15 Game PC Fantasi Gratis

Mencari game PC gratis yang keren? Gratis di sini maksudnya bisa diunduh dan dimainkan secara legal dengan cuma-cuma. Yang pasti, apa karena lagi enggak punya duit atau hanya ingin hemat, yang namanya gratis begitu menggiurkan.

Saya telah menyusun rekomendasi judul-judul game gratis teratas di PC yang berlatar semesta fantasi yang dijamin memberikan hiburan komplit. Karena kebanyakan merupakan MMORPG, yang perlu kita sisihkan hanyalah waktu, dan pastinya koneksi internet.

Meski gratis, kita benar-benar bisa mendapatkan game berkualitas jempolan, dari grafik sampai gameplay, tanpa mengeluarkan sepeser pun. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah game gratis terbaik yang bisa dimainkan di PC.

1. Genshin Impact

Free MMORPG Genshin Impact

Genshin Impact akan mengingatkan kita pada The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Open-world yang sangat luas dan sangat indah, dengan beragam item yang melimpah untuk dikumpulkan, dibuat, dan dimasak, belum lagi teka-teki dan mini bos.

Kisah utama akan membuat kita terus tenggelam selama 30 jam pertama, terutama karena latar Teyvat yang besar akan terus menarik kita.

Ada beberapa bagian yang tak dapat kita akses di balik mekanisme gacha, tetapi kita tetap dapat menikmati keseluruhan cerita utama, tanpa perlu mengeluarkan duit sepeserpun.

2. Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV telah mendapatkan tempatnya di antara game PC gratis terbaik dengan cara yang sulit.

Setelah peluncuran yang penuh bug dan pengembangan ulang yang dihabiskan selama berbulan-bulan, Square Enix akhirnya berhasil memperbaiki jalannya Final Fantasy ini, untuk kemudian membangun salah satu komunitas game terbaik hari ini.

Baca juga: Mengenal Hiroshi Takai, Sutradara Final Fantasy XVI

Sebenarnya, meski game versi lengkapnya berbayar, kita masih dapat menginvestasikan banyak waktu untuk versi uji coba gratis, yang membatasi kita sampai level 60.

A Realm Reborn bukan hanya sebuah game PC yang bagus, ia benar-benar memanfaatkan segala sesuatu yang membuat seri Final Fantasy begitu populer: dunia yang indah, karakter yang eksentrik, cutscene yang sinematik, dan makhluk-makhluk menggemaskan.

Ekspansi tahun 2019 yang dipuji, Shadowbringers, memperkenalkan sejumlah besar konten baru, dan pembaruan besar berikutnya sedang dalam pengerjaan.

3. Lord of the Rings Online

Lord of the Rings Online, one of the best free PC games.

MMORPG produksi Standing Stone Game ini akan membawa kita ke semesta fantasi paling terkenal yang pernah ada.

Jelajahi Middle-Earth yang dirancang J.R.R Tolkien ini, dari The Shire hingga Mordor, dan bangun karakter yang layak untuk melawan Sauron.

Lord of the Rings Online menyediakan toko premium bagi pemain yang rela merogoh koceknya, tetapi petualang gratisan pun masih bisa menenggelamkan dirinya di Middle-earth dengan mudah.

4. Neverwinter

Neverwinter, one of the best free PC games, is based on a much older classic RPG.

Neverwinter berasal dari jajaran panjang game PC Dungeons & Dragons. Dikemas dengan pertempuran yang berfokus pada aksi, dungeon yang menantang, dan lokasi luar biasa untuk dijelajahi, ini adalah salah satu RPG terbaik di daftar ini.

Ini juga merupakan fanservice latar Forgotten Realms yang fantastis: tempat kita dapat bertemu dengan tokoh Drizzt ciptaan R.A. Salvatore dan Minsc dari Baldur’s Gate.

5. Magic: Legends

magic legends mmorpg

MMORPG yang bisa dimainkan gratis ini memungkinkan kita melintasi multiverse Magic: The Gathering sebagai Planeswalker yang perkasa, mengumpulkan mantra, dan menumpas musuh-musuh ikonik di sepanjang perjalanan.

Setiap Planeswalker (Geomancer, Mind Mage, Beastcaller, Sanctifier, Necromancer, dan Dimir Assassin) dikaitkan dengan satu atau lebih warna sihir inti game, meski kita dapat menggabungkan warna untuk memperkuat skill kita. Game ini sering dibandingkan dengan Diablo karena gaya pertarungan penjelajahan dungeon dan perspektif isometriknya.

6. Rift

Rift mmorpg

Rift dulunya adalah MMORPG fantasi berbasis langganan. Game ini makin menarik perhatian karena sering update, dengan raid baru, zona baru, event baru, yang muncul setiap bulan.

Sekarang Rift sepenuhnya gratis untuk dimainkan: kita dapat menjelajahi dunianya yang penuh warna dan menarik tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

7. Blade & Soul

Blade & Soul, one of the best free PC games

Blade & Soul menampilkan kombinasi pertarungan yang terinspirasi seni bela diri dan qinggong dalam lingkungan open-world.

MMORPG asal Korea Selatan ini dikembangkan oleh NCSoft (Team Bloodlust), dan sempat ngehit. Kunci suksesnya? Permainan pedang keren seperti dalam film kungfu macam Crouching Tiger, Hidden Dragon, dan plot balas dendam yang mirip dengan Kill Bill.

8. Skyforge

Free PC game Skyforge

Skyforge memadukan fiksi ilmiah dan fantasi menjadi MMORPG penuh aksi yang sengaja mengabaikan banyak aturan klise banyak game lain.

Tak ada sistem leveling atau class yang ketat: sebagai gantinya kita mengembangkan karakter sesuka kita dan dapat bertukar antara peran tempur yang berbeda kapan pun kita mau.

Saat kita mendapatkan lebih banyak kekuatan, kita akhirnya akan menjadi dewa yang berinkarnasi, lengkap dengan pengikut kita sendiri. Pembaruan rutin membuat dunia terasa segar dan inventif seperti saat MMORPG ini pertama kali diluncurkan.

9. ArcheAge

Free PC games - Archeage

ArcheAge adalah MMORPG bertema bajak laut. Kita dapat mencoba menguasai laut tanpa akhir sebagai bajak laut terkenal atau memilih menjadi penjual barang kerajinan yang sederhana.

Sistem kerjanya mungkin membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, tapi ini adalah pengalaman bermain gratis yang benar-benar solid.

Ada banyak elemen MMORPG fantasi klasik untuk membuat kita senang. Ya, pedang magis dan armor besi mewah masih menjadi bagian besar dari ArcheAge.

ArcheAge: Unchained, versi ArcheAge yang membutuhkan pembelian, dirilis pada 2019. Meski begigtu, yang asli masih menjadi salah satu MMORPG gratis terbaik.

10. Albion Online

albion online mmorpg

MMORPG Albion Online adalah perjalanan menyegarkan ke dunia abad pertengahan ketika kita tidak terikat pada gaya bermain tertentu. Albion Online lebih berfokus pada strategi dan taktik, dengan membangun guild sesama pemain.

Meskipun lingkungan Albion Online menyisakan banyak hal untuk dibayangkan, ekonomi yang dikendalikan pemain dan sistem jarahan yang tak kenal ampun membuat berjam-jam tenggelam dalam pertempuran melawan musuh, menjelajahi dungeon, dan berkendara melalui lapangan hijau di atas kuda kita.

11. Dauntless

Dauntless monster hunter mmorpg

Monster Hunter: World pastinya begitu menarik, tetapi Dauntless menawarkan gameplay membunuh monster yang brilian di game PC secara gratis.

Dauntless memungkinkan kita berteman dengan maksimal tiga orang dalam kerjasama dan menghadapi serangkaian Behemoth yang semakin menantang, masing-masing menawarkan serangkaian serangan dan kemampuan baru untuk belajar dan mengatasinya.

Pastikan saja bahwa tim kita mengemas berbagai senjata karena kita akan membutuhkan kemampuan berantai dan kombo untuk memiliki peluang apa pun untuk menjatuhkan binatang buas yang menantang ini.

12. Smite

Smite mmorpg

Mengikuti formula yang sama seperti League of Legends dan Dota 2, Smite memiliki tim beranggotakan lima pemain yang mencoba berjuang untuk masuk ke markas lawan.

Alih-alih memberi pemain pandangan dari atas ke bawah dari medan perang, Smite memilih memakai perspektif orang ketiga, mengalihkan fokus permainan dari taktik ke aksi.

Selain itu, alih-alih daftar karakter fantasi yang penuh warna, setiap pemain berperan sebagai dewa Smite yang mahakuasa yang terinspirasi oleh agama-agama nyata, dari Norse hingga Celtic hingga Cina.

13. Revelation Online

Revelation Online mmorpg

Revelation Online mungkin terlihat terlalu familiar pada awalnya berkat visual klasik timur, tetapi ada satu fitur yang sangat spesifik yang membedakannya dari ArcheAge dan Blade & Soul: Kita bisa terbang.

Dunia terbuka yang mulus adalah milik kita untuk dijelajahi sesuai keinginan kita, tanpa ada yang dianggap di luar batas. Terbang juga bukan hanya untuk eksplorasi.

Berbagai mode PvP termasuk arena pertempuran udara, menambahkan dimensi baru ke pertempuran multiplayer.

14. Path of Exile

Path of Exile mmorpg

MMORPG dalam bentuk Diablo, Path of Exile adalah salah satu game paling halus dan dieksekusi dengan baik di daftar ini.

Petualangan bersama satu atau dua teman melewati ratusan area di dunia fantasi gelap yang menyediakan kumpulan monster yang memusingkan.

Path of Exile memang menampilkan sistem transaksi mikro tetapi tak terlalu mengganggu, ditambah ada ekspansi gratis besar-besaran setiap beberapa bulan seperti Delirium pada Maret 2020.

15. TERA

Tera mmorpg game pc

TERA telah menjadi andalan dalam MMORPG selama bertahun-tahun, dan dengan alasan yang bagus. Menolak pertarungan tunjuk-dan-klik tradisional, TERA adalah game aksi habis-habisan mirip game seperti Devil May Cry.

Manahan adalah realitas alternatif ketika perkembangan level lebih cepat, dungeon lebih sulit, medan pertempuran diubah, dan perubahan khusus ditambahkan ke hampir semua hal.

Terlepas dari apakah kita pemain baru atau pemain lama, update TERA terbaru menawarkan sesuatu untuk semua orang.

3 pemikiran pada “15 Game PC Fantasi Gratis”

  1. Wah keren keren gamenya bang, kira kira game ini bisa gak dijalankan di laptop ram 2gb ya bang? takunya nantui udah di download malah lag hehhe. Thanks rekomendasi gamenya bang.

    Balas
    • Wah semua game di daftar ini masuknya spek menengah, di atas ram 4 gb kebanyakan. Apalagi karena multiplayer butuh ram gede. Jadi kepikiran buat bikin list game yg seru dimainin di pc/laptop spek low nih.

      Balas
  2. Dari beberapa jenis game pc diatas, saya cuma memainkan final fantasi dan the lord of the ring saja. Nanti kalau kebanyakan punya game, jadi sibuk main game teruss hha. Agak dikurangi sih, tapi ada rasa ingin kembali bermain lagi setelah sekian lama vakum..

    Balas

Tinggalkan komentar