menjadi hit yang tak terduga.

Hwang Han-Joo adalah kepala tim pemasaran untuk perusahaan produksi serial drama. Dia adalah seorang ibu tunggal. Hwang Han-Joo berjuang untuk menyeimbangkan pekerjaannya dan membesarkan seorang anak.

9. Welcome to Waikiki

Kang Dong-Goo (Kim Jung-Hyun) bermimpi menjadi sutradara film, tetapi dia sinis karena nasib buruk. Cheon Joon-Ki (Lee Yi-Kyung) ingin mengikuti jejak ayahnya dan menjadi aktor, tapi dia sekarang hanya aktor tak dikenal. Sementara Bong-Doo-Sik (Son Seung-Won) datang ke Seoul untuk menjadi penulis skenario, tetapi tentu saja itu bukan pekerjaan mudah.

Meski tanpa pengalaman, tiga pria ini menjalankan guest house di Itaewon bernama “Waikiki”. Dengan guest house yang menghadapi kebangkrutan, kemudian bayi misterius dan ibu tunggal muncul di Waikiki.

10. Hospital Playlist

Dirilis pada tahun 2020, Hospital Playlist adalah drakor terbaru dari penulis serial Reply, Lee Woo-jung. Ada berbagai kemiripan dengan Reply 1988: alur cerita sentral yang longgar, fokus pada hubungan, karakter yang kuat, dan tentu saja, kehadiran sekelompok teman yang begitu friendship goals banget.

Hospital Playlist menggambarkan kisah para dokter, perawat, dan pasien di sebuah rumah sakit. Lima dokter semuanya masuk universitas kedokteran yang sama pada tahun 1999. Mereka sekarang berteman dan bekerja sama di rumah sakit yang sama.

Meski sebagian besar berfokus pada kasus dan pasien yang mereka tangani, Hospital Playlist benar-benar tentang hubungan antara karakter utama, serta orang-orang yang bekerja di dalam rumah sakit. Tak ada “plot utama” untuk drakor ini, melainkan, setiap karakter memiliki urusan sendiri-sendiri.

3 pemikiran pada “10 Drama Korea Pilihan yang Bikin Happy”

Tinggalkan komentar