Urutan Mainline Final Fantasy

Final Fantasy adalah franchise media antologi fantaasi dan fiksi ilmiah dari Jepang yang terkenal. Waralaba ini mencakup sekitar 103 judul game, berbagai film animasi, serial anime pendek, manga, dan media lainnya.

Di sini saya hanya membahas 15 judul yang membentuk seri intinya. Game seri utama yang diberi nomor, dan jumlahnya berubah dari 1 hingga 15. Selain itu, saya menambahkan sekuel dan remake yang relevan. Jumlah total game Final Fantasy utama adalah 21.

Seri antologi dimulai pada tahun 1987 dengan Final Fantasy asli untuk NES.

Sejak itu, Square Enix telah menjadi pengembang dan penerbit. Setiap entri mengerjakan ulang elemen inti RPG game untuk menghadirkan sesuatu yang segar dan berbeda. Selain itu, setiap entri menawarkan cerita orisinal, musik orisinal, dan karakter orisinal.

Kontribusi waralaba terhadap industri RPG secara keseluruhan sangat berpengaruh. Beberapa judul terbaiknya, seperti FFI, FFIII, FFVII, FFX, FFXIII, dan FFXIV, telah memajukan genre ini secara signifikan. Saat ini, kamu dapat menemukan remake atau remaster resmi untuk game seri utama yang lebih lama.

Sebagian besar game FF juga memiliki kesuksesan kritis dan komersial. Serial ini telah mengalami peningkatan penjualan yang stabil. Saat ini, judul utama memiliki lebih dari 164 juta penjualan di seluruh dunia.

Final Fantasy I (1987)

Final Fantasy I (1987)

Judul Final Fantasy asli adalah game RPG berbasis giliran oleh “Square.”

Gim ini memulai debutnya untuk NES pada tahun 1987, dan ada berbagai remake untuk konsol lain. Misalnya, kamu dapat menemukan remaster 2021 di Steam dengan audio baru, grafik, dan karakter 2D yang dimodifikasi.

Ceritanya mengikuti Light Warriors, masing-masing membawa salah satu dari empat Kristal. Empat Iblis Elemental menggelapkan Kristal, jadi para pahlawan muda harus memulihkan cahaya untuk menyelamatkan dunia. Party mengeksplorasi dan naik level dengan pertarungan acak berbasis giliran.

Game aslinya tidak dimaksudkan sebagai seri berkelanjutan. Bahkan kabarnya alasan kenapa ada embel-embel Final di judulnya karena ini dianggap game terakhir. Namun, kesuksesannya merambah franchise Final Fantasy. Karena alasan itu, ini adalah RPG paling berpengaruh yang pernah dimiliki Nintendo.

Final Fantasy II (1988)

Final Fantasy II (1988)

Final Fantasy II memulai debutnya pada tahun 1988 untuk “Family Computer,” versi NES khusus Jepang.

Gim ini tidak tayang perdana di luar Jepang sampai bertahun-tahun kemudian. Bahkan, FF IV memulai debutnya secara internasional sebagai FFII. Saat ini, kamu dapat menemukan versi remaster di Steam, yang juga merupakan bagian dari Final Fantasy Pixel Remaster Series.

Cerita berpusat pada empat anak yatim piatu. Mereka kehilangan orang tua mereka selama perang ketika Kekaisaran Palamecia menginvasi kampung halaman mereka. Karakter bergabung dengan pemberontakan melawan kekaisaran.

Permainan ini memperkenalkan pokok dari seri, “Chocobo” dan “Cid” yang akan selalu muncul di seri-seri berikutnya. Juga, itu mengubah sistem leveling XP untuk kemajuan berbasis aktivitas. Ini berarti karakter berkembang sesuai dengan keterampilan yang mereka gunakan dan peroleh.

Final Fantasy III (1990)

Final Fantasy III (1990)

Entri ketiga memulai debutnya untuk Family Computer pada tahun 1990. Pertama kali dirilis di luar Jepang adalah dalam remake A Nintendo DS pada Agustus 2006.

Saat ini, kamu dapat menemukannya di Steam. Itu juga bagian dari Final Fantasy Pixel Remaster Series.

Cerita FFIII berfokus pada empat anak yatim piatu, yang tertarik pada kristal cahaya. Crystal ini memberi mereka kekuatan dan menginstruksikan mereka untuk mengembalikan keseimbangan dan menyelamatkan dunia.

Permainan memperkenalkan sistem perubahan job, yang berarti karakter dapat mengubah class dari waktu ke waktu.

Final Fantasy IV (1991)

Final Fantasy IV (1991)

Final Fantasy IV pertama kali debut sebagai Final Fantasy II untuk gamer luar. Meski begitu, entri keempat dalam seri Square Enix memulai debutnya untuk SNES pada tahun 1991.

Ada banyak port FFIV ke konsol lain, remake yang disempurnakan, dan remake 3D untuk Nintendo DS. kamu juga dapat menemukannya di Steam sebagai bagian dari seri remaster.

Ceritanya mengikuti dark knight Cecil. Dia bertarung melawan Golbez, seorang penyihir yang merebut kristal kuat untuk menghancurkan dunia. Sekelompok sekutu bergabung dalam pencarian untuk mengalahkan penjahat jahat.

FFIV memperkenalkan sistem “Active Time Battle” (ATB), hadir di game FF lainnya. ATB adalah timer yang mendesak pemain untuk memilih gerakan sebelum musuh menyerang. Terakhir, game ini memperkenalkan kelas yang ditetapkan untuk setiap karakter.

Final Fantasy V (1992)

Final Fantasy V (1992)

Final Fantasy V meningkatkan Job System seri ini.

Final Fantasy V memulai debutnya pada tahun 1992 untuk Super Famicom, versi SNES khusus Jepang.

Ada port ke PlayStation, Game Boy, dan konsol lainnya. Secara khusus, versi PS adalah salah satu hit terbesar konsol. Saat ini, kamu dapat menemukannya di Steam.

Permainan mengikuti Bartz, seorang peneliti pengembara yang menyelidiki meteor yang jatuh. Di sana, dia belajar tentang empat Kristal yang mengendalikan elelemen. Kristal juga menyegel Exdeath, seorang penyihir jahat. Bartz dan rombongannya harus mencegah penjahat itu bangkit kembali di dunia.

Gim ini memperkenalkan penyesuaian pemain melalui Job System (class) yang diperluas. Juga, ini adalah FF pertama yang memiliki sekuel langsung, meski ini bukan game. Serial anime tahun 1994 berjudul Final Fantasy: Legend of the Crystals melanjutkan cerita permainan.

Final Fantasy VI (1994)

Final Fantasy VI (1994)

Entri keenam memulai debutnya sebagai Final Fantasy III di pasar internasional pada tahun 1992. Judul aslinya memulai debutnya pada tahun yang sama di Jepang untuk SNES.

Ini adalah game pertama yang tidak disutradarai oleh pembuat serialnya, Hironobu Sakaguchi. Yoshinori Kitase mengambil peran setelah kepergian Hironobu.

Cerita mengikuti pemeran 14 karakter yang dapat dimainkan di dunia alternatif Revolusi Industri. Plotnya adalah tentang pemberontakan melawan kediktatoran militer. Berlawanan dengan game sebelumnya, tema keseluruhannya dewasa, gelap, dan penuh kekerasan.

Gim ini juga meningkatkan keseluruhan grafis, pengaturan, dan soundtrack hingga sepuluh kali lipat. Ini adalah DAS retro-RPG, bagian dari lusinan daftar game terbaik sepanjang masa.

Final Fantasy VII (1997)

Final Fantasy VII (1997)

Entri ketujuh juga merupakan salah satu seri terbaik, satu lagi hits untuk genre RPG. Permainan debutnya pada tahun 1997 di seluruh dunia untuk PlayStation.

Gim ini mengikuti Cloud Strife, seorang tentara bayaran. Dia bergabung dengan Avalanche, kelompok eko-teroris yang mencoba menghentikan perusahaan besar bernama Shinra menggunakan kekuatan kehidupan planet ini sebagai energi.

Cloud dan kelompok mengejar Sephiroth, mantan anggota perusahaan. Di samping sekelompok teman yang menawan, dia harus menemukan cara untuk menyelamatkan dunia.

Meski gim ini mengikuti formula dasar seri, ini adalah salah satu entri yang paling disukai dan sukses. Itu terjual lebih dari 13,3 juta kopi, dan dianggap sebagai salah satu game paling berpengaruh yang pernah ada. Selain itu, ia memenangkan beberapa penghargaan GoTY dan mempopulerkan genre RPG untuk konsol.

Baca juga: Final Fantasy VII: Ketika Square Membuat RPG Paling Berpengaruh

Final Fantasy VIII (1999)

Final Fantasy VIII (1999)

Final Fantasy VIII memulai debutnya untuk PlayStation pada tahun 1999. Ini dibangun di atas perubahan visual yang diperkenalkan oleh entri ketujuh, yang mencakup grafik 3D dan set pra-render.

Selain itu, ini adalah game FF pertama yang memiliki bagian vokal sebagai bagian dari OST. Perubahan lainnya termasuk menghilangkan magic point untuk spellcasting dan proporsi realistis untuk karakter.

Ceritanya mengikuti Squall Leonhart, pemimpin kelompok tentara bayaran. Mereka berkonflik dengan Ultimecia, seorang penyihir. Namun, fokus utama gim ini adalah Squall, saat ia berjuang dengan perannya sebagai pemimpin, pendamping, teman, dan kekasih.

Final Fantasy IX (2000)

Final Fantasy IX (2000)

Final Fantasy IX memulai debutnya untuk PlayStation pada tahun 2000. Menurut banyak daftar video game, ini dikenal sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa.

Demikian pula, permainan memiliki beragam kiasan dasar untuk seri. Selain itu, ia memperkenalkan fitur-fitur baru seperti cutscene “Actime Time Event”, atau dikenal sebagai “Quick Time Event.” Ada juga sistem skill yang kompleks.

Entri kesembilan menampilkan pengaturan gaya abad pertengahan, mirip dengan game sebelumnya. Ini mengambil pengaruh dari judul FF pertama.

Kita mengikuti Zidane Tribal, seorang pencuri yang menemukan dirinya dalam plot besar untuk menjatuhkan Ratu Brahne, penguasa Alexandria, kekuatan jahat yang mencoba merebut Kristal dunia.

Final Fantasy X (2001)

Final Fantasy X (2001)

Final Fantasy X memulai debutnya pada tahun 2001 untuk PlayStation 2. Ada juga HD Remaster untuk PlayStation 3, PlayStation Vita, PlayStation 4, Windows, Nintendo Switch, dan Xbox One.

Permainan terjadi di Spira, dunia fantasi yang mirip dengan negara-negara Pasifik Selatan. kamu bermain sebagai Tidus, pemimpin sekelompok petualang yang bermain game untuk mengalahkan monster Sin. Tidus berasal dari dunia lain, dunia “nyata”, tetapi dia mengetahui bahwa dia, Spira, ayahnya, dan Sin memiliki hubungan dekat.

FFX memperkenalkan banyak elemen gameplay. Secara khusus, setiap karakter memiliki tiga pasif yang sama. Ketiganya adalah kotak besar, dan setiap karakter dimulai di posisi yang berbeda, yang mewakili class. Namun, pada waktunya, jalur karakter bisa tumpang tindih dengan class lain.

Gim ini juga merupakan salah satu gim terbaik sepanjang masa. Itu juga favorit pribadi saya.

Final Fantasy XI Online (2002)

Final Fantasy XI Online (2002)

Final Fantasy XI Online adalah MMORPG. Ini memulai debutnya pada tahun 2002 untuk PlayStation 2 dan Windows. Itu adalah MMORPG pertama yang menawarkan permainan lintas platform.

Gim ini terus berkembang sejak debutnya, bahkan jika Square Enix lebih fokus pada FFXIV.

Gim ini masih berjalan dan menerima dukungan pengembang dan basis pemain yang adil. kamu dapat menemukannya di halaman resminya. Namun, hanya versi PC yang tersedia.

kamu bermain sebagai prajurit Crystal di Vana’diel, dunia fantasi. kamu melakukan beragam pencarian untuk memajukan plot. Terakhir, cerita berputar di sekitar mengalahkan Shadow Lord, sebuah entitas yang memerintahkan legiun setan.

Final Fantasy X-2 (2003)

X-2 memulai debutnya pada tahun 2003 untuk PlayStation 2. Ini adalah sekuel untuk FFX, yang berarti ini adalah sekuel pertama dalam seri utama Final Fantasy.

Cerita berlanjut dengan mantan co-protagonis Yuna, saat dia mencari Tidus setelah pertempuran terakhir.

Gim ini menambahkan kelas karakter, banyak akhiran, dan sistem mantra yang menggelikan.

Final Fantasy XII (2006)

Final Fantasy XII (2006)

Final Fantasy XII memulai debutnya untuk PlayStation 2 pada tahun 2006. Permainan ini memperkenalkan banyak hal baru, seperti dunia terbuka, sistem pertempuran yang lancar, kamera yang dapat dikontrol, dan banyak lagi.

Misalnya, ia memiliki “Sistem Gambit.” Ini memungkinkan pemain untuk mengontrol AI karakter selama pertempuran. Ada juga “Sistem Lisensi,” yang menentukan kemampuan dan perlengkapan karakter. Terakhir, gim ini memiliki misi sampingan, yang berputar di sekitar berburu bos opsional di dunia terbuka.

Latarnya adalah Ivalice, tanah fiksi tempat kerajaan Archadia dan Rozarria tinggal. Ada perang tanpa akhir di antara mereka, dan Archadia menaklukkan Dalamasca, sebuah kerajaan yang lebih kecil. kamu bermain sebagai Ashe, pemimpin proses Dalmasca dari gerakan perlawanan melawan Kekaisaran Archadian.

Saat ini, FFXII – The Zodiac Age tersedia di Steam. Ini adalah remaster PC yang meningkatkan sistem Job.

Final Fantasy XII: Revenant Wings (2007)

Revenant Wings adalah sekuel Nintendo DS untuk FFXII. Ini memulai debutnya pada tahun 2007. kamu bermain sebagai mantan co-protagonis Vaan, bajak laut langit, dalam perburuan harta karun.

Final Fantasy XIII (2009)

Final Fantasy XIII (2009)

Final Fantasy XIII memulai debutnya untuk PlayStation 3 pada tahun 2009, Xbox 360, dan Windows. Ini juga tersedia untuk Xbox One dan Xbox Series melalui kompatibilitas mundur.

Gim ini mengubah formula pertempuran dan memperkenalkan sistem pertarungan cepat dengan elemen pengatur waktu aktif. Apalagi merombak sistem kemampuan (“Crystarium”) dan sistem kelas (“Paradigma”).

Permainan mengikuti Lighting, seorang mantan tentara. Dia tinggal di dunia terapung Cocoon, diperintah oleh dewa. Ketika para penguasa mulai membersihkan warga, Lighting dan sekutunya harus menyelamatkan Cocoon dari para Dewa jahat.

Penggemar seri hardcore sering kali tidak menyukai XX13. Tetap saja, Ini adalah salah satu seri terlaris, meskipun judul FF “lemah”. Mungkin ini entri paling kasual dalam waralaba.

Final Fantasy XIV (2010)

Final Fantasy XIV (2010)

Final Fantasy XIV adalah MMORPG lainnya. Ini memulai debutnya untuk Windows, tetapi tidak terlalu berhasil pada hari rilis.

Meski begitu, pengaturannya adalah dunia fiksi Eorzea. Pemain mengendalikan karakter yang dapat disesuaikan, menjelajahi tanah, dan berpartisipasi dalam perang melawan invasi Kekaisaran Garlean. Selain itu, ada ancaman Primal, dewa dalam perang melawan Garlean.

Permainan memiliki respon yang sangat negatif pada saat peluncuran. Grafik, gameplay, antarmuka, dan plot keseluruhan belum selesai. Sebagai tanggapan, Square Enix mengakhiri biaya berlangganan dan menunda versi konsol tanpa batas waktu.

Final Fantasy XIII – 2 (2011)

Permainan mengikuti plot perjalanan waktu. Ini memperkenalkan mekanik gameplay yang memungkinkan protagonis, Serah Farron, melakukan perjalanan bolak-balik waktu.

Serah mencari kakak perempuannya, Lighting, yang hilang tepat waktu setelah pertempuran terakhirnya melawan Pulse.

Lighting Returns: Final Fantasy XIII (2013)

Lighting Returns: Final Fantasy XIII (2013)

Lighting Returns adalah bagian terakhir dari trilogi FFXIII. Ini memulai debutnya pada tahun 2013 untuk Xbox 360, PlayStation 3, dan Windows.

Game ini mengubah gameplay pertempuran. Ini adalah game berorientasi aksi-petualangan. Selain itu, pemain harus menyelesaikan misi dan misi sampingan sesuai batas waktu.

Plotnya terjadi 500 tahun setelah judul sebelumnya. Pencahayaan terbangun dari hibernasi, 13 hari sebelum akhir dunia. Sekali lagi, dia harus menyelamatkan dunia dari nasib kelamnya.

Final Fantasy XIV: A Realm Reborn (2013)

Final Fantasy XIV: A Realm Reborn (2013)

A Realm Reborn rilis perdana pada tahun 2013 untuk PS3 dan Xbox 360. Saat ini tersedia untuk PS4, PS5, dan macOS juga.

Setelah kegagalan komersial dan kritis dari game aslinya, tim Square Enix baru merombak judulnya. Akibatnya, versi 2013 memulai debutnya di tempat pemutaran perdana 2010.

Gim “baru” memperbaiki sebagian besar masalah yang mengganggu MMORPG. Selain itu, ia menambahkan konten baru, mesin permainan baru, dan infrastruktur server yang lebih baik. Lebih penting lagi, tim mengubah gameplay, cerita, dan antarmuka.

Namun, plotnya sebagian besar sama. Avatar kamu bergabung dalam perang melawan Kekaisaran Garlean.

Saat ini, gim ini duduk sebagai salah satu MMORPG terbaik dan terpadat.

Baca juga: 15 MMORPG PC Terbaik

Final Fantasy XV (2016)

Final Fantasy XV (2016)

Final Fantasy XV adalah entri terakhir yang kami lihat dalam seri ini. Ini memulai debutnya untuk PS4 danXbox pada 2016. Saat ini juga tersedia untuk Windows.

Gim ini menampilkan dunia terbuka, sistem pertarungan berbasis aksi, pertukaran senjata cepat, sihir elemen, kendaraan untuk bepergian, dan berkemah. Elemen gameplay lebih lanjut tersedia melalui berbagai DLC, seperti opsi multipemain.

Settingnya Eos. Kerajaan Niflheim mendominasi sebagian besar wilayah tersebut. Mereka mencuri Crystal yang kuat dari keluarga Lucian Royal. Sementara itu, kamu bermain sebagai pewaris takhta Lucian, berkeliling dunia untuk mengembalikan Crystal ke tempatnya.

Final Fantasy VII Remake (2020)

cloud tifa final fantasy 7 remake

Final Fantasy Remake memulai debutnya pada tahun 2020 untuk PlayStation 4. Ini membuat ulang entri ketujuh dari seri, tetapi hanya mencakup bab Midgar.

Meski begitu, semuanya baru, bahkan ceritanya. Kamu “memutar ulang” peristiwa dari game yang sama seolah-olah itu adalah “garis waktu” lain, dan makhluk misterius mendorong peristiwa tersebut ke arah korban aslinya.

Apalagi, game ini merombak sistem pertarungannya. Ini adalah game aksi yang menampilkan elemen aksi, strategi, dan RPG realtime.

Pemain Xbox dan PC masih menunggu port yang tepat. Ini memulai debutnya sebagai eksklusif PlayStation berjangka waktu, tetapi masih belum ada kabar tentang versi lain.

Final Fantasy XVI

final fantasy xvi

Judul terbaru dari Final Fantasy.

Tinggalkan komentar