Cara Mengatasi “Inventaris Berharga: Konten tidak memadai” Agar Diterima Google AdSense

Kebanyakan orang yang mencoba, dan mengajukan blog atau situs web agar bisa menampilkan iklan Google AdSense sering mendapat kesalahan “Inventaris Berharga: Konten tidak memadai”. Apa yang dimaksud dengan penolakan Google AdSense ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Saat ini iklan ada di mana-mana di Internet, salah satunya berkat Google AdSense. Ini adalah cara bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya, juga menciptakan penghasilan bagi pemilik situs web atau blogger untuk mendapatkan cuan.

Meski begitu AdSense dapat mengetahui kalau blog kamu belum memiliki cukup konten atau tidak cukup relevan untuk menampilkan iklan di situs web kamu. Konten kamu juga bisa diartikan memiliki sedikit, atau bahkan tidak ada nilai sama sekali.

Tentu saja, kamu dapat memperbaikinya dengan membangun trafik di situs web kamu, membuat konten yang lebih baik, dan memastikan kamu tidak melanggar Kebijakan Publisher Google.

Nah, berikut penjelasan dan tips dari pengalaman saya sebagai blogger untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu Inventaris Berharga: Konten tidak memadai?

Inventaris Berharga: Konten tidak memadai konten tidak memadai

“Inventaris Berharga: Konten tidak memadai” adalah kesalahan yang muncul saat kamu mencoba agar situs web kamu disetujui oleh AdSense, tetapi kamu tak memiliki konten yang cukup, atau konten tak cukup relevan untuk kamu menampilkan iklan.

Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin mendapatkan kesalahan ini.

1. Tak Punya Niche

Alasan pertama adalah bahwa konten kamu tidak memiliki nilai atau tidak relevan dengan pengiklan.

Pengiklan biasanya tertarik untuk menampilkan iklan di website yang menulis tentang teknologi, berita, fashion, tutorial, traveling, olahraga, pendidikan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Baca juga: 12 Rekomendasi Niche Blog yang Potensial dan Menarik Trafik

2. Artikel Masih Sedikit

Alasan kedua mengapa kamu mungkin mendapatkan pesan kesalahan ini adalah karena tidak ada cukup konten di situs web kamu. Ini berarti tidak ada cukup posting dan artikel di situs web kamu.

Bisa juga alasan mengapa kamu menerima pesan “Inventaris Berharga: Konten tidak memadai” ini adalah karena kamu tidak memiliki banyak teks di situs web kamu.

Hal ini terjadi ketika situs web kamu sebagian besar hanya berupa gambar dan video.

3. Tak Ada Halaman Info Penting

Alasan selanjutnya kenapa kamu mendapat penolakan “Inventaris Berharga: Konten tidak memadai” adalah ada beberapa halaman penting yang belum kamu buat, seperti About Us, Contact Us, Disclaimer, Privacy Policy, dan lain sebagainya.

Tinggal buat halaman-halaman tadi, bisa melihat format tulisannya dari yang lain, misalnya bisa dicontoh dari blog Kearipan ini.

4. Trafik Rendah dan Konten Copas

Beberapa alasan lain mungkin karena lalu lintas blog kamu masih sedikit, konten kamu tidak asli yang berarti kamu telah menyalinnya, tema halaman web kamu tidak bagus untuk menampilkan iklan, dan kamu melanggar Kebijakan Penayang Google.

Cara Mengatasi Inventaris Berharga: Konten Tidak Memadai

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan situs web kamu dan membuatnya disetujui oleh AdSense. Berikut adalah beberapa cara paling umum untuk meningkatkan situs web kamu.

Mulailah dengan membuat konten yang menarik bagi pengiklan. Kamu harus membuat konten yang menambah nilai bagi mereka.

Seperti yang telah disebutkan, pengiklan lebih memilih situs web yang berbicara tentang teknologi, mode, berita, bisnis, olahraga, dan sebagainya. Kamu mungkin tidak tertarik pada salah satu bidang ini, namun, mungkin lebih baik kamu fokus pada bidang tersebut jika kamu ingin situs web kamu memiliki banyak lalu lintas dan disetujui.

Jika sudah menemukan niche yang tepat, maka teruslah menulis yang berkaitan dengan topik tersebut. Pastikan website kamu diisi dengan konten yang berkualitas. Harus selalu ada lebih banyak konten tekstual daripada gambar, video, dan flash.

Pastikan kamu mengatur konten kamu dalam urutan yang logis, tidak ada yang suka melihat situs web yang berantakan. Kamu harus mengikuti panduan Search Engine Optimization atau SEO saat menulis konten.

Pastikan kamu telah memposting setidaknya 20 artikel berkualitas di situs web kamu dan artikel tersebut diindeks di Google sebelum kamu mencoba mengajukan permohonan Google AdSense. Sebaiknya gunakan pencarian Google untuk memeriksa apakah mereka telah diindeks atau tidak.

Agar tak lagi mendapat “Inventaris Berharga: Konten tidak memadai”, jangan pernah melanggar Kebijakan Penayang Google. Artinya, kamu tidak boleh memposting konten ilegal, konten curian, konten yang mempromosikan penjualan hewan langka, konten berbahaya, dan lain sebagainya.

Pastikan kamu membuat halaman-halaman penting, seperti Disclaimer, About Us, Contact Us, Privacy Policy, dan lain sebagainya.

Saat pertama kali membuat situs web, kamu tidak akan mendapatkan lalu lintas dari penelusuran Google. Inilah sebabnya mengapa kamu harus membuat halaman dan akun situs web kamu di situs media sosial populer seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok dan lainnya.

Hal ini akan membantu kamu untuk membagikan blog kamu dan melibatkan audiens. Kamu harus memiliki setidaknya 50 tampilan di situs web kamu setiap hari agar situs web kamu disetujui.

Kamu harus konsisten dalam memposting konten ke website kamu. Kamu harus memposting setidaknya satu atau dua artikel sehari. Kamu lebih mungkin untuk disetujui jika kamu memposting secara konsisten, karena Google tentunya tak akan melirik blog yang asal-asalan.

Pastikan kamu meluangkan waktu untuk mempersiapkan blog kamu. Penelitian tentang SEO, afiliasi marketing, riset kata kunci, Google Analytics. Luangkan waktu untuk menemukan kata kunci terbaik untuk situs web kamu.

Kata kunci sangat penting. Pastikan kamu meneliti cara menemukan kata kunci yang tepat untuk artikel dan blog kamu untuk menarik audiens.

Baca juga: 15 Tool SEO Terbaik dari Riset Keyword Sampai Audit Blog

Akan lebih baik jika kamu menggunakan tema responsif dan profesional untuk situs web kamu. Bisa jadi AdSense menolak situs web dengan tata letak dan desain yang buruk karena tidak bagus untuk menampilkan iklan.

Jika kamu melakukan ini, kamu akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mendatangkan lalu lintas ke situs web kamu. Tunggu blog kamu mendatangkan traffic lalu ajukan program afiliasi sebagai cara untuk mendapatkan uang.


Nah, itu tadi alasan dan cara mengatasi “Inventaris Berharga: Konten tidak memadai” agar diterima Google AdSense. Oh ya, agar tak ketinggalan tulisan terbaru dari Kearipan bisa ikuti di Google News.

Share your love
Arif Abdurahman
Arif Abdurahman

Pekerja teks komersial asal Bandung, yang juga mengulik desain visual dan videografi. Pop culture nerd dan otaku yang punya minat pada psikologi, sastra, dan sejarah.

Articles: 1772

7 Comments

    • Lebih, biasanya yg udah ada 50an artikel sih sehari juga langsung keterima.

      Yg penting sebenarnya dari jumlah artikel yg berhasil di-crawl sama index Google, dan ngasilin trafik konsisten.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *