25 Film Anime Detective Conan

Bersama One Piece yang keduanya sudah melampaui 1000 episode, Detective Conan adalah serial yang masih terus dicintai oleh penggemarnya dan akan memikat lebih banyak penggemar baru.

Sejak 1997, film anime Detective Conan rajin dirilis setiap tahunnya selama Golden Week, minggu libur saat musim semi di Jepang.

Film Detective Conan ini sering menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi pada tiap tahun pemutarannya di Jepang, menandai kesuksesan serial ini dan fandom yang tak pernah mati.

Untuk menonton beragam film-film ini sebenarnya tak harus mengikuti serial Detective Conan, meski memang perlu mengetahui soal cerita dasarnya, seperti kenapa Conan mengecil atau beragam teknologi canggih yang dimilikinya, juga beberapa karakter penting seperti Kaito Kid atau Black Organization.

Nah, berikut urutan rilis film anime Detective Conan sejauh ini:

1. The Time-Bombed Skyscraper (1997)

Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper film anime poster

Film pertama, yang dikenal sebagai Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper atau Meitantei Konan: Tokeijikake no Matenrō, disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi.

Dalam film tersebut, rangkaian kasus pengeboman terjadi di sekitar Tokyo dan terkait dengan investigasi masa lalu Shinichi Kudo.

Film ini memperoleh 1,1 miliar yen di box office, menjadikannya film terlaris terendah di waralaba. Kasus terakhir sebelum film itu adalah Kasus Pembunuhan Perusahaan Game.

2. The Fourteenth Target (1998)

Detective Conan: The Fourteenth Target (1998)

Film kedua, yang dikenal sebagai Detective Conan: The Fourteenth Target (名探偵コナン 14番目の標的 Meitantei Konan: 14-banme no Hyōteki/Tāgetto).

Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, itu tentang sebuah kasus di mana orang-orang yang dekat dengan Kogoro Mouri diserang dengan cara yang mirip dengan kasus The A.B.C. Murder karya Agatha Christie.

Meskipun alur ceritanya tetap sama, karena perubahan nama karakter, ada perubahan signifikan dalam penjelasan nama yang digunakan.

3. The Last Wizard of the Century (1999)

Detective Conan: The Last Wizard of the Century (1999)

Film ketiga, Detective Conan: The Last Wizard of the Century atau Meitantei Konan: Seikimatsu no Majutsushi.

Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, film ini tentang telur Fabergé yang baru ditemukan yang tunduk pada peringatan Kaitou Kid—dan kasus pembunuhan yang melibatkan keturunan Rasputin.

4. Captured in Her Eyes (2000)

film anime detective conan Captured in Her Eyes (2000)

Film keempat, Detective Conan: Captured in Her Eyes atau Meitantei Konan: Hitomi no Naka no Ansatsusha.

Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, Ditangkap di Matanya adalah tentang bagaimana Ran Mouri terjerat dalam serangkaian kasus pembunuhan di mana petugas polisi menjadi korban, dan ketika upaya pembunuhan yang gagal membuatnya amnesia dan menjadikan dirinya target pembunuh lainnya.

5. Countdown to Heaven (2001)

Detective Conan: Countdown to Heaven

Film kelima, Detective Conan: Countdown to Heaven atau Meitantei Konan: Tengoku e no Kauntodaun.

Disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, dalam film ini pembunuhan seorang pengembang, pengeboman perkembangan terbaru dari pembangunan, bersama dengan Black Organization dan panggilan telepon mencurigakan Ai Haibara.

6. The Phantom of Baker Street (2002)

The Phantom of Baker Street (2002)

Film keenam, Detective Conan: The Phantom of Baker Street atau Meitantei Konan: Beikā Sutorīto no Bōrei.

Film ini ditulis oleh penulis naskah terkenal Hisashi Nozawa, tetapi tetap mempertahankan Kenji Kodama sebagai sutradara.

Film ini adalah cerita ganda: dalam kehidupan nyata, pembunuhan seorang programmer kepala raja IT, sementara di dunia maya, permainan realitas virtual yang dimainkan Conan dan teman-teman, hidup mereka dalam bahaya.

7. Crossroad in the Ancient Capital (2003)

Film anime detective conan Crossroad in the Ancient Capital (2003)

Film ketujuh, Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital atau Meitantei Konan: Meikyo no Kurosurōdo.

Film ini disutradarai oleh Kenji Kodama dan ditulis oleh Kazunari Kouchi. Dipentaskan di Kyoto, film ini berkaitan dengan membuka kedok sekelompok perampok antik.

8. Magician of the Silver Sky (2004)

Magician of the Silver Sky (2004)

Film kedelapan, Detective Conan: Magician of the Silver Sky atau Meitantei Konan: Gin’yoku no Majishan.

Ini adalah film pertama dari Detective Conan karya Yasuichiro Yamamoto film, tapi Kazunari Kouchi tetap sebagai penulis. Film ini tentang kasus keracunan di sebuah pesawat, dan karena pilot dan kopilot juga terpengaruh, Conan Edogawa dan Kaitou Kid terpaksa mengurus kehidupan penumpang.

9. Strategy Above the Depths (2005)

Film anime detective conan Strategy Above the Depths (2005)

Film kesembilan, Detective Conan: Strategy Above the Depths atau Meitantei Konan: Suihei-Senjō no Sutoratejī.

Film ini mempertahankan sutradara dan sutradara film sebelumnya. penulis. Ditetapkan di kapal pesiar dan mengintegrasikan pembunuhan pembuat kapal, bencana kapal karam, dan bagian dari masa lalu Ran Mouri dan Shinichi Kudo.

10. Requiem of the Detectives (2006)

Requiem of the Detectives (2006)

Film kesepuluh, Detective Conan: The Private Eyes’ Requiem atau Meitantei Konan: Tantei-tachi no Rekuiemu memulai debutnya di posisi nomor satu di box office Jepang dan tetap di sana selama tiga minggu berturut-turut.

Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Hiroshi Kashiwabara, ini tentang investigasi Conan atas kasus pembunuhan lama saat Ran dan teman-temannya disandera. Orang-orang penting seperti Heiji Hattori, Kaitou Kid dan Saguru Hakuba semuanya muncul di film ini.

11. Jolly Roger in the Deep Azure (2007)

Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure

Film kesebelas, Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure atau Meitantei Konan: Konpeki no Jorī Rojā.

Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Hiroshi Kashiwabara, film itu tentang pembunuhan pemburu harta karun dan dugaan jarahan yang ditinggalkan oleh bajak laut Anne Bonny di sebuah pulau Jepang.

12. Full Score of Fear (2008)

Full Score of Fear (2008)

Film kedua belas, Detective Conan: Full Score of Fear atau Meitantei Konan: Senritsu no Furu Sukoa, memulai debutnya di nomor satu posisi di box office Jepang.

Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, film ini mengikuti Conan Edogawa saat ia mencoba untuk membedakan pelakunya yang menargetkan penyanyi utama untuk pembukaan gedung konser baru.

13. The Jet Black Chaser (2009)

film anime detective conan The Jet Black Chaser (2009)

Film ketiga belas, Detective Conan: The Raven Chaser atau Meitantei Konan: Shikkoku no Cheisā.

Film ini adalah tentang Black Organization, yang pertama sejak film kelima. Dalam film tersebut, seorang anggota baru Black Organization, Irlandia, berhasil mengetahui identitas Conan, menempatkan semua orang di sekitarnya dalam bahaya.

Itu ditulis oleh Kazunari Kouchi dan disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto. Kasus terakhir sebelum film adalah The Truth Behind the Urban Legend.

14. The Lost Ship in the Sky (2010)

film detective conan The Lost Ship in the Sky (2010)

Film keempat belas, Detective Conan: The Lost Ship in the Sky atau Meitantei Konan: Tenkū no Rosuto Shippu.

Disutradarai oleh Yasuichiro Yamamoto dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, film ini menandai kemunculan karakter pertama di film seperti Jirokichi Suzuki, dan merupakan film Kaitou Kid. Cerita terjadi di sebuah pesawat dari Tokyo ke Osaka di mana Kid mengumumkan pencurian di mana ia akan mengambil permata biru, Lady Sky.

Pada saat yang sama sebuah kelompok teroris yang dikenal sebagai Kucing Siam Merah berusaha untuk melepaskan virus di sekitar Jepang juga berhasil mendarat di pesawat dan memulai serangan mereka. Conan dan Detektif Boys bekerja sama untuk melucuti bom dan Conan juga bekerja sama dengan Kaitou Kid yang sudah berada di pesawat untuk mengalahkan Kucing Siam Merah.

Dengan bantuan Heiji, Kucing Siam Merah yang juga berusaha mencuri patung Buddha dari kuil dan ditangkap oleh polisi prefektur Nara.

15. Quarter of Silence (2011)

Film detective conan Quarter of Silence (2011)

Film kelima belas, Detective Conan: Quarter of Silence atau Meitantei Konan: Chinmoku no Kwōtā.

Film ini adalah yang pertama disutradarai oleh Kobun Shizuno, meskipun tetap mempertahankan penulis naskah sebelumnya, Kazunari Kouchi. Ceritanya berkisar pada sebuah bendungan terkenal yang dibangun oleh pemerintah Jepang di sebuah kota kecil yang terkenal dengan pegunungan ski saljunya.

Setelah pelakunya mencoba meledakkan terowongan jalan raya bersama dengan kereta bawah tanah di stasiun Metro Tokyo. Conan dan Detective Boy, Ran, Sonoko, Agasa, Kogoro pergi ke desa berharap menemukan informasi yang berguna.

16. The Eleventh Striker (2012)

The Eleventh Striker (2012)

Film keenam belas, Detective Conan: The Eleventh Striker atau Meitantei Konan: Jūichininme no Sutoraikā.

Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi, film ini bertema seputar olahraga sepak bola. Cerita dimulai dengan orang misterius yang menelepon ke Agensi Detektif Mouri bahwa sebuah bom akan meledak di tempat.

Petunjuk ditinggalkan dan Conan dan Detective Boys yang bermain sepak bola dengan pro sepak bola. Bom meledak di papan skor stadion dan pengebom meninggalkan kode lain untuk Detektif Mouri dan Conan bersumpah untuk memecahkan kasus ini dan menemukan pengebom dan motifnya.

17. Private Eye in the Distant Sea (2013)

Film detective conan Private Eye in the Distant Sea (2013)

Film ketujuh belas, Detective Conan: Private Eye in the Distant Sea (名探偵コナン Meitantei Konan: Zekkai no Puraibēto Ai?).

Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai, ceritanya mengikuti kasus pembunuhan yang terjadi sebagai akibat dari mata-mata yang mencoba mengumpulkan informasi tentang Sistem Tempur Aegis yang digunakan oleh JSDF.

18. The Sniper from Another Dimension (2014)

Film detective conan The Sniper from Another Dimension (2014)

Film kedelapan belas, Detective Conan: The Sniper from Another Dimension atau Meitantei Konan: Ijigen no Sunaipā.

Seorang penembak jitu misterius menghantui kota, membunuh mantan anggota Pasukan Khusus AS. Conan dan FBI terpaksa bergegas karena jumlah korban tewas meningkat dan tersangka utama pembunuhan itu ditemukan tewas sendiri! Sera Masumi dan Subaru Okiya memiliki debut film mereka di sini. Film ini disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Kazunari Kouchi dan menghasilkan 4,11 miliar yen.

19. Sunflowers of Inferno (2015)

Film detective conan Sunflowers of Inferno (2015)

Film kesembilan belas, Detective Conan: Sunflowers of Inferno atau Meitantei Konan: Gōka no Himawari.

Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai. Film ini berkisah tentang pengumuman Kaitou Kid tentang pencurian di mana ia akan mencuri lukisan “Bunga Matahari” karya Van Gogh, dan upaya Conan untuk menemukan motif di balik minatnya yang tiba-tiba pada lukisan itu – membawanya ke seorang penipu yang kemungkinan menyamar sebagai Kaitou Kid.

20. The Darkest Nightmare (2016)

The Darkest Nightmare (2016)

Film kedua puluh, Detective Conan: The Darkest Nightmare atau Meitantei Konan: Junkoku no Naitomea.

Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takeharu Sakurai, film ini berkisah Curaçao, anggota Black Organization dan agen tangan kanan Rum.

Setelah kehilangan ingatannya karena kecelakaan lalu lintas sebagai akibat dari penyusupan yang gagal dari Badan Kepolisian Nasional, dia mengembara ke Akuarium Tohto yang baru direnovasi, di mana dia terjerat dengan Conan dan Detektif Boys.

Perjuangan dimulai ketika Conan, FBI, dan NPA mencoba memulihkan ingatan Curaçao sekaligus mencegah Black Organization memulihkannya dan dalam proses membahayakan mata-mata yang menyamar yang ditanam di Organisasi oleh berbagai badan intelijen di seluruh dunia.

Film ini menghasilkan lebih dari 6,33 miliar yen di box office, sehingga menjadi film terlaris kelima dalam waralaba.

21. The Crimson Love Letter (2017)

The Crimson Love Letter (2017)

Film kedua puluh satu, Detective Conan: The Crimson Love Letter atau Meitantei Konan: Karakurenai no Raburetā.

Disutradarai oleh Kobun Shizuno dan ditulis oleh Takahiro Okura, ini film menandai penampilan animasi pertama Momiji Ooka dan kepala pelayannya, Muga Iori.

Film ini menghasilkan lebih dari 6,89 miliar yen, menjadi film terlaris keempat dalam waralaba.

22. Zero the Enforcer (2018)

Zero the Enforcer (2018)

Film kedua puluh dua, Detective Conan: Zero the Enforcer atau Meitantei Konan: Zero no Shikkōnin.

Disutradarai oleh Yuzuru Tachikawa dan ditulis oleh Takeharu Sakurai, film ini berkisah tentang agen Polisi Rahasia Rei Furuya dan serangan teroris di Tokyo yang membuat Kogoro Mouri ditangkap. Conan harus membuktikan bahwa Kogoro tidak ada hubungannya dengan ledakan itu, tetapi tampaknya Polisi Rahasia menentangnya.

Film ini meraup lebih dari 9,18 miliar yen, menjadi film terlaris kedua dalam waralaba.

23. The Fist of Blue Sapphire (2019)

Film detective conan The Fist of Blue Sapphire (2019)

Film kedua puluh tiga, Detective Conan: The Fist of Blue Sapphire atau Meitantei Conan: Konjō no Fisuto.

Disutradarai oleh Chika Nagaoka dan ditulis oleh Takahiro Okura, film ini berkisah tentang perampokan Kaitou Kid yang terjadi di Singapura, pertama kali setting utamanya adalah di negara Asia lainnya.

Film ini meraup lebih dari 9,37 miliar yen, menjadi film terlaris tertinggi dari franchise ini, melampaui Zero the Enforcer.

24. The Scarlet Bullet (2021)

Film detective conan The Scarlet Bullet (2021)

Film ke-24, Detective Conan: The Scarlet Bullet atau Meitantei Conan: Hiiro No Dangan rencananya akan dirilis 2020, namun ditunda karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Disutradarai oleh Chika Nagaoka dan ditulis oleh Takeharu Sakurai, film ini berkisah tentang insiden selama World Sports Game (WSG).

Film ini meraup 7,65 miliar yen, menjadi film terlaris ketiga dalam waralaba.

25. The Bride of Halloween (2022)

Film anime detective conan The Bride of Halloween (2022)

Film ke-25, Detective Conan: The Bride of Halloween atau Meitantei Conan: Harō~in no Hanayome.

Disutradarai oleh Susumu Mitsunaka dan ditulis oleh Takahiro Okura, film tersebut Berkisah tentang insiden di Shibuya yang membuat Rei Furuya dalam bahaya, bersama dengan kemunculan kembali seorang pembom yang menyamar bernama “Pramya”, yang dia temui dengan teman-teman sekelasnya yang sekarang sudah meninggal dari akademi kepolisian tiga tahun lalu.

Tinggalkan komentar