12 Film dan Series Terbaik Bae Doona

Dari Hollywood hingga bekerja dengan sutradara Korea terkenal seperti Bong Joon-ho dan Park Chan-wook, Bae Doona telah melakukan semuanya.

Di perguruan tinggi, dia menjadi model, dan setelah setahun melakukan itu, dia beralih ke akting. Peran utama pertamanya adalah dalam film debut Bong Joon-ho. Perannya itu meyakinkannya untuk mengejar akting sebagai karirnya.

Sejak sukses dalam sinema Korea dan Asia, Bae beralih ke Hollywood dan membuat penonton kagum secara global. Kemudian dia kembali sukses di televisi, setelah berperan dalam beragam serial hit Netflix.

Nah, berikut ini berbagai film dan serial terbaik yang dibintangi Bae Doona, saya mengurutkannya berdasar tahun rilisnya:

1. Barking Dogs Never Bite (2000)

Barking Dogs Never Bite (2000) bae doona

Peran utama pertama Bae Doona datang dalam fitur debut sutradara Bong Joon-ho.

Sebuah komedi gelap yang berlatar belakang perumahan, Bae memerankan seorang pemalas yang bekerja di kantor admin perkebunan yang sedang berburu seekor anjing liar yang sulit ditangkap.

Menurut sutradara, Bae memenangkan peran itu karena dia bersedia memainkan peran itu tanpa make-up.

Bae Doona mengutip sebuah adegan ketika dia dikejar melalui perkebunan oleh seorang pria tunawisma gila sebagai salah satu favorit pribadinya dalam karir aktingnya.

2. Take Care of My Cat (2001)

Take Care of My Cat (2001)

Film Korea klasik coming of age dari sutradara Jeong Jae-eun yang pertama kali melihat lima lulusan sekolah menengah perempuan berjuang untuk tetap berteman ketika dunia nyata memaksa mereka di jalur yang berbeda.

Kewajiban profesional, tanggung jawab anak, dan ambisi yang berbeda mengancam untuk memecah kelompok, tetapi kepemilikan bersama mereka atas kucing liar menjadi jimat ikatan mereka satu sama lain.

Bae Doona hebat sebagai Tae-hee, dibelenggu oleh keluarga yang menuntut dia bekerja secara gratis, yang akhirnya mengambil langkah berani menuju kemandirian dan ketidakpastian.

3. Sympathy for Mr Vengeance (2002)

Sympathy for Mr Vengeance (2002) bae doona

Sympathy for Mr Vengeance dari Park Chan-wook bukan untuk orang yang lemah hati.

Film ini penuh dengan adegan kekerasan balas dendam tertentu, yang dapat mengganggu penonton yang tak menaruh curiga.

Ryu, yang diperankan Shin Ha-kyun, adalah seorang pekerja pabrik yang tuli dan bisu yang membutuhkan uang untuk membayar operasi saudara perempuannya, tetapi ketika dia diberhentikan dari pabrik, dia menjadi sangat membutuhkan uang. Lalu datang pacar anarkis radikalnya: Bae Doona.

Dia menyarankan agar Ryu menculik putri eksekutif yang memecatnya, yang mengarah ke serangkaian peristiwa bencana yang hanya bisa digambarkan sebagai pertumpahan darah.

Meskipun terkadang sulit untuk ditonton, Sympathy for Mr. Vengeance menunjukkan bakat yang nantinya akan dilepaskan oleh Park Chan-wook dengan filmnya Oldboy dan The Handmaiden.

4. Linda Linda Linda (2005)

Linda Linda Linda (2005)

Bae Doona mengukuhkan posisinya sebagai kultus favorit di antara penggemar film Asia yang berperan sebagai siswa pertukaran Korea yang bersekolah di sekolah menengah Jepang, yang tanpa disadari direkrut ke dalam band punk rock perempuan.

Meski bahasa Jepangnya kurang lancar, Son yang diperankan Bae Doona bergabung dengan Aki Maeda, Yuu Kashii dan Shiori Sekine dari band rock Base Ball Bear, dan mengisi vokal untuk penampilan klimaks film tersebut.

Band mereka, Paranmaum, bahkan merilis cover lagu Blue Hearts sebagai single di Jepang dan Korea.

5. The Host (2006)

The Host (2006) film bae doona

Sebelum ada film Parasite, ada The Host.

The Host memiliki humor gelap klasik Bong Joon-ho, dan Song Kang-ho berperan sebagai ayah yang putrinya baru saja diculik oleh monster yang muncul dari Sungai Han.

Keluarganya, yang diperankan Bae Doona, Park Hae-il, dan Byun Hee-bong, berkumpul bersama untuk mencoba menyelamatkannya, tetapi pada saat yang sama, pemerintah mengejar mereka karena bersentuhan dengan monster itu.

Bae Doona memerankan saudara perempuan Song, pemanah peraih medali nasional yang menggunakan keahliannya untuk mencoba dan menembak jatuh monster itu.

The Host telah mendapatkan pujian kritis, dianggap sebagai salah satu film terbaik yang dirilis pada paruh kedua tahun 2000-an, dan Quentin Tarantino bahkan menyebutnya sebagai salah satu film favoritnya.

6. Air Doll (2009)

Air Doll (2009) bae doona

Pada tahun 2009, Bae Doona membintangi film dari sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda berjudul Air Doll.

Sebelum mengerjakan drama keluarga yang kita kenal hari ini, seperti Shoplifters dan After the Storm, ada Air Doll ini.

Bae adalah Nozomi, boneka seks milik pria yang lebih tua. Setiap kali dia meninggalkan rumah, dia berubah menjadi manusia, orang yang memiliki pekerjaan, pacar, dan perasaan khusus tentang situasinya menjadi boneka.

Meski film tersebut memiliki pandangan yang beragam di antara penonton dan kritikus, ada satu hal yang paling disepakati: penampilan Bae yang menyatukan film tersebut.

Karakternya mempertanyakan apa artinya menjadi manusia dan dengan kesepian mendalam yang dimiliki pemiliknya, apa yang boleh dan tak boleh.

7. Cloud Atlas (2012)

Cloud Atlas (2012) bae doona

Film dari Wachowski bersaudara (pencipta The Matrix) tahun 2012, Cloud Atlas begitu ambisius. Epik modern yang menolak untuk berpaling dari visi awalnya.

Film ini memiliki enam era berbeda di mana para pemerannya muncul kembali memainkan karakter yang berbeda, dengan hanya potensi komentar lewat tentang karakter mereka sebelumnya untuk menyatukan cerita.

Cloud Atlas hampir tak bakal rilis, sebab tak ada cukup dana untuk melanjutkan produksi, tetapi para pemain dan kru dengan penuh semangat terus bekerja dan membuat film. Setiap aktor harus memainkan banyak peran, pekerjaan yang sulit hanya untuk satu produksi.

Ini juga merupakan debut Bae Doona di dunia Hollywood dan kolaborasi pertama dengan Wachowski bersaudara.

8. Sense8 (2015)

Sense8 (2015) bae doona

Sense8 menandai kolaborasi ketiga Bae Doona dengan Wachowski bersaudara, meskipun kali ini di ranah televisi.

Sense8 adalah serial fiksi ilmiah dengan pemeran ansambel yang tiba-tiba menemukan bahwa mereka terhubung secara emosional dan mental.

Mereka mencoba melanjutkan hidup mereka dengan koneksi ini tetapi segera menemukan bahwa mereka tidak dapat melakukannya karena mereka sedang mencari tautan ini.

Setiap karakter hidup di belahan dunia yang berbeda, menciptakan skenario yang unik, karena mereka semua harus belajar empati dan keterampilan lintas budaya untuk berkomunikasi.

Ketika Netflix merilis metrik mereka untuk tahun itu, terungkap bahwa Sense8 adalah salah satu acara yang disukai penonton untuk binge-watching dalam sekali duduk.

9. A Girl at My Door (2014)

A Girl at My Door (2014) bae doona

Begitu bertekadnya Bae Doona untuk memainkan peran utama dalam drama Jung Juli tahun 2014 ini sehingga aktris tersebut setuju untuk melepaskan bayarannya segera setelah dia selesai membaca naskahnya. Mudah untuk melihat alasannya.

Dia luar biasa sebagai instruktur polisi alkoholik yang dipindahtugaskan ke kota kecil di tepi pantai. Sesampai di sana dia mencoba untuk menyelamatkan seorang gadis muda, yang dia curigai adalah korban kekerasan dalam rumah tangga, menarik kemarahan seluruh masyarakat.

Penampilan Bae Doona membuatnya mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Penghargaan Film Asia untuk aktris terbaik.

10. Kingdom (2019-On Going)

Kingdom (2019-On Going) bae doona

Kingdom adalah serial televisi yang menolak untuk masuk dalam genre tertentu.

Serial ini menentang harapan yang ditetapkan oleh drama saeguk tradisional Korea, atau drama sejarah, dengan menambahkan sesuatu yang sangat spesifik: kerajaan Joseon telah dikuasai oleh zombie setelah upaya invasi Jepang.

Bae Doona memerankan Seo-bi, seorang dokter yang merupakan satu-satunya yang selamat dari wabah zombie asli.

Dia menjadi terobsesi untuk menemukan obat dan asal mula wabah, mengabdikan hidupnya dan penelitian untuk menghentikan wabah.

Jika The Walking Dead menyentuh beberapa kritik sosial, Kingdom mengungkap seluruh masalah sistemik antara kelas penguasa dan masyarakat umum.

11. The Silent Sea (2021)

The Silent Sea (2021)

The Silent Sea membawa Bae Doona dengan Om Ganteng Gong Yoo di dunia yang kehabisan air.

Sebuah badan antariksa Korea Selatan dengan putus asa mengirim tim ke bulan untuk menemukan apa yang terjadi pada misi penelitian dan mengambil sampel dari apa yang tertinggal.

Misi mulai berbatu ketika pesawat ruang angkasa menabrak bulan, membunuh beberapa anggota tim, tetapi hal-hal mulai menjadi aneh ketika mereka pergi ke pangkalan dan mencari tahu apa yang terjadi di sana.

Dengan akting yang luar biasa dan naskah yang akan membuat kamu penasaran, The Silent Sea sangat menghibur dan layak untuk ditonton.

12. Broker (2022)

Broker (2022)

Film paling anyar dari Bae Doona yang kembali berakting bersama Song Kang-ho, dalam besutan sang sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda spesialis film festival bergengsi.

Film ini berkisah tentang beragam karakter yang terkait dengan kotak bayi, yang memungkinkan bayi diturunkan secara anonim untuk dirawat oleh orang lain.

Tinggalkan komentar