Urutan Nonton Film Fast and Furious, Aksi Ngebut Lawan Hukum Fisika!

Film aksi dengan premis sederhana kebut-kebutan mobil ini, berawal dari The Fast and the Furious tahun 2001, sekarang telah menjadi waralaba bernilai miliaran dolar.

Fast and Furious segera menggelembung menjadi seri perampokan epik keliling dunia, ngebut dengan dosis NoS yang berbahaya, dan konsep keluarga dapat memaafkan semua kejahatan, sekaligus set-piece aksi yang menentang hukum fisika.

Seperti kebanyakan cerita besar yang datang dari awal yang kecil, kronologis waktu yang tepat dari film Fast & Furious menjadi sedikit rumit.

serial film fast and furious

Jika baru mengenal serial ini tetapi tidak tahu harus memulai dari mana, saya di sini ingin membantu kamu.

Di bawah ini akan ada dua opsi, urutan kronologis peristiwa, dan film Fast & Furious dalam urutan kapan setiap film dirilis.

Urutan Rilis Film Fast and Furious

1. The Fast and the Furious (2001)

The Fast and the Furious (2001)

Disutradarai oleh Rob Cohen, film pertama dalam seri ini membangun film aksi bonafide seputar budaya drag race.

Berlatar di sekitar tahun rilis film tahun 2001, The Fast and the Furious memperkenalkan Brian O’Connor (Paul Walker), seorang perwira LAPD yang menyamar untuk menjatuhkan kru pembajak mobil.

Segalanya menjadi kacau ketika Brian mengembangkan persahabatan yang tulus dengan pemimpin karismatik kru, Dominic Toretto (Vin Diesel), dan hubungan romantis dengan saudara perempuan Dom, Mia (Jordana Brewster).

Ini juga pertama kalinya kita bertemu dengan tokoh andalan Letty Ortiz (Michelle Rodriguez).

2. 2 Fast 2 Furious (2003)

2 Fast 2 Furious (2003)

Mengikuti Brian O’Connor ke Miami setelah The Fast and the Furious.

Satu-satunya film Furious yang tidak menampilkan Vin Diesel, kontribusi terbesar sekuelnya adalah memperkenalkan Tyrese Gibson sebagai Roman Pearce dan Chris “Ludacris” Bridges sebagai Tej Parker.

Untuk kisah tentang apa yang dilakukan Dom dan Letty setelah film pertama dijelaskan dalam film pendek, Los Bandoleros.

3. The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)

The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)

Di film ini tak ada Paul Walker atau Vin Diesel atau Ludacris, atau Michelle Rodriguez, atau Gibson. Pada dasarnya tidak ada karakter inti di sini.

Film ini dibuat di Jepang dengan latar skena balap liar di Tokyo. Film ini menampilkan Han (Sung Kang). Untungnya, penggemar menyukai Han, tetapi film itu agak membingungkan timeline.

4. Fast & Furious (2009)

Fast & Furious (2009)

Di sinilah hal-hal menjadi kacau. Film keempat dalam seri ini sebenarnya adalah yang ketiga secara kronologis dan, dari segi cerita, merupakan sekuel langsung dari film pertama.

Menggabungkan kembali Walker dan Diesel—dan menetapkan Han Lue (Sung Kang) sebagai mantan rekanan Dom.

Fast and Furious berlangsung lima tahun setelah The Fast and the Furious. Ini juga pertama kalinya kita bertemu Gal Gadot sebagai anggota tim Gisel.

5. Fast Five (2011)

Fast Five (2011)

The Rock pertama kali muncul di Fast Five sebagai Luke Hobbs, dan akhirnya kita melihat Ludacris dan Tyrese kembali ke waralaba.

Sung Kang juga muncul sebagai Han dan Gal Gadot juga muncul. Film-film mulai meningkat dan mengarah ke kekonyolan di sini.

6. Fast & Furious 6 (2013)

Fast & Furious 6 (2013)

Kita memiliki penjahat baru yang diperkenalkan, atau seluruh keluarga penjahat dengan Luke Evans yang berperan sebagai Owen Shaw.

Kita juga memiliki adegan pasca-kredit untuk memperkenalkan karakter Jason Statham, Deckard Shaw, yang tampaknya membunuh Han dalam adegan yang pertama kali terlihat di Tokyo Drift.

7. Furious 7 (2015)

Furious 7 (2015)

Film Fast & Furious karya sutradara James Wan berlangsung kurang dari setahun setelah Fast & Furious 6 dan sedikit tumpang tindih dengan akhir Tokyo Drift.

Tim bersatu kembali untuk yang satu ini yang melihat kita mengucapkan selamat tinggal kepada Paul Walker.

Statham kembali setelah adegan kredit untuk peran utama pertamanya yang tepat dalam waralaba Fast & Furious yang melihatnya berbenturan dengan Diesel dan The Rock.

8. The Fate of the Furious (2017)

The Fate of the Furious (2017)

Film dari sutradara F. Gary Gray ini mengambil hanya beberapa bulan setelah Furious 7.

Selain adegan pengejaran yang menampilkan kapal selam nuklir, film ini juga memperkenalkan karakter kunci seperti Cipher sang dalang kriminal yang diperankan Charlize Theron dan Helen Mirren sebagai ibu pemimpin Shaw, Magdalene Shaw.

9. Fast & Furious Presents (2019)

Fast & Furious Presents (2019)

Sedikit jalan memutar di sini, karena ini bukan bagian dari waralaba inti, tetapi spin-off.

The Rock dan Statham kembali untuk bekerja sama melawan tentara super Idris Elba. Shaw bertransisi dari penjahat menjadi pahlawan. Vanessa Kirby juga berperan sebagai saudara perempuan Statham.

10. F9 (2021)

film fast and furious F9 (2021)

Justin Lin kembali lagi dengan kilas balik ke tahun 1989 untuk melihat masa lalu Dom dan bagaimana dia kehilangan ayahnya.

Sebagian besar film berlangsung pada tahun 2019, dengan film membawa kembali sebagian besar pemeran utamanya (kecuali untuk Dwayne Johnson, tentu saja) dan memperkenalkan John Cena sebagai Jakob Toretto, kakak Dom dan Mia.

Film juga membawa kembali Han, yang “meninggal” di Tokyo Drift.

11. Fast X (2023)

film fast x 2023

Jika mempertimbangkan peristiwa di saat-saat terakhir Fast X, sepertinya film Fast and Furious terbaru ini terjadi setelah Hobbs & Shaw.

Fast X juga memperkenalkan penjahat yang sangat flamboyan bernama Dante, yang diperankan oleh Jason Momoa, dan juga menambahkan cast Brie Larson, Alan Ritchson, Daniela Melchior, Leo Abelo Perry, dan Rita Moreno yang makin semarak.

Urutan Kronologis Fast and Furious

Meskipun sebagian besar film Fast mengikuti satu sama lain, ada satu pengecualian yang menonjol: The Fast and the Furious: Tokyo Drift.

Meski ini adalah film Fast & Furious ketiga yang dirilis di bioskop, Tokyo Drift sebenarnya berada di antara Fast & Furious 6 dan Furious 7.

Berbelok dari kisah Brian dan Dom, film ini mengikuti serangkaian karakter baru yang dipimpin oleh Sean Boswell. (Lucas Black), seorang siswa yang terpaksa pindah ke Jepang untuk menghindari hukuman penjara.

Berikut urutan kronologis film Fast & Furious:

  • The Fast and the Furious (2001)
  • 2 Fast 2 Furious (2003)
  • Fast & Furious (2009)
  • Fast Five (2011)
  • Fast & Furious 6 (2013)
  • The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)
  • Furious 7 (2015)
  • The Fate of the Furious (2017)
  • Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw (2019)
  • F9 (2021)
  • Fast X (2023)

Itu tadi urutan nonton film Fast & Furious, selamat menonton ya!

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dan menarik seputar film dan pop culture, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *