Urutan Nonton Film The Hunger Games

The Hunger Games adalah novel young adult populer karya Suzanne Collins yang kemudian diangkat dalam serangkaian adaptasi film yang sukses.

Novel prekuelnya, The Ballad of Songbirds and Snakes, yang dirilis pada Mei 2020 melanjutkan kisahnya, dan Lionsgate saat ini sedang menggarap film yang akan tayang di bioskop pada 17 November 2023.

Sambil menunggu informasi lebih lanjut tentang film baru yang akan dirilis, kamu mungkin ingin membiasakan diri dengan dunia yang dibentuk oleh Presiden Snow ini.

Jika kamu merasa sedikit bingung dengan dunia The Hunger Games yang terus berkembang, saya telah menyusun panduan ini.

1. The Hunger Games (2012)

The Hunger Games (2012) katniss everdeen

Kita diperkenalkan dengan Katniss Everdeen yang diperankan Jennifer Lawrence, upeti Distrik 12 lainnya yang secara sukarela menggantikan tempat adik perempuannya untuk Hunger Games tahunan ke-74.

Katniss berpasangan dengan Peeta Mellark, yang diperankan Josh Hutcherson. Keduanya harus bertarung melawan pesaing dari distrik lain untuk menjadi dua upeti terakhir yang bertahan.

Sepanjang pertarungan ini, kita melihat kedalaman tindakan putus asa yang akan dilakukan Capitol untuk menjaga distrik tetap terikat.

2. The Hunger Games: Catching Fire (2013)

The Hunger Games: Catching Fire (2013)

Setelah kemenangan Peeta dan Katniss di Hunger Games tahunan ke-74, mereka kembali harus menghadapi pertarungan mematikan lain. Kali ini mereka bertarung melawan mantan pemenang, beberapa di antaranya tampaknya berteman dan banyak lagi yang bermusuhan.

Kali ini Katniss adalah sosok yang dikenal, baik di Capitol atau Distrik. Di Capitol, dia adalah pemenang yang dicintai dalam permainan, dan di Distrik mulai menjadi mercusuar harapan.

Tanpa sepengetahuan Katniss, sekelompok kecil pemenang bersekongkol untuk memberontak melawan tirani Capitol dengan bantuan Distrik 13 yang misterius.

Sayangnya, dalam kekacauan upaya ekstraksi, beberapa upeti tertinggal untuk menjadi sandera dalam perang antara distrik dan Capitol.

Baca juga: Ke Mana Arah Revolusi di The Hunger Games?

3. The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014)

The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014) katniss everdeen

Mockingjay Part 1 dimulai dengan Katniss Everdeen yang kalah berjuang untuk menjadi ikon pemberontakan.

Waktunya di dunia bawah tanah Distrik 13, dan tekanan mental karena dipaksa bertarung sampai mati dua kali menghantuinya, menghambat kepercayaan dirinya dan kemampuannya untuk terhubung dengan orang lain.

Lebih buruk lagi, kita melihat kehancuran Peeta yang sedang berlangsung saat ia secara psikologis diprogram ulang dengan racun Trackerjacker.

Katniss bersikeras dia harus dikerahkan ke zona pertempuran untuk membantu memerangi pemberontakan yang ingin dia dukung dan mulai membuat beberapa kemajuan dalam mengumpulkan distrik.

Namun, Presiden Snow melemahkan kemajuan ini dengan mengizinkan penangkapan sandera yang telah diprogram ulang oleh Distrik 13 saat pemberontakan berlangsung di Capitol sendiri.

Terlepas dari perjuangan Katniss, pemandangan yang dialami prajurit biasa membuatnya menjadi ikon yang diharapkan semua orang.

4. The Hunger Games: Mockingjay Part 2 (2015)

katniss uprising the hunger games mockingjay

Saat pemberontakan datang ke tepi Capitol, Presiden Snow menginstruksikan pembuat gamenya untuk membuat labirin jebakan di seluruh Capitol.

Kehilangan nyawa yang mengerikan dan tekanan politik dari Presiden Coin memaksa Katniss dan Gale untuk melakukan percobaan pembunuhan terhadap Presiden Snow untuk mengakhiri perang secepat mungkin.

Dengan opsi terbatas yang memungkinkannya melanjutkan posisinya dalam kekuasaan, Presiden Coin memilih untuk mengirim Peeta yang tidak stabil ke zona perang dalam upaya untuk menyabot rencana Katniss.

Saat seri yang intens ini mulai berakhir, kita melihat beberapa pengorbanan yang paling kuat dan serangan jauh ke jantung Capitol yang menempatkan beban seluruh bangsa pada Katniss dan kelompok pahlawannya.


Ballad of Songbirds and Snakes merupakan cerita sekuel sebelum film-film The Hunger Games di atas. Suzanne Collins suka menggunakan tulisannya untuk menjelaskan teori perang. Dia memutuskan bahwa Cornelius Snow akan menjadi saluran yang tepat untuk melanjutkan diskusinya tentang teori itu.

Beberapa penggemar mungkin masih berharap dia memutuskan untuk memanfaatkan dunia Panem lagi untuk melanjutkan narasi itu. Apa pun itu, dunia Panem memberi kita kisah memikat yang membuat kita mempertanyakan biaya kemenangan bahkan dalam perjuangan untuk kebebasan.

Nah, untuk menonton serial film The Hunger Games bisa diakses lewat Vidio, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *