Urutan Fate Series dan Panduan Cara Menontonnya

Bagi yang ingin menonton serial anime Fate pasti akan kebingungan ketika melihat beragam judul yang muncul.

Dengan Fate/stay night yang ada beragam versi, terus ada Fate/Zero, Fate/Apocrypha, Fate/EXTRA Last Encore dan Fate/Grand Order. Ditambah adanya berbagai spin-off, yang bakal bikin penonton baru makin pusing.

Oleh karena itu saya akan coba menjelaskan, pastinya dengan penjelasan bebas spoiler. Untuk panduan mengikuti serial Fate dan urutan yang harus ditonton, berikut pembahasan dari saya.

Kenapa Serial Anime Fate Ada Banyak?

Semua bermula berkat visual novel dari TYPE-MOON yang dirilis untuk Windows pada tahun 2004: Fate/stay night. Karena kesuksesannya, sejak itu memunculkan sejumlah prekuel, sekuel, spin-off, dan adaptasi dengan nama Fate.

Visual novel sendiri berarti novel yang dibikin layaknya game interaktif. Fate/Stay night diceritakan dalam tiga rute berbeda yang bercabang di awal cerita tetapi memiliki urutan permainan yang hampir sama.

fate stay night visual novel
Tampilan credit title visual novel Fate/stay night dari TYPE-MOON.

Visual novel inilah yang kemudian diadaptasi menjadi serial anime Fate yang punya beragam judul dan beragam studio berbeda yang menggarapnya.

Karena franchise ini begitu dicintai dan populer, hadir pula beragam karya media yang memakai elemen dasar dan dijuduli Fate, dan semuanya berada di bawah TYPE-MOON.

Kisah Dasar Fate Series

Seri Fate mengikuti berbagai event yang memiliki elemen dasar yang akan hadir dari Holy Grail War, Master, Servant, Spirit Heroic, dan pertarungan satu sama lain untuk mengklaim Holy Grail.

Oleh sebab itu, sebelum masuk ke urutan nonton serial animenya, saya perlu membahas beberapa elemen dasar tadi.

Holy Grail dan Holy Grail War

holy grail fate zero

Holy Grail atau Cawan Suci adalah legenda yang muncul sejak Abad Pertengahan, merujuk pada cerita Perjamuan Terakhir Yesus. Legenda mengatakan bahwa siapa pun yang mendapatkan Cawan Suci dapat memenuhi keinginan apa pun. 

Dalam serial Fate, untuk mendapat kekuatan Cawan Suci ini, 7 penyihir dan 7 servant yang dipanggilnya akan saling bertarung bahkan membunuh dalam pertempuran untuk memperebutkan Cawan Suci.

Servant dan Heroic Spirit

Servant yang berarti pelayan adalah roh yang dipanggil oleh Holy Grail untuk bersaing di bawah Master dalam Holy Grail War.

Servant ini dibagi menjadi tujuh kelas: Saber, Archer, Lancer, Caster, Rider, Assassin, dan Berserker. Dalam beberapa seri ada tambahan, seperti Ruler dan Avenger.

Pahlawan masa lalu atau tokoh mitosakan menjadi Heroic Spirit yang bisa menjadi Servant jika diundang saat ritual pemanggilan. Karena sangat mudah untuk diserang oleh musuh kalau mengetahui identitas asli Master dan Servant, maka menyembunyikan identitas asli adalah strategi yang paling dasar.

Urutan Nonton Fate Series

Jika ingin mengikuti serial Fate, saya selalu merekomendasikan untuk memulainya dari Fate/stay night.

Seperti sudah dijelaskan, Fate/Stay Night awalnya adalah novel visual, cerita interaktif dengan jalur bercabang, jadi plotnya sendiri bergantung pada ketertarikan yang dipilih pemain di awal permainan yang menghasilkan rangkaian peristiwa unik, yang disebut “rute”. 

Ada tiga rute, yakni Fate, Unlimited Blade Work dan Heaven’s Feel. Tiga rute ini menyorot tiga karakter berbeda:

  • Saber si servant bangsawan ahli pedang (Fate)
  • Rin Tohsaka si gadis penyihir muda tsundere (Unlimited Blade Work)
  • Sakura Matou si teman sekelas yang pemalu (Heaven’s Feel).

Urutan Rilis Fate/stay night

1. Fate/stay night (2006)

Fate/stay night (2006) anime studio deen
  • Tayang: 2006
  • Episode: 24
  • Studio: Deen
  • Route: Saber / Fate

Ini merupakan adaptasi anime dari Fate/Stay Night paling awal. Karena diproduksi pertengahan 2000-an, secara kualitas animasi tampak ketinggalan zaman untuk sekarang.

Namun setidaknya anime ini yang memperkenalkan Fate/Stay Night ke khalayak yang lebih luas.

2. Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS (2010)

Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS studio deen
  • Tahun: 2010
  • Episode: 1 Film
  • Studio: Deen
  • Route: Rin Tohsaka / Unlimited Blade Work

Film ini diproduksi oleh Studio Deen setelah rilis adaptasi serial anime Fate/stay night tahun 2006. Karena berdurasi pendek, film ini menyulitkan anggota staf sehingga sulit meliput alur cerita yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk diceritakan seperti dalam visual novelnya.

Penceritaannya banyak dikritik karena terlalu cepat sehingga memotong banyak konten dari visual novel, menyebabkan kebingungan di antara penonton dan kurangnya ketersambungan secara keseluruhan.

Penerimaan kritis terhadap film itu beragam. Pujian diarahkan pada perkembangan Shirou, interaksinya dengan Rin dan Archer, dan eksplorasi ide-idenya secara lebih mendalam. Aspek-aspek tersebut, bersama dengan animasi beberapa adegan perkelahian, dinilai lebih unggul dari serial anime 2006.

3. Fate/Zero (2011)

Fate/Zero (2011) anime ufotable
  • Tahun: 2011~2012
  • Episode: 25
  • Studio: Ufotable
  • Route: Emiya Kiritsugu

Fate/Zero adalah light novel yang ditulis oleh Gen Urobuchi, diilustrasikan oleh Takashi Takeuchi, dan merupakan prekuel dari semua rute dalam visual novel Type-Moon, Fate/stay night

Fate/Zero berlatar sepuluh tahun sebelum peristiwa Fate / stay night, dan menceritakan kisah Perang Cawan Suci Keempat, sebuah turnamen sihir rahasia yang diadakan di Kota Fuyuki.

Protagonis utama, Kiritsugu Emiya, ayah angkat protagonis Fate/stay night, Shirou Emiya, dikenal sebagai pembunuh bayaran sekaligus penyihir tanpa ampun yang bergabung dalam turnamen atas nama keluarga istrinya, Einzberns.

Adaptasi anime yang diproduksi oleh Studio Ufotable, Fate/Zero dipuji karena animasi, tema, karakter, soundtrack, dan ceritanya. Serial ini juga sukses secara komersial dan memenangkan beberapa penghargaan sebagai Anime Terbaik.

4. Fate/stay night Unlimited Blade Works (2014)

Fate stay night UNLIMITED BLADE WORKS
  • Tahun: 2014~2015
  • Episode: 26
  • Studio: Ufotable
  • Route: Rin Tohsaka / Unlimited Blade Work

Unlimited Blade Works merupakan salah satu anime yang paling ditunggu-tunggu di akhir tahun 2014, mengikuti popularitas dari franchise Fate dan kesuksesan adaptasi Fate / Zero sebelumnya oleh Ufotable.

Setelah dirilis, Fate/Stay night versi Ufotable ini menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus, yang mengarahkan pujian khusus terhadap perkembangan karakter Shirou dan karakter lain serta animasi yang menakjubkan secara visual.

Apalagi dengan rute Rin Tohsaka, salah satu karakter tsundere yang populer di kalangan penggemar anime.

5. Fate/stay night: Heaven’s Feel (2017~2020)

Fate/stay night: Heaven’s Feel
  • Tahun: 2017~2018~2020
  • Episode: 3 Film
  • Studio: Ufotable
  • Route: Sakura Matou / Heaven’s Feel

Trilogi ini mengadaptasi Heaven’s Feel, rute ketiga dan terakhir dari visual novel Fate/stay night. Berfokus pada Shirou Emiya dan Sakura Matou dalam konflik antara penyihir di Perang Cawan Suci.

Sakura menjadi fokus karakter dan kekuatan pendorong cerita. Sakura adalah teman lama Shiro dan master sejati dari Rider. Dia sering mengunjungi rumah Shirou sejak mereka bertemu dan membantunya dengan pekerjaan rumah, terutama saat memasak.

Sakura awalnya merupakan adik Rin, tapi diberikan kepada keluarga Matou karena keluarga majus masing-masing hanya diperbolehkan punya satu pewaris. Sakura kemudian diubah oleh Zōken menjadi Grail Vessel buatan, dimaksudkan untuk menumbangkan sistem Heaven’s Feel.

Dalam film Heaven’s Feel ini, Sakura akhirnya menjadi kekasih Shirou, tapi karena kewarasannya terkikis, dia mencoba melindunginya dengan pergi meninggalkan Shirou. 

Jadi, Mana Dulu Fate/stay night yang Harus Ditonton?

Sebenarnya tak ada benar dan salah harus menonton yang mana dulu. Saya sendiri memulai dengan Fate/Zero lalu menonton Fate/stay night yang diproduksi Ufotable.

Banyak yang merekomendasikan untuk memulai dengan Fate/Zero bagi penggemar baru. Saya pikir ini pilihan tepat.

Urutan Serial Anime Fate dan Beragam Spin-off

Berkat kepopuleran franchise Fate series, memicu banyak anime sampingan dibuat, bukan hanya oleh Ufotable tapi juga oleh studio-studio lain dengan kekhasannya masing-masing. 

Karya-karya ini berasal dari dimensi paralel dan urutan waktu yang berbeda. Sebenarnya tak ada urutan khusus di antara setiap karya, jadi jika tertarik, silakan cek terlebih dahulu.

1. Fate/Apocrypha (2017)

Fate/Apocrypha anime studio a-1 pictures
  • Tahun: 2017
  • Episode: 25
  • Studio: A-1

Ceritanya berlatar dalam dunia paralel dengan Fate/stay night asli, ketika House of Einzbern memanggil Ruler ketimbang Avenger dalam Perang Cawan Suci Ketiga, dan Cawan Suci dipindahkan dari Kota Fuyuki ke Rumania setelah perang. Dengan demikian peristiwa Fate/stay night dan Fate/Zero tak pernah terjadi.

Fate/Apocrypha berfokus pada konflik antara dua faksi yang berlawanan, Merah dan Hitam, masing-masing memanggil tujuh Servant dan Grail itu sendiri memanggil servant kelas Ruler khusus sebagai mediator Perang Cawan Suci.

Anggota faksi Merah adalah penyihir yang dikirim oleh Asosiasi Penyihir Clock Tower, sedangkan anggota faksi Hitam adalah bagian dari kelompok penyihir Rumania yang disebut Yggdmillennia.

2. Fate/EXTRA: Last Encore (2018)

Fate/EXTRA: Last Encore (2018)
  • Tahun: 2018
  • Episode: 10
  • Studio: Shaft

Adaptasi animasi dari game Fate/EXTRA yang awalnya dirilis pada konsol PlayStation Portable.

Bercerita di Akademi Tsukimihara yang merupakan sekolah menengah buatan yang berfungsi sebagai tempat untuk Perang Cawan Suci berikutnya. Dibuat oleh komputer Moon Cell, sekolah ini dihuni oleh jiwa-jiwa yang diproyeksikan ke Bumi untuk menjadi seorang Master.

Salah satu yang terpilih dan selamat adalah Hakuno Kishinami, yang kemudian bisa memanggil Servant Saber. Dengan kekuatan barunya, Hakuno sekarang harus memulai perjalanannya ke inti Moon Cell, atau Angelica Cage. Di sana, dia akan mengungkap alasan dunia buatan ini dan rahasia masa lalunya yang berlumuran darah.

3. Fate/Grand Order

Fate/Grand Order anime
Urutan rilis anime Fate/Grand Order:
  • Fate/Grand Order -First Order- | 2016 | 1 episode
  • Fate/Grand Order -MOONLIGHT/LOSTROOM- |2017 | 1 episode
  • Fate/Grand Order Absolute Demonic Front: Babylonia |2019 | 21 episode
  • Fate/Grand Order – Divine Realm of the Round Table: Camelot | 2021 | Movie (part1/part2)
  • Fate/Grand Order -Final Singularity: The Grand Temple of Time Salomon | 2022

Fate/Grand Order, atau singkatnya FGO, merupakan sebuah game smartphone ketika sebagian besar karakter yang muncul dalam game tersebut berasal dari seri Fate terdahulu dengan tambahan berbagai karakter baru. Serial animenya sendiri diproduksi oleh CloverWorks.

Bercerita tentang Organisasi Keamanan bernama Chaldea memanfaatkan para ahli, baik ilmiah dan sihir, untuk mengamati masa depan umat manusia terkait kemungkinan peristiwa kepunahan. Sebagai tanggapan, Chaldea memanfaatkan sarana eksperimental perjalanan waktu, teknologi Rayshift.

Seorang pemuda yang baru direkrut ke organisasi bernama Ritsuka Fujimaru, bersama gadis setengah Servant bernama Mash Kyrielight, harus melakukan perjalanan waktu dan menemukan cara menghentikan Singularitas yang terjadi di tiap era berbeda.

4. Fate/kaleid liner Prisma☆Illya

Fate/kaleid liner Prisma☆Illya
Urutan rilis anime Fate/kaleid Iiner Prisma Illya:
  1. Fate/kaleid liner Prisma Illya | 2013 | 10 Episode
  2. Fate/kaleid liner Prisma Illya season 2 | 2014 | 10 Episode
  3. Fate/kaleid liner Prisma Illya season 3 | 2015 | 10 Episode
  4. Fate/kaleid liner Prisma Illya season 4 | 2016 | 12 Episode
  5. Fate/kaleid liner Prisma Illya oath under snow | 2017 | 1 Film
  6. Fate/kaleid liner Prisma Illya Prisma Phantasm | 2019 | 1 Film

Anime magical girl penuh moe ala Fate. Ini adalah spin-off semesta alternatif dari Fate/stay night dengan Illyasviel von Einzbern sebagai protagonis utamanya.

Anggota Asosiasi Mage Rin Tohsaka dan Luviagelita “Luvia” Edelfelt bertugas menemukan dan mengambil tujuh Class Card, yang berisi Heroic Spirit. Untuk membantu mereka dalam misi mereka, mereka diberikan kekuatan Ruby dan Safir, dua Kaleidostick yang bisa mengubah diri mereka menjadi magical girl.

Namun, kedua penyihir itu tak akur, membuat Kaleidostick untuk meninggalkan mereka untuk mencari master baru. Akhirnya dua siswi muda, Illyasviel von Einzbern dan Miyu, yang kemudian membuat kontrak dengan Kaleidostick. Dengan kekuatan dan tanggung jawab baru mereka, Illya dan Miyu berangkat untuk mengumpulkan semua Class Card.

5. Today’s Menu for the Emiya Family (2018)

Today’s Menu for the Emiya Family (2018)
  • Tahun: 2018
  • Episode: 13
  • Studio: Ufotable

Cerita terjadi di semesta alternatif yang menyerupai Fate/hollow ataraxia ketika Shiro Emiya hidup damai dengan keluarga dan teman-temannya di Kota Fuyuki.

Anime ini berfokus pada Shiro yang memasak berbagai jenis masakan Jepang untuk keluarga dan teman-temannya sepanjang empat musim dalam setahun. Nuansanya jelas berbeda dari genre aksi Fate lain, anime ini lebih merupakan spin-off slice of life.

6. The Case Files of Lord El-Melloi II (2019)

The Case Files of Lord El-Melloi II (2019)
  • Tahun: 2019
  • Episode: 13
  • Studio: Troyca

Berlangsung 10 tahun setelah peristiwa Fate/Zero dan dua bulan sebelum peristiwa Fate/stay night, ceritanya berfokus pada Lord El-Melloi II, yang sebelumnya dikenal sebagai Waver Velvet.

Waver sendiri penerus Kayneth dan mantan Master saat Grail War ke-4 di Fate/Zero, yang kini menjadi profesor di bawah jajaran Asosiasi Penyihir.

Selama bertahun-tahun menjadi profesor di Clock Tower, dia bertindak sebagai kepala sementara keluarga El-Melloi sampai penerus yang tepat dapat mengambil alih.

Namun ketika misteri aneh yang melibatkan sihir mulai terjadi di sekitar London, dia bekerja sama dengan orang misterius dan pemagang bernama Gray dalam memecahkan banyak misteri dan kasus yang melibatkan ilmu sihir dan konspirasi tersembunyi yang mendorong Asosiasi Penyihir.

Daftar Rilis Anime Fate Series

Seri Fate adalah kumpulan media dari TYPE-MOON, perusahaan game Jepang terkemuka yang terkenal karena novel visualnya. Di bawah ini judul Fate yang sudah ada adaptasi animenya.

JudulTahun & Episode 
Fate/stay night24 – 2006
Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKSFilm – 2010
Fate/Zero (Season 1)13 – 2011
Fate/Zero (Season 2)12 – 2012
Fate/kaleid liner Prisma Illya10 – 2013
Fate/kaleid liner Prisma Illya (Season2)10 – 2014
Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS (Season 1)13 – 2014
Fate/kaleid liner Prisma Illya (Season 3)10 – 2015
Fate/stay night UNLIMITED BLADE WORKS (Season 2)13 – 2015
Fate/kaleid liner Prisma Illya (Season 4)12 -2016
Fate/Grand Order -First Order-1 – 2016
Fate/Apocrypha25 – 2017
Fate/kaleid liner Prisma Illya oath under snowFilm -2017
Fate/stay night [Heaven’s Feel] – Chapter 1Film – 2017
Fate/Grand Order -MOONLIGHT/LOSTROOM-1 – 2017
Today’s Menu for the Emiya Family13 – 2018
Fate/EXTRA Last Encore13 – 2018
Fate/stay night [Heaven’s Feel] – Chapter 2Film – 2019
Fate/kaleid liner Prisma Illya Prisma PhantasmFilm – 2019
The Case Files of Lord El-Melloi II13 – 2019
Fate/Grand Order Absolute Demonic Front: Babylonia21 – 2019
Fate/stay night [Heaven’s Feel] – Chapter 3Film – 2020
Fate/Grand Order – Divine Realm of the Round Table: Camelot (Part 1)Film – 2021
Fate/Grand Order – Divine Realm of the Round Table: Camelot (Part2)Film
Fate/Grand Order – Final Singularity: The Grand Temple of Time SalomonFilm

Di Mana Menonton Serial Anime Fate?

Sekarang berbagai judul serial Fate sudah bisa diakses dan ditonton gratis dan legal di aplikasi Bstation dari Bilibili. Tersedia subtittle Indonesia juga.

Di Netflix, tersedia Fate/Zero, Fate/stay night: Unlimited Blade Work, Fate/Apocrypha dan Fate/Extra Last Encore.

8 pemikiran pada “Urutan Fate Series dan Panduan Cara Menontonnya”

  1. Yg paling bagus masih Fate/zero, kalau stay night paling favorit itu yg trilogi film Heaven feel. FGO juga lumayan sih apalagi Ishtar waifu banget

    Balas

Tinggalkan komentar