15 Film Anime One Piece

Petualangan Luffy untuk menjadi Raja Bajak Laut sudah berlayar lebih dari 20 tahun, dan para penggemar One Piece disuguhkan juga dengan beragam film layar lebar.

Film One Piece ini sebenarnya hanya cerita sampingan di beberapa titik dalam perjalanan kru Mugiwara, tapi layak untuk ditonton.

Nah, berikut urutan film One Piece yang sudah saya susun sesuai tahun rilisnya:

1. One Piece: The Movie (2000)

One Piece: The Movie (2000)

Film One Piece pertama yang dirilis Toei Animation, berlatar antara Arc Syrup Village dan sebelum Baratie, jadi baru ada Luffy, Zoro, Nami dan Usopp.

Di atas Going Merry, Luffy dan krunya, yang kelaparan dan sembrono, dirampok harta karunnya. Dalam upaya untuk mendapatkannya kembali, mereka menghancurkan kapal pelarian, dipandu oleh seorang anak muda bernama Tabio, yang merupakan bagian dari kru bajak laut El Drago yang ditangkap.

Kecintaan El Drago pada emas telah mendorongnya untuk mencari pulau Woonan, dan berkat peta harta karun Woonan, dia menemukannya. Mereka harus menemukan cara untuk menghentikan El Drago mendapatkan emas Woonan.

2. Clockwork Island Adventure (2001)

One Piece Clockwork Island Adventure (2001)

Film One Piece kedua ini berlatar sebelum Mugiwara memasuki Grand Line, masih berada di East Blue.

Diberitahu oleh Pencuri Bersaudara, kapal Going Merry telah dicuri oleh Trump Kyoudai (Trump Bersaudara) yang telah mendirikan pangkalan di Clockwork Island.

Monkey D. Luffy, sang kapten Mugiwara dan calon Raja Bajak Laut bekerja dengan krunya, Ussop, Zoro, Sanji, dan Nami untuk bertempur di Clockwork Island dalam upaya merebut kembali kapal mereka.

3. Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals (2002)

One Piece movie Chopper’s Kingdom on the Island of Strange Animals (2002)

Film ketiga One Piece yang berfokus pada Tony Tony Chopper. Periode waktunya tak terlalu jelas, karena tidak ada karakter Nefertari Vivi atau Nico Robin, tapi kemungkinan setelah Arc Arabasta.

Para kru Mugiwara tiba di Crown Island di mana hewan dapat berbicara dan mereka menjadikan Chopper raja baru mereka.

Tapi ada pemburu di sana yang mencari tanduk legendaris yang akan memberi orang yang mengkonsumsinya kekuatan besar. Luffy dan kawan-kawan harus menghentikan mereka yang ingin menghancurkan kerajaan hewan ini.

4. Dead End Adventure (2003)

One Piece Dead End Adventure (2003)

Film keempat One Piece ini berlatar setelah Arc Arabasta dan sebelum Jaya, ketika Nico Robin baru bergabung.

Luffy dan kru tiba di pelabuhan Anabaru. Kasino lokal mengadakan kompetisi di mana pemenangnya akan mendapatkan hadiah uang yang sangat besar jika mencapai garis finis terlebih dahulu. Nami sangat gembira dan memutuskan untuk berpartisipasi dalam kompetisi.

Namun, ada konspirasi di balik kompetisi tersebut dan dalangnya adalah mantan komandan Marine, Gasparde. Rencananya adalah untuk memikat semua bajak laut ke pangkalan militer dan mengirim mereka ke kematian

Luffy dan geng harus mengatasi berbagai ujian dan kesengsaraan di sepanjang jalan untuk menyelesaikan petualangan buntu ini.

5. The Cursed Holy Sword (2004)

One Piece Movie The Cursed Holy Sword (2004)

Film kelima One Piece ini berlatar setelah Arc Skypiea dan lebih berfokus pada Roronoa Zoro.

Luffy dan kru pergi ke sebuah pulau mencari pedang legendaris Shichiseiken, yang dikatakan paling mahal di dunia tapi punya kutukan.

Ketika sampai di sana, Marine segera menyerbu. Zoro mengkhianati kru untuk membantu seorang teman lama, Luffy dan Usopp mengembara melalui sebuah gua, dan sisanya berusaha menjauhi Marine.

Ketika Zoro mengalahkan Sanji, dia mengambil mutiara suci yang merupakan satu-satunya pertahanan melawan pedang jahat yang akan menjerumuskan dunia ke dalam kegelapan.

6. Baron Omatsuri and the Secret Island (2005)

Baron Omatsuri and the Secret Island (2005) one piece film mamoru hosoda

Film keenam One Piece ini disutradarai oleh Mamoru Hosoda dengan gaya berbeda dan berlatar sebelum Arc Water 7.

Kru Topi Jerami mendapatkan iklan untuk pulau rekreasi di Grand Line yang dijalankan oleh Baron Omatsuri.

Luffy memutuskan untuk mengambil kesempatan ini untuk bersantai. Sayangnya, ketika mereka tiba di pulau itu, mereka diminta untuk bersaing dalam kontes untuk mendapatkan akses ke relaksasi yang ditawarkan.

Namun, tampaknya ada suasana misterius di pulau itu, saat Bajak Laut Topi Jerami mulai bertengkar di antara mereka sendiri, sementara Robin, Chopper, dan Luffy secara individual mencari rahasia di balik pulau Baron Omatsuri.

7. Giant Mecha Soldier of Karakuri Castle (2006)

One Piece Giant Mecha Soldier of Karakuri Castle (2006)

Film ketujuh One Piece ini juga berlatar sebelum Arc Water 7.

Para kru menyelamatkan peti harta karun dari bangkai kapal yang tenggelam, tetapi di dalamnya ternyata ada seorang wanita tua yang bersembunyi.

Agar Bajak Laut Topi Jerami bisa membawanya pulang, dia menjanjikan mereka harta mahkota emas di pulaunya, Mecha Island.

Ketika mereka tiba, kapal mereka pertama kali diserang oleh penguasa pulau. Tapi kemudian dia memutuskan untuk menggunakan bajak laut ini untuk membantunya memecahkan teka-teki Mahkota Emas.

8. The Desert Princess and the Pirates: Adventures in Alabasta (2007)

One Piece movie The Desert Princess and the Pirates: Adventures in Alabasta (2007)

Sebuah film yang menceritakan kembali Arc Arabasta.

Bajak Laut Topi Jerami melakukan perjalanan ke Arabasta, pulau dengan padang pasir luas dan rumah Nefertari Vivi. Mereka menemukan negara itu di tengah-tengah revolusi.

Crocodile, yang dianggap pahlawan negara, diam-diam menggunakan organisasi kriminalnya Baroque Works, untuk merusak kepercayaan warga pada Cobra, ayah Vivi dan kepala Kerajaan Pasir, untuk merebut takhta dan rahasia tersembunyi negara untuk dirinya sendiri.

Para kru sekarang harus menyeberangi gurun, menghentikan revolusi, menyelamatkan ribuan nyawa dari pengebom tersembunyi Baroque Works, dan yang terpenting, mengalahkan Crocodile, salah satu dari Sichibukai yang perkasa.

9. Episode of Chopper Plus: Bloom in the Winter, Miracle Cherry Blossom (2008)

Episode of Chopper Plus: Bloom in the Winter, Miracle Cherry Blossom (2008)

Film One Piece ini menceritakan kembali arc Drum Island yang berfokus pada Chopper, dengan musik dan animasi baru.

Vivi dihapus dari plot sementara Nico Robin dan Franky, yang bergabung dengan kru setelah arc Drum Island, telah ditambahkan. Film ini juga memiliki kapal baru Topi Jerami, Thousand Sunny.

Ada juga karakter baru untuk film ini, kakak Wapol, Mushul, yang juga merupakan pengguna Buah Iblis.

10. One Piece Film: Strong World (2009)

One Piece Film: Strong World (2009)

Film One Piece ini beralatar antara arc Thriller Bark dan sebelum Sabaody.

Nama penjahat utama adalah “Singa Emas” Shiki, yang diceritakan 20 tahun yang lalu dia kalah dalam pertempuran melawan Monkey D. Garp dan Sengoku dan dipenjara di Impel Down, tetapi berhasil melarikan diri.

Setelah itu dia mulai mengumpulkan krunya dan mencuri Nami untuk menjadikannya navigatornya. Luffy mencoba pergi ke tempat persembunyian Shiki untuk membebaskannya.

11. One Piece 3D: Straw Hat Chase (2011)

Straw Hat Chase (2011)

Film kesebalas One Piece ini menggunakan 3D CGI dan berlatar sebelum timeskip.

Seluruh kru Mugiwara mulai mencari topi jerami Luffy yang hilang secara misterius. Ternyata topi itu diambil burung dan mereka harus mengejarnya, tapi di tengah jalan harus berhadapan dengan Marine dan Sea King.

12. One Piece Film: Z (2012)

One Piece Film: Z (2012)

Film One Piece ini berlatar setelah timeskip dan setelah kru Mugiwara memasuki New World.

Dikatakan sebanding dengan Senjata Kuno, kartu as Marine bernama “Batu Dyna,” tiba-tiba dicuri oleh sekelompok pemberontak.

Pria yang sangat kuat dan bertanggung jawab, mantan Admiral “Z”, sekarang berdiri di jalur Luffy dan Bajak Laut Topi Jerami. Bisakah Topi Jerami mengalahkan “Z” dan krunya, atau akankah New World menemui ajalnya di tangan orang gila ini?

13. One Piece Film: Gold (2016)

One Piece Film: Gold (2016)

One Piece Film Gold, Topi Jerami kembali beraksi dalam petualangan yang berlatar setelah Arc Dressrosa dan sebelum Zou, meski sebenarnya saat periode ini kru Mugiwara masih terpencar di cerita kanon.

Film ini adalah sebuah kisah mencekam yang terungkap di kota spektakuler Gran Tesoro, di mana Luffy dan krunya ditarik oleh mimpi.

Dengan begitu banyak keberuntungan, kemenangan beruntun Luffy tidak mungkin berakhir. Namun di balik tirai emas terdapat seorang raja yang kuat yang memiliki kantong yang dalam dan ambisi yang lebih dalam membawa bencana bagi semua orang.

14. One Piece: Stampede (2019)

One Piece: Stampede (2019)

Film One Piece ke-14 ini memperingati ulang tahun ke-20 anime yang sudah berjalan panjang ini.

Film ini mengambil latar setelah Arc Reverie, saat Luffy dan Sanji diperlihatkan dengan bounty yang mereka terima dari sana, dan sebelum Arc Wano, karena sistem Sichibukai masih aktif. Namun, ini tidak sesuai dengan alur cerita, karena kru Topi Jerami dan Kid ditampilkan utuh dan Killer belum memakan SMILE, dan Nostra Castello masih utuh.

Film berlangsung selama Festival Bajak Laut, sebuah perburuan harta karun epik di mana bajak laut dari seluruh dunia berlomba untuk menemukan barang yang dulunya milik Gol D. Roger.

15. One Piece: Red (2022)

One Piece: Red (2022) monkey d luffy shanks

Film ke-15 One Piece ini disutradarai Goro Taniguchi yang dikenal sebagai pencipta serial Code Geass.

Cerita berlangsung di sebuah pulau di mana Uta, diva favorit dunia, tampil untuk pertama kalinya di depan umum.

Suara nyanyian Uta digambarkan sangat indah, dengan tempat konser itu dipenuhi oleh Topi Jerami yang dipimpin oleh Luffy, bajak laut, Marine, dan penggemar dari seluruh dunia yang telah datang.

Tirai naik dengan info mengejutkan bahwa Uta adalah putri dari Shanks!

Film One Piece ini adalah yang pertama menampilkan Jinbee sebagai anggota resmi Mugiwara, mengindikasikan kalau periode waktunya setelah Arc Wano.


Itu tadi film One Piece, untuk lebih memahami alur cerita aslinya atau episode berapa suatu arc dimulai bisa baca Panduan Nonton One Piece: Urutan Cerita dan Episode Filler.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1775

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *