Cara Mengaktifkan gpedit.msc di Windows 10 Home Edition

GPEdit adalah singkatan dari Group Policy Editor yang digunakan untuk mengedit beberapa fitur Windows yang sangat canggih. Local Group Policy Editor (gpedit.msc) juga ada yang digunakan untuk satu komputer, tetapi ketika komputer terhubung ke jaringan, Group Policy Editor diperlukan.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, aplikasi Local Group Policy Editor tersedia di edisi Windows 10 Pro, Enterprise, atau Education. Meski begitu, pengguna Windows 10 Home tidak memiliki akses ke gpedit.msc karena pembatasan yang diterapkan pada OS.

Nah, berikut adalah solusi sederhana dan elegan yang memungkinkan membuka blokir tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga.

Group Policy Editor di Windows

local group policy editor gpedit windows 10

Group Policy adalah cara untuk mengonfigurasi pengaturan komputer dan pengguna untuk perangkat yang digabungkan ke Active Directory Domain Services (AD) serta akun pengguna lokal. Ini mengontrol berbagai pilihan dan dapat digunakan untuk menegakkan pengaturan dan mengubah default untuk pengguna yang berlaku.

Local Group Policy adalah versi dasar Group Policy untuk komputer yang tidak termasuk dalam domain. Pengaturan Local Group Policy disimpan di folder berikut ini:

  • C:\Windows\System32\GroupPolicy
  • C:\Windows\System32\GroupPolicyUsers

Jika kamu menjalankan edisi Windows 10 Pro, Enterprise, atau Education, kamu dapat menggunakan aplikasi Local Group Policy Editor untuk mengonfigurasi opsi dengan GUI.

Sayangnya, gpedit.msc tidak disertakan dalam Windows 10 Home. Jika kamu adalah pengguna Windows 10 Home, kamu terpaksa membuat semua Kebijakan Grup yang diperlukan dengan tweak Registry.

Tip: kamu dapat mencari kunci dan nilai registri yang diperlukan dengan menggunakan situs web berikut: GPSearch.

Akhirnya, pengguna Reddit ‘whitesombrero’ telah menemukan metode yang memungkinkan pengaktifan aplikasi Local Group Policy di Windows 10 Home. Berikut adalah bagaimana hal itu dapat dilakukan.

Cara Mengaktifkan Gpedit.msc (Group Policy) di Windows 10 Home

Silakan ikuti langkah sederhana ini:

  1. Unduh arsip ZIP berikut: Download ZIP.
  2. Ekstrak isinya ke folder mana saja. Ini hanya berisi satu file, gpedit_home.cmd
  3. Buka blokir file batch yang disertakan.
  4. Klik kanan pada file.
  5. Pilih Run as Administrator dari menu.

Selesai!

File batch akan memanggil DISM untuk mengaktifkan Local Group Policy Editor. Tunggu hingga file batch menyelesaikan pekerjaannya.

Berikut adalah isi dari file batch:

@echo off
pushd "%~dp0"

dir /b %SystemRoot%\servicing\Packages\Microsoft-Windows-GroupPolicy-ClientExtensions-Package~3.mum >List.txt dir /b %SystemRoot%\servicing\Packages\Microsoft-Windows-GroupPolicy-ClientTools-Package~3.mum >>List.txt

for /f %%i in ('findstr /i . List.txt 2^>nul') do dism /online /norestart /add-package:"%SystemRoot%\servicing\Packages\%%i"
pause

Harap diingat bahwa kebijakan tertentu tidak akan berfungsi di Windows Home. Beberapa kebijakan di-hardcode untuk versi Windows Pro+. Juga, jika kamu mengaktifkan gpedit.msc dengan file batch yang disediakan, perubahan kebijakan per pengguna tidak akan berlaku. Ada yang masih memerlukan tweak Registry.

Tinggalkan komentar