Urutan Nonton Gundam Universal Century, Ariel Noah Saja Tahu!

Bagi yang ingin mengikuti serial Mobile Suit Gundam kemungkinan akan kebingungan untuk menonton yang mana dulu. Ada lebih dari 30 judul, dari serial musiman, episode spesial dan film, sejak pertama dirilis pada 1979.

Memang ada judul yang bisa ditonton langsung karena berdiri sendiri, seperti Gundam Wing atau Gundam 00. Namun ada juga yang masuk dalam semesta Universal Century dengan latar dan linimasa yang berhubungan.

Baca juga: 10 Anime Mecha 2000-an

Saya akan berkonsentrasi pada urutan menonton Gundam Universal Century ini. Sebab ke mana pun franchise Gundam pergi, selalu kembali ke Universal Century, dan jumlah prekuel, sekuel, dan cerita sampingan akan bikin bingung penonton baru.

Pilihan Urutan Nonton Mobile Suit Gundam Universal Century

Urutan Nonton Mobile Suit Gundam Universal Century

Ada beberapa urutan yang bisa dipilih penonton untuk mengikuti serial Gundam Universal Century. Untuk panduan urutan menonton ini, saya akan mencantumkan tiga cara. Ada pro dan kontra dari masing-masing urutan menonton Gundam ini.

1. Rilis

Bagi mereka yang mempelajari produksi dan seni Gundam, menonton dalam urutan rilis adalah cara terbaik untuk melihat evolusi serial ini.

2. Kronologis

Urutan ini mungkin yang paling sering direkomendasikan. Hal ini mencegah penonton bolak-balik dalam linimasa dan merupakan cara terbaik untuk menyerap cerita.

3. Abridged (Ringkasan)

Yang terakhir, beberapa orang mungkin tidak punya waktu untuk duduk melalui ratusan episode berjam-jam. Dalam hal ini urutan menonton Gundam yang diringkas akan mencapai semua sorotan dalam waktu paling sedikit.

Urutan Rilis Gundam Universal Century

Ini adalah urutan tiap judul Gundam dalam semesta Universal Century dirilis. Film kompilasi tidak saya cantumkan di sini karena hanya menceritakan kembali serial yang ada.

1. Mobile Suit Gundam

Mobile Suit Gundam
  • Rilis: 1979-1980
  • Episode: 43
  • UC: 0079

Awal dari semesta Gundam, dengan konflik antara Earth Federation dan Principality of Zeon yang membawa rival pilot utama masing-masing ke medan laga: Ray Amuro dan Char Aznable.

2. Mobile Suit Zeta Gundam

Mobile Suit Zeta Gundam
  • Rilis: 1985-1986
  • Episode: 50
  • UC: 0087

Tujuh tahun telah berlalu sejak berakhirnya One Year War.

Dalam semangatnya untuk membasmi oposisi yang tersisa, Earth Federation telah mengorganisir para Titan, sebuah kekuatan tempur elit. Namun, para Titan segera lepas kendali, melakukan kekejaman layaknya Principality of Zeon selama perang.

Sebagai tanggapan, warga yang tidak puas, mantan tentara Zeon, dan bahkan anggota Pasukan Earth Federation membentuk kelompok perlawanan yang dikenal sebagai Anti-Earth Union Group, atau AEUG.

Seorang remaja emosional bernama Kamille Bidan entah bagaimana bergabung dengan Noa Bright dan Char Aznable (dengan nama samaran Quattro Bajeena) yang sekarang bekerja sama untuk melawan Titan.

3. Mobile Suit Gundam ZZ

Mobile Suit Gundam ZZ
  • Rilis: 1986-1987
  • Episode: 47
  • UC: 0088

Bisa dibilang sekuel musim kedua dari Zeta Gundam.

Kapal serbu penjelajah Argama yang dikomandoi Noa Bright rusak parah berlabuh di koloni ruang angkasa Shangri-La untuk perbaikan.

Saat Argama berada di drydock, remaja penjual barang rongsokan bernama Judau Ashta menyelinap ke kapal untuk mencuri Zeta Gundam. Dia awalnya ingin menjualnya untuk membantu saudara perempuannya, tetapi dia malah dipaksa untuk bergabung dengan kru Argama.

Sayangnya untuk Judau, Argama dikejar oleh Neo Zeon. Untuk melindungi adiknya dan dirinya sendiri, Judau harus menguasai mobile suit terbaru Argama, ZZ Gundam.

4. Mobile Suit Gundam: Char’s Counterattack

Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack
  • Rilis: 1988
  • Episode: 1 Film
  • UC: 0093

13 tahun telah berlalu sejak peristiwa seri Mobile Suit Gundam yang asli.

Perdamaian sekali lagi terancam oleh pasukan Neo Zeon baru, yang dipimpin oleh Char Aznable yang kharismatik!

Tujuan utama mereka adalah membuat Bumi ke musim dingin nuklir, memaksa umat manusia untuk beremigrasi sepenuhnya ke luar angkasa.

Berbekal Nu Gundam yang canggih, Amuro Ray dan rekan-rekan Earth Federation semuanya menentang Neo Zeon.

Antara balas dendam, tugas, dan cinta, pertempuran terakhir antara Char dan Amuro makin memanas.

5. Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket

Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket
  • Rilis: 1989
  • Episode: 6
  • UC: 0080

Terjadi ketika masa-masa akhir One Year War, koloni ruang angkasa Side 6 adalah wilayah netral dalam perang antara Zeon dan Earth Federation.

Alfred Izuruha, seorang bocah lelaki berusia sepuluh tahun, menemukan kelegaan dari kebosanan tugas sekolah dengan mengikuti berita perang dan mengumpulkan memorabilia militer.

Desas-desus bahwa Federation menyembunyikan program pengembangan mobile suit di koloni tersebut membawa pasukan khusus Zeon ke Side 6. Meski begitu, Alfred memandang mereka sebagai sumber kegembiraan tambahan.

Tetapi, ketika misi Zeon menjadi lebih mendesak dan kedua belah pihak mengambil tindakan yang semakin putus asa, Alfred akan melihat kenyataan perang secara tak terduga.

6. Mobile Suit Gundam F91

Mobile Suit Gundam F91
  • Rilis: 1991-1992
  • Episode: 1 Film
  • UC: 0123

Mobile Suit Gundam F91 adalah upaya Yoshiyuki Tomino untuk meluncurkan saga Gundam baru, berlatar tiga puluh tahun setelah Char’s Counterattack.

Berkisah tentang kolonis ruang angkasa remaja Seabook Arno, temannya Cecily Fairchild, dan upaya milisi Crossbone Vanguard, yang dipimpin oleh kakek Cecily, Meitzer Ronah, untuk mendirikan aristokrasi yang dikenal sebagai “Cosmo Babylonia”.

Sesuai dengan tradisi Gundam, Seabook dipaksa oleh keadaan untuk mengemudikan Gundam F91, yang dirancang oleh ibunya.

7. Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory

Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory
  • Rilis: 1991
  • Episode: 13
  • UC: 0083

Tiga tahun setelah berakhirnya One Year War, perdamaian di Bumi dan koloni kembali bergejolak karena kehadiran Armada Delaz, kelompok militer Zeon yang setia pada cita-cita mendiang diktator Gihren Zabi.

Pilot ace Armada Delaz bernama Anavel Gato, yang pernah dipuji sebagai “The Nightmare of Solomon”, menyusup ke pangkalan Federasi Torrington di Australia dan mencuri prototipe Gundam GP02A “Physalis” bersenjata nuklir.

Pilot rookie Kou Uraki, dengan bantuan insinyur Anaheim Electronics Nina Purpleton dan awak kapal induk Albion, mengemudikan prototipe Gundam GP01 “Zephyranthes” dalam upaya untuk memulihkan unit Gundam yang dicuri dan mencegah pecahnya perang lain.

8. Mobile Suit Victory Gundam

Mobile Suit Victory Gundam
  • Rilis: 1993
  • Episode: 51
  • UC: 0153

Di koloni luar angkasa yang terletak di Side 2, Zanscare Empire telah berkuasa dan memegang kekuasaan itu melalui penggunaan guillotine secara liberal.

Dengan pasukannya yang menyerang Bumi dan armada luar angkasanya bersiap untuk menaklukkan Side lain, Zanscare tidak perlu takut dengan Earth Federation yang melemah.

Kekaisaran ini hanya ditentang oleh League Militaire, dengan mobile suit canggih dan pilot mudanya merupakan satu-satunya gerakan perlawanan yang nyata.

Sekarang, Uso Ewin yang berusia tiga belas tahun telah terseret ke dalam perang oleh pertempuran di dekat rumahnya di Eropa Timur.

Sebagai pilot Newtype dari Victory Gundam, dia berjuang tidak hanya untuk mengalahkan Zanscare tetapi juga untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan orang tuanya, yang meninggalkannya ketika mereka pergi ke luar angkasa.

9. Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team

Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team
  • Rilis: 1996-1999
  • Episode: 12
  • UC: 0079

Berlatar saat One Year War, setelah keberhasilan Operasi Odessa, semakin banyak tentara Earth Federation dikirim ke bumi untuk membebaskannya dari tangan Principality of Zeon.

Saat pasukan Zeon mundur ke bagian dunia yang tak diketahui, adalah tugas Earth Federation Ground Force untuk menemukan dan memusnahkan mereka.

Ensign Shiro Amada menjadi pemimpin Tim MS ke-08, memimpin tim Gundam Ground Type ke dalam pertempuran.

Misinya adalah untuk mengalihkan perhatian musuh dan menemukan senjata Zeon baru yang misterius. Namun masalahnya makin rumit karena ia jatuh cinta pada seorang pilot Zeon bernama Aina Sahalin.

10. Turn A Gundam

Turn A Gundam
  • Rilis: 1999
  • Episode: 50
  • UC: CC2345

Kisah ini berlatar ribuan tahun di masa depan dalam linimasa Universal Century yang sekarang dinamai Correct Century.

Orang-orang di Bumi telah melupakan perang antariksa di masa lalu, kembali ke keberadaan pra-industri.

Tapi pemukim bulan yang dikenal sebagai Moonrace, yang telah mempertahankan teknologi tinggi mereka, sekarang berencana untuk merebut planet induk mereka.

Saat perang dunia dimulai, seorang warga Moonrace muda bernama Loran Cehack, pilot Turn A Gundam yang legendaris, berjuang untuk menjembatani kesenjangan antara manusia yang telah lama terpisah.

11. Mobile Suit Gundam MS IGLOO: The Hidden One Year War

Mobile Suit Gundam MS IGLOO: The Hidden One Year War
  • Rilis: 2004
  • Episode: 3
  • UC: 0079

Oliver May adalah petugas teknis di Unit Evaluasi Teknis Zeon 603, yang bertugas menguji teknologi militer baru.

Ditempatkan di Jotunheim, sebuah kapal transportasi sipil yang diubah menjadi penggunaan militer, Oliver harus menuju pertempuran dan mengalami One Year War.

Kali ini dari sudut pandang seorang penguji senjata yang berjuang untuk membuat dampak pada perang yang berkembang.

12. Mobile Suit Gundam MS IGLOO: Apocalypse 0079

Mobile Suit Gundam MS IGLOO: Apocalypse 0079
  • Rilis: 2006
  • Episode: 3
  • UC: 0079

Letnan Oliver May dan Unit Divisi Teknis 603 di atas kapal Jotunheim melanjutkan pengujian dan evaluasi senjata eksperimental untuk membantu upaya perang Zeon melawan Pasukan Federasi.

Di akhir setiap percobaan, kisah cobaan dan kesengsaraan yang dihadapi oleh senjata dan pilot uji cobanya menambah bab kecil dalam sejarah panjang One Year War.

13. Mobile Suit Gundam MS IGLOO 2: The Gravity Front

Mobile Suit Gundam MS IGLOO 2: The Gravity Front
  • Rilis: 2008
  • Episode: 3
  • UC: 0079

Kembali ke waktu yang sama seperti MS IGLOO pertama dan menceritakan kisah sisi tentara Federasi yang harus berperang melawan Zaku yang mengerikan.

Setiap episode menceritakan kisah seorang prajurit federasi yang berbeda yang dikutuk oleh Death God yang turun ke bumi dengan Zaku dan menunjukkan perjuangan putus asa melawan mobile suit hanya dengan senjata konvensional seperti tank dan rudal.

Setiap prajurit, didorong dengan balas dendam, dan Death God menjulang di punggung mereka, bertarung melawan kemungkinan yang merupakan kekuatan mengerikan dari Zaku.

14. Mobile Suit Gundam UC

Mobile Suit Gundam Unicorn
  • Rilis: 2010-2014
  • Episode: 7
  • UC: 0096

Koloni manufaktur Industrial 7, yang masih dalam pembangunan, mengapung di titik Lagrange 1.

Seorang pemuda bernama Banagher Links, yang tumbuh tanpa mengetahui ayahnya, bertemu dengan seorang gadis misterius yang telah disimpan di sebuah kapal menuju Industrial 7.

Saat unicorn putih menjalani tes berulang dan menjadi subyek spekulasi yang beragam, tangan waktu mulai bergerak.

Banagher belum mengetahui bahwa dirinya telah terjebak dalam konflik seputar Kotak Laplace.

15. Mobile Suit Gundam: The Origin

Mobile Suit Gundam: The Origin
  • Rilis: 2015-2018
  • Episode: 6
  • UC: 0068-0079

Menceritakan beragam kisah Casval Rem Deikun dan Artesia Som Deikun, atau Char dan Sayla, sebelum One Year War.

Dari perpisahan berlinang air mata antara saudara kandung tersebut, juga menampilkan lebih banyak pengembangan mobile suit, terutama di sisi Zeon.

Selanjutnya cerita mengikuti pemuda yang dikenal sebagai Char Aznable dan rekannya di Garma Zabi nantinya setelah mereka bergabung dengan akademi militer Zeon.

16. Mobile Suit Gundam Thunderbolt

Mobile Suit Gundam Thunderbolt
  • Rilis: 2015-2017
  • Episode: 4
  • UC: 0079-0080

Cerita berlatar dalam One Year War yang sama seperti serial anime Mobile Suit Gundam pertama.

Mengikuti pertempuran antara dua pilot ace dari Principality of Zeon dan Earth Federation di “Thunderbolt Sector,” zona terpencil dengan banyak reruntuhan koloni ruang angkasa dan bangkai kapal perang.

17. Mobile Suit Gundam Twilight Axis

Mobile Suit Gundam Twilight Axis
  • Rilis: 2017
  • Episode: 6
  • UC: 0097

Pemerintah Earth Federation, mengorganisir tim pasukan khusus Mastema untuk masuk dan menyelidiki bagian dari asteroid Axis yang hancur, yang hanyut di Earth Sphere.

Tim investigasi yang menyertai Mehmet termasuk dua warga sipil bernama Arlette Almage dan Danton Highleg, yang sebelumnya adalah seorang insinyur dan pilot uji.

Saat menyelidiki, mereka diserang oleh milita bayaran. Saat pertempuran meningkat, Arlette, mengikuti agenda rahasianya sendiri, menuju reruntuhan Sazabi yang terbengkalai di permukaan Axis.

18. Mobile Suit Gundam Narrative

Mobile Suit Gundam Narrative
  • Rilis: 2018
  • Episode: 1 Film
  • UC: 0097

Berlatar saat Laplace’s Box dibuka. Terlepas dari penyingkapan untuk Universal Century, yang mengakui keberadaan Newtypes dan hak-hak mereka, dunia sebagian besar tetap tidak berubah.

Setelah penghancuran kekuatan sisa Neo Zeon yang dikenal sebagai Sleeves, peristiwa yang kemudian dikenal sebagai “Insiden Laplace” tampaknya telah berakhir.

Dalam pertarungan terakhir, dua mobile suit Full Psycho Frame menampilkan kekuatan di luar imajinasi manusia. Ancaman dari White Unicorn dan Black Lion disegel dari kesadaran publik, dan diasingkan untuk dilupakan oleh sejarah.

Tapi sekarang penampakan RX-0 Unicorn 03, yang sudah lama hilang dua tahun lalu, dilaporkan. Namanya Phenex, burung emas abadi.

19. Mobile Suit Gundam Hathaway

Mobile Suit Gundam Hathaway
  • Rilis: 2020
  • Episode: 1 Film
  • UC: 0105

Dua belas tahun telah berlalu sejak akhir Perang Neo Zeon kedua dalam Char’s Counterattack.

Meski begitu, dunia masih dalam situasi kacau di mana konflik militer terus-menerus pecah. Pemerintah Earth Federation lebih korup dari sebelumnya.

Organisasi pemerintah anti-Federasi “Mafty,” yang dipimpin oleh seseorang yang disebut “Mafty Navue Erin,” telah mengambil sikap menentang korupsi di Bumi.

Orang yang menyebut dirinya “Mafty” dan memimpin organisasi ini adalah Hathaway Noa, putra Bright Noa, seorang perwira Pasukan Earth Federation yang pernah berpartisipasi dalam One Year War.

Dengan pengetahuan langsung tentang cita-cita dan ideologi Amuro Ray dan Char Aznable, Hathaway telah menjadi seorang pejuang yang mengikuti jejak mereka, dan berencana untuk membuka jalan ke depan melalui perlawanan bersenjata.

Nasibnya, bagaimanapun, berubah secara drastis saat ia bertemu dengan perwira Pasukan Federasi Kenneth Sleg dan seorang gadis cantik misterius bernama Gigi Andalucia.

Urutan Kronologis Gundam Universal Century

Bagi yang mencoba untuk mendapatkan pandangan terbaik dari cerita, menonton Gundam Universal Century dalam urutan kronologis adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Urutan ini juga mencegah kita bolak-balik dari periode One War Year, yang dapat membingungkan karena serial Gundam terus kembali ke periode ini sepanjang tahunnya.

Universal CenturyJudul
UC0068-UC0079 Mobile Suit Gundam The Origin
UC0079Mobile Suit Gundam
Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team
Mobile Suit Gundam MS IGLOO: The Hidden One Year War
Mobile Suit Gundam MS IGLOO: Apocalypse 0079
Mobile Suit Gundam MS IGLOO 2: The Gravity Front
Mobile Suit Gundam: Thunderbolt (Season One)
UC0080Mobile Suit Gundam: Thunderbolt (Season Two)
Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket
UC0083Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory
UC0087Mobile Suit Zeta Gundam
UC0088Mobile Suit Gundam ZZ
UC0093Mobile Suit Gundam: Char’s Counterattack
UC0096Mobile Suit Gundam Unicorn
Mobile Suit Gundam: Twilight Axis
UC0097Mobile Suit Gundam Narrative
UC0105Mobile Suit Gundam Hathaway
UC0123Mobile Suit Gundam F91
UC0153Mobile Suit Victory Gundam

Urutan Ringkas Gundam Universal Century

Urutan menonton ini akan memberi kesempatan untuk mengikuti Universal Century dalam waktu sesingkat mungkin. Namun, meski daftar ini meliput kisah utamanya, banyak momen-momen terbaik Gundam yang akan kita lewatkan.

  • Mobile Suit Gundam The Origin (OVA)
  • Mobile Suit Gundam: The Movie (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam: Soldiers of Sorrow (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam: Encounters in Space (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team – Miller’s Report (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam MS IGLOO: The Hidden One Year War (OVA)
  • Mobile Suit Gundam MS IGLOO: Apocalypse 0079 (OVA)
  • Mobile Suit Gundam MS IGLOO 2: The Gravity Front (OVA)
  • Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket (OVA)
  • Mobile Suit Gundam Thunderbolt – December Sky (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam Thunderbolt – Bandit Flower (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gunda 0083: Stardust Memory – The Afterglow of Zeon (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam Zeta: Heir to the Stars (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam Zeta: Lovers (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam Zeta: Love is the Pulse of the Stars (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam ZZ (Series)
  • Mobile Suit Gundam: Char’s Counterattack (OVA)
  • Mobile Suit Gundam Unicorn (OVA)
  • Mobile Suit Gundam: Twilight Axis – Red Blur (Compilation Movie)
  • Mobile Suit Gundam Narrative (Movie)
  • Mobile Suit Gundam Hathaway (Movie)
  • Mobile Suit Gundam F91 (Movie)
  • Mobile Suit Victory Gundam (Series)

Untuk menonton anime mecha Mobile Suit Gundam Universal Century ini bisa kamu akses secara gratis dan legal dari channel official GundamInfo di YouTube.

2 pemikiran pada “Urutan Nonton Gundam Universal Century, Ariel Noah Saja Tahu!”

  1. Kalau ikutin urutan ringkas diatas menurut gue ya sebaiknya jangan pakai Zeta The Movie, mendingan yang TV Series, karena nggak nyambung ceritanya kenapa di ZZ Camille nya “sakit”. Kalau ZZ nya dihilangkan nggak dapat sejarah cerita First Neo Zeon movement.

    Balas

Tinggalkan komentar