8 Game miHoYo dari Awal Sampai Jadi HoYoverse

Hampir setiap gamer modern mengenal Genshin Impact, dan studio game miHoYo yang menggarapnya. Tapi itu bukan game pertama atau satu-satunya yang mereka bikin.

Perusahaan ini didirikan oleh tiga mahasiswa Shanghai Jiaotong University. Semuanya memiliki minat yang sama seperti anime, komik, game, dan teknologi. Game pertama oleh orang-orang ini diluncurkan pada tahun 2011 dan saat itu hanya sekedar developer indie amatiran.

Pada tahun 2012 mereka secara resmi mendirikan miHoYo seperti yang kita kenal sekarang. Setelah itu, perusahaan berkembang sehingga mereka mengembangkan dan meluncurkan lebih banyak game yang dapat dimainkan di perangkat seluler serta platform lainnya.

Perusahaan tersebut memutuskan untuk melakukan rebranding dan menamakan dirinya HoYoverse untuk rilis global. Ini terkait dengan undang-undang yang diterapkan China untuk mengatur konten game. Jadi pemilik perusahaan memutuskan untuk membuka perusahaan di Singapura dengan nama miHoYo masih tetap sama di negara asalnya.

Setidaknya sudah ada 7 game yang dirilis sejak saat itu, dan rencananya akan ada satu di tahun depan. Beberapa di antaranya hanya dapat ditemukan untuk perangkat seluler, beberapa juga tersedia untuk PC.

1. FlyMe2theMoon

 FlyMe2theMoon game mihoyo pertama

FlyMe2theMoon adalah game miHoYo untuk platform seluler, awalnya dirilis pada 28 September 2011. Versi universal iOS dirilis pada 6 Februari 2012 hadir dengan dukungan iPad, resolusi HD, CG baru, dan berbagai perbaikan bug.

Menampilkan karakter utama bernama Kiana, judulnya sendiri diambil dari lagu ending Evangelion. Ini adalah game platformer sederhana dengan premis cerita mengikuti sang karakter yang ingin mencapai bulan.

Gim ini hadir dengan soundtrack yang dibuat dengan perangkat lunak VOCALOID bernama MoonTrip dan remix lain dari aslinya.

2. Zombiegal Kawaii

Zombiegal Kawaii game mihoyo

ZombieGal Kawaii adalah game miHoYo dengan format 2D side-scrolling shooter.

Ini adalah game kedua perusahaan dan aset serta mekanik gamenya kemudian digunakan kembali untuk sekuelnya, Honkai Gakuen atau Guns GirlZ.

Game ini berpusat pada petualangan Kiana Kaslana saat dia berjuang melewati halaman sekolah yang dipenuhi zombie. Ini terinspirasi dari anime High School of the Dead.

3. Honkai Gakuen (Guns GirlZ)

Honkai Gakuen (Guns GirlZ) game mihoyo

Honkai Gakuen atau Guns GirlZ adalah game ketiga perusahaan dan yang pertama dari game mereka dengan cerita yang komprehensif, meneruskan gameplay pendahulunya, ZombieGal Kawaii.

Ceritanya mengikuti petualangan Kiana Kaslana melalui tiga inkarnasinya yang berbeda. Karakter utama Raiden Mei dan Bronya Zaychik juga diperkenalkan, yang nantinya akan selalu hadir di setiap game miHoYo.

4. Honkai Impact 3rd

karakter honkai impact valkyrie battlesuit

Honkai Impact 3rd merupakan game action RPG dengan format 3D.

Protagonis utama game lagi-lagi adalah Kiana Kaslana. Sebuah penghormatan kepada karakter utama miHoYo di game-game awal mereka.

Berlatar dalam versi alternatif Bumi, diganggu oleh bencana akibat Honkai yang misterius. Honkai sebagian besar dipandang sebagai kekuatan jahat dengan kemauannya sendiri. Honkai memiliki kemampuan untuk merusak manusia, menciptakan berbagai monster, dan memberi individu tertentu kekuatan selevel tuhan, memungkinkan mereka untuk memicu peristiwa apokaliptik. Manusia berkekuatan super ini dikenal sebagai Herrschers. Honkai adalah fenomena siklik, kembali untuk menguji peradaban di Bumi setiap kali menjadi terlalu maju.

Gim miHoYo ini pertama kali menarik basis penggemar besar di Asia sebelum menyebar secara global: pertama kali dirilis di China pada akhir 2016, mencapai 1 juta unduhan di Jepang 11 hari setelah rilis, dan IGN melaporkan bahwa Honkai Impact 3rd mengumpulkan total 35 juta unduhan di seluruh dunia per 28 Maret 2018.

Tim produksi untuk Honkai Impact 3rd tumbuh dari hanya 7 orang hingga mempekerjakan lebih dari 200 karyawan pada tahun 2018.

Baca juga: Daftar Karakter Honkai Impact 3rd, List Valkyrie dan Battlesuit

5. Tears of Themis

Tears of Themis game mihoyo hoyoverse

Tears of Themis memiliki sejumlah mekanisme yang berbeda. Berlatar tahun 2030 di kota fiksi Stellis, dengan karakter utama para cowok keren. Game miHoYo ini memang ditargetkan untuk perempuan.

Cerita utama disampaikan dalam format visual novel. Setiap kasus dianalisis melalui pencarian TKP untuk bukti, dan menginterogasi NPC yang terlibat. Biasanya, setiap chapter diakhiri dengan persidangan, di mana pemain harus menunjukkan bukti yang membuktikan bahwa terdakwa tidak bersalah.

Di setiap chapter, debat dimainkan dalam format pertarungan kartu menggunakan kartu yang dikumpulkan dari sistem gacha.

6. Genshin Impact

genshin impact archon raiden venti zhongli nahida

Perusahaan miHoYo telah berkembang dari tiga teman kuliah menjadi perusahaan dengan ratusan karyawan. Maka mereka mengumumkan proyek besar berikutnya, RPG fantasi open world pada E3 2019.

Visual Genshin Impact dan gameplay open world menarik perhatian, meski beberapa dengan cepat menyebutnya sebagai tiruan dari game Breath of the Wild versi anime.

Dengan lebih dari setengah dari sepuluh juta prapendaftaran game berasal dari luar China, Genshin Impact menjadi salah satu game China paling sukses saat diluncurkan di pasar global sepanjang masa.

Baca juga: Asal Mula Genshin Impact

7. Honkai: Star Rail

honkai star rail game mihoyo hoyoverse

Kembali melanjutkan seri Honkai, kali ini kita diajak bertualang menjelajah ruang angkasa.

Honkai: Star Rail pertama kali diungkapkan pada Oktober 2021 di akhir konser online ke-3 Honkai Impact, Starfire Sonorant, kemudian di saluran YouTube resmi game tersebut. Secara resmi dirilis global pada 26 April 2023.

Honkai: Star Rail mengikuti pakem JRPG jadul atau gaya permainan permainan role-playing Jepang klasik: pemain membangun barisan karakter, dan mengendalikan tim beranggotakan empat orang dalam pertarungan berbasis giliran.

Elemen open world dan eksplorasi dungeon tanah hadir, dengan banyak mekanisme, termasuk sistem gacha, yang dibawa dari game-game sebelumnya.

8. Zenless Zone Zero

zenless zone zero game mihoyo hoyoverse

Zenless Zone Zero adalah game role-playing aksi fantasi urban yang akan datang yang dikembangkan oleh miHoYo

Gim ini berlangsung di kota metropolis futuristik pasca-apokaliptik yang dikenal sebagai New Eridu. Entitas yang dikenal sebagai Ethereal telah melakukan perjalanan ke dunia manusia dari portal yang disebut Hollow. Ethereal telah mendatangkan malapetaka pada sebagian besar umat manusia, memusnahkan sebagian besar dari mereka.


Nah itu beragam game miHoYo dari awal sampai yang akan datang.

Agar tak ketinggalan tulisan menarik lain seputar anime, game dan pop culture, jangan lupa ikuti blog ini di Google News, ya!

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *