10 Film Adaptasi Karya Haruki Murakami Buat Para Masokis Emosional

Haruki Murakami bisa dibilang seleb sastra Jepang, dengan 33 bukunya telah diterjemahkan ke dalam 50 bahasa. Karya surealis Murakami yang bercampur dengan suka dan duka membuat banyak orang yang jatuh cinta padanya.

Meski karyanya amat banyak, ada yang ingin lebih banyak konten dari penulis ini. Jadi tentu saja, adaptasi film adalah hal terbaik berikutnya.

Berikut adalah beberapa film untuk penggemar Murakami.

1. Hear the Wind Sing (1981)

Berdasarkan trilogi terkenal Murakami, kita mengikuti seorang siswa yang kembali ke kampung halamannya pada suatu musim panas.

Dia bertemu temannya yang disebut Nezumi (dalam terjemahan Inggris Rat), tetap di tempat nongkrongnya yang biasa sambil mendengarkan Beach Boys dan bertemu dengan seorang gadis kembar yang misterius.

2. Attack on the Bakery (1982)

Film ini diadaptasi dari cerita pendek Murakami berjudul Attack on the Bakery.

Bercerita tentang dua sahabat yang kelaparan dan berniat merampok toko roti dan berharap mereka bisa meredakan rasa lapar mereka.

Film pendek ini berdurasi 17 menit dan disutradarai oleh Naoto Yamakawa. Meski ada beberapa perubahan dari cerita aslinya, namun penggarapan film ini tetap menjadi sesuatu yang menarik perhatian para penggemar Haruki Murakami.

3. A Girl, She is 100% (1983)

Plot untuk film pendek ini sesederhana cerita yang menjadi dasarnya, berdasarkan cerpen Murakami berjudul On Seeing the 100% Perfect Girl One Beautiful April Morning.

Suatu pagi, seorang pria dan seorang wanita melewati satu sama lain di jalan dan jatuh cinta pada pandangan. Ingin menguji kecocokan mereka, mereka berpisah dan membiarkan takdir memutuskan apakah mereka ditakdirkan untuk bertemu lagi.

4. Tony Takitani (2004)

Ini adalah film lain yang didasarkan pada cerita pendek Murakami.

Seorang pria kesepian mengikuti tahapan standar kedewasaan: mencari pekerjaan, jatuh cinta dan menikah. Dia merasa seperti semuanya berjalan sempurna dengan sang perempuan yang jadi istrinya itu. Namun, sang perempuan memiliki satu kelemahan: kecenderungan kleptomaniaknya.

5. All God’s Children Can Dance (2008)

Cerpen All God’s Children Can Dance pertama kali dipublikasikan pada 1999 lalu. Kemudian menjadi salah satu bagian dalam buku After the Quake yang rilis di 2002 lalu.

Cerita pendek tersebut baru diangkat menjadi sebuah film layar lebar berdurasi 85 menit penayangan. Film ini disutradarai oleh Robert Logevall.

6. Norwegian Wood (2010)

Setelah mendengar lagu The Beatles, yang juga merupakan judul film tersebut, Watanabe dibawa kembali ke masa-masa kebangkitan seksual dan politiknya sebagai mahasiswa.

Kedewasaannya berkisar pada dua perempuan: kekasih lama SMA Naoko dan teman kuliahnya yang bersemangat Midori dari perguruan tinggi. Sepanjang film, Watanabe terbelah di antara keduanya, bertentangan apakah ia harus memilih masa lalu atau masa depannya.

7. The Second Bakery Attack (2010)

Diadaptasi dari cerita pendek Haruki Murakami. Mirip dengan kisah Attack on the Bakery, namun yang ini tentang perampokan retoran cepat saji yang dilakukan oleh sepasang suami istri.

Film ini disutradarai oleh Carlos Cuaron dan dirilis pada 2010 lalu di Meksiko. Meski hanya berdurasi 10 menit, film ini mendapat perhatian yang cukup besar dari penikmat film di Meksiko.

8. Burning (2018)

Berdasarkan cerita pendek tahun 1983 Murakami berjudul Barn Burning, thriller psikologis Korea Selatan ini mengikuti Jongsu dan teman masa kecilnya Haemi.

Suatu hari, Haemi meminta Jongsu untuk mengasuh kucingnya selama perjalanannya ke Afrika. Sekembalinya, Jongsu bertemu teman barunya bernama Ben yang kebetulan punya hobi nyeleneh: pembakaran.

9. Hanalei Bay (2018)

Hanalei Bay adalah salah satu cerita pendek yang ada di dalam buku Mysteries of Tokyo. Buku ini terjual hingga 700 ribu eksemplar di negara asalnya, Jepang.

Ceritanya sendiri tentang seorang ibu yang harus mengalami duka setelah anak laki-lakinya meninggal dunia setelah diserang hiu saat sedang berselancar di Hanalei Bay.

Cerita pendek ini resmi diadaptasi dalam versi filmnya, yang disutradari oleh Daishi Matsunaga dan dibintangi oleh artis ternama Yo Yoshida.

10. Drive My Car (2021)

Film paling anyar Drive My Car adalah garapan Ryusuke Hamaguchi yang merupakan adaptasi dari cerita pendek Murakami.

Film ini berhasil memenangkan 12 penghargaan, salah satunya Best Screenplay di Cannes Film Festival 2021, dan masih berlanjut.

Kisah berawal ketika Yûsuke Kafuku kehilangan istrinya. Ia terus mencoba untuk menjalani hidup seperti sediakala, meskipun di umur yang sudah mulai menua.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *