Penjelasan Ending Kimi no Na wa (Your Name)

Kimi no Na wa atau Your Name adalah film anime fantasi romantis Jepang tahun 2016 yang dibesut Makoto Shinkai di bawah produksi CoMix Wave Films.

Menceritakan seorang anak sekolah menengah di Tokyo dan seorang gadis sekolah menengah yang tinggal di desa terpencil di Jepang yang secara tak terduga dan misterius mulai bertukar tubuh.

Baca juga: 10 Anime Romantis Sekolah Menengah Bikin Baper

Terlepas dari pesona, kesuksesan, dan kekuatan visualnya, Your Name memiliki cerita yang sangat membingungkan dan misteri yang sulit dipahami, yang membuat banyak orang menggaruk kepala saat ending.

Tentang Apa Kimi no Na wa (Your Name)?

Kita diperkenalkan dengan dua orang yang merasa terhubung dengan orang ketiga…tetapi tidak tahu siapa orang itu. Ada kekosongan yang dirasakan Taki dan Mitsuha. Mereka tahu ada sesuatu yang hilang, mereka merasa tidak lengkap. Mereka, dalam kutipan itu, melafalkan keinginan mereka untuk menemukan separuh yang lebih baik.

Komentar Mitsuha dan Taki tentang apa yang mereka rasakan ketika komet-komet itu jatuh di langit tidak spesifik, atau logis. Hal ini begitu ambigu, samar, dan penuh teka-teki. Cinta bukanlah sesuatu yang harus dijelaskan, tetapi perasaan.

Your Name memperlakukan perasaan itu sebagai sesuatu yang lembut. Cinta tidak dipaksakan oleh ruang atau waktu, melainkan oleh individu-individu yang bersama-sama tidak dapat dipisahkan di mana pun mereka berada.

Saya percaya ini adalah pola pikir penting untuk terus bergerak lebih jauh ke dalam penjelasan plot film. Karena meski semua elemen plot yang membingungkan dari Your Name dapat dijelaskan, kita pikir mereka tampak lebih kuat dan mendapatkan lebih banyak makna ketika kita dapat menghubungkan penjelasan tersebut dengan keinginan Mitsuha dan Taki untuk menemukan cinta, perasaan yang dapat kita semua maknai.

Timeline dan Alur Cerita Kimi no Na wa (Your Name)

Banyak orang bingung dengan Your Name karena strukturnya. Misalnya karena Mitsuha ada tiga tahun di belakang Taki, dan karena filmnya melompat secara ambigu di antara periode waktu itu, ceritanya tidak bergerak dalam urutan kronologis.

Tapi saya jamin, semua detail ada di sana. Dan plot film bisa lebih dipahami jika kita meletakkan semua komponen utamanya secara berurutan. Jadi berikut gambaran besar linimasa dan alur Your Name, sebelum saya nanti menjelaskan soal ending-nya:

1. Serangan Komet Pertama

Ratusan tahun yang lalu, sebuah komet bertabrakan dengan Bumi dan membentuk danau yang merupakan lokasi Itomori.

2. Ibu Mitsuha Meninggal

Setelah kematian ibu Mitsuha dan Yotsuha, ayah mereka menjadi terpisah dari mereka dan sibuk berpolitik. Nenek mereka mengambil peran sebagai orang tua dan mengasuh mereka.

3. Mitsuha Melakukan Ritual Kuchikamizake

Mitsuha dan Yotsuha melakukan ritual dan membuat kuchikamizake, yang mereka persembahkan kepada dewa di kuil. Mitsuha ingin menjadi orang Tokyo yang rupawan.

4. Perpindahan Tubuh Mitsuha

Mitsuha secara acak bangun sebagai Taki, yang hidup tiga tahun sebelumnya. Peralihan ini berlanjut pada hari-hari acak selama beberapa minggu.

5. Mitsuha Menemukan Taki

Mitsuha melacak lokasi Taki di Tokyo. Sebelum didorong keluar dari kereta, dia berhasil melemparkan gelang benang merahnya kepadanya.

6. Komet Jatuh Lagi

Bagian dari komet lain yang lewat bertemu dengan Itomori. Taki mengawasi dari jauh, sementara Mitsuha terbunuh saat bencana itu.

7. Perpindahan Tubuh Taki

Taki sekarang secara acak bangun di tubuh Mitsuha di timeline lain tiga tahun sebelum dia meninggal.

8. Taki Belajar Tentang Itomori

Taki memutuskan untuk mencari Mitsuha. Dia mengetahui bahwa dia berasal dari Itomori, yang dihancurkan oleh komet tiga tahun sebelumnya.

9. Taki Mengunjungi Kuil

Taki mengunjungi kuil yang dia ingat dari waktunya di tubuh Mitsuha. Dia meminum kuchikamizake. Dia kemudian melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dan terbangun di tubuh Mitsuha pada hari komet jatuh ke Itomori.

10. Taki Mencoba Menyelamatkan Mitsuha

Taki meminta bantuan teman-teman Mitsuha untuk mengungsikan semua orang dari Itomori sebelum komet jatuh.

11. Taki dan Mitsuha Bertemu

Pada “tasogare-doki”, saat dunia yang berbeda kabur bersama, Taki dan Mitsuha kembali ke tubuh mereka dan bertemu di kuil. Taki memberikan Mitsuha kembali gelang benang merahnya, mengembangkan koneksi mereka.

12. Mitsuha Menyelamatkan Itomori

Mitsuha kembali ke Itomori dan menyelamatkan hampir semua orang.

13. Taki dan Mitsuha Lupakan

Karena Mitsuha tidak pernah kehilangan nyawanya, dia dan Taki sekarang ada di masa sekarang. Tetapi karena Taki memberikan Mitsuha kembali benang merahnya, mereka tidak mengingat satu sama lain.

14. Tahun Lulus

Seiring berlalunya waktu, Taki dan Mitsuha tidak dapat menghindari perasaan bahwa ada sesuatu (atau seseorang) yang hilang dari kehidupan mereka.

15. Taki dan Mitsuha Saling Menemukan

Taki dan Mitsuha saling berpapasan di kereta. Mereka merasa terhubung dan saling mengikuti. Akhirnya mereka bertemu dan memperkenalkan diri.

Penjelasan Ending Kimi No Na Wa (Your Name)

Penyelesaian Your Name menunjukkan lompatan 8 tahun setelah komet jatuh. Artinya, 8 tahun telah berlalu bagi Mitsuha sejak dia bertemu Taki. 5 tahun telah berlalu untuk Taki sejak dia terakhir bertemu Mitsuha.

Mitsuha telah lulus dari sekolah dan akhirnya mendapatkan pekerjaan baru di Tokyo. Taki juga telah lulus dan sedang mencari pekerjaan. Ini adalah adegan awal dari Your Name.

Taki dan Mitsuha memiliki keinginan bahwa mereka sedang mencari seseorang atau sesuatu. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka tidak dapat mengingat menit peralihan mereka, mereka merasakan sebuah asosiasi.

Ini ditunjukkan oleh “Aku mencintaimu” yang Taki tulis di tangan Mitsuha. Di detik terakhir kebersamaan mereka, Taki mengakui perasaannya kepada Mitsuha dan bukan hanya namanya. Demikian juga, Mitsuha memakai tali yang telah disimpan Taki untuk waktu yang sangat lama.

Kehadiran tali dan kecenderungan bersama mereka satu sama lain membuat mereka dalam kondisi pencarian bawah sadar satu sama lain. Kita melihat Taki dan Mitsuha bertemu selama beberapa menit di Tokyo.

Taki bahkan pergi ke kafe tempat Teshi dan Sayaka sedang makan. Sepertinya keduanya saat ini bersama dan tinggal di Tokyo. Taki memiliki ingatan yang tidak jelas tentang nama mereka namun keduanya meninggalkan kedai burger. Okudera datang menemui Taki. Keduanya berbicara dan menyadari bahwa mereka tidak memiliki banyak ingatan sejak hari mereka pergi ke Itomori. Dia berharap yang terbaik untuknya dan pergi.

Taki dan Mitsuha akhirnya menemukan satu sama lain di dalam kereta. Mereka terus berlari kesana kemari dan akhirnya menemukan satu sama lain. Di tangga, mereka terus berjalan tanpa berbicara. Tentu saja, keduanya merasa aneh untuk berbicara dengan orang asing.

Adegan akhir Your Name melihat Taki memecahkan kebekuan dengan bertanya kepada Mitsuha apakah mereka pernah bertemu sebelumnya. Dia menjawab dengan menyetujui pemikiran yang sama. Hubungan mereka dimulai lagi, mereka meneteskan air mata, mereka menanyakan nama satu sama lain – “Kimi no na (namae) wa?” dan film pun berakhir.

Tinggalkan komentar