10 Film Wes Anderson

Sangat mudah untuk tersedot ke dalam dunia Wes Anderson yang ajaib dan simetris sempurna.

Dari soundtrack yang mengesankan dan mengharukan hingga kostum yang sangat aneh dalam filmnya, setiap detail dan setiap bidikan dipertimbangkan dengan cermat dan sangat menyenangkan.

Pembuatan film Anderson selalu teliti, selalu unik, dan selalu menyenangkan. Dan dengan sekelompok aktor berpengalaman yang sering kembali seperti Bill Murray, Owen Wilson, Jason Schwartzman, dan Frances McDormand, film Anderson jarang ketinggalan.

Inilah filmografi Wes Anderson yang kecil tapi hebat.

1. Rocket Bottle (1996)

Rocket Bottle (1996) wes anderson

Ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang film pertama seorang auteur.

Meski film perampokan ini adalah yang paling tidak bergaya seperti Anderson dari semua filmnya yang akan datang, ini adalah debut yang menakjubkan.

Rocket Bottle akan menjadi petunjuk seorang sutradara yang akan dia tuju.

2. Rushmore (1998)

Rushmore (1998) film wes anderson

Film kedua Anderson menceritakan kisah coming of age seorang sarjana yang sensitif dan obsesif dalam bentuk Max Fischer. Ini juga menandai datangnya usia Wes Anderson.

Secara visual, Rushmore mendefinisikan alat yang akan dia asah selama dua dekade berikutnya, termasuk bakatnya dalam membuat soundtrack.

Dengan Rushmore, Anderson menyusun daftar putar jenius dari invasi Inggris tahun 60-an, dan juga memperkenalkan inspirasinya, Bill Murray.

Rushmore adalah film di mana Wes Anderson menjadi Wes Anderson.

3. The Royal Tenenbaums (2001)

The Royal Tenenbaums (2001) film wes anderson

Film tentang seorang patriark kaya yang menemukan dirinya putus asa dan sendirian setelah seumur hidup mengalami kegagalan dan pengabaian tampaknya bahkan lebih tajam hari ini.

Ketika dirilis pada tahun 2001, The Royal Tenenbaums, yang mengikuti keluarga Tenenbaum dan orang-orang yang mengorbit di sekitar mereka dalam versi Kota New York yang lusuh namun ajaib, menempatkan Anderson di peta.

Film ini menandai momen di mana ia beralih dari sutradara yang unik dan relatif tidak dikenal menjadi seorang auteur yang akan menginspirasi generasi pembuat film.

4. The Life Aquatic with Steve Zissou (2004)

The Life Aquatic with Steve Zissou (2004) film wes anderson

The Life Aquatic memang gagal di box office, tetapi film tentang sosok tua seperti Jacque Cousteau yang diperankan oleh Bill Murray telah mengumpulkan pengikut kultus Wes Anderson di tahun-tahun sejak dirilis.

Komedi penuh warna mengikuti Tim Zissou saat mereka berburu “hiu jaguar” yang memakan mantan pasangan Zissou, Esteban.

5. The Darjeeling Limited (2007)

The Darjeeling Limited (2007) film wes anderson

Sebuah film yang benar-benar lucu tentang tiga saudara terasing yang bersatu kembali setelah kematian ayah mereka untuk perjalanan kereta api melintasi India.

Bukan film Wes Anderson yang paling terkenal, tapi The Dajeerling Limited begitu menyenangkan dan menyentuh hati.

6. Fantastic Mr. Fox (2009)

Fantastic Mr. Fox (2009) film wes anderson

Sebuah film yang benar-benar fantastis. Sering dianggap outlier karena itu adalah fitur animasi pertamanya, Fantastic Mr. Fox, berdasarkan buku anak-anak karya Roald Dahl, layak mendapat peringkat di antara karya klasiknya.

Teknik stop-motion adalah format yang sempurna untuk gaya rumah boneka Anderson, dan kamu bahkan dapat menunjukkan kepada anak-anak untuk memaksakan selera yang baik pada mereka sejak usia dini.

Tidak perlu malu memiliki keluarga rubah yang bersemangat membuat Anda semua emosional. Para petani itu kejam!

7. Moonrise Kingdom (2012)

Moonrise Kingdom (2012) film wes anderson

Mungkin tidak ada emosi yang lebih kuat daripada cinta monyet atau naksir ketika bocah, dan Moonrise Kingdom mulai menyajikan itu, dengan gaya bercanda, tapi tidak dengan mengejek.

Wes Anderson sepenuhnya bersandar ke gaya visualnya dalam film ini, di mana dua remaja sahabat pena melarikan diri bersama untuk tinggal di hutan belantara di pulau New England yang membuat cemas wali mereka, termasuk Edward Norton sebagai pembina pramuka!

Manis, berseni, dan menawan, Moonrise Kingdom adalah salah satu yang mengilhami kostum Halloween yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun.

8. The Grand Budapest Hotel (2014)

The Grand Budapest Hotel (2014) film wes anderson

Grand Budapest Hotel menandai nominasi pertama Wes Anderson untuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik di Academy Awards, dan untuk alasan yang bagus.

Film yang indah dan lucu tentang kesialan seorang pegawai hotel dan anak didiknya yang masih muda di negara fiksi Eropa saat gejolak Perang Dunia.

Film ini adalah kelas master dalam pembangunan dunia, dalam desain kostum, dalam soundtrack, dan dalam sinematografi.

9. Isle of Dogs (2018)

Isle of Dogs (2018) film wes anderson

Dengan film animasi keduanya, Wes Anderson memperluas cakupannya dengan skenario aslinya sendiri tentang seorang pahlawan muda yang mencoba menemukan anjingnya yang diasingkan di sebuah pulau di luar Kota Megasaki.

Seperti Fantastic Mr. Fox, Isle of Dogs lebih dari sekadar film animasi anak-anak. Faktanya, anak-anak mungkin kesulitan dengan nada gelap dan cerita yang rumit. Meski begitu, anak-anak, dan semua orang harus menonton film yang menanyakan pertanyaan penting: “Siapa kita dan ingin menjadi siapa?”

Tema pemerintahan yang korup dan penguasa tirani yang terobsesi dengan deportasi terasa jelas, ditambah mungkin ada penggambaran animasi terbaik dari operasi ginjal dan persiapan sushi yang pernah ada di film.

10. The French Dispatch (2021)

The French Dispatch (2021) film wes anderson

Ketika kita berbicara tentang mengapa kita menikmati film-film unik Wes Anderson, kita berbicara tentang palet warna yang indah, bidikan yang bijaksana, karakter yang istimewa, momen komedi yang sempurna, chemistry antara aktor-aktornya, daftarnya terus berlanjut. Film terbarunya, The French Dispatch memiliki semua itu.

Yang membuat kita percaya bahwa semua alasan itu bukanlah alasan mengapa kita menyukai film Wes Anderson. Ternyata, kita menyukainya karena cerita yang menyenangkan dan mencekam, satu-satunya hal yang kurang dari The French Dispatch.

Format antologi gaya majalah mungkin membuktikan bahwa Anderson bisa mendapatkan hampir semua aktor tercinta untuk meminjamkan diri mereka bahkan untuk peran terkecil, tetapi sayangnya tidak membuat film yang kohesif dan menarik.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *