12 Game RTS PC Terbaik

Bukan melebih-lebihkan, tapi memainkan game RTS PC begitu menyenangkan.

Ada beberapa hal yang memuaskan dalam permain real time strategy seperti membangun pasukan besar dan menyapu musuh untuk menghapus keberadaan mereka semudah klik.

Starcraft dan Age of Empires sebagian besar menentukan genre ini, tetapi game indie seperti Northgard dan Driftland telah menunjukkan ada banyak opsi lain. Ada juga banyak hal untuk dirayakan dalam game yang secara teknis real-time, tetapi tidak secara tegas dianggap sebagai ‘RTS’.

Munculnya MOBA telah menantang genre RTS secara signifikan selama dekade terakhir, tetapi ini tidak menghentikan beberapa game yang layak naik ke peringkat teratas untuk mendapatkan tempat mereka sendiri di hall of fame.

Inilah game RTS PC terbaik yang direkomendasikan PCGamesN:

1. Age of Empires II: Definitive Edition

Age of Empires II: Definitive Edition game rts pc

Age of Empires II yang asli, tidak diragukan lagi, adalah titik tertinggi di dunia game RTS PC.

Kombinasi unit dan penelitian teknologi digabungkan untuk menciptakan salah satu game RTS yang paling dapat diputar ulang. Edisi Definitif hampir membuat ulang, memperbarui tidak hanya seni, tetapi juga unit AI, belum lagi fakta bahwa ia menawarkan kampanye baru dan peradaban baru.

Age of Empires II: Definitive Edition memiliki perpaduan mewah antara pertempuran, pengembangan masyarakat, konstruksi, dan pengumpulan sumber daya yang berarti kamu selalu sibuk mengklik sesuatu.

Pertarungan lebih berkembang daripada dua sisi yang saling menyerang sampai satu atau dua pejuang yang beruntung muncul tanpa cedera – ada benteng untuk dinavigasi, taktik pengepungan untuk digunakan, dan segala macam masalah yang dapat menyebabkan serangan kamu runtuh.

2. Age of Empires IV

Age of Empires IV game rts pc terbaik

Mungkin agak tidak lazim untuk memiliki dua game dari seri yang sama menghiasi daftar seperti ini, terutama mengingat Age of Empires IV dalam banyak hal merupakan konsep ulang Age of Empires II. Namun, entri terbaru dalam game RTS PC legendaris telah meledak ke Steam.

Age of Empires II bertahan sebagai game RTS berkualitas karena berhasil bertahan dalam ujian waktu dan masih mendapatkan dukungan hingga hari ini, tapi judul terbarunya tak boleh dilewatkan. Dengan mesin yang ditingkatkan, grafik baru, dan pendekatan berbeda untuk desain peradaban, Age of Empires IV adalah game AOE modern untuk pemain strategi modern.

Itu bahkan mengubah perlakuan sejarahnya, dengan berjam-jam rekaman dokumenter kehidupan nyata yang menjelaskan konteks sejarah kampanye, serta aspek-aspek spesifik kehidupan abad pertengahan.

Mode campaign juga cukup menyenangkan, meski tidak jelas apa yang dibuat komunitas RTS tentang keseimbangan multipemain dan faksi.

3. The Lord of the Rings: Battle for Middle-Earth

The Lord of the Rings: Battle for Middle-Earth

Bukan hanya game RTS PC menarik, tetapi juga salah satu game Lord of the Rings terbaik hingga saat ini. Tidak harus dalam hal cerita inti dari buku tetapi secara umum tentang bagaimana para pengembang di EA Los Angeles berhasil menerjemahkan nuansa materi sumber asli ke dalam sebuah permainan.

Satu-satunya peringatan dengan daftar ini adalah sangat sulit untuk menemukan salinan dari salah satu game untuk dijual. EA kehilangan lisensi pada tahun 2010 sehingga kamu terjebak dengan mencoba menemukan cakram bekas atau … cara ‘lainnya’. Bermain online juga paling baik dilakukan melalui layanan seperti GameRanger, atau situs web t3aonline.net yang telah menyimpannya untuk dimainkan secara solo dan multipemain.

4. Shadow Tactics: Blade of the Shogun

Shadow Tactics: Blade of the Shogun

Shadow Tactics: Blade of the Shogun adalah salah satu contoh terbaik dari game RTS PC modern.

Kamu tidak mengontrol pasukan besar dengan unit yang tak terhitung banyaknya, tetapi sebaliknya, kamu memandu kelompok elit yang terdiri dari lima karakter, yang semuanya memiliki keterampilan dan kekuatan yang berbeda.

Meskipun cocok dengan genre RTS, game ini juga berhutang pada game siluman, yang berarti kamu harus sangat berhati-hati saat membuat keputusan – kru kamu adalah pembunuh yang terampil, tetapi mereka bukan tandingan benteng yang penuh dengan samurai.

Ini adalah twist yang rapi pada strategi real-time, dengan setiap level baru dari kampanye memberi kamu teka-teki siluman baru untuk dipecahkan menggunakan lima tentara kamu yang sangat berbeda.

Apakah kamu akan mengerahkan penembak jitu mematikan kamu untuk membersihkan jalan dari jauh, menggunakan master penyamaran kamu untuk menyelinap tanpa terkendali, membunuh secara diam-diam dengan ninja kamu, membersihkan kelompok-kelompok kecil dengan samurai kamu, atau menggunakan jebakan dan umpan untuk menabur kekacauan?

Terkadang kekayaan pilihan yang kamu miliki yang membuat segalanya menjadi menantang. Bagaimanapun, setiap kemenangan akan membuat kamu merasa seperti ninja strategis saat musuh kamu tergeletak di belakang kamu.

5. Northgard

Northgard game rts pc

Game Viking yang inovatif ini hadir di platform strategi kami pada pertengahan tahun 2018 setelah sempat berada di Early Access.

Ini telah menempati sudut genre yang tenang sejak itu dengan cara yang sangat tabah dan sangat kompeten.

Terletak di dunia fiksi, setiap pertandingan Northgard menempatkan kamu sebagai pendatang baru di sebuah pulau yang perlu kamu jelajahi dan kembangkan untuk membangun kehidupan baru bagi orang-orang kamu.

Kamu tidak membangun gedung dan merekrut unit – sebagai gantinya kamu harus menetapkan populasi terbatas kamu ke berbagai ‘pekerjaan’, yang diaktifkan melalui gedung.

Game RTS PC ini bisa sangat lepas tangan dalam banyak hal, bahkan dengan pertarungan yang mengikuti model panduan vs. kontrol langsung.

Kamu juga tidak akan sendirian di pulau itu, karena orang lain juga akan mencari rumah baru untuk diri mereka sendiri.

Setiap ‘klan’ Viking memiliki mekanisme unik dan gaya bermain yang berbeda; beberapa lebih suka membentuk aliansi, sementara yang lain suka menaklukkan. Yang lain hanya ingin menghasilkan uang, mungkin memanggil kraken.

Ada banyak rute menuju kemenangan, dan setiap pulau yang dihasilkan secara prosedural memiliki monster misterius dan NPC yang harus dihadapi.

Ada juga elemen bertahan hidup yang kamu butuhkan untuk memastikan kamu memiliki cukup makanan dan persediaan untuk melihat diri kamu melalui fase musim dingin.

Game RTS PC ini memiliki beberapa add-in berbayar dalam bentuk klan baru, tetapi sebagian besar pembaruan utama, yang menyertakan beberapa mode permainan baru gratis.

6. Ashes of the Singularity: Escalation

Ashes of the Singularity: Escalation

Meski tidak dapat disangkal bahwa Ashes of the Singularity diluncurkan di tempat yang cukup aneh, dengan campaign yang agak tidak berkarakter dan apa yang terasa seperti kelangkaan opsi unit, itu matang secara besar-besaran melalui siklus panjang pengembangan dan pengoptimalan yang berkelanjutan.

Sekarang berdiri sebagai salah satu yang lebih unik mengambil RTS skala besar di zaman modern.

Ashes of the Singularity mengambil jalur dari permainan gaya Total Annihilation, dengan kendaraan ringan berbasis pasukan ala Company of Heroes, dan node sumber daya yang saling berhubungan yang berfungsi serupa dalam banyak hal ke wilayah RTS Perang Dunia 2 dari Relic.

Ini menggunakan kekuatan dukungan berbasis struktur yang serupa dengan yang ditemukan di Command and Conquer 3, dan membatasi peningkatan pemain dan jumlah unit melalui sumber daya Quanta yang langka (yang juga dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan kekuatan dukungan).

DLC campaing telah meningkat pesat dalam kualitas, dan sementara spesifikasi game membuatnya sulit untuk dijalankan di semua kecuali mesin kelas atas, Ashes sedang bersiap untuk menjadi pesaing serius dalam ruang RTS skala besar.

7. Driftland: The Magic Revival

Driftland: The Magic Revival game rts pc

Driftland berada di Early Access selama beberapa tahun sebelum akhirnya dirilis pada April 2019.

Game RTS PC inovatif ini mengikuti cetakan dari franchise Majesty klasik, di mana kontrol tidak langsung adalah urutan hari.

Kamu adalah seorang penyihir yang wilayahnya berada di salah satu dari banyak pecahan dunia yang mengambang, dan kamu harus mengembangkan kepemilikan kamu dan memperluas ke yang lain dengan menghubungkannya bersama-sama.

Ini bukan untuk semua orang, dan ada beberapa gangguan kecil lainnya yang perlu diselesaikan dari waktu ke waktu, tetapi kesediaan Driftland untuk berani dan bereksperimen melakukannya dengan adil, dan siapa pun yang mencari game RTS PC fantasi baru tidak perlu mencari lebih jauh.

8. Supreme Commander

Supreme Commander game rts pc

Terletak di antara perang tua besar yang dikenal sebagai The Infinite War, Supreme Commander meminta kamu mencoba untuk berdamai dari kekacauan yang telah dikenal galaksi begitu lama.

Kamu harus menggunakan setiap sel otak terakhir untuk menjadi yang teratas melawan AI dan senjata penghancur yang mereka gunakan.

Untungnya, mereka bukan satu-satunya yang mampu mengeluarkan senjata besar. Ada pohon teknologi besar untuk kamu jelajahi selama kampanye, tetapi sorotannya adalah cabang eksperimental unit, yang mencakup segala sesuatu mulai dari pejalan kaki seperti kepiting raksasa hingga pangkalan pertama seluler, dan muatan nuklir yang mampu menghancurkan musuh utama secara instan.

Supreme Commander juga memiliki salah satu sistem peta paling keren, dengan kemampuan untuk memperkecil dan memperbesar dengan mulus sehingga kamu selalu dapat merencanakan langkah selanjutnya.

Beberapa game RTS PC berhasil membuat perang sci-fi terlihat dan terasa mengesankan seperti Supreme Commander, dan lebih dari satu dekade kemudian masih menjadi tolok ukur dalam hal itu.

9. Starcraft 2

Starcraft 2 game rts pc

Starcraft 2 adalah titan dari genre RTS. Salah satu yang begitu monolitik sehingga banyak pemain baru takut untuk evid ambil gamenya karena mereka mungkin akan dicabik-cabik secara online sebelum mengetahui kontrol kamera.

Pilihan penelitian dan pengembangan yang konstan akan membuat kamu ragu-ragu, tetapi ada kebebasan memilih yang tak terhitung apakah kamu bermain sebagai Zerg atau Protoss.

Sebagai pemain baru, kamu akan terus mempertimbangkan apakah akan berinvestasi dalam peningkatan permanen, buff jangka pendek ke unit kamu yang paling kuat, atau unit baru seperti anjing robo raksasa – siapa yang tidak menginginkannya?

Tapi itu adalah multiplayer di mana kekuatan keseimbangan Blizzard benar-benar bersinar, suatu prestasi yang tercermin dalam warisan esports yang mengesankan dari game ini.

Menang adalah perjuangan yang konstan dan tak kenal lelah untuk mencoba dan mengecoh lawan kamu, mencari fasilitas mereka, dan mencoba untuk melawannya.

Sederhananya Starcraft 2 melakukan semua yang harus dilakukan game RTS PC, tetapi dengan tingkat polesan yang masih sulit ditandingi hampir satu dekade kemudian.

10. Europa Universalis IV

Europa Universalis IV

Merek ikonik dari game strategi Paradox adalah secara teknis masuk strategi real-time dalam hal desain, bahkan jika mereka umumnya dikenal sebagai game strategi besar akhir-akhir ini.

Europa Universalis IV masih mendapatkan ekspansi DLC baru. Ini adalah studi kasus yang sangat baik tidak hanya tentang bagaimana mendukung game RTS PC dalam jangka panjang, tetapi juga seberapa rumit dan sulitnya proses yang sama. Tidak semua DLC EU4 sama, tetapi jumlah konten baru yang diterima game, terutama patch gratis, sering kali kurang dihargai.

Plus, ini adalah permainan yang sangat menyenangkan. Kamu mulai pada pertengahan abad ke-15, memimpin negara mana pun melalui beberapa ratus tahun sejarah yang penuh gejolak karena kamu harus berjuang dengan kebangkitan kekaisaran, kolonialisme, dan ketegangan agama. Ada juga banyak mod EU4 untuk membantu meningkatkan suasana.

Seluruh pasukan, termasuk beberapa pahlawan legendaris seperti Aragon dan Gandalf, berdiri di dekat sebuah monumen. Ada sungai yang mengalir ke timur dan beberapa fasilitas pelatihan di utara.

11. Homeworld: Deserts of Kharak

Homeworld: Deserts of Kharak

Pandangan baru tentang mekanika seri klasik dan prekuel Homeworld asli, Deserts of Kharak begitu indah, menghantui, kuat, dan intens.

Sementara awalnya skeptis tentang bagaimana game RTS PC ini akan berjalan di bidang datar, Blackbird Interactive telah mengemas Homeworld: Deserts of Kharak dengan nuansa dan hati.

Salah satu campaign solo RTS terbaik dalam sejarah, ditambah dengan gameplay yang menyembunyikan kehalusan yang mengejutkan, Homeworld: Deserts of Kharak sayangnya telah diabaikan oleh komunitas RTS yang lebih besar.

Saat ini, ini tersedia sebagai bagian dari bundel dengan Homeworld Remastered, yang mungkin juga layak untuk dicoba jika kamu menyukai game klasik asli.

12. Stronghold: Warlords

Stronghold: Warlords game rts pc

Warlords mungkin memiliki tampilan dan pengaturan baru di Asia feodal, tetapi penggemar lama dari seri Stronghold dapat yakin bahwa itu tidak memberikan batasan pada gagasan kesulitan modern. Game RTS PC ini sulit, dan meskipun kompleksitasnya menakutkan, menguasai banyak sistemnya mungkin sepadan dengan usaha.

Stronghold: Warlords menampilkan lima campaign, yang terdengar seperti banyak, tetapi kelimanya diperlukan hanya untuk mengajarkan banyak mekaniknya. Di mana game RTS lainnya seperti StarCraft dan Command & Conquer akhirnya pindah dari bangunan dasar, itu masih menjadi fokus di sini.

Kamu memulai setiap permainan dengan meletakkan dasar-dasar ekonomi kamu. Tujuan kamu dan sumber daya yang tersedia pada akhirnya akan membentuknya, tetapi semuanya dimulai dengan memproduksi makanan dan perumahan, yang menarik petani ke benteng kamu.

Mereka mengambil pekerjaan yang tersedia dan terus bekerja untuk kamu selama kamu membuat mereka bahagia. Pajak yang tinggi, kondisi hidup yang buruk, dan kekurangan makanan akan mendorong mereka untuk mencari padang rumput yang lebih hijau.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *