Urutan Nonton Film Jurassic Park dan Jurassic World

Film Jurassic Park bertanggung jawab atas sebagian besar ingatan kita tentang monster prasejarah yang luar biasa, raksasa, dan hobi mengamuk yang dikenal secara ilmiah sebagai dinosaurus.

Film-film ini adalah salah satu alasan mengapa ada begitu banyak pecinta dino di antara kita hari ini, dan franchise ini masih hidup dan sehat, seperti para dinosaurus fiksi yang dikloning kembali ke kehidupan.

Dengan film keenam dan yang dilaporkan terakhir dalam seri, Jurassic World Dominion, yang akan diputar di bioskop, kamu mungkin ingin menyegarkan kembali pengetahuan Jurassic kamu dengan menonton ulang saga dalam urutan kronologis.

Semuanya dimulai dengan Jurassic Park karya Steven Spielberg, berdasarkan novel dengan nama yang sama yang ditulis oleh Michael Crichton. Film ini menggemparkan dunia ketika pertama kali dirilis pada tahun 1993, dan masih dianggap sebagai salah satu film Hollywood terbesar tahun 1990-an.

Nah, saya telah menyusun film Jurassic Park dan Jurassic World dalam urutan yang sistematis sehingga kamu dapat menikmati pengalaman bebas repot sambil menikmati maraton film ini!

1. Jurassic Park (1993)

Jurassic Park (1993)

Jurassic Park dirilis pada tahun 1993 dan kemudian menjadi salah satu film berpenghasilan tertinggi sepanjang masa.

Film dimulai dengan pemilik Jurassic Park, John Hammond (Richard Attenborough), merekrut tim ilmuwan dan spesialis untuk mengevaluasi taman hiburan ambisius barunya, yang terletak di pulau fiksi Isla Nublar, untuk memastikan bahwa itu benar-benar aman sebelum resmi dibuka untuk umum.

Tim tersebut termasuk arkeolog Dr. Alan Grant (Sam Neill) dan Dr. Ellie Sattler (Laura Dern) dan ahli matematika Ian Malcolm (Jeff Goldblum).

Jurassic Park memenangkan lebih dari dua puluh penghargaan, termasuk tiga Oscar, dan pada tahun 2018 film tersebut dipilih untuk pelestarian di United States National Film Registry oleh Library of Congress sebagai “signifikan secara budaya, sejarah, atau estetika”.

2. The Lost Word: Jurassic Park (1997)

The Lost Word: Jurassic Park (1997)

Film kedua dalam seri, The Lost World: Jurassic Park, mengambil empat tahun setelah film pertama dan melihat Hammond kehilangan kepemilikan atas perusahaannya InGen. Namun, ia berhasil merahasiakan keberadaan pulau kedua, Isla Sorna, yang digunakan untuk pengembangbiakan dinosaurus.

Itu adalah bagian dari penyamaran yang menghentikan seluruh dunia untuk mengetahui tentang kegagalan proyek Hammond sebelumnya. Setelah kecelakaan di pulau kedua, Hammond merekrut Ian Malcolm sekali lagi untuk mengunjunginya dengan tim baru.

Mereka berkonflik dengan pemilik baru InGen ketika mereka mencoba menyelundupkan dinosaurus untuk taman mereka sendiri.

Film Jurassic Park ini sukses secara box office dan juga mendapatkan nominasi Academy Award.

3. Jurassic Park III (2001)

Jurassic Park III (2001)

Film terakhir dalam trilogi Jurassic Park, dan Steven Spielberg digantikan oleh Joe Johnston (The Rocketeer).

Cerita Jurassic Park III mengikuti Dr Alan Grant yang meneliti kecerdasan Velociraptors tetapi tidak dapat menemukan dana untuk proyek barunya.

Dia bertemu Paul dan Amanda Kirby (diperankan oleh William H Macy dan Tea Leoni) yang menipu dia untuk bergabung dengan ekspedisi mereka.

Pasangan itu berjanji untuk mendanai penelitian Grant jika dia memberi mereka tur udara ke Isla Sorna, pulau yang sama yang digunakan di The Lost World.

Meskipun film ini sukses di box office, ini adalah judul terlaris paling rendah dalam seri.

4. Jurassic World (2015)

Jurassic World (2015)

Jurassic World seharusnya memulai produksi pada tahun 2004, tetapi penundaan membuat film ini dalam pengembangan selama satu dekade lamanya.

Disutradarai oleh Colin Trevorrow, Jurassic World adalah film keempat dalam franchise Jurassic Park dan yang pertama dalam trilogi Jurassic World.

Berlatar 22 tahun setelah trilogi Jurassic Park, ceritanya mengikuti Simon Masrani (Irrfan Khan), CEO Masrani Global Corporation, yang membeli InGen pada tahun 1997 untuk membuat taman hiburannya sendiri,Jurassic World, peningkatan dari Jurassic Park Hammond.

Mirip dengan film aslinya, hari yang tampaknya normal menjadi kacau ketika atraksi terbaru taman, hibrida rekayasa genetika yang dikenal sebagai Indominus Rex, melarikan diri dari kandangnya dan membuat kekacauan.

Film ini sangat sukses di box office, menghasilkan $1,6 miliar di seluruh dunia, dan merupakan film terlaris ketiga pada masanya.

5. Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Jurassic World: Fallen Kingdom adalah film kelima dalam franchise Jurassic Park dan sekuel dari Jurassic World.

Disutradarai oleh JA Bayona, film ini memperlihatkan dinosaurus yang hidup damai selama empat tahun tanpa campur tangan manusia setelah melarikan diri di Jurassic World, tetapi laporan tentang letusan gunung berapi mengancam keberadaan makhluk luar biasa ini dan membawa manusia kembali ke pulau itu sekali lagi.

Jeff Goldblum mengulangi perannya yang terkenal sebagai Ian Malcolm dari trilogi Jurassic Park dalam film untuk pertama kalinya setelah The Lost World.

Battle at Big Rock (2019)

Ada juga film pendek Battle at Big Rock yang dibuat satu tahun setelah peristiwa Jurassic World: Fallen Kingdom, dan merekam konfrontasi besar pertama antara manusia dan dinosaurus.

Film ini berfokus pada sebuah keluarga kecil yang berkemah di Taman Nasional fiksi yang dikenal sebagai Big Rock, yang berjarak sekitar 32 km dari situs tempat dinosaurus dari Fallen Kingdom dilepaskan.

Film pendek melihat keluarga yang terjebak di tengah pertempuran sengit antara Nasutoceratops dan Allosaurus.

6. Jurassic World Dominion (2022)

Jurassic World Dominion (2022)

Film keenam dalam saga, Jurassic World Dominion, berlatar empat tahun setelah peristiwa Jurassic World: Fallen Kingdom.

Dinosaurus sekarang berkeliaran di bumi sekali lagi, hidup di antara manusia di seluruh dunia. Tiga tokoh asli, yakni Dr. Ellie Sattler, Dr. Alan Grant, dan Ian Malcolm, semuanya akan kembali untuk judul terakhir dalam seri Jurassic World, bergabung dengan Owen Grady dan Claire Dearing dalam perjuangan untuk menyelamatkan umat manusia.


Saat ini untuk menonton film Jurassic Park dan Jurassic World bisa diakses lewat HBO Max.

8 pemikiran pada “Urutan Nonton Film Jurassic Park dan Jurassic World”

  1. wah udah dibahas lengkap. okedeh, ini bisa jadi panduan buat nonton ulang dari awal. meski ceritanya enggak nyambung, tapi nonton dari awal sesuai urutan itu kayaknya lebih seru deh

    Balas
    • Film Jurassic Park ini udah jadi tontonan sejak tayang di bioskop dulu. Kalau gak salah pas SMP gitu. Seru loh, sampai penontonnya bisa teriak kala adegan seru. Keren emang imajinasi Stephen Spielberg.

      Balas
  2. Waaah ringkasan lengkap sekali tentang jurrasic world. Udah nonton semua kecuali yang terakhir, yg baru tayang. Film dino emang mewakili imajinasi disaat duduk di bangku sekolah, seakan² ada di dunia nyata

    Balas
  3. Oke, catat urutan Jurassic Park ini siapa tahu penasaran buat nonton. Aku sendiri lihat pas tayang di TV aja, gak tahu versi di tahun berapa. Memang bukan genre kesukaan sih

    Balas
  4. Terima kasih sudah menyusun urutan film Jurassic Park…. Duh, saya yang jarang nonton film, jadi tau nih, kalau ada beberapa film Jurassic Park yan terlewat belum dilihat

    Balas

Tinggalkan komentar