12 Healer Genshin Impact Terbaik

Masih banyak penggemar yang kesulitan menentukan karakter mana yang merupakan healer Genshin Impact terbaik.

Ada banyak debat penggemar Genshin Impact tentang karakter mana yang terbaik, dan bagaimana peringkat masing-masing karakter dalam persaingan. Karakter DPS, atau Damage Per Second, yang sering dibahas dalam hal ini. Meski begitu, posisi yang sangat dibutuhkan yaitu healer harus lebih dipikirkan daripada posisi lain dalam tim.

Jika DPS membuat game lebih mudah untuk dimenangkan, healer adalah karakter yang membuat kamu lebih sulit untuk kalah.

Untungnya, Genshin Impact memberikan pilihan healer kuat yang tidak hanya menyembuhkan tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti buffing dan utilitas, memungkinkan tim pemain tampil maksimal. Baru-baru ini, Genshin Impact telah memperkenalkan Yaoyao, penyembuh berbasis Dendro pertama, yang memberi pemain opsi komposisi party baru untuk lebih meningkatkan pengalaman bermain mereka.

Seperti skill DPS dan support, penyembuhan merupakan skill penting di Genshin Impact yang mengharuskan pemain menggunakan teknik build yang kompleks.

Ada perbedaan antara healer Genshin Impact yang menggunakan keterampilan elemen mereka untuk penyembuhan dan mereka yang menggunakan ledakan elemen mereka. Kebanyakan penyembuh menggunakan campuran keduanya untuk penyembuhan, dengan yang satu lebih efektif daripada yang lain.

Penyembuh burst, seperti Diona dan Bennett, sebagian besar berspesialisasi dalam zona penyembuhan (yang menyembuhkan di area geografis tertentu) atau penyembuhan sekaligus. Untuk memaksimalkan karakter healer Genshin Impact yang menyembuhkan dengan ledakan elemen mereka, pemain dapat menggunakan dua strategi: meningkatkan penyembuhan kuantitas dengan meningkatkan energy recharge, atau penyembuhan kualitas dengan meningkatkan substat skala karakter atau efektivitas penyembuhan.

Sebagian besar healer Genshin Impact menggunakan Max HP untuk mengukur kemampuan penyembuhan mereka, meski beberapa seperti Jean dan Noelle menggunakan serangan dan pertahanan.

1. Noelle

noelle healer genshin impact

Peringkat: 4 dari 5.
TierB
ElemenGeo
TeknikSkill

Pada akhirnya, Noelle mungkin menjadi salah satu karakter paling serbaguna di Genshin Impact.

Konstelasinya mudah diakses, dia bisa menjadi opsi DPS utama Geo yang bagus atau support defensif di antara kemampuan penyembuhannya. Penyembuhannya cukup sebanding dengan beberapa karakter bintang 5.

Namun, keserbagunaannya juga bisa menjadi kerugian karena ada karakter yang memberikan manfaat lebih baik dan lebih sedikit waktu di lapangan. Secara umum, lebih baik memiliki healer Genshin Impact yang memiliki potensi penerapan elemen untuk mendukung tim dengan reaksi Elemen di luar lapangan.

Pada akhirnya, karena perubahan signifikan dalam meta-gameplay, Noelle tidak dapat bertahan seperti sebelumnya, tetapi masih dapat bekerja dengan baik di tim yang tepat. Sangat cocok digabung dengan Albedo, Gorou, dan Zhongli.

2. Barbara

barbara healer genshin impact

Peringkat: 4 dari 5.
TierA
ElemenHydro
TeknikSkill, Burst

Salah satu healer Genshin Impact gratis dalam game, Barbara sering menjadi salah satu karakter pertama yang digunakan pemain untuk penyembuhan secara khusus.

Terlepas dari statusnya yang gratis, dia dapat digunakan dengan nyaman sebagai penyembuh utama, bahkan melebihi kakak perempuannya yang berbintang 5, Jean.

Baik skill elemental dan burst Barbara menawarkan fokus pada penyembuhan, dan dia bisa tampil cukup baik jika dia dibangun sebagai penyembuh sambil juga berfokus pada Penguasaan Elementalnya untuk beberapa reaksi elemental.

Meski demikian, Barbara cukup biasa-biasa saja dalam sifat penyembuhannya dibandingkan dengan karakter lain, karena satu-satunya keuntungannya untuk party pada dasarnya adalah penyembuhan dengan beberapa Aplikasi Hydro.

Pada catatan ini, dia bisa dibandingkan dengan Kokomi, dan tetap menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang tidak memilikinya. Penyembuhan Barbara juga meningkat dengan berinvestasi pada artefak Max HP, dan meningkatkan penguasaan elemen membantu menjadikan Barbara ganda sebagai pengaktif Hidro (menerapkan status basah dengan serangannya).

Seperti healer Genshin Impact lain, Barbara cenderung tidak melihat banyak waktu lapangan. Karena itu, popularitasnya meningkat khususnya untuk tim Bloom yang membutuhkan penyembuhan signifikan secara konsisten.

Party terbaik dengannya mungkin termasuk Nilou, Nahida dan Alhaitham.

3. Bennett

bennett healer genshin impact pyro

Peringkat: 4 dari 5.
TierS
ElemenPyro
TeknikBurst

Bennett telah dianggap sebagai salah satu healer Genshin Impact terbaik untuk waktu yang lama, bukan hanya karena potensi penyembuhannya saja, tetapi juga karena ia meningkatkan nilai ATK anggota tim secara besar-besaran.

Meski demikian, dalam hal kegunaan tim secara keseluruhan, Bennett cukup mudah untuk dibangun dan dia memiliki beberapa keuntungan besar jika dibangun dengan benar, yang tak dapat ditemukan di set healer lainnya.

Alasan utama mengapa dia tidak mendapat peringkat sebagai penyembuh terbaik adalah karena perubahan umum dalam gameplay. Pertama, meski Bennett secara keseluruhan tidak memiliki banyak aplikasi Pyro dengan asumsi para pemain belum mengaktifkan konstelasi keenamnya, dia masih dapat mengacaukan beberapa pengaturan Elemental Reaction.

Selain itu, dan yang lebih penting, buff ATK tidak dapat bertahan seperti sebelumnya karena banyak karakter baru yang diperkenalkan untuk tambalan terakhir berfokus pada HP atau Elemental Mastery atas ATK. Terlepas dari itu, ini tidak membuat Bennett buruk, dia tidak begitu fleksibel untuk meta saat ini.

Bennett adalah spesialis support, menawarkan serangan dan penyembuhan, semuanya dalam AoE. Dengan demikian, sebagian besar karakter bekerja dengan baik dengan Bennett, jadi pemain mungkin ingin memasangkannya dengan karakter yang bisa mendapatkan keuntungan dari ATK buff dan lingkaran penyembuhannya.

Beberapa pilihan bagus meliputi Xiao, Raiden Shogun dan Xiangling.

4. Qiqi

qiqi healer genshin impact

Peringkat: 5 dari 5.
TierB
ElemenCryo
TeknikSkill, Burst

Zombie dari Apotek Bubu, Qiqi dulunya dianggap oleh banyak orang sebagai healer Genshin Impact terbaik di awal permainan.

Secara umum, Qiqi dan Jean adalah dua sisi mata uang: di mana yang satu berspesialisasi dalam satu bidang dan yang lainnya berspesialisasi dalam kebalikannya. Qiqi masih menjadi karakter terbaik dalam kemampuan penyembuhan belaka sejauh ini, dan ini adalah aset utamanya sebagai karakter.

Baik elemental burst maupun skill miliknya memberikan penyembuhan pasif, artinya mudah untuk mengaktifkan skillnya dan beralih ke karakter yang berbeda. Meski begitu, kelemahan terbesarnya ditemukan pada fakta bahwa cooldown skillnya lambat dibandingkan dengan penyembuh lainnya.

Saat berinvestasi di Qiqi, pemain akan menemukan bahwa memanfaatkan serangan dan peningkatan pengisian ulang energi dalam artefak akan menetralkan cooldownnya yang lama dengan lebih banyak semburan. Selain itu, dibandingkan dengan healer Genshin Impact lain, dia tidak membawa utilitas tambahan apa pun dalam bentuk penerapan elemen yang konsisten, buff, atau menjadi baterai.

Selain itu, constellation miliknya tidak menambah banyak nilai pada gaya bermainnya, membuatnya tidak semenarik sebelumnya.

Sebagian besar penyembuhan Qiqi terjadi setelah mengenai lawan yang ditandai secara khusus. Dengan demikian, pemain akan menginginkan rekan satu tim yang dapat dengan mudah menargetkan lawan individu dengan cepat, seperti Ayaka, Eula dan Razor.

5. Jean

jean genshin impact

Peringkat: 5 dari 5.
TierB
ElemenAnemo
TeknikBurst, Normal Attack (Passive Skill)

Sekali lagi, membandingkan Jean dan Qiqi sangatlah sulit. Dalam penyembuhan, Qiqi adalah healer Genshin Impact yang lebih ulung jika dibandingkan dengan Jean (yang menyembuhkan hanya dengan burst dan serangan normal).

Namun, jika pemain mencari penyembuh yang lebih serbaguna, Jean mengalahkan Qiqi dengan keterampilan elemen yang membantu melumpuhkan lawan dan DPS yang lebih tinggi.

Dengan kata lain, Jean adalah karakter yang bisa bekerja sebagai DPS atau support sekaligus menjadi penyembuh utama di dalam party; dan konstelasinya dapat memberikan buff tambahan kepada party.

Namun demikian, seperti Qiqi dan Noelle, popularitasnya telah menurun secara signifikan dari waktu ke waktu hanya karena perubahan dan penambahan daftar karakter Genshin Impact serta gameplay secara keseluruhan.

Saat menggunakan Jean, berinvestasi dalam statistik serangan dan peningkatan energy recharge akan menjadi strategi yang sangat bagus. Ini tidak hanya akan meningkatkan kekuatan serangan normal dan sifat penyembuhannya, tetapi juga akan membuat penyembuhan lebih sering dari ledakan elemennya.

Selain itu, merupakan aturan umum bahwa memasangkan Jean dengan pengguna Cryo, Pyro, Hydro, atau Electro akan memberikan hasil terbaik, karena semburannya menyebabkan reaksi pusaran.

Namun demikian, Jean adalah penyembuh yang hebat karena ledakan AoE-nya (yang juga dapat membersihkan diri), dan keterampilannya mengendalikan kerumunan. Dia dapat bekerja dengan baik dalam komposisi Taser, terutama jika dia dilengkapi dengan set artefak Viridescent Veneerer 4 bagian.

Healer Genshin Impact ini cocok dipasangkan dengan Ayato, Yae Miko dan Childe.

6. Diona

diona healer genshin impact

Peringkat: 4 dari 5.
TierA
ElemenCryo
TeknikBurst

Meski kemampuan penyembuhan Diona mungkin tidak sekuat beberapa healer Genshin Impact hebat lainnya, manfaat tambahannya untuk party harus dipertimbangkan saat memilih penyembuh.

Kemampuan penyembuhan Diona terbatas pada Elemental Burst dan zona AoE-nya, yang mengharuskan pemain untuk berganti karakter jika mereka ingin menyembuhkan karakter tertentu. Zona tersebut juga menerapkan Cryo secara berkala. Selain itu, skill Elemental Diona cukup berguna, menciptakan perisai dan menghasilkan energi, membuatnya menjadi baterai yang efektif.

Selain itu, jika konstelasi keenamnya dibuka, Diona dapat menjadi aset besar bagi tim yang mendapat manfaat dari Elemental Reaction dan Elemtal Mastery tinggi, karena konstelasi ini tidak hanya memungkinkan Burst Diona untuk menyembuhkan, tetapi juga memberikan Elemental Mastery tambahan kepada semua anggota partai .

Karena itu, pemain sebaiknya memasukkan karakter yang bisa mendapatkan keuntungan dari dukungan tambahannya atas penyembuhan, Beberapa contohnya meliputi Kazuha, Eula dan Diluc.

7. Kuki Shinobu

kuki shinobu genshin impact

Peringkat: 4 dari 5.
TierA
ElemenElectro
TeknikSkill

Dirilis kembali di versi 2.7, Kuki Shinobu adalah penyembuh Elektro pertama yang diperkenalkan ke Genshin Impact.

Awalnya, dia tidak terlihat sebagai penyembuh yang sangat kuat, tetapi ketika Reaksi Dendro diperkenalkan, kemampuannya yang sebenarnya terungkap – dia adalah penyembuh yang sangat diperlukan untuk tim yang membutuhkan suplai serangan Elektro yang konstan, khususnya di tim Spread, Aggravate, dan Hiperbloom. Inilah mengapa membangunnya dengan Elemental Mastery bersama HP sangat disarankan.

Meskipun ada beberapa kelemahan menggunakan Kuki Shinobu sebagai penyembuh, seperti skill elementalnya yang menyebabkan kesehatannya terkuras, dia masih merupakan pilihan yang bagus untuk pemain yang mencari Penyembuh Elektro.

Meski demikian, penting untuk memperhatikan kesehatannya, karena Kuki Shinobu tidak memberikan penyembuhan di seluruh party, dan waktu ekstra harus diambil untuk memastikan dia menyembuhkan dirinya sendiri secara berkala. Secara keseluruhan, Kuki Shinobu adalah pilihan yang bagus untuk penyembuh, dan kekurangannya kecil.

Kuki Shinobu dapat bekerja dengan baik dengan sebagian besar tim, namun, untuk efisiensi yang paling tinggi, pemain akan menginginkannya dalam tim jarak dekat yang berpusat di sekitar reaksi elemen Dendro seperti Yelan, Nahida dan Alhaitham.

8. Dori

dori genshin impact

Peringkat: 4 dari 5.
TierB
ElemenElectro
TeknikBurst

Dori adalah salah satu Penyembuh terbaru yang bergabung dalam daftar, memiliki kemampuan penyembuhan yang mengesankan dengan investasi HP minimal. Namun, biaya burst miliknya relatif tinggi, yang menjadikan Energy Recharge (ER) stat yang lebih menguntungkan.

Jumlah energi yang dia berikan semakin meningkat dengan ER, membuatnya cukup berharga sebagai baterai. Namun, dia tidak seefektif beberapa penyembuh hebat lainnya di Genshin Impact dalam hal penyembuhan atau memberikan utilitas.

Salah satu keunggulan Dori adalah penyembuhan dan pemulihan energinya yang berkelanjutan. Dengan memanggil jin selama Elemental Burst-nya, Dori dapat memberikan energi kepada karakter di dekatnya sambil menyembuhkan mereka secara konsisten.

Jumlah penyembuhan ditentukan oleh HP karakter dan jumlah energi ditentukan oleh Level Talent dari Elemental Burst mereka. Ledakannya juga memungkinkan garis dibuat antara jin dan karakter, merusak musuh yang disentuhnya dengan Kerusakan Elektro. Namun, karena jalur ini cukup sempit, ini tidak bagus untuk tim yang membutuhkan aplikasi atau pemosisian Elektro yang konsisten.

Dori dapat bekerja paling baik dalam tim yang membutuhkan Energy Recharge dan tidak mengalami aplikasi Electro yang rendah. Dia dapat tampil sangat baik di tim Superconduct seperti Eula, Raiden dan Rosario.

9. Sayu

sayu healer genshin impact

Peringkat: 4 dari 5.
TierB
ElemenAnemo
TeknikSkill (Passive Skill), Burst

Healer Genshin Impact pertama yang ditambahkan di Inazuma, Sayu menjadi pilihan penyembuhan yang menarik.

Dengan penyembuhannya terkait dengan ledakan unsurnya, serta keterampilannya melalui bakat pasifnya (ketika dia memulai reaksi pusaran), semua ini menjadi penyembuh yang cukup nyaman, hanya membutuhkan sedikit latihan untuk dikuasai.

Bagi mereka yang ingin menggunakan Sayu sebagai penyembuh utama mereka, akan lebih baik untuk mempertahankannya di lapangan, karena hal ini akan meningkatkan potensi penyembuhan tim tanpa mengorbankan terlalu banyak kerusakan. Namun, perlu dicatat bahwa ini kemungkinan besar akan mengurangi hasil kerusakan tim secara keseluruhan, yang membuatnya sedikit kurang fleksibel.

Dibandingkan dengan healer Genshin Impact lain, Sayu cocok dengan dirinya sendiri tepat di atas Barbara dalam hal statistik dasar. Namun, secara lebih rinci, itu adalah perbedaan penyembuhan per detik versus penyembuhan aktivasi.

Dibandingkan dengan Barbara, Sayu memiliki penyembuhan per pukulan yang lebih baik dengan ledakannya daripada Barbara dengan keterampilan elemennya. Di sisi lain, Barbara memang mengalahkan Sayu dalam hal penyembuhan langsung dengan ledakan unsurnya; ini secara efektif menempatkan keduanya pada pijakan yang hampir sama sejauh menyangkut potensi penyembuhan.

Setiap elemen yang dapat diaduk pada dasarnya bekerja dengan baik dengan Sayu. Karena itu, tim harus bergantung pada elemen DPS utama. Contoh bagus dari tim yang menyertakan Sayu adalah Ganyu, Laila dan Mona.

10. Yaoyao

Yaoyao healer genshin impact dendro

Peringkat: 4 dari 5.
TierS
ElemenDendro
TeknikSkill, Burst

Yaoyao, Dendro Healer pertama yang telah lama ditunggu-tunggu di Genshin Impact, akhirnya bisa dimainkan di patch 3.4. Dengan perangkat keterampilannya yang unik, Yaoyao memiliki potensi untuk memberikan penyembuhan di lapangan dan di luar lapangan serta aplikasi Dendro.

Untuk memaksimalkan utilitasnya, pemain harus menempatkan Lobak Giok Putihnya secara strategis untuk memastikan aplikasi Dendro yang paling efektif. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu healer Genshin Impact terbaik, terutama untuk tim-tim tersebutt fokus pada Reaksi Dendro.

Selain itu, Yaoyao relatif mudah dibangun dan memberikan nilai yang besar untuk biayanya. Berfokus pada % HP dan Energy Recharge-nya akan membantunya memberikan penyembuhan yang optimal, sementara membangunnya dengan Elemental Mastery dan konstelasi pertamanya memberikan buff yang bagus untuk Dendro DMG atau Dendro Reactions.

Konstelasi lebih lanjut menambah penyembuhan dan utilitas tambahan ke papan, menjadikan Yaoyao karakter pendukung yang hebat untuk tim mana pun.

Karena Yaoyao sangat fokus pada Dendro, rekan satu tim terbaik untuknya idealnya adalah karakter yang dirancang khusus untuk Reaksi Dendro seperti Nahida, Alhaitham dan Nilou.

11. Kokomi

Kokomi healer genshin impact

Peringkat: 5 dari 5.
TierS
ElemenHydro
TeknikSkill, Burst

Secara umum, Sangonomiya Kokomi adalah versi Barbara yang lebih baik dan sangat dibutuhkan.

Ada banyak kesamaan antara keduanya: keduanya memiliki keterampilan dan semburan yang menyembuhkan, menggunakan katalis hidro, dan tidak terlalu bagus di luar penyembuhan. Konon, Kokomi termasuk dalam S-tier karena dia memperluas area yang terlewatkan saat membuat Barbara.

Sebagai permulaan, Kokomi memiliki penskalaan yang luar biasa dalam hal penyembuhan, tidak perlu waktu lama bagi pemain untuk menyembuhkan banyak kesehatan. Terlebih lagi, kedua skill elementalnya memiliki kemampuan penyembuhan pasif.

Daripada harus memukul lawan sendiri untuk menyembuhkan rekan satu tim, keterampilan elemen Kokomi memanggil “bake-kurage” yang secara otomatis menyerang lawan. Di sisi lain, ledakan elemennya bekerja dengan cara yang sama seperti keterampilan elemen Barbara (penyembuhan saat mengenai lawan), tetapi ledakan ini juga meningkatkan kerusakan serangannya dan “bake-kurage”.

Konon, Kokomi memiliki keunggulan yang tak terbantahkan dalam hal aplikasi Hydro. Tidak hanya awalnya dia tidak dihormati sebagai penyembuh, seperti Kuki Shinobu, tetapi dia juga telah menjadi healer Genshin Impact terbaik.

Dia adalah tambahan yang tak ternilai untuk tim Taser dan Bloom & Hyperbloom, berkat kemampuan penyembuhannya yang dapat membantu mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh diri sendiri.

Sangonomiya Kokomi dalam sebuah tim, pemain akan menggunakan dia sebagai penyembuh utama yang dipasangkan dengan Dendro, Hydro, atau Electro untuk menjadi rute penyerang terbaik.

Kokomi berspesialisasi dalam keterampilan penyembuhan yang bekerja di AoE. Jadi, pemain pasti menginginkan karakter yang menyerang orang banyak dengan baik, seperti Nahida, Kazuha dan Nilou.

12. Gorou

gorou genshin impact

Peringkat: 5 dari 5.
TierC
ElemenGeo
TeknikBurst

Banyak pemain mungkin awalnya tidak menganggap Gorou sebagai penyembuh, karena kemampuan penyembuhannya hanya terbuka dengan konstelasi. Namun, memiliki Gorou C4 akan memberi karakter aktif di dalam area AoE penyembuhan setiap 1,5 detik, berdasarkan 50% dari DEF Gorou, saat Elemental Burst-nya dalam status “Impregnable” atau “Crunch”.

Sementara kemampuan penyembuhan Gorou adalah bonus yang menguntungkan dengan konstelasi terbuka, kekuatannya yang sebenarnya terletak pada kemampuannya untuk memberi buff pada tim dan memberikan Geo DMG kepada musuh.

Dia bekerja paling baik saat dia terbiasa memulai kombo dengan karakter lain, atau saat Elemental Burst miliknya dapat dilepaskan. Namun, karena kemampuan penyembuhannya dikunci di belakang konstelasi yang terlambat dan fakta bahwa itu membutuhkan setidaknya dua karakter Geo di party agar bisa bekerja secara efektif, dia tidak serba bisa sebagai penyembuh, dan dengan demikian bukan healer Genshin Impact yang bagus.

Selain kemampuan penyembuhannya, Gorou adalah karakter khusus yang dapat menunjukkan potensi terbaiknya dalam tim yang berfokus pada Kerusakan Geografis dan memiliki penskalaan DEF. Untuk lebih memanfaatkan kemampuannya, rekan setim yang hebat untuknya meliputi Itto, Albedo dan Noelle.


Nah itu tadi pilihan healer Genshin Impact terbaik yang bisa kamu pilih, build dan mainkan.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1771

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *