Urutan Nonton Film Resident Evil

Film Resident Evil adalah serial film zombie dengan pendapatan tertinggi hingga saat ini. Meski film-film tersebut hanya terkait secara longgar dengan alur cerita video game zombie aslinya, penulisan dan penyutradaraan Paul W. S. Anderson menciptakan favorit penggemar.

Serial ini penuh dengan aksi keras serta menyenangkan, persenjataan sci-fi, dan makhluk haus darah yang berkeliaran sejak awal tahun 2000-an.

Dengan judul yang tidak memakai sistem penomoran, ini bisa menjadi rumit ketika kamu mencoba menonton film secara berurutan.

Nah, saya telah menyusun panduan ini untuk referensi saat kamu ingin menonton Resident Evil, berdasarkan tanggal rilis dan urutan kronologis.

1. Resident Evil (2002)

Resident Evil (2002) milla jovovich

Milla Jovovich berperan sebagai Alice, seorang agen keamanan untuk The Umbrella Corporation yang diperintahkan untuk menjaga pintu masuk rahasia ke laboratorium bawah tanah bernama The Hive. Ini adalah laboratorium penelitian genetik yang secara tidak sengaja melepaskan T-virus yang mematikan di antara staf mereka.

Sistem keamanan AI, The Red Queen, membunuh setiap makhluk hidup di dalamnya dalam upaya mengendalikan penyebaran infeksi. Virus ini menyebabkan mayat orang yang terbunuh menjadi hidup kembali dan didorong oleh rasa lapar yang tak terpuaskan akan daging manusia.

Kegagalan daya menyebabkan 500 karyawan yang kini telah jadi zombi lepas saat Alice dan timnya berjuang untuk bertahan hidup.

Meski film tersebut menerima ulasan jelek dengan kritik bahwa terlalu banyak aksi dan dialognya khas gaya video game, film pertama Resident Evil dengan cepat menjadi cult classic dengan banyak yang menyebut penampilan berani oleh Jovovich sebagai protagonis Alice yang seksi, tabah dan tak tergoyahkan.

Baca juga: 10 Film Surealis Terinspirasi Kisah Alice in Wonderland

2. Resident Evil: Apocalypse (2004)

Resident Evil: Apocalypse (2004)

Anderson kembali untuk menulis tetapi tidak menyutradarai dalam judul kedua Resident Evil ini, dengan peran yang diisi oleh Alexander Witt untuk debut penyutradaraannya.

Film ini dinobatkan sebagai yang terbaik dan terburuk dari serinya. Sementara mempolarisasi karena fokusnya pada aksi daripada alur cerita, film ini menampilkan adegan yang memicu adrenalin serta gerakan karakter yang ditampilkan kembali dari seri game dan memanfaatkan sudut kamera dari cut-scene dalam game.

Film ini langsung melanjutkan peristiwa film sebelumnya ketika warga bergegas untuk mengevakuasi Raccoon City.

Alice, bersama dengan Jill dan Peyton, dua orang yang selamat lainnya, berusaha melarikan diri sebelum kota itu dibakar oleh rudal nuklir dalam upaya lebih lanjut untuk menahan virus yang menyebar dengan cepat yang sekarang mengganggu penduduk yang tersisa.

Seorang peneliti menawarkan rincian titik ekstraksi kepada operator dengan imbalan penyelamatan putrinya yang hilang. Tingkat eksperimen bioweapon Umbrella terungkap ketika tentara mutan tanpa mata dilepaskan ke jalanan.

Alice menemukan bahwa dia sendiri telah terinfeksi suatu bentuk virus dan menggunakan kekuatan barunya dalam pertarungan epik.

3. Resident Evil: Extinction (2007)

Resident Evil: Extinction (2007)

Anderson kembali untuk menulis sementara Russel Mulcahy menyutradarai film ketiga dari seri tersebut, Resident Evil: Extinction.

Dengan pujian kritis yang rendah, film ini menduduki peringkat pertama di box office AS pada akhir pekan pembukaannya dan meraup lebih dari $148 juta di seluruh dunia.

Saat T-virus menyebar ke seluruh bumi mengubah umat manusia pada umumnya menjadi mayat hidup yang tidak punya pikiran dan lapar, sekelompok orang yang selamat dari Raccoon City yang terpencil melakukan perjalanan melewati gurun Mojave dalam upaya untuk mencapai Alaska dan melarikan diri dari kiamat zombie yang akan datang.

Eksperimen lanjutan yang dilakukan oleh The Umbrella Corporation menyebabkan mutasi yang lebih mengerikan pada orang yang terinfeksi yang membuat mereka bahkan lebih mematikan.

Alice menemukan sejauh mana kekuatan barunya yang dibawa oleh virus, dan bahwa darahnya dapat menyembuhkan.

Dia memutuskan untuk membalas dendam pada The Umbrella Corporation, khususnya Albert Wesker, seorang penjahat dari game yang diperkenalkan sebagai karakter baru dalam film ini.

4. Resident Evil: Afterlife (2010)

Resident Evil: Afterlife (2010) film

Paulus W.S. Anderson mengulangi perannya sebagai penulis dan sutradara dalam judul Resident Evil yang berlatar Tokyo, Jepang.

Untuk perannya sebagai Alice, penampilan Milla Jovovich membuatnya memenangkan Penghargaan Scream untuk Aktris Fiksi Ilmiah Terbaik dan Resident Evil: Afterlife menjadi film terlaris kedua seri ini dengan menyapu lebih dari $300 juta.

Setelah mengetahui bahwa Umbrella Corporation telah membuat tiruannya, Alice dan salinannya turun ke markas Umbrella Tokyo. Selama serangan itu, Alice disuntik dengan serum yang menghilangkan kekuatan barunya.

Albert Wesker nyaris lolos dari cengkeraman mereka dan Alice berangkat untuk menemukan korban selamat lainnya dalam perjalanannya ke Alaska.

Chris Redfield, karakter utama dari seri game, diperkenalkan ke dalam film ketika Alice menemukan bahwa Alaska tidak memenuhi apa yang mereka harapkan.

5. Resident Evil: Retribution (2012)

Resident Evil: Retribution (2012)

Leon S. Kennedy dari seri game ditambahkan ke daftar karakter dalam judul kelima dari franchise film di mana ia membantu dalam penyelamatan Alice yang sekarang ditugaskan untuk melarikan diri dari fasilitas pengujian bawah air Umbrella dengan bantuan musuh bebuyutannya, Albert Wesker.

Jill Valentine, seorang agen yang telah membantu Alice di masa lalu sekarang berada di bawah kendali sistem AI Red Queen.

Alice harus melawan temannya dan berusaha menyelamatkan umat manusia dari sistem AI jahat, yang tujuannya adalah untuk melenyapkan semua kehidupan di Bumi.

Sukses di box office, film ini mendapat pujian dari para kritikus untuk efek visual dan koreografi pertarungannya.

6. Resident Evil: The Final Chapter (2017)

Resident Evil: The Final Chapter (2017)

Cerita menjadi lingkaran penuh saat Alice kembali ke The Hive di bawah Raccoon City di Resident Evil: The Final Chapter.

Sementara orang kaya dan kuat bersembunyi dengan aman di ruang cryogenic, Alice dan yang selamat lainnya harus berpacu dengan waktu untuk merilis antivirus sebelum The Umbrella Corporation dapat melepaskan T-virus dan menghapus apa yang tersisa dari umat manusia.

Alice, dihadapkan dengan pengkhianatan oleh tiruan dari sekutunya, belajar kebenaran tentang siapa dia dan pertempuran terakhirnya adalah dengan kematiannya sendiri.

Film terbaik yang ditinjau secara kritis dan berpenghasilan tertinggi dalam seri ini tidak mengecewakan penggemar lama franchise ini.

7. Resident Evil: Welcome to Raccoon City (2021)

Resident Evil: Welcome to Raccoon City (2021)

The Final Chapter ternyata bukanlah yang terakhir. Sebab 4 tahun kemudian Welcome to Raccoon City dirilis pada November 2021 yang dibintangi oleh Kaya Scodelario sebagai Claire Redfield, Hannah John-Kamen sebagai Jill Valentine dan Tom Hopper sebagai Albert Wesker.

Film ketujuh berbeda dari alur cerita dari enam film sebelumnya karena mengadaptasi penuh permainan asli.

Hal ini sangat menggembirakan para penggemar seri game Capcom yang berharap franchise ini akan kembali ke akar horornya.

Adegan-adegan menunjukkan reka ulang adegan yang dipotong dari game. Babak baru ini ditulis dan disutradarai oleh Johannes Roberts. Milla Jovovich tidak terdaftar untuk kembali sebagai karakter protagonis Alice.


Itu tadi urutan film Resident Evil, selamat menonton, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *