10 Film Terbaik Besutan Sam Raimi

Penasaran dengan sutradara Sam Raimi karena jadi yang menggarap Doctor Strange in the Multiverse of Madness?

Bagi mereka yang ingin lebih mengenal karya sang ikonoklas, saya pikir kita bisa melihat kembali beberapa karya klasik Raimi.

Ini bukan tugas yang mudah untuk memilih karya sang sutradara dengan karier panjang dan menelurkan banyak karya, tetapi saya mempersempitnya menjadi sepuluh besar. Terbaik dari yang terbaik, berikut rekomendasi film karya Sam Raimi:

1. Evil Dead (1981)

Evil Dead (1981)

Jika Evil Dead memberi kita pandangan pertama tentang kecerdikan dan kreativitas Sam Raimi, tetapi Evil Dead 2 adalah tempat dia benar-benar menguasai nada suaranya.

Raimi dapat melakukan banyak hal dengan sangat sedikit, dan anak laki-laki dalam film-film ini melakukan banyak hal. Bahkan ada yang menyebut Raimi sebagai bapak genre komedi-horor.

Perpaduan unik antara slapstick dan gore, dikombinasikan dengan komitmen tertinggi Bruce Campbell, adalah apa yang membuat kedua film ini menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

2. Darkman (1990)

Darkman (1990) film sam raimi

Film superhero pertama Raimi! Sang sutradara pertama kali berusaha mengamankan hak untuk Batman dan The Shadow, tetapi ketika dia gagal, dia melakukan yang terbaik: membuat cerita uniknya sendiri!

Darkman menceritakan kisah Peyton Westlake (Liam Neeson), seorang ilmuwan yang dibiarkan cacat setelah serangan brutal oleh mafia kejam. Upaya untuk mengobati luka bakarnya gagal tetapi meninggalkan dia dengan kekuatan manusia super dan juga sedikit psikotik.

Dia menjadi dikonsumsi dengan pembalasan dan terobsesi untuk memburu mereka yang bertanggung jawab untuk menodai dirinya. Ini adalah peran “aksi” pertama Liam Neeson dan dia hebat! Juga, Frances McDormand berperan sebagai pacarnya.

Darkman adalah hidden gem yang diremehkan dan pasti layak untuk dicoba.

3. Army of Darkness (1992)

Army of Darkness (1992)

Akhir dari trilogi Evil Dead dari Raimi adalah klasik! Namun, Ash kembali ke masa lalu ke dunia abad pertengahan yang penuh dengan iblis dan penyihir dan juga zombie!?

Film Army of Darkness sepenuhnya bersandar pada kepekaan komedi Evil Dead 2 dan memiliki beberapa garis paling ikonik dari Bruce Campbell. Ini seratus persen konyol dan sempurna.

4. The Quick and The Dead (1995)

The Quick and The Dead (1995)

Hidden gem yang diremehkan adalah film wild west The Quick and The Dead tahun 1995.

Sebuah sejarah revisionis barat, dibintangi Sharon Stone sebagai “The Lady,” seorang penembak yang naik ke kota Penebusan untuk berpartisipasi dalam kompetisi duel untuk membalas kematian ayahnya. Ini adalah penghargaan untuk kiasan barat spaghetti klasik (Leonardo DiCaprio, pra-Titanic, memerankan Billy the Kid) tetapi dengan sentuhan khas Raimi.

Gene Hackman memainkan penjahat jahat yang menguasai kota, Russell Crowe adalah mantan kriminal yang dipaksa menjadi pendeta untuk mengikuti kompetisi, dan apakah saya menyebut Leonardo Dicaprio muda?

Film ini juga memiliki beberapa peran cameo yang lebih kecil untuk Gary Sinise, Lance Henriksen, dan sahabat Raimi, Bruce Campbell.

5. A Simple Plan (1998)

A Simple Plan (1998)

Mungkin film Raimi yang paling serius dan lugas, A Simple Plan adalah film thriller kriminal neo-noir yang dibintangi oleh Bill Paxton, Billy Bob Thornton, dan Bridget Fonda.

Paxton dan Thornton memerankan dua bersaudara yang menemukan pesawat yang jatuh dengan teman mereka dan di dalam pesawat ada uang tunai lebih dari 4 juta dolar. Segalanya mulai lepas kendali ketika Fonda, yang memerankan istri Paxton, diberitahu tentang uang itu dan memiliki ide sendiri tentang apa yang harus mereka lakukan.

Setiap keputusan selanjutnya dibuat untuk melindungi spiral rahasia mereka menjadi pembunuhan yang semakin mengerikan, akhirnya dengan konsekuensi yang benar-benar menghancurkan.

A Simple Plan adalah noir yang ditempa dengan ketat dan Raimi mendapatkan penampilan yang benar-benar luar biasa dari ketiga aktor tersebut.

6. The Gift (2000)

The Gift (2000) film sam raimi

Cate Blanchett adalah seorang paranormal di pedalaman selatan, yang mencoba membantu berbagai kliennya tetapi kebanyakan hanya ingin menjalani kehidupan dangnya dalam damai ketika Jessica, gadis pesta yang cantik dan pemberontak di kota itu (diperankan oleh Katie Holmes selama hari-hari puncaknya di Dawson’s Creek) dibunuh.

Pemeran ansambel Hillary Swank, Keanu Reeves, Giovanni Ribisi, dan Greg Kinnear adalah bintang, dan secara keseluruhan ini adalah misteri pembunuhan dan thriller klasik, akhir 90-an dan awal 2000-an.

7. Spider-Man (2002)

Spider-Man (2002) film sam raimi

Film superhero yang meluncurkan kembali genre ini, Spider-Man versi Raimi tentu saja menawarkan penampilan ikonik dari Toby Maguire dan Willem Dafoe sebagai Green Goblin.

Kemudian film sekuel Spider-Man 2 adalah salah satu film superhero terbaik, dan puncak Raimi. Arah, nada, dan penampilan semuanya sempurna.

Jujur saja, Raimi bertanggung jawab untuk meluncurkan kegemaran superhero kita saat ini ke stratosfer, dan buktinya adalah Spider-Man 2.

8. Drag Me to Hell (2009)

Drag Me to Hell (2009)

Ketika Raimi akhirnya kembali ke genre horor itu dengan Drag Me to Hell yang gila dan kocak. Tentang seorang karyawan bank yang dikutuk setelah menolak pinjaman seorang wanita tua.

Drag Me to Hell adalah Raimi yang menggunakan semua trik dan twist dari Evil Dead tetapi dengan anggaran yang jauh lebih besar.

Satirenya yang gelap dan menggigit (dibutuhkan stereotip tertentu yang berbahaya dan mengubahnya), dicampur dengan monster Raimi yang lucu dan hampir ceria, membuatnya bertahan dalam ujian waktu, bahkan jika elemen CGI mungkin tak menua dengan baik.

9. Oz the Great and Powerful (2013)

Oz the Great and Powerful (2013) film sam raimi

Sebelum hampir 10 tahun absen dari layar lebar, Raimi membuat film Disney prekuel Wizard of Oz yang sebagian besar terlupakan, Oz the Great and Powerful.

James Franco, bersatu kembali dengan sutradara Spider-Man-nya, mendekati Oz dengan ironi mengedipkan mata “Aku lebih baik dari ini” bahkan ketika penyihir utamanya (Michelle Williams, Mila Kunis, dan Rachel Weisz) mencoba yang terbaik.

10. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Kegembiraan penggemar ketika Sam Raimi diumumkan untuk menyutradarai Doctor Strange in the Multiverse of Madness ada dua: dia bertanggung jawab atas beberapa film superhero terbaik dengan trilogi Spider-Man-nya, kemudian ada Evil Deads dan Drag Me to Hell di bawah ikat pinggangnya, jadi dia sangat cocok untuk film Marvel yang gelap dan horor ini.

Sekarang hanya terlalu sadar akan bahaya multiverse, Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) tersandung ke seorang gadis remaja bernama America Chavez (Xochitl Gomez) yang memiliki kemampuan tak terkendali untuk loncat alam semesta dan mengaku telah bertemu yang lain, versi lebih gelap dari dirinya sementara dalam pelarian dari kekuatan iblis.

Untuk membantu anak itu keluar, Strange menyerang Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen), yang mungkin bukan ide terbaik—terutama ketika iming-iming alam semesta tempat Wanda dan keluarganya bahagia bersama menjadi terlalu sulit untuk ditolak.

Film ini memainkan ketukan cerita Marvel yang diperlukan, tetapi memberikan banyak ruang bagi Raimi untuk melakukan pekerjaannya, pada dasarnya menjebak karakternya dalam versi rumah hantu dari film superhero.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1765

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *