5 Emulator Android Terbaik untuk PC dan Laptop

Kamu dapat menjalankan Android di Windows 11 atau Windows 10 dengan emulator Android. Apa yang dilakukan adalah meniru sistem operasi seluler, atau setidaknya sebagian darinya, melalui program perangkat lunak yang mampu menjalankan Android.

Semuanya terkandung dalam perangkat lunak emulasi. Ini berarti kamu dapat melakukan hal-hal yang biasanya tidak mungkin dilakukan di komputer kamu, seperti menginstal aplikasi Android di Windows dan menguji coba berbagai versi OS, tanpa memerlukan ponsel atau tablet.

Emulator Android ini dapat membantu jika aplikasi favorit kamu hanya berjalan di ponsel, tetapi kamu juga ingin menggunakannya dari komputer, atau di layar yang lebih besar.

Nah, berikut beragam emulator Android terbaik yang dilansir dari Lifewire:

1. BlueStacks

BlueStacks emulator android

Tidak seperti emulator seluruh OS, BlueStacks hanya mengemulasi aplikasi Android di Windows. Ini sangat mudah digunakan, jadi kamu tidak perlu tahu apa-apa tentang emulator atau bahkan Android untuk mengaktifkan dan menjalankan aplikasi kamu.

Google Play sudah ada di dalamnya, jadi cukup instal aplikasi yang kamu inginkan melalui toko aplikasi, lalu buka pintasannya seperti yang kamu lakukan di perangkat seluler.

Jika kamu mencari emulator Android yang memungkinkan kamu menginstal aplikasi Android dengan cepat di PC, kamu tidak akan salah dengan yang satu ini.

Ini gratis, tetapi kamu dapat meningkatkan ke BlueStacks Premium tanpa iklan, wallpaper harian, rekomendasi aplikasi, dukungan premium, dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Emulator PS3 Terbaik Untuk PC

2. Amazon Appstore

Amazon Appstore emulator android

Amazon Appstore adalah aplikasi gratis yang tersedia melalui Windows 11 Microsoft Store. Ini memiliki katalog besar aplikasi Android, dan menginstal dan membukanya cukup intuitif untuk siapa saja.

Beberapa aplikasi bekerja dalam mode layar penuh, kamu dapat membeli hal-hal dalam aplikasi seperti yang kamu dapat dari perangkat seluler, aplikasi untuk anak-anak dipisahkan ke dalam tab mereka sendiri, dan alat pencarian membuatnya sangat mudah untuk menemukan aplikasi dalam hitungan detik.

3. MEmu

MEmu emulator android

MEmu adalah program mengesankan yang layak masuk dalam daftar emulator Android mana pun. Itu menyebut dirinya “emulator Android paling kuat,” dan kami setuju. Ini ideal untuk pengguna emulator yang tidak berpengalaman dan mahir.

kamu mendapatkan seluruh sistem operasi seolah-olah kamu menjalankan tablet di sana di layar. Ada akses langsung ke Play Store, jadi setelah masuk ke akun Google kamu, kamu akan merasa seperti berada di tablet Android 7: cukup pilih aplikasi mana yang akan dipasang, dan kamu akan segera membukanya.

Kamu bahkan tidak perlu membuka MEmu terlebih dahulu untuk menjalankan aplikasi favorit kamu. Cukup buat pintasan desktop agar dapat diakses kapan saja; itu akan terbuka langsung di MEmu App Player.

Ini adalah program yang sangat buruk jika kamu tertarik dengan penyesuaian. Kamu dapat menyesuaikan kinerja (hebat jika kamu memiliki sumber daya sistem yang terbatas), mengubah mode render, menentukan pintasan keyboard khusus, mengatur keymapping, memalsukan lokasi GPS kamu, menginstal aplikasi Android secara manual (tanpa menggunakan app store), menggoyang layar, mengotomatiskan mouse dan tindakan keyboard, merekam layar, dan banyak lagi.

Ada juga sakelar sekali klik untuk mengaktifkan mode root dengan mudah, pengoptimalan memori GPU, cache ASTC, mode 120 fps, dan banyak lagi.

Hanya pengguna berbayar yang dapat menghapus iklan, mengubah tema, dan menyesuaikan dok.

4. GameLoop

GameLoop emulator android

Emulator Android ini, awalnya bernama Tencent Gaming Buddy, diluncurkan pada 2018 dan saat ini memiliki lebih dari 50 juta pengguna aktif bulanan.

Meskipun kamu dapat menginstal aplikasi secara manual dari file APK mereka, itu juga mencakup lebih dari 1.000 game seluler, dan merupakan emulator Android resmi untuk PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor.

Emulatornya sendiri sangat responsif. Ini jelas segera setelah menginstalnya, dan berlanjut selama mengunduh dan menggunakan aplikasi.

Pengaturan termasuk opsi untuk mengubah mode rendering layar, mengaktifkan Root Authority, dan menyesuaikan pengaturan anti-aliasing, resolusi, dan memori/prosesor. Tangkapan layar dan rekaman dapat disimpan ke folder khusus yang kamu pilih.

Nimo TV sudah built-in, jadi kamu saat tidak sedang bermain, kamu bisa beralih ke platform live streaming ini untuk menonton pemain lain yang menyiarkan gameplay mereka.

5. Remix OS Player

Remix OS Player emulator android

Remix OS adalah sistem operasi berbasis Android 6.0 Marshmallow, sehingga terlihat seperti OS biasa kamu dengan area desktop, menu mulai, bilah tugas, dan tempat sampah.

Namun, alih-alih menginstal seluruh Remix OS, kamu dapat menggunakan emulator Remix OS Player untuk menjalankan aplikasi Android di komputer kamu.

Perangkat lunak ini digambarkan sebagai emulator game untuk komputer kamu karena memungkinkan kamu menyesuaikan beberapa pintasan yang biasanya digunakan untuk menavigasi game, tetapi kamu juga dapat menggunakan Remix OS Player untuk aplikasi lain, seperti Snapchat, Facebook, dll.; semuanya tersedia melalui Play Store.


Nah itu tadi beragam emulator Android terbaik yang bisa dipakai di Windows lewat PC atau laptop kamu. Selamat mencoba!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *