15 Film Korea Terbaik Song Kang Ho

Sebelum Parasite makin mengubah namanya menjadi global, Song Kang Ho, bintang film terbesar Korea Selatan, telah memimpin industri di negara itu selama lebih dari dua dekade.

Membintangi serangkaian terobosan kritis dan komersial, beragam film yang sering kali menggabungkan seni dan yang populer.

Nah, berikut beragam penampilan terbaik bintang yang tak tertandingi ini, semuanya film Korea. Saya urutkan berdasarkan tahun rilis, agar kita bisa mengikuti perjalanan kariernya sekaligus perkembangan sinema Korea modern.

1. No. 3 (1997)

No. 3 (1997)

Song muncul di beberapa film dalam peran kecil pada pertengahan 1990-an, termasuk dalam debut sutradara Hong Sang-soo dan Lee Chang-dong.

Meski begitu, peran yang menempatkannya di peta sinema Korea adalah sebagai kapten geng Jo-pil dalam film gangster komedi tahun 1997 ini.

Aktor muda ini mampu memamerkan pesona komikalnya dan penuh daya tarik dalam peran datar ini, yang akan membuka jalan bagi peran yang jauh lebih besar.

2. Joint Security Area (2000)

Joint Security Area (2000) song kang ho

Dalam kolaborasi pertamanya dengan Park Chan-wook, Song Kang Ho berperan sebagai Sersan Korea Utara Oh bernama Kyeong-pil.

Bersama dengan seorang kawan, menjalin persahabatan yang tidak mungkin dengan dua tentara Korea Selatan di sepanjang Joint Security Area yang memisahkan kedua Korea.

Penampilan Song yang menakjubkan membuatnya menjadi salah satu karakter menonjol dari kisah yang tak terlupakan ini, salah satu hits orisinal dari era film Korea modern.

Ini juga menjadi film pertama dari empat kolaborasi lainnya dengan sesama bintang Lee Byung-hun.

3. The Foul King (2000)

The Foul King (2000) song kang ho

Yang paling berkesan dari empat kolaborasi Song Kang Ho dengan sutradara Kim Jee-woon tentunya adalah The Foul King, yang merupakan peran utama pertama sang aktor.

Dalam peran yang sangat relatable, Song berperan sebagai pegawai bank yang suka bergulat ketika dia lelah berurusan dengan bos kepalanya yang sombong.

Song adalah aktor yang tampil dengan seluruh tubuhnya, dan banyak perannya dibangun di atas fasilitas komedi fisiknya.

Keterampilan itu digunakan sebaik mungkin dalam film yang lucu dan mengejutkan ini sebagai salah satu praktisi gulat yang paling tak biasa.

4. Sympathy for Mr Vengeance (2002)

Sympathy for Mr Vengeance (2002) song kang ho

Mungkin yang terbaik dari kolaborasi sutradara Park Chan-wook dan Song Kang Ho adalah film pembuka Vengeance Trilogy, yakni Sympathy for Mr Vengeance.

Film yang suram dan ikonik ini memaksa sang bintang untuk menekan naluri performatifnya saat ia memainkan bos pabrik yang murung yang putrinya telah diculik oleh seorang pekerja bisu yang tak puas dan pacarnya yang anarkis.

Meski ia kurang ekspresif di sini dibandingkan dengan peran lainnya, Song membawa ancaman serius ke bagian tersebut, yang menambah kesan mengerikan film tersebut.

5. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder (2003) song kang ho

Jika Song Kang Ho memiliki peran khas, itu pasti sebagai detektif pedesaan yang kikuk Park Doo-man dalam Memories of Murder karya Bong Joon-ho yang ikonik, yang sering disebut-sebut sebagai film Korea terhebat sepanjang masa.

Meski Doo-man adalah seorang yang kasar dan alat dari rezim yang menindas, Song menunjukkan kepada kita karakter yang dapat diterima yang memenangkan simpati kita dalam salah satu cerita paling mendebarkan yang pernah keluar dari negara ini.

6. Host (2006)

Host (2006) song kang ho

Dengan kejutan rambut pirang jamet dan etika makan yang buruk, pedagang kios tepi sungai Gang-du yang canggung menampilkan sosok yang tak mungkin sebagai pahlawan. Itulah yang terpaksa dia lakukan ketika monster muncul dari Sungai Han dan merenggut putrinya.

Menampilkan penampilan Song yang paling menggemparkan, The Host karya Bong Joon-ho tetap menjadi hit terbesar dalam karir Song dan bukti abadi karisma layarnya.

7. Secret Sunshine (2007)

Secret Sunshine (2007) song kang ho jeon do yeon

Setelah mencapai kesuksesan besar di awal tahun 2000-an, Song Kang Ho jarang bermain sebagai pemeran kedua, tetapi dia melakukannya di sini sebagai lawan main Jeon Do-yeon dalam kisah duka dan penebusan Lee Chang-dong yang luar biasa.

Song berperan sebagai mekanik pedesaan Jong-chan, yang tampak bersinar untuk ibu tunggal Jeon, yang baru saja pindah dari kota.

Jong-chan mencoba menjadi orang Samaria yang Baik, tetapi tak ada yang sesederhana itu dalam risalah yang menghancurkan tentang iman kontemporer ini, yang menampilkan salah satu pertunjukan Song yang paling berlapis.

8. The Good, the Bad, the Weird (2008)

The Good, the Bad, the Weird (2008) film korea

Jika Amerika punya Western, Italia punya Spaghetti Western, maka Korea punya Kimchi Western? Begitulah beberapa kritikus menggambarkan The Good, the Bad, the Weird.

Film koboi Western ini mungkin tak berlatar di Amerika, tetapi berisi banyak kesenangan yang sama luar biasanya.

Judul film ini berasal dari tiga karakternya, yang masing-masing dikenal sebagai “The Good”, “The Bad”, dan “The Weird” sesuai dengan kepribadian mereka.

Song Kang-ho berperan sebagai “The Weird”, seorang pencuri yang mencuri peta harta karun yang dicari oleh dua karakter lainnya, belum lagi Tentara Kekaisaran Jepang.

Ini adalah film yang sangat menyenangkan, dan itu sebagian besar disebabkan oleh penampilan Song Kang-ho. Karakternya benar-benar pantas disebut namanya.

Baik melalui keanehan atau adegan kejar-kejaran yang lucu, “The Weird” benar-benar mengatur kecepatan film dan nada main-main. The Good, the Bad, the Weird adalah salah satu film Korea paling menghibur yang pernah ada.

9. Thrist (2009)

Thrist (2009) song kang ho

Dalam perannya yang paling kontroversial, Song Kang Ho menjelma menjadi pendeta katolik Sang-hyun dalam film horor Thrist yang vulgar dan komikal karya Park Chan-wook.

Iman dan libido Sang-hyun mengalami perombakan radikal ketika dia menjadi vampir setelah menjadi sukarelawan untuk percobaan medis dan dia segera terlibat dalam hubungan yang panas dengan seorang gadis muda.

Song bereksperimen dengan jenis fisik yang berbeda dalam perannya yang paling tak biasa dalam penghancuran adat-istiadat sosial ini.

10. Attorney (2013)

Attorney (2013) song kang ho

Sebuah drama ruang sidang yang dibintangi Song Kang-ho sebagai pemeran utamanya ini mendramatisir salah satu kasus hukum terpenting dalam perjalanan panjang Korea Selatan menuju demokrasi.

Pada tahun 1981, pemerintah militer Korea Selatan menangkap 22 aktivis demokrasi dengan tuduhan palsu bahwa mereka adalah simpatisan Korea Utara.

Sebuah tim hukum bintang, termasuk dua calon Presiden Korea, Roh Moo-hyun dan Moon Jae-in, berkumpul untuk membela para tahanan dari pelanggaran pemerintah.

Karakter Song Kang-ho adalah gabungan dari Roh Moo-hyun dan anggota tim pertahanan lainnya dalam hal ini.

Dalam The Attorney, karakter Song berubah dari penggila uang hedonistik menjadi pembela keadilan, sebuah perubahan yang menghibur dan menghangatkan hati.

11. The Throne (2015)

The Throne (2015) song kang ho

Drama Era Joseon dari Lee Joon-ik menampilkan Song Kang Ho dalam keadaan paling megah.

Ia memerankan Raja Yeongjo, yang dengan kejam mengutuk putranya sendiri sampai mati dengan mengurungnya di peti nasi selama delapan hari.

Raja Yeongjo berjuang dengan hati nuraninya tetapi tetap teguh dalam pemeriksaan yang kaya akan kode Konfusianisme ketat yang mendorong ke klimaks emosional.

Di tengah formalitas istana Raja, Song memfokuskan penampilannya ke matanya yang sedih dan ekspresif.

12. Age of Shadow (2016)

Age of Shadow (2016) song kang ho

Dalam film spionase karya Kim Jee-woon, Song berperan sebagai kapten polisi Korea Lee Jung-chool, yang bekerja untuk pemerintah kolonial Jepang.

Ia menemukan kesetiaannya terpecah ketika dia didekati oleh gerakan perlawanan yang seharusnya dia temukan.

Terlepas dari dilema moral yang rumit yang dilalui karakternya, Song menggambar potret menarik dari karakter ramah yang hanya keluar untuk dirinya sendiri, sampai hati nuraninya mulai menggerogoti dirinya.

13. Taxi Driver (2017)

Taxi Driver (2017) song kang ho

Kekuatan penuh kekuatan bintang Song Kang Ho muncul dalam drama politik yang sukses besar ini, di mana ia berperan sebagai sopir taksi Seoul yang mengawal seorang reporter Jerman ke jantung Pembantaian Gwangju pada Mei 1980.

Sama-sama cerdik dan menyedihkan, Song memerankan Kim Man-seob, yang didasarkan pada sosok nyata yang identitasnya tak diketahui pada saat pembuatan film, menyalurkan frustrasi dan rasa sakit dari satu generasi.

Song melembutkan perjalanan gelap dalam peran yang dipenuhi dengan komedi dan daya nostalgia.

14. Parasite (2019)

Parasite (2019)

Mereka yang belum pernah mendengar tentang Song Kang-ho yang hebat disuguhi salah satu penampilan terbaiknya di Parasite, pemenang Academy Award Bong Joon-ho.

Meski secara kejam dirampok dari nominasi akting di Oscar, Song mengesankan sebagai patriark yang ramah dari keluarga Kim yang miskin, yang berusaha keras untuk masuk ke rumah tangga Park yang elit.

Dialog lezat Bong mengalir dari lidah Song dalam aliran bergelombang dalam kinerja yang tampaknya mudah yang memungkiri konstruksi yang tepat.

15. Broker (2022)

Broker (2022) hirokazu koreeda

Film paling anyar dari Song Kang Ho yang kembali berakting bersama Bae Doona, dalam besutan sang sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda spesialis film festival bergengsi.

Film ini berkisah tentang beragam karakter yang terkait dengan kotak bayi, yang memungkinkan bayi diturunkan secara anonim untuk dirawat oleh orang lain.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1765

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *