Urutan Nonton Film Transformers

Serial film Transformers didasarkan pada kartun robot tahun 80-an yang sangat populer, memiliki rekam jejak box office yang sangat mengesankan sebagai salah satu franchise film terlaris sepanjang masa.

Film Transformers dimulai pada tahun 2007, yang dibintangi Shia LaBeouf dan Megan Fox, dan memperkenalkan generasi baru penonton pada Optimus Prime dan Bumblebee. Setelahnya empat sekuel muncul dengan The Last Knight yang terakhir tiba pada tahun 2017.

Tahun berikutnya, waralaba mengambil cara yang berbeda dengan pemutaran perdana film spin-off Bumblebee, yang berlatar 20 tahun sebelum film aslinya. Sejak itu, rencana untuk lebih banyak film Transformers telah diungkap. Trilogi baru, yang akan terjadi setelah Bumblebee, sedang dikerjakan, dengan bagian pertama, Transformers: Rise of the Beasts.

Tidak seperti garis waktu yang rumit dari franchise Marvel atau semesta Star Wars, cukup mudah untuk mengikuti pertempuran antara Autobots Optimus Prime dan Decipticons Megatron dalam urutan kronologis.

Jika kamu berencana menonton ulang sebelum film baru, berikut cara mengikuti seri dalam urutan kronologis dan rilis.

1. Transformers (2007)

Transformers (2007) michael bay optimus prime

Film yang memulai franchise Transformers dari Michael Bay, dengan robot-robot yang cerdas, dan ledakan yang berlimpah.

Di tengah perang antara Autobots dan musuh lama mereka Decepticons, bos Autobot Optimus Prime ingin melacak AllSpark untuk memulihkan perdamaian, sementara Decepticons berencana menggunakannya untuk tujuan jahat.

Pemimpin Decepticon Megatron adalah yang menemukannya tersembunyi di bumi, tetapi jatuh di Lingkaran Arktik dan membeku di dalam es. Maju cepat ribuan tahun, dan Decepticons, sekarang menyamar sebagai kendaraan Bumi, mencoba meretas jaringan militer AS untuk mencoba dan melacak lokasinya.

Sementara itu, autobot Bumblebee juga bersembunyi di Bumi, menyamar sebagai Chevrolet Camaro, yang kemudian ditemukan oleh siswa sekolah menengah kutu buku Sam Witwicky (Shia LaBeouf) ketika dia mencoba membeli mobil pertamanya untuk mengesankan gebetannya Mikaela (Megan Fox).

Kemudian Sam, Mikaela, Bumblebee, dan sejumlah autobot lainnya terlibat dalam upaya untuk memburu Megatron dan AllSpark, semuanya sambil menghindari agen dari Sektor 7, program rahasia pemerintah.

Robot-robot yang berbicara dan adegan pertempuran besar berakhir sebagai resep sempurna untuk blockbuster yang menaklukkan segalanya. Meski mendapat ulasan buruk secara universal saat dirilis pada Juli 2007, Transformers akhirnya meraih lebih dari $709,7 juta di box office seluruh dunia.

2. Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

Transformers: Revenge of the Fallen (2009) optimus prime giza

Berlatar dua tahun setelah peristiwa film pertama, sekuel ini dimulai ketika Sam, yang sekarang seorang mahasiswa, diganggu oleh penglihatan simbol Cybertron, yang telah dia lihat sejak dia menyentuh pecahan kecil AllSpark.

Itu berita buruk baginya, karena Decepticons yakin bahwa simbol-simbol ini dapat mengarahkan mereka ke sumber Energon baru yang akan memberi mereka kekuatan untuk menghapus matahari dan menghancurkan kehidupan di Bumi.

Di balik skema ini adalah Decepticon pertama yang dikenal sebagai Fallen yang mengirim antek-anteknya untuk menangkap Sam dan menghancurkan Optimus Prime.

Semuanya memuncak dalam pertarungan besar-besaran dengan latar belakang Piramida Giza, dengan kedatangan Devastator, gabungan raksasa dari berbagai Constructicons, memberikan salah satu pertempuran film yang paling berkesan.

Selain LaBeouf dan Megan Fox, Josh Duhamel, Tyrese Gibson dan John Turturro termasuk di antara pemeran Transformers yang kembali untuk film kedua, bergabung dengan Tony Todd sebagai pengisi suara the Fallen.

Setelah sukses box office dari film pertama, ekspektasi tinggi tak terhindarkan, tetapi Revenge of the Fallen berhasil melampaui pendahulunya, meraup $836,3 juta dolar secara internasional dan mengalahkan rekor pembukaan Rabu terkuat yang sebelumnya dipegang oleh Harry Potter and the Order of Phoenix.

Baca juga: Urutan Nonton Film Harry Potter

3. Transformer: Dark of the Moon (2011)

Transformer: Dark of the Moon (2011) optimus prime

Film Transformers ketiga dimulai dengan terjadi pada tahun 1961, ketika Presiden John F Kennedy menandatangani misi untuk menempatkan manusia di bulan sebagaipenyamaran untuk mengalihkan perhatian dari apa yang sebenarnya dilakukan NASA: menyelidiki Ark, pesawat ruang angkasa Cybertronian yang jatuh di sana.

Di film, empat tahun setelah peristiwa Revenge of the Fallen, Sam telah menyelesaikan kuliahnya dan tinggal bersama pacar barunya Carly (Rosie Huntingdon-Whiteley), tetapi sedang berjuang untuk menemukan pekerjaan tetap, terlepas dari riwayat penyelamat dunianya yang sempurna.

Segera menjadi jelas bahwa Decepticons membunuh siapa pun yang memiliki informasi tentang Ark dan menimbun Pillar, teknologi canggih yang dapat membuat lubang cacing yang menghubungkan dua titik di ruang angkasa.

Tujuan mereka adalah untuk memulihkan planet asal mereka dan tak lama Decepticons melakukan serangan besar di Chicago.

Menjadi tugas Sam dan Autobots untuk menghentikan mereka, meski pahlawan kita sedang sibuk ketika ternyata bos Carly (Patrick Dempsey) bertindak sebagai agen untuk orang jahat.

Selain Dempsey, orang-orang seperti John Malkovich (sebagai bos Sam) dan Frances McDormand (sebagai kepala intelijen pemerintah) juga muncul, menambahkan beberapa pengaruh akting ke waralaba.

Film Transformers ketiga melampaui angka $1 miliar di box office, menjadi film berpenghasilan kotor tertinggi kedua tahun 2011, hanya dikalahkan oleh Harry Potter dan Relikui Kematian: Bagian II.

4. Transformers: Age of Extinction (2014)

Transformers: Age of Extinction (2014)

Franchise film Transformers memiliki perubahan besar untuk Age of Extinction dengan Shia LaBeouf keluar dan Mark Wahlberg sebagai penemu Cade Yeager.

Setelah prolog berlatar 65 juta tahun yang lalu, yang menjelaskan bahwa dinosaurus benar-benar musnah ketika ras alien menutupi Bumi dalam paduan logam yang disebut Transformium, kita mengetahui bahwa Autobots sedang diburu oleh Transformer tentara bayaran yang disebut Lockdown.

Pandangannya diarahkan untuk menghancurkan Optimus Prime, yang bersembunyi di Texas, di mana dia akhirnya ditemukan oleh Yeager. Meski putrinya Tessa (Nicola Peltz) mendorongnya untuk menyerahkan robot itu, dia memutuskan untuk menggunakan pengetahuan teknisnya untuk memperbaikinya, sebuah keputusan yang pada akhirnya akan menarik dia dan keluarganya ke dalam pertempuran terbaru antara Autobots dan Decepticons.

Pemeran aksi baru ini juga menampilkan Stanley Tucci sebagai pengusaha kaya yang ingin membangun beberapa Transformers sendiri, Kelsey Grammer sebagai agen jahat CIA yang bertekad untuk menghapus semua Transformers dari muka bumi, dan Jack Reynor sebagai Shane, pacar Tessa.

5. Transformers: The Last Knight (2017)

Transformers: The Last Knight (2017)

Film Transformers terakhir besutan Michael Bay dimulai dengan dosis mitologi Arthurian, ketika Merlin menemukan sekelompok Transformers yang dikenal sebagai Knights of Iacon dan meminta mereka untuk membantunya mendukung Raja Arthur. Mereka memberinya tongkat ajaib, yang membantu Raja menangkal serangan Saxon.

Mengapa kisah klasik itu relevan? Karena saat film kembali ke masa sekarang, Optimus Prime telah dicuci otak, diberi alter ego gelap, Nemesis Prime dan disuruh mengambil staf Merlin, yang cukup kuat untuk memulihkan planet Cybertron.

Sementara itu, Yeager dihubungi oleh organisasi rahasia yang dipimpin oleh Sir Edmund Burton (Anthony Hopkins). Pekerjaan mereka? Untuk memastikan bahwa keterlibatan Transformers dalam setiap peristiwa besar dunia tentu saja tetap dirahasiakan. Dengan bantuan seorang akademisi Oxford bernama Viviane Wembly (Laura Haddock), Yeager harus berusaha melacak staf dan memecahkan mantera di Optimus Prime.

The Last Knight melihat kembalinya karakter dari judul sebelumnya, termasuk Duhamel oleh William Lennox dan agen Turturro Seymour Simmons, tetapi gagal memenuhi ketinggian penghasilan pendahulunya, menghasilkan $ 605,4 juta yang relatif suam-suam kuku di box office di seluruh dunia.

6. Bumblebee (2018)

Bumblebee (2018)

Film Transformers terbaru sebenarnya merupakan film pertama jika melihat serialnya secara kronologis.

Ada beberapa perdebatan tentang apakah Bumblebee, yang ditulis oleh Christina Hodson dari Birds of Prey dan disutradarai oleh Travis Knight, dianggap sebagai prekuel atau soft reboot dari franchise sebelumnya. Karena beberapa titik plot yang dibuatnya tidak sejalan dengan alur cerita di film-film sebelumnya. Bagaimanapun, kita tahu itu terjadi pada tahun 1987, dua dekade sebelum film Transformers pertama besutan Michael Bay.

Ketika Optimus Prime mengirim sesama autobot B-127 (disuarakan oleh Dylan O’Brien) ke Bumi untuk mendirikan pangkalan, trafo tersebut akhirnya menyamar sebagai Volkswagen Beetle kuning. Bersedih atas kematian ayahnya, remaja Charlie (Hailee Steinfeld) menerima mobil tersebut sebagai hadiah ulang tahun ke-18 dan mulai mencoba memulihkan kendaraan tersebut.

Upaya renovasinya dibatalkan ketika mobil berubah kembali menjadi B-127, tetapi pasangan itu segera menjadi teman yang tidak biasa, dengan Charlie menjuluki robot Bumblebee. Namun, ketika musuh-musuhnya, Decepticons mengetahui di mana Bumblebee bersembunyi, aksinya meningkatkan kecepatan.

7. Transformers: Rise of the Beasts (2023)

Film Transformers terbaru Rise of the Beasts berlangsung setelah peristiwa yang tercatat di Bumblebee, menjadikannya tontonan wajib menjelang rilis film baru musim panas mendatang.


Jika secara kronologis maka urutan menonton film Transformers ini bisa berikut ini:

  1. Bumblebee (2018)
  2. Transformers (2007)
  3. Transformers: Revenge of the Fallen (2009)
  4. Transformer: Dark of the Moon (2011)
  5. Transformers: Age of Extinction (2014)
  6. Transformers: The Last Knight (2017)
  7. Transformers: Rise of the Beasts (2023)

Nah itu tadi urutan nonton film Transformers. Selamat menonton ya, jika ada pertanyaan atau ada yang ingin didiskusikan boleh di kolom komentar.

Agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari Kearipan soal film dan pop culture serta info menarik lainnya, bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1773

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *